Home » » Nikmatnya Kuliner Khas Cirebon

Nikmatnya Kuliner Khas Cirebon

Quote:Indonesia tak hanya kaya wisata alam yang memukau. Untuk urusan perut, berbagai daerah di Tanah Air memiliki daftar menu teramat panjang untuk dijajal. Kota Cirebon salah satu contoh yang cukup menggambarkan melimpahnya ragam kuliner nusantara yang tak terkira lezatnya. Apa saja warisan kuliner dari kota Cirebon itu? Mari kita simak!
Spoilerfor Empal Gentong:
Menu ini berupa daging dan jeroan sapi yang dibanjiri kuah mirip soto. Rasanya sungguh lezat, tapi memang sangat berkolesterol. Sesuai namanya, daging dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong yang terbuat dari tanah liat. Empal gentong dapat disajikan dengan nasi atau lontong, kemudian disiram kuah bumbu yang khas, ditambah taburan bawang goreng dan daun kucai. Bagi penyuka pedas, sambal empal gentong sangat cocok untuk uji nyali karena dibuat dari saripati cabai merah kering yang dikemudian ditumbuk.

Spoilerfor Nasi Jamblang: Nasi putih yang penyajiannya dibungkus dengan daun jati sehingga membuat nasi putih itu terasa berbeda. Anda bisa memilih berbagai jenis lauk sesuai selera. Mulai dari telur dadar, ayam goreng, daging sapi, ati sapi, otak sapi, pepes tahu, udang goreng, perkedel hingga rendang jeroan. Jangan lupa mencoba sambalnya, berupa irisan cabe merah pedas.

Spoilerfor Nasi Lengko: Makanan ini mirip nasi pecel yang di atasnya ditaburi irisan kubus-kubus mentimun, taoge, daun bawang, potongan tempe dan tahu, kemudian dilumuri bumbu kacang yang lumayan pedas beserta taburan bawang goreng.
Spoilerfor Tahu Gejrot:
Berupa tahu yang di potong kecil-kecil ditaruh di atas piring kecil terbuat dari tanah liat kemudian disajikan dengan bumbu gula merah, cabai, bawang merah dan bawang putih yang diulek. Berbeda dengan tahu lainnya, tahu cirebon rasanya tawar dan teksturnya kasar, tapi justru ini daya tariknya. Tahu Gejrot menjadi jajanan yang membuat kita terus ingin melahapnya, apalagi dengan porsinya yang kecil.
Quote:Itu hanya segelintir daftar makanan yang dapat dijadikan referensi jika Anda berkunjung ke kota ini. Di luar menu itu, kota udang ini masih menyimpan segudang khazanah kuliner yang dijamin membuat lidah bergoyang.

Tertarik mengecap sedapnya kuliner kota Cirebon? Segera langkahkan kaki menuju Cirebon.
Spoilerfor Minuman khas yang idaman kaskuser:
Boleh kali gan bantu atau kasih ane biar ijolah
Quote:http://ranselkecil.com/makanan/nikmatnya-kuliner-cirebon/


Makanan khas Cirebon lainya rekomendasi dari agan
Spoilerfor Docang:
Lontong dicampur kuah dage/oncom yang sudah dicampur bumbu-bumbu dan rempah-rempah menggunakan toge, menggunakan daun singkong, dan lebih nikmat bila makannya menggunakan kerupuk yang warna putih.

Doncang ini dulunya makanan rakyat jelata, sedangkan orang-orang kaya makannya menggunakan kuah dan daging.

Sedangkan ini adalah versi murahnya, tidak heran bila kuahnya menggunakan kuah oncom/dage, perposi dijual dengan harga Rp.2000
Quote:Original Posted By 3adeeâ–º

Spoilerfor Tahu Petis:

images: taragama.blogspot.com

Tahu Petis Adalah tahu goreng yg disajikan dgn dipping/ cocolan sambal petis. Petis sendiri adalah semacam pasta (paste) dan bertekstur kental yg dibuat dari olahan udang
Quote:Original Posted By aghamz â–º

Spoilerfor Empal Asem:
Empal Asem disajikan dengan kuah bening yang lengkap dengan irisan daging yang melimpah, daun bawang, belimbing wuluh dan tomat. Kuahnya yang masih mengepul menyampaikan harumnya daun salam dan serai. Ketika menyruput kuahnya, bumbu rempahnya terasa ringan, gurih, asem dan menyegarkan. Taburan bawang gorengnya semakin menambah rasa gurih. Tekstur dagingnya cukup lembut, dan bumbunya meresap hingga ke dalam daging. Tambahkan sambal hijau untuk mendapatkan rasa pedas yang mampu membangkitkan nafsu makan. Jangan lupa juga menyertakan kerupuk untuk menyempurnakan rasa saat menyantapnya.
Quote:Original Posted By nuwgraha â–ºRrefrensi materi: http://wisatakuliner.com/kuliner/tem...em-amarta.html

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51dea0d66312430b1400000c

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger