Home » » Pemerintah Tetapkan Rabu Besok Sebagai Tanggal 1 Ramadhan

Pemerintah Tetapkan Rabu Besok Sebagai Tanggal 1 Ramadhan

1 ramadan 1434 H jatuh pada hari rabu 10 juli

Quote:Original Posted By budihk â–º
waduh mata bathin ente mantap gan :


Quote:Original Posted By stab â–º
bner gan mata bathin agan

klo lebaran tgl brpa gan



Quote:Jakarta - Setelah pemantauan hilal dilakukan di sejumlah titik di Indonesia, pemerintah akhirnya menetapkan 1 Ramadan 1434 H jatuh pada Rabu, 10 Juli 2013. Sejumlah ormas Islam yang hadir dalam sidang isbat tidak berbeda pendapat terkait hasil pemantauan hilal dan penetapan awal Ramadan.

"Dengan demikian, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahiim, kami tetapkan 1 Ramadan 1434 H adalah bertepatan dengan hari Rabu 10 Juli 2013," ujar Menteri Agama Suryadarma Ali dalam jumpa pers usai sidang isbat di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Senin (8/7/2013).

Suryadharma memutuskan hal itu setelah mendengar pandangan dari sejumlah ormas Islam yang hadir sidang isbat.

Sebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Binmas), Kementerian Agama, Mukhtar Ali membacakan laporan pengamatan hilal dari 33 wilayah di Indonesia.

"Semua nama-nama tersebut di atas dari 33 wilayah tidak melihat hilal," ujar Mukhtar.

Titik lokasi pemantauan antara lain Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Sultengara, Sulut, Sultengah, NTT, Bali, NTB, Sulsel, Mamuju, Kaltengah, Kaltim, Kalbar, Kaltim, Kalsel, Jatim, DIY, Jateng, hingga Aceh.

Sidang ini dihadiri pejabat Kementerian Agama, Ketua MUI KH Ma'ruf Amin, Pimpinan Komisi VIII DPR, Pimpinan MA, Polri dan TNI, dan beberapa dubes dari negara sahabat. Sementara perwakilan ormas Islam yang hadir antara lain ICMI, MUI, PBNU, PITI, Wahdah Islamiyah, Robithoh Alawiyah, Lembaga Persahabatan Ormas Islam, IKADI, Sarekat Islam, Al Ittihadiyah, Persis, PUI, Perhimpunan Al-Irsyad, dan Al-Washliyah.

Sumber:sumber 1



Quote:TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hasil sidang itsbat di Kementrian Agama memutuskan bahwa satu Ramadan 1434 Hijriah jatuh pada Rabu (10/7/2013).

Hal tersebut berdasarkan hasil pemantauan Badan Hisab Rukyat Kementrian Agama yang menugaskan 36 orang di 33 provinsi. Dari jumlah tersebut semuanya tidak melihat hilal.

"Dari jumlah 33 provinsi berdasarkan semua nama-nama diatas, menyatakan tidak melihat hilal," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementrian Agama Muchtar Ali dalam sidang itsbat di Kementrian Agama, Senin (8/7/2013).

Hal tersebut pun ditegaskan Menteri Agama Suryadharma Ali.

"Saya tegaskan kembali bahwa mereka tidak melihat hilal, inilah hasil laporan yang diterima Kementrian Agama," kata Suryadharma.

Kemudian Menteri Agama pun melemparkan hasil tersebut kepada ormas-ormas islam yang datang. Pandangan dari ormas-ormas islam yang hadir rata-rata sepakat 1 Ramadan 1434 jatuh pada Rabu (10/7/2013).

Setelah mendengarkan paparan ormas-ormas yang hadir, Suryadharma pun memutuskan 1 Ramadhan jatuh pada Rabu (10/7/2013).

"Kami tetapkan 1 Ramadan 1434 Hijriah bertepatan dengan hari Rabu 10 Juli 2013," kata Suryadharma.

Sumber:sumber 2



Quote:Jakarta - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) DKI Jakarta menggelar pengamatan atau rukyat di roof top lantai 32 pusat belanja dan hunian Seasons City. Mereka menyimpulkan awal puasa tahun ini jatuh pada Rabu tanggal 10 Juli.

"Sudah kita pastikan hari Rabu," ujar Sekretaris Lajnah Falakiyah PBNU DKI Jakarta, Abdul Khaliq Shaleh, di Mall Season City, Jl Latumenten, Jakarta Barat, Senin (8/7/2013).

Proses rukyat berlangsung 10 menit sejak pukul 15.50 WIB.

"Saat ini, saat matahari terbenam hilal masih ada di ketinggian 0 derajat," ucapnya.

Karena posisi hilal berada di bawah 1 derajat, sehingga tidak terlihat dalam proses rukyat. Oleh karena itu, pihaknya memastikan awal puasa jatuh pada hari rabu.

"Hilal tidak terlihat karena cahaya matahari begitu kuat," terangnya.

Tim ahli rukyat DKI Jakarta yang melakukan pengamatan sebanyak 15 orang. Mereka menggunakan 3 unit teropong untuk mengamati hilal di roof top Seasons City. Di depan teropong diletakkan selembar kertas untuk memastikan pantulan cahaya matahari lurus dari tempat mereka berdiri.

Menurut Sholeh, Seasons City adalah salah satu tempat yang paling layak untuk mengamati hilal di DKI Jakarta. Sebab pengamatan dari atas Tower A pusat belanja dan hunian ini tidak terhalang oleh gedung apapun.

"Sudah disurvei sejak tahun 2011. Ini untuk yang ketiga kalinya rukyat di sini," ucapnya.

Selain di Seasons City, PBNU juga menggelar rukyat di 3 titik pengamatan lain di Jakarta yaitu Masjid Al-Hidayah di Kembangan Jakarta Barat, Cakung, dan Masjid Al-Makmur di Klender.

"Posisi matahari di keempat lokasi ini memang tepat untuk melihat hilal," katanya.

Dari keempat lokasi tersebut, posisi hilal belum ada yang terlihat. Di seluruh Indonesia, PBNU menyebar lokasi pengamatan sebanyak 90 titik.

"Hasilnya langsung dilaporkan ke PBNU Pusat untuk disampaikan di sidang isbat yang saat ini digelar di Kemenag," ungkapnya.

Saat berita ini diturunkan, Menteri Agama Suryadharma Ali masih memimpin sidang isbat di Kemenag untuk menentukan 1 Ramadan

Sumber : sumber 3



kalo ane sih ikut hari rabu puasa nya kalo agan kapan gan puasa nya ?


buat yg besok udah puasa selamat menunaikan ibadah puasa 1434 H mohon maaf lahir dan batin

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51daa7331f0bc3f23a000008

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger