Home » » 10 Perilaku Buyer yang Nyebelin Banget

10 Perilaku Buyer yang Nyebelin Banget

...ALHAMDULILLAH...
gak nyangka thread ane jadi hot thread (HT)
ini juga yg kasih kabar HT buyer pelanggan ane, bro nafiis07

makasi banyak ya mimin dan momod
semoga isi thread ane bs bermanfaat buat semua. aamiin




Jika kita sering mengunjungi FJB kaskus, atau bahkan sering berjualan disana (thanks to momod dan admin bt lapak gratisnya ). Maka selain ada seller yang aneh, pasti kita juga pernah menjumpai buyer yang aneh. Karakternya bermacam-macam, kadang ada yg kalem-kalem tapi ngeselin bahkan ada yg bersikap frontal menantang si seller meski sudah JELAS posisinya salah

Berikut sedikit rangkuman perilaku aneh calon buyer yang pernah ane dan teman2 seller lain hadapi selama berjualan di FJB kaskus.

1. Bilang sudah transfer tapi uang gak muncul di mutasi internet banking,
padahal sesama bank .
Quote:Misal kejadiannya setelah lewat jam 9 malam ya wajar, karena bisa jadi ada DELAY berhubung server bank offline atau rehat mutasi. Atau transfer antar bank BUMN dan SWASTA, itu juga mungkin ada delay hingga berjam-jam. Nah klo kejadian sebelum jam 9 malam dan sesama bank itu aneh.
Seringkali kasih tunjuk slip transfer dan sebagainya sbg pembelaan. Klo seller profesional dia pasti sdh tau jika slip transfer itu kadang tdk valid. Soalnya jika saldo rekening kita tdk mencukupi pun kadang slip transfer di ATM itu tetap ada. cara yg paling valid dan sah adalah cek ulang SALDO rekening buyer apakah sdh berkurang atau belum. Seller jg bs kasih bukti screenshoot internet banking bahwa tidak ada mutasi uang masuk di rekeningnya sejumlah xxx.
Dan ternyata apa? Setelah buyer marah2 gak karuan baru diketahui bahwa saldo-nya tidak mencukupi utk transfer sejumlah xxx. Padahal sdh di ingetin baik2 tolong cek saldo dulu tp alesan macem2 yg males bolak-balik ATM .


2. Buyer yang tidak tahu tata krama atau sopan santun.
Quote:Bayangkan kita akan bertransaksi dengan seorang Direktur Utama sebuah perusahaan. Kebanyakan orang pakai acara nunduk2 gak karuan seolah dia itu NABI .
Manusia itu derajatnya sama. Mau itu DIRUT atau bawahan ya sama saja. Kenapa dengan dirut bisa seperti berhadapan dengan Tuhan sopannya gak ketulungan sedangkan dengan seller di FJB kaskus itu gak ada sopan2nya? . Seolah sopan itu budaya antah berantah yg tdk lagi penting dijalani.
Logikanya kita hubungi seller yg sama sekali tdk kita kenal (misal orang baru) dan lalu SMS isinya "HDD 500rb. klo deal kirim BCA". Maksudnya apa coba SMS isinya begitu doang? . Seller manapun jg males ngelayanin. Msh syukur ada yg balas dengan sopan nanya "Blm boleh gan klo segitu hehe.. Memangnya lokasi agan dimana? Cb saya cari tahu ongkirnya berapa dan saya kasih best price-nya (pakai emot senyum)". Dan... calon buyernya tidak balas SMS wkwkwk...
Cb klo SMS-nya sopan misal "Siang gan.. Ane minat serius sama HDD-nya. Lokasi ane di jakarta barat gan. Klo boleh mau saya tawar 500rb include ongkir ke jakbar apa boleh gan? Makasi sebelumnya jk berkenan balas (pakai emot senyum)". seller yg menerima SMS seperti ini pasti lbh respect ke calon buyernya. Tercermin gimana karakter calon buyer yg arif.
Indonesia itu negara yg dikenal arif dan santun bahasanya. Ada apa ini dengan generasi ALAY? Sudah punahkan sopan santun bangsa ini?
Gak usah alesan hemat waktu dan sms singkat padat jelas mengena. Bunyi sms ente itu cerminan pribadi ente yaitu SINGKAT - PADAT - GAK JELAS - MALES - NO MANNER .


3. Bilang seller penipu jika dalam 30 menit gak dapat SMS resi JNE, padahal transfer tengah malam atau menjelang subuh.
Quote:Wadowww.. Wadhappa.. Kok aneh begini buyernya hahaha.. sejak kapan kantor JNE sdh buka subuh2 dan aktif 24 jam
Dia tahu JNE dan paham soal resi berarti sdh biasa kirim-kirim. Lalu kenapa jadi FREAK begini . Coba dipahami juga posisi seller seperti apa. Masih packing seaman mungkin dan tdk minta biaya packing, dicek berkali-kali apa alamat buyer sdh bener tulisannya, msh berangkat ke agen/kantor JNE itupun gak minta uang bensin misal lokasi JNE-nya jauh. Padahal sering seller COD only tapi minta uang bensin
Kecuali itu seller sekalian BOS JNE mungkin bisa dapat resi 2 menit setelah transfer


4. Bilang sudah transfer tapi aslinya memang tidak transfer, berguna untuk menakut-nakuti seller newbie yang tidak punya internet banking.
Quote:Kasian ini jika sellernya newbie. Calon buyer bilang sdh transfer dan ngotot pakai alesan mau upload foto struk dan macem2 padahal aslinya memang tidak pernah transfer.
Bisa-bisa si seller menuruti refund meskipun tdk ada uang masuk sedikit pun di rekeningnya karena merasa takut dianggap penipu. Si calon buyer main psikologis utk mendesak seller agar mau transfer sejumlah uang ke rekening calon buyer. Padahal klo seller itu sdh pro ya dengan tenang bilang :
"OK gan ini SS internet banking saya, gak ada bukti mutasi masuk sejumlah xxx. Cek lagi saldo anda jangan main asal tuduh. Klo perlu silahkan print out buku tabungan anda dan buka surat terbuka di kaskus, pampang disana bukti2 anda. Saya langsung hadir disana stlh diberi link-nya. Yang ada ini malah ketahuan siapa yg niat nipu. Anda atau saya? "


5. SMS nawar jika tidak dibalas atau tidak boleh langsung marah-marah .
Quote:Sdh umum ya ini di FJB. Orang nawar tp gak dibolehin malah marah2 ngatain seller. Selow aja masbro. Klo harga gak cocok kan tinggal buka lapak lainnya yg sejenis. Gak perlu cari celah atau cacatnya barang seller jika blm diperkenankan menawar. Mau mahal atau murah itu urusan si seller, toh kan buyer jg bakal menilai kenapa itu brg lbh mahal atau murah dibanding lapak lainnya.
Bisa saja faktor kelengkapan, garansi, kondisi kemulusan barang, kualitas isinya, dst yg membuat perbedaan harga jual. Sebagai buyer kita jg diharapkan SMART dalam mengamati produk yg akan kita beli. Tidak sembrono dalam mengambil keputusan si seller ini itu apa lah dsb. Toh kita sbg buyer bebas milih lapak yg mana


6. Nawar SADIS AFGAN ROSSA TUKUL LUNA MAYA dkk, tp jualan mahal setengah mati.
Quote:Sebagai calon buyer klo nawar sadis gila. Bisa jauh dari harga pasaran dan umumnya suka marah klo tawarannya ditolak .
Tapiiii.. Giliran dia buka lapak, harganya muahal gila! Gak umum, jauh di atas pasaran dan bahkan jd cibiran byk calon buyer lain meski cm dalam hati saja. soalnya klo dikomenin ini seller pasti marah-marah gak karuan baik di threadnya sendiri maupun di thread orang lain. Temperamental bin egois hahaha


7. Bilang barang rusak tapi gak bisa kasih bukti valid.
Quote:Pernah suatu ketika jual power supply merk ternama th.2010 silam. Waktu itu blm populer PSU pure power yg dominan PSU bawaan casing yg sdh gak pure power dan tanpa tombol saklar ON/OFF
Sebelum kirim sdh di test nyala normal dan gak ada masalah. Garansi resmi-pun masih ada. Tapi sesampainya di tempat buyer katanya gak bisa nyala. Ane cb ingetin itu PSU ada saklarnya, itu posisi di buat ON dulu. Klo nggak ya gak bakal nyala PC-nya. Ngotot sdh ON tp gak nyala. Bilangnya test di belasan PC (kayak rental aja )
Daripada ribet yaudah kirim balik aja, PSU nanti ane test ulang. Sesampainya di rumah, PSU ane test lancar jaya. Sampai ane bikinin foto + video-nya di youtube bahwa PSU bs angkat watt rig ane yg cukup berat sekalipun.
Ya sudah ane refund aja uangnya krn ada calon buyer baru yg tanyain apa brg msh ada pdhl tulisan sdh SOLD. Toh PSU jg gak ada masalah kok jd impas. Ane COD sm buyer baru dan di test lancar tanpa kendala PSU-nya.
Sampe skrg ane gak ngerti kenapa itu PSU gk bisa nyala di tempat buyer pertama. Apa iya gak cocok sama platform PC-nya


8. Calon buyer yang cm bs posting BOOKED/DEAL/NAWAR di lapak tapi gak ada kabar.Quote:
Entah maksudnya apa, tp sering ane jumpai buyer seperti ini di thread FJB. Kasian juga itu sellernya seolah barang sdh laku tp ternyata belum
Iseng-iseng berhadiah kali ya maksudnya, atau mmg niat menjatuhkan lapak orang lain


9. Nawar, deal tapi gak ada kabar aka HP gak aktif
Quote:Ini jg bikin seller kasian . Ketika ada penawar lain yg serius pasti ditolak jika ada yg bilang booked/deal. Tp ternyata ngilang begitu aja tanpa kabar.


10. COD gak datang alasan lupa, nganter ceweknya, ada yang lebih penting, dan alasan lain yang dibuat-buat.Quote:
Batal COD gak masalah dong asal calon buyer kasih kabar jauh-jauh sebelumnya. Ini nggak, seller sdh nunggu 30 menit - 1jam di lokasi COD eh buyer susah dihubungi. SMS gak dibalas, telp gak diangkat. Sekalinya bales isinya "Maaf gan ane anter cewek ane dulu nih . Nanti dikabari lagi "
Jadi cowok kok cemen banget lbh takut sama ceweknya drpd dicap buyer gak recommended/plin-plan. Yang mana duluan deal itulah yg komit dijalani. Klo itu ceweknya egois kan malah asyik sdh ketauan sifatnya dari awal. Tp senjata cewek emang gitu sih
"Oh jadi kamu lebih milih COD daripada aku?"
You know what i mean
Dan yang parah cm bales "Sorry gan ane lupa kita ada janjian COD - cancel aja dah lagian ini ada acara yg lebih penting"
Depan mata ane sikat gan itu orang

11. Tipe PRICE POLICE tapi salah acuan.
Quote:Ini juga kadang ngeselin tp lucu, lumayan bikin ngakak. Malah kadang ngerasa kasian sm ini model orangnya .
Bandingin produk tapi dia sendir gak tau bedanya yg sedang dibandingin. Misal produk AB dan AC itu mirip, bedanya di ukuran atau fitur. Udah gt pakai nampilin harga atau SS di thread org. Iya klo bener, nah klo salah? Kan kasian itu sellernya
Mahal atau murah itu sepenuhnya hak sellernya. Sbg buyer hak kita adalah menawar dgn bahasa yg SOPAN. Pasti ada alasan kena harga itu beda-beda tiap lapak. Bs saja beda soal kelengkapan dan kondisi. Jelas beda harga yg terawat sm yg gak terawat. Keep searching aja sampai nemu yg cocok drpd price police. Right?
Misal serius buyer lebih baik langsung aja hubungi si seller tanpa melakukan price police yg mmg dilarang di FJB kaskus


oia ada yang request ciri-ciri seller yang nyebelin (biar imbang )
karena pasti ada juga seller yg nyebelin
silahkan kesini aja agan-agan :
(Share) Perilaku Aneh Seller FJB Kaskus
aka Perilaku Seller Yang Nyebelin Banget



TAMBAHAN SHARE AGAN-AGAN
Quote:Quote:Original Posted By ngicat â–º
Tambahin gan buyer yg suka membanding bandingkan harga sama lapak lain juga kadang bikin gondok gan. Ane pernah ngalamin tuh gan, sampe ane ngotot ngototan di sms sama tuh calon buyer, tapi akhir nya doi ngaku salah dan minta maaf sama ane. Lagian udah jelas ane bilang ane ga maksa buat beli barang ane, eh dia malah nyolot ngomong nya.

haha iya gan. klo gak cocok kan tinggal close gak usah maksa seller jual harga sesuai keinginan buyer

Quote:Original Posted By james.krisnanda â–º
kalo ane pribadi paling sebel tu cod gan
kalow masalah hit n run masi bisa maklumlah,paling buyer gak serius , lah kalow ini udah minta dateng cod bilang jam 2 siang oke, eh jam 2 siang tu dia baru selesai mandilah, manasin motor lah
kalow telat 15 menit okelah, 30 menit, ya udahlah ya, budaya orang indo

lah kalo telatnya 1 jam ?mending kalo akhirnya jadi beli, tapi kalo ternyata ga jadi ane udah 4 tahun jadi seller gan, selama 4 tahun, kalo cod tu paling cepet dateng 30 menit setelah jam yang udah deal

makanya ane tu mikir kalo cod, mw dateng tepat waktu, buat pa pasti nungguin, tapi kalo ga tepat waktu nanti dikira ga respect
pejeng pej wan gan kalow berkenan

ane aja pernah kok ditungguin 2 jam buyer gak datang
mana COD nunggu di POM bensin sampai jam 10 malam, stay dari jam 8 malam soalnya janjian mmg jam 8 malam
ujung2nya batal COD

Quote:Original Posted By kekereyeup â–º
Serem banget kelakuan buyernya.
Ane tadinya niat jualan di fjb jadi mikir keras ane masih newbie jadi seller, takut di kibulin buyer

hohoho..jangan takut gan bt buka lapak di FJB.
pelajari aja dan serap ilmu dari para recommended seller di kaskus ini.
ane aja byk belajar kok sama mereka ttg nyusun thread, cara posting, cara jawab SMS, cara jawab di thread dst. insya Allah klo mau usaha + sabar pasti bs jd recommended seller

Quote:Original Posted By rizetki â–º
pengalaman ane dulu pernah ada buyer yang ngotot banget mau cod paling dia pikir ane seller penipu biasanya kan penipu ga mau cod tapi ane ada alasanya ga mau cod akhir kata dia mau cod dirumah ane wakakakakaka
mana lokasi rumah ane paling tidak strategis jauh dipelosok pinggiran kota bogor dan ga ada angkutan umum yang menjangkau itu nah sebabnya ane males kalo ada buyer minta cod karena jne/pos lebih deket hahahaha lagi pula ane tipe orang yang males keluar rumah

iya gan ane jg lumayan jauh lokasinya dari pusat kota.
jd alternatif ya dikirim by JNE misal COD dirasa kejauhan sm buyer. dilogika-in jg lbh murah JNE krn ongkir cm 5000/Kg drpd COD bensin PP bisa tekor

tp klo buyernya minta lokasi aneh2 (masa COD paket dvd minta di rmh buyer jaraknya sekitar 25-30Km PP dr rmh ane ) kadang ane suruh ke rmh aja ambil paketnya. soalnya ane cm bs COD pagi jam10-an. dan ternyata dia gak dateng. gimana COD di lokasi yg jauh dr rmh ane haha

Quote:Original Posted By lovebeingnuts â–º
Mau share pengalaman ane sebagai seller di FJB gan:

Klo ane sebagai seller, sempat dibuat serem sama buyer sendiri gan. Secara kan ane dulu ada whatsapp dan di situ ada foto ane. Buyernya malah suka sama foto ane dan bilang blak-blakan fotonya bagus dan suka sama foto ane. Ga cuma di situ gan, nih buyer juga jadi coba cari tau tentang ane lewat Om Google plus sms ga penting di luar transaksi jual beli. Ane udah merinding aja takut di apa-apain (boleh dong hati-hati dikit ). Untungnya ini cuma berlanjut selama 2 hari dan berhenti ketika barang sudah diterima sih buyer. Buyer kayak gini bikin serba salah, mau dicuekin juga salah karena buyer udah beli barang dari kita, mau diterusin malah ntar kegeeran dikira kita juga suka. Tapi ane sempet bilang sama nih buyer untuk jangan sms di luar transaksi jual beli dan untungnya buyernya juga sama-sama sopan dan mengerti, jadi bisa selesai dengan damai juga segala tindakan ketidakjelasan si buyer ke kita.

Klo boleh di pejwan gan

wih serem juga ya sampai di stalking gt
tp mgkin buyer pengen akrab sm sellernya atau khawatir ditipu
soalnya ane jg kadang bs akrab sm pelanggan lama (sk curcol soal diluar transaksi ), dan krn akrab mreka jd betah langganan sm ane

Quote:Original Posted By lytogawa â–º

Ane jg prnh dpt calon buyer yg salah satunya kyk pnjelasan agan
Tnpa permisi tanpa salam ato apapun lgsg "6,8 klo fullset", ane kan jadi bngung, padahal waktu itu yg ane jual ada 2 yg hrganya 950rb sama 7,9jt, masuk ke yg mana itu harganya sgitu?

ahahaha.. kasih aja yg 950rb gan

Quote:Original Posted By achmdfachri â–º
ada lagi Buyer Nipu cap kelas teri

baru aja kejadian, ane udah ngirim barang dari Sabtu trs udah dikasih no resi dan semuanya, nah pas tadi pagi dia sms "Gan,Barangnya kok blm sampe" ane bilang "resi dijnenya ketrack gak?" dia jawab singkat "gk" trs ane gabales soalnya ane juga lagi disekolah : nah pas baru tadi ane langsung track resinya dan udah kekirim sama orangnya sendiri Pulak trs ane mah ladenin santai aja gadibales sama doi

Spoilerfor SS + Resi:





nah ini dia yg aneh juga. jelas2 resi ke tracking tp bilang gak bisa ditracking
itu klo sama rekber bs ke tracking dan brg status delivered, uang bakal dicairin ke seller meski si buyer ngeles



Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51ea119b3f42b2ab44000009

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger