Home » » Mengenal Sejarah Simbol Swastika

Mengenal Sejarah Simbol Swastika

Spoilerfor No Repost:
Alhamdulillah tidak ditemukan repost dengan kata kunci trit 'swastika nazi'



Tolong bantu rate yah agan dan aganwati. Makasih..





Perhatian: Penulisan ini semata-mata untuk tujuan menambah wawasan dan tidak ada tendensi terkait SARA
Sejak pertama mengenal sejarah Nazi melalui buku sejarah di sekolah hingga seringnya sejarah perihal Nazi dimuat pada berbagai trit di Kaskus, membuat TS makin penasaran tentang asal-usul penggunaan simbol swastika pada bendera Nazi. Nah mungkin banyak juga yang belum tahu.

Quote:
Kata Pengantar(Koq jadi macem nulis skripsi begini ya)
Di Indonesia ketika mendengar kata swastika, sebagian besar dari kita mungkin akan langsung teringat pada salah satu simbol religi umat Hindu. Dengan mudah swastika temui diberbagai sudut tempat di Bali sebagai sentral populasi umat Hindu di Indonesia. Namun bagi yang memiliki pengetahuan sejarah dunia, swastika juga akan mengingatkan pada salah satu pemeran sejarah perang dunia ke II, yaitu Nazi Jerman yang dipimpin oleh Adolf Hitler. Ada kemiripan dari segi simbol, namun jelas berbeda dari segi makna atau filosofi yang terkandung.



Definisi Swastika
Secara visual swastika adalah salib sama sisi dengan empat lengan ditekuk 90 derajat. Secara geometri swastika ada yang menghadap searah jarum jam dan ada juga yang berlawanan dengan arah jarum jam. Swastika adalah simbol kuno yang telah digunakan selama lebih dari 3.000 tahun (bahkan mendahului simbol Mesir kuno, Ankh!). Artefak seperti tembikar dan koin dari Troy kuno yang menunjukkan swastika adalah simbol yang biasa digunakan sejauh 1000 SM. Selama seribu tahun berikutnya, gambar swastika ini digunakan oleh banyak budaya di seluruh dunia, termasuk di Cina, Jepang, India, dan Eropa bagian selatan. Pada Abad Pertengahan, simbol swastika mulai banyak digunakan terkenal dan memiliki istilah dengan nama yang berbeda: Cina - Wan, Inggris - Fylfot, Jerman - Hakenkreuz, Yunani - Tetraskelion dan Gammadion, India - Swastika. Meskipun tidak diketahui untuk berapa lama, penduduk asli Amerika juga telah lama menggunakan simbol swastika.


Simbol swastika banyak digunakan dalam agama-agama yang terdapat di India, khususnya dalam Hinduisme, Buddhisme, dan Jainisme, terutama sebagai simbol tantra untuk membangkitkan shakti atau simbol suci keberuntungan. Kata swastika berasal dari bahasa Sansekerta svastika - "su" yang berarti baik atau keberuntungan, "asti" yang berarti menjadi, dan "ka" sebagai akhiran. Jadi swastika secara harfiah berarti "menjadi baik". Sebelum Nazi menggunakan simbol ini, swastika telah digunakan oleh banyak kebudayaan sepanjang 3.000 tahun untuk mewakili kehidupan, matahari, kekuasaan, kekuatan, dan keberuntungan.




Quote:
Swastika Sebagai Lambang Nazi
Pada tahun 1920, Adolf Hitler memutuskan bahwa Partai Nazi membutuhkan lencana dan bendera sendiri. Untuk Hitler, bendera baru harus menjadi "simbol perjuangan kita sendiri" serta sangat efektif sebagai poster. Pada tanggal 7 Agustus 1920, pada Kongres Salzburg, bendera merah dengan lingkaran putih dan swastika hitam menjadi lambang resmi Partai Nazi, di Jerman simbol swastika dikenal dengan sebutan Hakenkreuz atau salib yang berkait. Bendera Nazi memiliki latar belakang merah dan Swastika hitam dalam lingkaran putih. Ketiga warna tersebut diambil dari warna dasar bendera jerman yang lama, yang digunakan pada masa kekaisaran Jerman tahun 1897. Dalam bukunya Mein Kampf, Adolf Hitler mendifinisikan warna-warna ini sebagai: merah merupakan gagasan sosial dari gerakan Nazi, putih melambangkan ide nasional, swastika hitam melambangkan misi perjuangan untuk kejayaan bangsa Arya. Sebelum digunakan sebagai lambang resmi dari Partai Nazi, penggunaan simbol Hakenkreuz ini pertama kali diusulkan oleh seorang penyair dan idolog nasionalistik Jerman, Guido von List untuk organisasi/gerakan anti-semit (permusuhan terhadap kaum Yahudi).


Dalam bahasa Jerman Hakenkreuz berasal dari dua unsur kata, yaitu: lengan bersilang (Jerman: kreuz) yang bengkok atau miring (Jerman: Haken). Pada akhirnya Hakenkreuz diputuskan untuk ditampilkan dengan memiliki sudut kemiringan dan menghadap ke depan. Desain dari Hakenkreuz dengan ciri kemiringan sudut 45 derajat, digunakan sebagai simbol paham sosialisme nasional. Penggunaan simbol Hakenkreuz bukan mewakili kebencian atau pembunuhan terhadap kaum Yahudi, simbol Hakenkreuz mewakili makna "kebangkitan hidup". Namun saat ini, sebagaian orang banyak berpersepsi bahwa simbol Hakenkreuz sebagai simbol utama Nazi merupakan simbol kebencian yang begitu ditakuti sebagaimana tentara SS dengan simbol 'Death Head-nya'.

Simbol Death Head Tentara SS Nazi


Quote:
Rekam Jejak Penggunaan Swastika
Berikut ini ane mengumpulkan sebagian dari berbagai contoh penemuan ornamen swastika di berbagai belahan dunia yang mewakili berbagai kultur kebudayaan maupun kepercayaan atau religi yang berbeda-beda.

Swastika di Jepang
Spoilerfor Klik:

Swastika pada ornamen kuil umat Budha di Jepang


Swastika pada baju perang ksatria Jepang jaman dulu
Swastika di Denmark
Spoilerfor Klik:

Sisir dengan swastika yang ditemukan di Nydam Mose
Swastika di Spanyol
Spoilerfor Klik:

Mosaik keramik Romawi kuno di La Olmeda
Swastika di Korsel
Spoilerfor Klik:

Swastika yang terdapat pada kuil Budha
Swastika di Yunani
Spoilerfor Klik:

Helm dengan swastika milik pasukan Taranto


Koin perak berlambang swastika yang ditemukan di Korintius

Swastika di Italia
Spoilerfor Klik:

Liontin Etruscan dengan simbol swastika

Dari bukti penemuan di atas dapat disimpulkan bahwasanya simbol swastika tidak hanya sekedar menjadi simbol yang digunakan oleh umat Hindu atau Budha atau Nazi sebagaimana diketahui banyak orang selama ini.



Materi Thread:Spoilerfor Klik:
Dirangkum dari beberapa sumber

• http://en.wikipedia.org/wiki/Swastika
• http://history1900s.about.com/cs/swa...ikahistory.htm
• http://en.wikipedia.org/wiki/Nazi_symbolism


Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat



Setelah selesai membaca, silahkan pilih paket favorit agan:Quote:
Yang memilih selain paket tong sampah, semoga sehat selalu dan banyak rezeki. Aamiin.

Quote:
[NGERI] 10 Senjata Biologis Paling Menakutkan
22 Tempat Menajubkan Yang Sulit Dipercaya [TOP]
Ini Lho Gan Penampakan Kaksus Tahun 2020 - HT


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/517d93f048ba54a421000000

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger