Home » » Kumpulan Mahluk Halus Lokal yang Jarang Agan Dengar

Kumpulan Mahluk Halus Lokal yang Jarang Agan Dengar

alhamdulillah hothread ternyata gan terimakasih kaskuser






10000% gabakal repost wong ane ngetik ndiri gan

Spoilerfor pendahuluan: ane udah searching-searching kayanya gaada thread lain yg khusus ngebahas masalah ini gan, dijamin ga repost deh soalnya tret ini ane jamin hasil tulisan ane sendiri 98% (yg 2% ngutip dr artikel)



Jika ente suka artikel ini dan dirasa bermanfaat tolong rate 5 ya gan

oh iy gan ane ada trit bagus isinya tentang ikan2 yang sering kita temui tapi ternyata meereka bukan asli indonesia, alias ikan alien agan2 bisa liat dan komen disana gan, serta jgn lupa di rate 5 jg ya gan


ternyata 10 ikan ini bukan asli indonesia


numpang narsis fb sama twitter ane

fb ane
twitter ane

Quote: halo agan2 ketemu lagi sama ane Taksobeksobek
sebagai orang indonesia pasti agan-agan sering denger cerita tetangga, temen, atau sodara ente tentang mahluk-mahluk halus yang sering mengganggu manusia. Tapi kebanyakan dari kita nih pasti yang diceritain itu-itu aja kalo ngga kuntilanak, pocong, genderuwo atau tuyul

nah disini ane mau ngasih tau ternyata di indonesia tuh banyak loh macemnya mahluk halus yang mungkin agan2 jarang denger, apa aja macemnya? nih ane paparin atu2 dibawah




Quote:

Spoilerfor 1. Gundul Pringis:



http://weandthecolor.com/wp-content/...-345765363.jpg"]source image[/URL]

origin: unknown
nama lain: gulutuk cengir, ndas glundung.


Mahluk halus ini wujudnya kepala doang gan dan sering nyengir kalo diliat sama orang. Berasal dari golongan demit, yang artinya mahluk halus ini emang punya bangsa nya sendiri. Bukan ngikut bangsa jin, siluman, atau hantu. Ane gatau asal usul nya gimana bisa sampe ada mahluk halus kaya gini, setau ane wujud aslinya emang kepala gitu.

Sedikit cerita tentang gundul pringis yang pernah di ceritain sama bapak ane. Bapak ane sendiri denger cerita ini dari kakeknya. Katanya kalo di desa dulu malem-malem suka ada yang ngeliat kelapa jatuh di bawah pohon. Tapi waktu di deketin, ternyata itu bukan kelapa melainkan kepala dan katanya juga hantu ini bahaya dan bisa mencelakai orang.

Mahluk halus ini sifatnya mengganggu gan, dan tujuan nya gaada yang tau. Ane gapernah denger ada orang pinter ataupun paranormal yang pernah berkomunikasi sama mahluk ini. Semakin kesini, makin jarang laporan penampakan hantu ini. Mungkin mereka mulai tersingkir sama kehadiran manusia. Selain banyak orang pinter atau paranormal yang gatau apa maunya hantu ini sehingga ga dipeduliin, mungkin mereka juga kalah saingan sama mahluk halus lainya yang lebih bisa beradaptasi tinggal di sekitar pemukiman manusia seperti jin, kuntilanak, pocong maupun hantu.





Spoilerfor 2. Banaspati:




origin: Energi Api

Ada yang bilang mahluk ini sejenis genderuwo gan. Tapi dengan kekuatan berkali-kali lipat. Elemen mereka api, jadi jangan heran kalo agan ngeliat mereka dalam bentuk Manusia tinggi besar yang sekujur tubuhnya penuh dengan api. Tapi yang ane tau mahluk ini ga punya bentuk tetap jadi ya bisa berubah bentuk sesuai emosi nya dia selama masih dalam wujud api.

Jarang banget paranormal yang bisa ngatasin mahluk ini. Karena elemen nya bener-bener api dia setau ane gabisa di tangkep kaya mahluk halus lainya gan. Bisanya diusir atau bener-bener dimusnahkan (itupun kalo sanggup). Kalo jaman dulu banyak cerita orang yang pergi ke hutan dan mati di bunuh sama mahluk halus ini. Mereka sendiri ga niat mengganggu, tp kalo kebetulan ketemu sama manusia mereka ga suka keberadaanya diketahui. Apa mungkin mereka keturunan langsung dari iblis?

Saran ane kalo ente ketemu mahluk ginian, lebih baik berdoa dan menghindar daripada disamperin. Ane yakin kalo manusia yang berhati bersih, mau sama mahluk halus sekuat apapun pasti dilindungi sama Tuhan



Spoilerfor 3. Begu Ganjang:




origin: dedhemit

Kalo ini masyarakat di daerah sumatra (khususnya Suku Batak) pasti banyak yang tau. Katanya bentuknya tinggi besar, dan bisa making tinggi kalo orang yang ngeliat mereka ketakutan. Jadi sifatnya menghirup energi manusia yang takut sama dia.

Nama Begu Ganjang sendiri berasal dari 2 kata yang mempunyai arti yang berbeda. Begu berarti Hantu dan Ganjang berarti Panjang/ Tinggi.

Kepercayaan masyarakat sendiri mahluk halus ini emang sengaja di pelihara untuk menjaga kebun, jaga rumah, bahkan untuk pesugihan (mendatangkan kekayaan). Tujuan terakhir inilah yang salah, karena kalo pesugihan dengan cara mahluk halus biasanya minta tumbal.

Mangkanya jangan heran kalo di daerah sumatra sana banyak orang yang dituduh melihara begu ganjang dan dihakimin sama masyarakat sekitar. Ada yang sampe dibunuh, padahal belum terbukti dia melihara begu ganjang.

Cara begu ganjang mengambil tumbal: Begu ganjang diliat orang--> orang itu ketakutan--> Begu ganjang mengambil energi dari rasa takut orang itu dan menjadi makin tinggi--> begu ganjang mencekik orang itu.

Akibat dari dicekik sama begu ganjang orang tersebut bisa sakit keras, bahkan meninggal dengan leher membiru.

Saran TS, jangan menghakimi sembarang orang, karena belum tentu tersangka tersebut memelihara begu ganjang. Banyak ibadah dan doa karena orang yang dekat dengan Tuhan pasti selalu dalam lindungan-Nya.


Spoilerfor 4. Kuda Sembrani:



origin: animal spirit, Jin
nama lain: Jaran Sembrani

Hewan mitologi ini lebih dikenal luas dengan nama Pegasus. Kalo di yunani sono nih hewan jadi kendaraanya manusia setengah dewa. Kalo di jawa asal usulny macem-macem gan. Dari salahsatu kendaraanya Betawa Wisnu, Hewan peliharaan nya Sultan Agung, sampai Kuda perang nya Jokotole. Bentuk kuda ini sendiri biasanya digambarkan warna nya hitam atau putih dan punya sayap menyerupai sayap angsa tapi besar hingga bisa membawa tubuhnya terbang

Terlepas dari hal-hal tersebut secara genetika gamungkin terjadi perkimpoian antara kuda dengan angsa :capede Mangkanya bagi orang-orang yang 'mumpuni' hewan ini sebenernya adalah spirit atau mahluk halus. Kalo mahluk halus lainya kaya naga, harimau putih, buaya biasanya jelmaan jin atau siluman, Kuda Sembrani punya bangsa sendiri yang beda dengan mahluk - mahluk tersebut. Tapi keberadaanya sendiri gabisa dilihat sembarang orang, bahkan orang yang bisa melihat mahluk halus pun ga selamanya bisa melihat Kuda Sembrani. Mangkanya kalo orang-orang yg ngaku bisa melihat setan di tv2 pasti ngeliatnya cuma antara pocong,kunti, genderuwo dll krn memang mahluk halus tersebut lebih 'kasar' atau dimensi nya lebih deket dengan alam manusia.

Setau ane banyak orang yang ingin belajar spiritual yg lebih dalam melalu perantara mahluk ini krn energinya positif.



Spoilerfor 5. Peri:



origin: Bangsa Peri

Jangan ngebayangin peri tuh kaya di film-film amerika sono yang punya sayap trs pake tongkat dan bisa ngabulin permintaan cewe2 kesepian :capede

Peri sendiri adalah salah bangsa mahluk halus yang menempati pulau jawa ini gan. Kalo agan pernah baca komik atau buku jaman dulu pasti pernah nemuin kata-kata "Jin dan peri penunggu hutan" atau "Raja segala jin dan PERI". Jadi mereka sebenernya adalah bangsa mahluk halus sendiri yang terpisah dari jin, siluman, dhemit apalagi hantu. Dan naif menurut ane kalo ada orang yang bilang kalo "semua mahluk halus itu jin yang berganti rupa" padahal ane yakin 100% tuh orang gangerti dan gabisa ngeliat mahluk halus itu sendiri.

Kenapa bangsa peri ini sekarang jarang disebut-sebut? karena kebanyakan pandangan orang indonesia tentang bangsa ini tuh udah berganti menjadi mahluk yang ane sebutin diatas itu, wanita cantik ada sayapnya dan megang tongkat pengabul permintaan

Kalo diluar negeri golongan yg termasuk peri/fairy nih banyak gan ada elf, sprite, dwarf, troll, dll. Tapi kalau disini ya hanya disebut "Peri" gitu aja. Mereka biasanya lebih seneng tinggal di tempat-tempat yang masih alami dan jauh dari aktifitas manusia, sering juga jadi penunggu di tempat-tempat keramat yang energinya bagus. Sifat mereka masih natural gan, masih oldschool lah istilahnya. Buat bangsa elf, wajahnya cantik-cantik dan ganteng-ganteng Tapi ada juga yang energi nya negatif dan sifatnya jahat, biasanya mereka lebih mudah beradaptasi dengan modernisasi seperti bangsa jin.

Agama mereka pun jarang yang seperti manusia dan jin. Biasanya jin tuh lebih kaya manusia gan ada yg agama nya islam, kristen, yahudi, ada juga sih yg masih agama nenek moyang mereka. Tapi kalo peri setau ane jarang sih, biasanya mereka nyembah dewa mereka sendiri. Alesanya? kapan2 ane kasih tau gan

Kalo orang yg ngaku punya indra keenam gapernah liat peri, mungkin emang belum dapet kesempatan atau ga sampe tingkatan ini krn sifat mereka rata-rata lebih halus dr mahluk halus kebanyakan, atau mungkin juga gabisa ngebedain mana hantu, mana jin, mana peri

ohiya bangsa mahluk halus ini bukan yang bisa ngerasukin orang kaya mbak kunti y gan





Spoilerfor 6. Ruh Pohon:


origin: Bangsa Peri yang tua/ spirit

Kalo di mitologi skandinavia mereka nyebutnya Dryad gan. Spirit abadi yang jadi ruh dari pohon. Kalo Indonesia, khususnya pulau jawa yang jadi penunggu pohon biasanya mahluk halus lainya gan. Bisa jin, Kunti, Hantu, genderuwo, dll. Mereka tinggal di pohon dan jadi penunggu pohon tersebut.

Terus pertanyaan nya ada ga dryad di indonesia? pada dasarnya setiap mahluk hidup tuh mempunyai nyawa ga terkecuali di negeri kita tercinta ini gan tapi menurut ane ruh-ruh pohon yang seperti dryad ini adalah pohon-pohon yang udah berumur. Ruh pohon sendiri biasanya ikut mati kalo pohon itu ditebang atau mati.

Nah terus dryad sama mahluk halus lain yang ngehuni pohon itu bentrok dong gan? yah ga gitu juga gan, belum tentu mahluk halus yang ngehuni pohon tersebut bisa ngeliat dryad. Dan agan musti inget sesama mahluk halus belum tentu bisa ngeliat mahluk halus lainya, apalagi yang dimensi nya lebih tinggi

Kita aja kalau dirumah berhantu belum tentu bisa ngeliat hantu penunggu rumah itu, sifatnya sama sama mahluk halus lain penunggu pohon sama ruh pohon, belum tentu mereka tau pohon itu punya ruh
Mangkanya kalo ada paranormal yang bilang kalo di satu pohon ini penunggunya ada kunti, ada jin ini, genderuwo itu, belum tentu kunti dan genderuwo nya bisa ngeliat itu jin kalau jin ny dimensi nya lebih tinggi, apalagi ngeliat ruh pohon?




Spoilerfor 7. Buto :



origin: Bangsa buto
nama lain: raksasa, asura


Kalo masyarakat asli jawa punya anak dengan beberapa ketentuan kaya misalnya anak kembar, atau lelaki tunggal biasanya diwajibkan untuk diruwat. Alasanya? biar ga diambil sama Betawa Kala. Betawa Kala itu sendiri siapa gan? dia itu dewa anaknya Dewa Syiwa tp bentuknya buto dan sifatnya sakti sekalii.

Di jawa sendiri cerita buto bukan hanya Betara Kala aja gan, ada juga rahwana atau dasamuka mungkin agan-agan banyak yang tau. Atau gatot kaca yang setengah buto setengah manusia. Wujudnya bisa agan tebak, dr namanya buto bentuknya kaya raksasa gitu gan ada taringnya, kecerdasan rendah, tp kekuatanya luar biasa.

Buto sendiri adalah sejenis mahluk halus yang sangat kuat gan. Kalo di cerita pewayangan beberapa buto bahkan lebih kuat dari dewa-dewa itu sendiri. Spekulasi ane kalo di Budhis mereka ini Asura, kalo di mitologi nordik mereka ini Raksasa Es. Selalu menjadi musuh para dewa. Sifatnya halus sekali, jd ga sembarang orang bisa ngeliat dia kecuali kemampuan spiritual nya udah mumpuni.

Apa buto ijo itu termasuk Buto gan? Mmm menurut ane bisa iya bisa ngga, mungkin juga buto ijo itu sebangsa jin. Karena emang banyak jin yang menyerupai Raksasa gitu bentuknya. Yang pasti kalo emang buto, kebanyakan mahluk halus sendiri gabisa ngeliat mereka. Kecuali yang dimensi nya emang udh tinggi, dan orang-orang mumpuni yang bisa menembus alam mereka yang bisa melihat Buto.




Spoilerfor 8. Hantu Belanda:



origin: arwah orang mati & jin yang menyamar

Hantu belanda ini orang-orang belanda jaman dulu yang masih penasaran sama hidupnya dan jadi hantu. Ane jadi inget novel Dannur dan Maddah nya Risa Sarasvati tentang persahabatan dia sama hantu belanda Biasanya hantu belanda ngerasa diri mereka eksklusif gan, dan merasa lebih tinggi derajatnya dari hantu-hantu lokal. Seakan-akan dunia perhantuan di indonesia masi dijajah sama hantu belanda

Tapi jangan salah menilai ada juga bangsa jin iseng (atau mempunyai kepentingan tertentu) yang menyerupai hantu-hantu belanda dan mengaku-ngaku sebagai arwah orang mati tersebut, tp mereka yang mumpuni sih tau kok bedanya mana jin yang menyamar dan mana yang memang hantu asli.

Hant belanda yang paling terkenal? Noni Belanda :d

Buat agan-agan yang bisa berkomunikasi sama mereka, bantu mereka untuk bebas dr keadaan itu gan krn tempat mereka bukan lagi di 'sini'



Spoilerfor 9. Anjing Jadi-Jadian:


origin: unknown


Pernah denger suatu kampung heboh karena ternak nya di abisin sama hewan ga dikenal? ciri-cirinya biasanya hewan tersebut cuma di abisin aja darahnya dan ga dimakan, kematian nya ga wajar, ada bekas gigitan di daerah-daerah tertentu, dan kadang mayatnya menghadap ke satu arah, ada yg utara, selatan, dll.

Kenapa ane masukin di list ini? Karena om ane sendiri yang ngalamin gan
mungkin yang tinggal di daerah malang pernah denger kalo di batu ada kampung yang diteror sama hewan ini dimana ternak warganya banyak yang mati, tp hewan nya gapernah bisa di tangkep.

Kejadian om ane sendiri masih di daerah malang, tp rada jauhan, di deket bromo sana di daerah Nongkojajar. Dimana ternak om ane, dan ternak ortu ane yang dititipin beliau mati mendadak tp ada lubang di lehernya kaya bekas gigitan, Kebetulan yang sempet mati tuh belasan bebek, dan beberapa kambing. Beruntung karena warga lain sampe ada yang kena sapinya mati, Jadi korbanya bukan kami aja gan tapi banyak. Yang bikin jengkel, alih-alih tuh hewan ternak di makan, tp cuma ditinggalin mati dan darahnya kaya disedot gitu, hewan nya kaku.

Berkali-kali om ane pasang jebakan (om ane mantan pemburu juga gan) tapi gapernah berhasil, sampe dijaga di kandangnya malah gamuncul. Seakan-akan mereka tau kalo ada manusia. Cuma terakhir akhirnya ketauan waktu kambing pada teriak dan om ane langsung ke TKP ngeliat hewan tersebut bergerombol sekitar 3-4 ekor. Bentuknya sebesar anjing tp lebih kecil, warna putih, dan kupingnya lebar mereka langsung lari masuk hutan tanpa pernah ketangkep hidup atau mati.

Semenjak itu om ane dan beberapa warga yg liat langsung berspekulasi kalo hewan tersebut tuh anjing hutan yang kelaperan dan eman makanya darah, bener-bener pemikiran pendek dan gampangin kalo menurut ane sih :capede

Fakta-fakta di lapangan yang ada:

a. Di jawa memang ada sejenis anjing hutan nama latinya cuon alpinus bahasa inggrisnya dhole. Orang nyebut nya ajag. Ciri-ciri fiisknya warna nya merah, bukan putih kaya yg om ane bilang! dan hewan ini udh susah ditemuin, boro-boro di nongkojajar yang perkebunan, di hutan aja udh susah banget kalo di indonesia. Yang ane tau cuma di banyuwangi yang masih tersisa banyak. Info lengkapnya baca di sini gan, yg pasti gamakan darah :capede
en.wikipedia.org/wiki/Dhole‎

b. dari keterangan om ane yang bisa menjadi suspect hewan tersebut tuh ada 2 pertama arctic fox en.wikipedia.org/wiki/Arctic_fox‎, bat-eared fox (kalo dr kupingnya yg gede) en.wikipedia.org/wiki/Bat-eared_fox‎, atau kalo mau maksain bisa juga gray fox en.wikipedia.org/wiki/Gray_fox‎. tapi apa masuk akal an arctic fox can live and survived in the jungle of java? nonsense! lagian sapa juga yang ngelepas hewan tersebut di pegunungan deket bromo? -,- dan yang pasti gamakan darah.

c. kalo mau lebih maksain dan berfikir konyol hewan yg diliat om ane tuh segerombolan cihuahua yang lepas dan ukuran nya membesar karena seleksi alam dan doyan minum darah, once again, impossible.

d. Gamungkin anjing makan darah, gapernah ane denger ada sejenis binatang selain kelelawar vampir sama serangga yg makan darah tapi dagingnya ditinggal gitu aja -,-

jadi spekulasi ane kemungkinan itu emang hewan jadi2an atau hewan hasil rekayasa genetika yang lepas (mungkin gasih?)




Spoilerfor 10. Hantu Binatang:



Biasanya hantu binatang tuh hewan-hewan yang lebih punya emosi dan deket sama manusia. Gapernah kan agan denger ada semut atau belalang jadi hantu? :capede

Dari cerita yang ane denger dan alamin sendiri sih binatang yang bisa jadi hantu tuh ada beberapa nih ane sebutin satu2 listnya

1. Kuda: pengalaman kakek ane sendiri, alhamdulillah beliau masih ada sampe sekarang dan siap berbagi cerita gan. Beliau pernah liat kuda tp jalanya miring di kuburan belanda di daerah malang.
Ada juga cerita ttg kuda tp kepalanya buntung.

2. Kambing: sempet heboh di tempat ane dulu gan, dan kalo maghrib selama beberapa waktu suka kedengeran suara kambiing ini disembelih. Tapi lama-lama ilang sih

3. Anjing dan kucing: ya pernah denger-denger aja sih ada kucing dan anjing yang sayang sama majikanya pas mereka mati arwahnya masih ngikutin si majikan, kasian ya gan ga kebayang kalo kucing ane nanti mati gimana


ada juga spirit binatang, jangan disamain ya gan kapan2 ane jelasin tentang yang ini




update pertama gan! 19-09-2013






Quote:Original Posted By pesan TS â–º


Itu gan 10 mahluk halus lokal yang pasti agan jarang denger atau bahka gatau sama skali, kalo ada yang mau nambahin monggo gan ntr ane taro page one




Spoilerfor buka juga:

Trit HT tentang komik si buta gan

ternyata 10 ikan ini bukan asli indonesia

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5239b4f31bcb175716000018

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger