Home » » Membandingkan Ospek di Kampus Luar Negeri dan di Indonesia

Membandingkan Ospek di Kampus Luar Negeri dan di Indonesia

Spoilerfor pendahuluan: langsung aja lah cekidot

Spoilerfor Luar negeri:
Spoilerfor luar negri:

Spoilerfor luar negri:

Spoilerfor luar negri:

Spoilerfor luar negri:

Spoilerfor luar negri:

Spoilerfor luar negri:

Spoilerfor luar negri:

Spoilerfor luar negri:

Spoilerfor luar negri:

Spoilerfor luar negri:

Spoilerfor luar negri:

Spoilerfor luar negri:

Spoilerfor luar negri:

Spoilerfor luar negri:

Spoilerfor luar negri:

Spoilerfor luar negri:


Spoilerfor Dalam negeri:
dalam negeri

Spoilerfor dlm negri:

Spoilerfor dlm negri:

Spoilerfor dlm negri:

Spoilerfor dlm negri:

Spoilerfor dlm negri:

Spoilerfor dlm negri:

Spoilerfor dlm negri:

Spoilerfor dlm negri:

Spoilerfor dlm negri:

Spoilerfor dlm negri:

Spoilerfor dlm negri:

Spoilerfor dlm negri:

Spoilerfor dlm negri:

Spoilerfor dlm negri:

Spoilerfor dlm negri:


Spoilerfor komentar kaskuser:
Quote:Original Posted By diohr â–º
betul gan , ane alhamdulilah dapet kesempatan kuliah diluar negri ... beda gan orientasinya ... ane kira ane disini tuh bakal dikerjain juga kyk di indo ... eh disini malah dikasih tau kampusnya itu gimana , nanti kira2 lingkungan tempat tinggal gimana , makanan lokal disana apa aja dll.

kebanyakan ya , di indo orientasi tuh jadi ajang bales dendam ke junior. pernah ane tanya adek kelas ane maksudnya dikasih pita, pake apalah dkk itu apa ? ada maksudnya enggak ? dia bilang seru2an aja . melakukan sesuatu itu mesti ada manfaatnya
Quote:Original Posted By jambulajaib â–º
jadi inget di taun 2000, 13 taun yang lalu.. ketika ane naik jadi mahasiswa tingkat kedua dan jadi panitia penerimaan maba angkatan 2000 (ane angkatan 99 gan)
ane ngalamin semua ospek, ya universitas ya fakultas ya jurusan ya program studi... 1 kata, PRIMITF! tapi ane ikutin dengan maksud mendekati senior, plus ikut dalam keorganisasian kampus

tibalah saatnya ketika ane jadi mahasiswa tingkat 2.. senior yang siap jadi panitia ospek.. ane sama beberapa sohib ane pengen merubah image ospek/mos/mapra atau apapun itu, menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat seperti pengenalan kampus, brainstorming tentang jurusan/program studi yang akan dipilih.. pokonya tanpa bentak2an, tanpa tugas aneh2 dll just have fun... okelah, skala universitas dan fakultas mungkin terlalu besar buat anak tingkat 2 macam ane.. ane dan kawan2 ane minimal bertekad mau merubah ospek tingkat jurusan itu

hasilnya? DITOLAK!... rekan2 seangkatan ane ada yg nolak, tingkat 3 nolak, tingkat 4 nolak... mereka masih tetep mau dgn ospek primitif tersebut
kenapa? mereka ingin tetap menikmati ajang ngerjain junior2 mereka ketimbang mengenalkan kehidupan kampus dan prospek ketika lulus dari jurusan tersebut
yg lebih bikin ane sakit hati, ada beberapa rekan seangkatan ane yg ga pernah ikut ospek tapi jadi panitia dan ikut ngerjain mahasiswa baru...banci!
ospek di sini masih cuman jadi ajang ngerjain dan balas dendam
Quote:Original Posted By jacky0210 â–º
gw mendukung kesimpulan TS...

OSPEK yang sebagian besar di pendidikan formal maupun non formal di kota besar di Indonesia mendidik untuk menindas bangsa sendiri yg lemah... alasan'nya klasik dari senior untuk supaya ada kenang-kenangan ato saling solidaritas...
Pasal 1 : senior tidak pernah salah
Pasal 2 : kalo senior salah kembali ke pasal 1


Pesen dari gw, jangan pernah tunduk ama senior, kalo senior nga pernah kasih ilmu pengetahuan ato sharing kemampuan untuk bekal masa depan....
bener gan klasik bgt, gaya otoriter orba, senior tidak pernah salah

Quote:Original Posted By AcinMansettan â–º
orang indonesia kan sebenarnya kayak budak
mau di apain aja tanpa melawan

ane udah sering mengajuin ke senat kampus agar ospek semacam itu di hilangkan, tapi apa gak di dengarkan sama sekali

begitulah sudah membudaya, tapi budaya yang jelek tetap di pertahankan, yang bagus malah di tentang
Quote:Original Posted By krd7 â–º
diluar negri bebas benget yah gan..
pake celana pendek pun juga boleh kuliah..

meskipun santai tapi otaknya jalan bisa bikin pesawat luar angkasa

Quote:Original Posted By renbiz â–º
Tahun kemarin orientasi fakultas ane udah dihapus ospek-ospekan kayak gitu.
Ga ada lagi timdis, ga ada lagi topi-topian aneh.

Ketika fakultasi lain dimarah-marahi dengan kostum nyeleneh pagi-pagi dijalan.
Fakultas ane paling woles dengan dress code dan perlakuan paling manusiawi

Seneng deh liat maba-maba ane nyengar-nyengir ke fakultas lain pas lagi orientasi.
Tinggal nunggu semua fakultas niru fakultas ane, dan satu kampus bakal hilang ospek2an kayak gitu.
Kalo bisa berlanjut ke tingkat nasional, amiin.

_____________

Perubahan itu perlu waktu, kadang sulit, tapi bukan ga mungkin kalo emang punya usaha.
mudah2an fakultas ente bisa memberi contoh fakultas terlebih universitas lainnya

Quote:Original Posted By hyorinevian â–º
iya gan,,masa orientasi tu hrz dibimbing,bknnya malah di kerjain....
toh kita jg udh bayar mahal2 juga!!!
Quote:Original Posted By stevvo â–º
setelah dipikir2 udah bayar ospek, yg bisa dibilang gk murah, malah disiksa pula. sistem kyk gini mesti di hapus nih. sama sekali gk ada manfaatnya
bayar buat disiksa

Quote:Original Posted By ihardiman â–º
Gak semuanya gitu kok gan. Di UNI ane dulu anak kedokterannya juga pada pake pakean bedah keliling kampus.

Jadi mirip2 di indo juga.

Tapi ya gak ada yang namanya ospek. Mereka pake gitu biar ketahuan beda sama jurusan lain. Tapi intinya have fun. Karena abis keliling kampus dan kota sekitar terus ke bar deh


masih wajar gan krn pakean yg dipake sesuai dgn jurusannya, not a retarded dress code

Quote:Original Posted By estehlegi â–º
berbagi cerita pengalaman ane dikit gan.
ane alhamdulillah sekarang kuliah di luar.
dulu pas pertama ospek, itu bener-bener namanya pengenalan sama kampus. misalnya kaya sistem belajar, ujian, pr, absen secara umum dan juga sama dikenalin rektor dan kepala-kepala fakultas.
terus juga lingkungan kampus misalnya tempat makan, perpustakaan, ruangan belajar, auditorium, dll. muter-muterin kampus lah pokoknya.
gak lupa juga dijelasin tentang kota itu, apa aja yang perlu diurusin, gimana cara gaya hidupnya, dll. (apa lagi buat foreigner, lebih detail lagi dijelasinnya).


nah pas ane tanya temen-temen ane yang kuliah di indo, mereka rata-rata bilangnya tu lagi sibuk ospek, disuruh bikin ini itu segala macem (ane lupa bikin apa, tapi kebanyakan gak ada hubungannya sama kuliah). ntar kalo gak diturutin, diapain gitu sama senior. mentang-mentang udah jadi senior, terus bisa seenak jidat sama maba gitu?
wtf! ane mikir buat apa coba mereka para senior ngasih tugas ke maba yang gak penting. masih mending kalo itu masih ada hubungannya sama kuliah, nah kalo kagak? termasuk buang-buang waktu dan tenaga juga itu.

maaf kalo panjang lebar, ane cuma mau bagi cerita & pendapat ane setelah dapet cerita dari temen-temen ane waktu itu.

Quote:Original Posted By GodofSmile â–º
Cuma ajang balas dendam aja di Indonesia tuu...karena sudah kena ospek seperti itu tau rasanya jadi dilimpahkan lagi ke yg masih baru baru..ane pernah mengusulkan hal seperti yg ada di luar negri tu gan..tapi mereka pada gak setuju alasannya masa kita dulu di gitukan(ospek) masa lo diem2 aja...jadi intinya hanya balas dendam dengan apa yg mereka rasakan sebelumnya...

nice share gannn...

Quote:Original Posted By psychokinesis â–º
respect ane gan

setuju ane ama sistem kampus di luar negri. mereka benar2 mengusung arti dari "orientasi" tersebut. ane rasa inilah yang membuat indonesia tidak pernah maju, karena sebelum terjun ke dunia industri pun mereka diperkenalkan dengan "balas dendam" yang dibungkus dengan alasan "orientasi kampus".

buat apa mereka melakukan aksi tersebut (mempermalukan maba, membentak, memarah2i, menyuruh dengan alasan yang tidak logis)? untuk solidaritas? untuk mengenal senior lebih dekat? untuk mengenal kampus beserta civitas akademika nya? ane pernah merasakan ospek kampus, dan sampai sekarang pun ane ga pernah deket ama tuh senior. ane rasa ospek udah bikin tembok antara junior dan senior nya. mungkin mereka ingin menerapkan bahwa senior harus dihormati, tapi apakah ini caranya? justru mereka (senior) akan dibenci oleh sebagian besar junior nya. junior yang berbicara sopan pun itu hanya sandiwara belaka, bukan tulus dan segan.


Quote:Original Posted By kas.khidir.kus â–º
Mudah2an univ di indonesia, semakin ke arah yg lebih baik ya Gan... Mungkin kita sebagai alumnus dan yg mahasiswa aktif di kampusnya masing2 coba lebih memberikan ide2 dan gagasan yg dpt mengubah budaya2 tersebut... ane juga gak setuju Gan dgn cara seperti itu

Quote:Original Posted By Highcall38 â–º
Alhamdulillah selama 3 tahun di kampus gw udah ga ada ospek.. meski di jurusan2 lain masih ada yang curi2 kesempatan. Tapi gw bener2 bersyukur sebab mulai dari ketua angkatan yang satu tahun lebih tua dari angkatan gw bener2 punya niat bwat hapusin ospek. Dan hasilnya sekarang? angkatan gw malah lebih akrab ketimbang jurusan lain yg pake ospek2an, malah blok2an.

Namanya ospek yaa bwat saling kenal, seru2an, dan bermanfaat.. kurang satu poin dari itu, bukan ospek lagi namanya.
pelopor perubahan

Quote:Original Posted By digicIII â–º
kebetulan saya kuliah di LN, tidak ada ospek, toh output mahasiswanya saya rasa jauh lebih disiplin dibandingkan ospek yang menggunakan TNI.
bagaimana mendidik disiplin? dari kecil, bukan ketika ospek.
telat 1 menit, tidak bisa masuk kelas, zero tolerance.
menurut saya toleransi itu yang menyebabkan orang menjadi tidak disiplin.
alasan ospek yang aneh-aneh seperti itu bullshit semua, cinta almamater? saya cinta ilmu, almamater hanya tempat saya mencari ilmu, padahal disini dibiayai negara (nyaris gratis), tapi tidak ada kewajiban cinta almamater.
solidaritas tinggi? disini kalau tidak bergaul, pasti kesusahan mengikuti pelajaran, kalau tidak aktif pasti sedikit ilmu yang didapat.
Quote:Original Posted By texhnolyze â–º
gw jg punya sodara kuliah di jerman
emang ga ada ospek yg menindas gitu, justru mahasiswa baru itu disambut baik
paling cuma games2 biasa aja buat mempererat persaudaraan

kampus gw jg udah ngehapus ospek (bagian pelonco nya) beberapa tahun lalu
tapi orientasi kampus sama organisasi mahasiswa tetep jalan
Quote:Original Posted By floralys â–º
Sumpah gan waktu ane buka gambar pertama ospek dalam negeri ane langsung ngakak

Keliatan banget pembodohannya

Susah sih emang udah menjadi tradisi turun temurun..

Ane sekarang lagi tinggal di salah satu negara maju di eropa dan ane tinggal di wilayah sekitar Universitas. Tp ane bukan mahasiswa, cuma tinggal aja

Menurut pandangan ane, cara pikir meraka tehadap kuliah sangatlah beda dengan kita orang Indonesia. Kita lebih mengutamakan gengsi, apapun demi nilai tertinggi(IP,IPK,dsb), dan perbedaan umur dipermasalahkan, apalah perbedaan umur 1-2 tahun. Memangnya kalau kita lebih tua pasti lebih kuat? yakali...

Di tempat ane tinggal, mereka cenderung lebih memfikirkan apa yg bisa mereka dapat dari kuliah, meningkatkan kualitas diri dengan tanda secara real menjadi seorang sarjana dari studi yg mereka ambil. Yg bikin ane kagum, mereka tidak ada rasa malu, terhadap umur. Mereka benar2 menikmati hidup mereka. Ada gan kenalan ane sudah umur 30 tetapi masih duduk di bangku kuliah. eits tp jangan salah, kualitas personal dia sangat2lah jauh dibandingkan orang yg sudah lulus sekalipun. Dia memimiliki apartemen yg cukup mewah sendiri, sering traveling2 keluar negeri dan intinya pengalaman ini orang sangat lah banyak dan kualitas pribadinya sangat bagus.

dari situ lah ane berpendapat kalo emang pola pikir kita aja yg masih jauh dari kata MAJU, masih dibelakang.. Banyak kok mahasiswa2 kita yg pintar2, tp pola fikir kita aja yg belum MAJU.
iya sih gan kepintaran bisa dibikin/dilatih tapi cara berfikir maju butuh kesadaran dan pemahaman dari dalam diri sendiri

Quote:Original Posted By goalkeeper60 â–º
ane dulu alhamdulillah kuliah LN gan dinegara tetangga

di kampus ane pas masa orientasi malah diajakin tour keliling kampus, ngenalin apa aja yang ada disekitar kampus

trus diajak keliling kota ketempat2 rekreasi dan juga musium negara jadi biar kenal dengan sejarah negaranya (coba di indonesia begitu ya, ato mungkin sejarah indonesia emang udah begitu ya penuh dengan penindasan makanya dikenalin dengan berbagai macam bentuk penindasan waktu ospeknya, heheheheh)

diajakin bermain team bulding (nah ini lebih bermanfaat untuk menciptakan solidaritas dengan cara yang lebih menyenangkan dan mengasah kreatifitas, klo di indonesia kyaknya menciptakan solidaritas dengan cara membuat merasakan penderitaan bersama sehingga terciptalah rasa senasib sepenanggungan hehehhehe)

itu cuman sharing masalah ospek aja ya gan tapi klo soal pendidikan sih menurut ane tergantung dari pribadi masing2, yang mo belajar ya bakalan pintar, tpi klo ga mo belajar di kuliahin di ujung dunia ya bakalan begitu2 aja

Quote:Original Posted By EdNewgate â–º
welcome dan rasa persahabatan antar tingkat itu perlu gan...bukannya ditabokin, dimarahin, ampe disiram2in segala biar takut ama senior...
bener juga memupuk keakraban dgn team building gan gak perlu perpeloncoan

Quote:Original Posted By dickyclubbers â–º
keponakan saya jadi korban OSPEK dan telah meninggal.saya rasa OSPEK di INDONESIA bukanlah tepat.untuk apa mahasiswa/siswa di suruh lari" keliling lapangan,dan latihan fisik keras lain.emang dasar orang bodoh yang tetap menjalankan sistem beginian,seharusnya pemerintah itu pintar,percuma mereka studi banding keluar negeri?apa hasilnya?NIHIL?
turut berduka gan atas meninggalnya ponakan ente

Quote:Original Posted By sodaey â–º
Fakultas ane juga dulu termasuk yang paling keras msalah ospek

Tpi skrang udh ga lagi,ga boleh ada kontak fisik,ga boleh teriak di muka para maba,semua tugas tulis sudah tertulis di buku panduan

Klo masalah push up dll itu cuman ada ketika kemah,dan itupun termasuk olah raga pagi

Dan akhirnya,rektor univ ane ngasi fakultas ane sebagai penyelenggara orientasi terbaik
Quote:Original Posted By astro1308 â–º
beruntungnya ane, 6 tahun yg lalu fakultas dan kampus ane udah menghilangkan budaya ospek yg gak manusiawi itu
mantap gan tinggal nunggu kampus lain berubah

berhubung komentar agan2 panjang2 dan cerdas dah gak muat yg laennya ada di mari
voice of kaskuser part1

voice of kaskuser part2



Spoilerfor kesimpulan: di luar negri generasi muda diperlakukan secara manusiawi dan di didik agar menjadi leader, di kita diperlakukan tidak wajar dan diajarkan agar tunduk penguasa dan menjadi penindas kaum lemah. beda negara beda IQ



Spoilerfor saran: sebaiknya tradisi primitif perpeloncoan segera dihilangkan dan diganti dengan orientasi yg lebih manusiawi karena gelar kalian ada lah MAHA-SISWA, sikap dan cara berpikir harusnya lebih bermoral dan berpendidikan, kepada rektor, dekan, ketua jurusan, dan senior sebaiknya segera introspeksi diri, apakah tidak ada cara lain selain kekerasan, bentakan, di mana hati nurani kalian, apakah ibu mu tidak mengajarkan kebaikan dan kasih sayang??

kepada jurusan, terlebih universitas yg sudah meninggalkan tradisi gila ini ane ucapkan selamat menuju kemajuan dan semoga langkah awal menuju kebaikan diawali dgn cara yg baik pula. mari maju selangkah Indonesia bebas dari kekerasan. malu kata orang luar katanya negeri kita orangnya ramah2.

Spoilerfor thanks kaskuser: terima kasih atas dukungan agan2 semua terhitung 3 hari thread ane mendapat support yg luar biasa dari kaskuser, yg ane tangkep kaskuser masih memiliki hati nurani dan akal sehat.

komentar = 2031
views = 108955
rate= 142 vote (average 4.86)
share FB 5.2k = 5200 like
share twiter = 682





Spoilerfor penutup: Demikian thread dari ane
Quote:kepada yg udah iso mohon
Quote:kepada yg belum iso bantu
Quote:kepada silent reader, terima kasih sudah mampir di kaskus
Quote:lapak yg laennya: http://www.kaskus.co.id/profile/view...hreads/1860687

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51dfc1803dcb17470800000e

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger