Home » » Gaia Sang Dewi Bumi

Gaia Sang Dewi Bumi


Thanks to STK-Rev dan semua pengunjung thread karena thread ini diangkat menjadi HOT THREAD
6 Juli 2013

-Salam Mitologi-


Selamat bertemu lagi dengan saya setelah beberapa menit lalu meluncurkan thread mitologi Yunani. Kali ini saya masih melanjutkan kisah asal-usul bangsa Yunani kuno.

Setelah membahas ayah dari Cronus, sekarang saya akan membahas sang ibu, yaitu Gaia Sang Dewi Bumi.
Get ready!

Quote:Quote:Gaia



Quote:Dalam kepercayaan Yunani Kuno, Gaia atau Gaea adalah dewi yang melambangkan bumi. Dia adalah salah satu dewa utama yang melahirkan dewa-dewi penting lain dalam sejarah Yunani Kuno. Gaia merupakan ibu sekaligus istri dari Uranus Sang Dewa Langit.




Quote:Origins of Gaia

Sesuai naskah kuno, Hesiod, dikisahkan bahwa Gaia terlahir (lebih tepat: muncul) dari Chaos (kehampaan). Kemudian Gaia menciptakan dewa yang setara dengannya, Uranus (Dewa Langit), yang selalu menyelimutinya. Gaia melahirkan beberapa dewa lain yang setara dengan Uranus, seperti Pontus (laut) dan Ourea (gunung dan bukit).

Dari perkimpoian Gaia dan Uranus, lahirlah para Titans (Oceanus, Coeus, Crius, Hyperion, Iapetus, Theia, Rhea, Themis, Mnemosyne, Phoebe, Tethys dan Kronus). Namun setelah kelahiran para Titans, Uranus mulai membuang anak-anak yang dilahirkan sesudahnya (para Cyclops dan Hekatonkeir). Gaia merasa sakit hati oleh perbuatan Uranus. Dia kemudian mengambil mineral berwarna abu-abu (diidentifikasi sebagai adamantium) dan membuat sebuah sabit. Dia memanggil para Titans dan meminta untuk menyingkirkan Uranus.




Quote:Pembalasan Gaia

Saat itu Gaia menyembunyikan Cronus di tempat yang tidak terlihat oleh Uranus. Tidak berselang lama, Uranus datang untuk bersetubuh dengan Gaia. Namun secara tiba-tiba, Cronus muncul dengan sabitnya dan memotong kemaluan Uranus. Karena mengalami pendarahan hebat, Uranus tewas di tempat. Gaia meramalkan bahwa suatu saat nanti, Cronus juga akan disingkirkan oleh anaknya sendiri.

Setelah Cronus dan Rhea memiliki anak, dia mulai menelan setiap anak yang lahir. Namun, karena Rhea merasa sakit hati, dia meminta bantuan Gaia untuk menyelamatkan anak terakhirnya. Rhea memberikan Cronus sebuah batu yang dibungkus kain dan melahapnya (mengira bahwa itu anak terakhir Rhea). Zeus tumbuh besar bersama Gaia di tempat yang tidak diketahui oleh Cronus. Gaia berencana untuk membantu Zeus menyingkirkan Cronus. Dia memberikan sebuah ramuan yang akhirnya Zeus berikan kepada ayahnya untuk diminum. Ramuan itu membuat Cronus memuntahkan semua yang dia makan (termasuk anak-anaknya). Akhirnya perang antara Olympian dan Titans dimulai dimana kekuasaan jatuh di tangan Zeus. Melihat perlakuan Zeus kepada para Titan lain, Gaia menjadi marah dan mengirimkan Thypon untuk membalaskan para Olympians, namun akhirnya Thypon dapat dihalau oleh Zeus.




Quote:Gaia Dalam Berbagai Mitologi???

-Di beberapa sumber modern, Gaia dinyatakan sebagai Mother of Earth. Mungkin dari pernyataan inilah kita mengenal istilah Ibu Pertiwi/Bumi Pertiwi, sebuah konsep yang menyatakan bahwa Bumi itu wanita.

-Beberapa kepercayaan Neopaganisme memuja Gaia sebagai satu-satunya dewi yang menguasai Bumi.


Quote:Thread Yang Berkaitan

Kronus - The Time Keeper
Uranus, God of the Sky
Zeus, King of the Gods
Medusa, Monster Wanita Ular
Hera, Dewi Pernikahan
>>>Greek Myth lainnya<<<

Originally posted by:
©2012 baccu
sumber



Quote:CEK REPOST





Buat agan2 yang mau berkunjung ke trit ane yang lain, silahkan klik gambar berikut


Quote:THREAD INI DIDUKUNG OLEH



klick banner untuk mampir ke markas kami

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/50ec90800c75b4fe7b00000b

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger