Home » » Agan Sering Bersin dan Pilek? Mungkin Karena Ini...

Agan Sering Bersin dan Pilek? Mungkin Karena Ini...



Quote:

Quote:Jangan lupa di Rate 5 dulu ya gan



Quote:
Agan pilek setiap kena debu?
Agan pilek setiap cuaca dingin?
Agan batuk & mata bengkak setiap kena debu?
Agan bersin - bersin setiap di tempat baru?

Jawaban :
Mungkin agan kena penyakit Alergi Rhinitis . Penyakit ini punya gejala seperti hidung gatal, bersin, ingusan, tersumbat & pilek. Alergi Rhinitis ini biasanya disebabkan oleh debu, serbuk sari bunga, bulu binatang dan perubahan cuaca gan.

Quote:Spoilerfor Idung normal vs idung kena Rhinitis:
Spoilerfor Awas geli :D:

Quote:FAQ
Q : Emang gejala apa aja gan kalo kena Rhinitis?
A : Kebanyakan sih idung mampet, ingusan, batuk, bersin berkali" kalo udah rada parah biasanya mata kita jadi bengkak gan

Q : Kok bisa kayak gitu gan?
A : Jujur ane kurang tau, tapi ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh kita 'berlebihan' dalam menanggapi partikel dari luar, partikel ini disebut Alergen ya itu tadi debu, serbuk sari dll. Nah, akhirnya sistem kekebalan tubuh kita menyerang partikel itu sehingga menimbulkan reaksi bersin - bersin dan ingusan.

Q : Lah, cuma idung mampet doang macam gitu mah cetek gan ...
A : Jangan salah gan, kalo ente kena Rhinitis ane jamin bawaanya jadi ga produktif, dikit" ke kamar mandi, dikit" megang tisue...kan malu lagi ngomong ma gebetan ga fokus gara" ingusnya keluar

Q : Terus nyembuhinnya gimana dong?
A : Menurut ane kalo yang namanya Alergi itu biasanya bawaan / turunan, penyembuhannya beda - beda tiap orang gan. ada yang udah dewasa tiba" ilang alerginya, atau yang kecilnya sehat tau" remaja bersin" juga ada. Intinya harus rajin olahraga, dengan rajin olahraga otomatis badan lebih kuat dalam menghadapi Alergen ini

Q : Ada obatnya gan?
A : Ada gan, murah lagi cari di apotik atau Al*amart juga ada kalo ga salah namanya CTM (Chlorpheniramin) ini obat Anti-Histamin atau kata lain obat Anti Alergi gan, awas bikin ngantuk kalo minum ini jadi usahakan jangan berkendara ya.

Q : Obatnya cuma CTM itu aja gan?
A : Engga harus gan, yang penting dalam komposisi obatnya ada tulisan Chlorpheniramin Maleat, kalo ga salah P*nadol cold & flu yang night juga ada, tapi dosisnya rendah.

Q : Obatnya bisa langsung nyembuhin gan?
A : Tergantung daya tahan tubuh kita juga gan, tapi kebanyakan obat itu meredakan ya, sisanya istirahat yang cukup.

Q : O iya gan, kalo Rhinitis sama Sinusitis beda ya?
A : Beda gan, kalo Rhinitis itu Radang pada hidung, sedangkan kalo Sinusitis itu Radang/Infeksi pada sinus (Ruang berisi udara di sekitar tulang hidung), nah Rhinitis dapat jadi Faktor pencetus Sinusitis

Quote:Sekian thread dari ane, semoga menambah wawasan ilmu kesehatan kita ya gan. Mohon maaf kalo sekiranya thread ane repost , ane ga nolak






Update komentar kaskuser
Quote:Original Posted By beoudoin â–º
Ane pernah kena Rhinitis taun 2003,lama dibiarin malah jadi Rhinosinusitis (gabungan Rhinitis ma Sinusitis) en selama 6 taun ane mnderita karna penyakit ni,karna klo kambuh Ane cuman bisa tepar di ranjang ga bisa ngapa"in,ke dokter spesialis dah berkali" tp ga sembuh",akhirnya salah satu temen nyaranin ane buat berobat tradisional yaitu di Gurah,en hasilnya sinus ane sembuh (kluar ingus ampe ampir setenagh ember cat 5 kilo) trus abis tu lanjut terapi obat ke dokter buat nyembuhin rhinitisnya.Alhamdulillah skr ane dah sembuh en jarang kambuh lage

Klo bisa taru pejwan gan
Quote:Original Posted By rifkyhimself â–º
ane mengidap rhinitis gan..waktu kecil sih ga pernah begini, tapi semenjak lulus SMA mulai kena rhinitis
biasanya kalo kena asap rokok atau tempatnya berdebu, hidung langsung mampet2 dan bersin2 melulu gan

sejauh ini ada dua obat yang mampu menyembuhkannya :
1. Rhinos SR. lumayan mahal gan, dan bikin ngantuk. reaksi cepat tapi khasiatnya cuma bertahan sebentar.
2. Jamu Qolbun Salim (yang bungkusnya orange). Tidak bikin ngantuk, khasiatnya bertahan lebih lama, tapi lebih mahal daripada Rhinos dan kalo diminum pahit gan

tapi yang namanya alergi sih pasti kena lagi dan kena lagi makanya ane selalu sedia kedua obat itu di rumah, buat jaga2 gan
semoga bermanfaat gan
Quote:Original Posted By teti.kutty â–º
ane baru tau namanya.. ternyata alergi rhinitis yah gan kebetulan ane termasuk yg alergi sm debu.. kalo udah kena debu, mata merah, bersin2, pilek, dll tp kira2 1-2jam sembuh... tp ane ga pernah minum CTM, soalnya bisa ngantuk... biasanya ane minum air putih hangat yg banyak
Quote:Original Posted By D.Cuy â–º
kayanya ane kena alergi ini

tiap bangun pagi, kena cuaca dingin, kena AC, kena debu, atau lg makan yg panas2...
kadang suka bersin2 + idung meler... ingusnya bening dan lebih cair...

alergi ini ada dampak lainnya ga yg lebih parah selain idung meler + bersin ?
Quote:Original Posted By rockermon â–º
Wah jangan-jangan ane kena nih...
Udah lama ane mah gan dr dulu banget.. Tiap abis mandi pasti meler, kena debu dikit bersin2 edan + gatel. Dikit" meler padahal cuaca gak lagi dingin (walau gak deres)
Flu kagak itu ingus/lendir nempel terus Nafas juga cuma dari satu lobang idung kadang sebelah kanan.. Kadang sebelah kiri, kadang dua-duanya juga jalan. Oleh karena itu ane sampe nafas lewat mulut juga

Ingusnya juga gak kayak orang flu sih gan. Lendir aja gitu..
Hahahaha bener banget, kadang ingus/lendir itu suka keluar pas lagi ngobrol. Tapi ane dah biasa sih cuek-cuek aja dah
Quote:Original Posted By thunder117 â–º
baru tau ane namanya rhinitis, ane juga punya penyakit beginian( turun dari bokap ane ), kena debu dikit langsung bersin, mampet, trus kayak mau nangis gitu. Biasanya ane ngilanginnya berjemur di matahari
Quote:Original Posted By winamartina â–º
ane kena alergi rhinitis gan.. keliatannya biasa2 aja, tapi klo udah kambuh, yg ngalamin ane sendiri bener2 menderita, apalagi klo lagi di kantor, dikit2 bersin, bulak-balik kamar mandi, mata merah, hidung gatel, pilek. tapi ane gak pernah di obatin, suka ilang sendiri. klo pake obat takutnya ketergantungan.
Quote:Original Posted By tyowiwid â–º
ternyata nama penyakit ane ni rhinusitis to,,kalo udah ampe parah ane sampe minum jamu sehat pria di toko jamu, lumayan sembuh,
tapi selalu muncul2 terus penyakit ini, terutama sehabis bangun tidur ambil air wudhu mau sholat...jadi sholat gak khusyuk,
seringkali dibilang ma ortu, kamu ni wudhu-nya gak bner, itu sampe bersin pilek diganggu setan gtu katanya, padahal ni bkn keinginan ane.

taro pejwan gan kalo berkenan

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51e3f2333ecb170c06000003

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger