Home » » Menjadi Seorang Dokter Tidaklah Enteng Gan

Menjadi Seorang Dokter Tidaklah Enteng Gan


Alhamdullilah HT pertama ane
Quote:

Quote: RULES

Semoga tidak repost
THREAD INI LEBIH BERMAKSUD UNTUK PROFESI DOKTER
BUKAN UNTUK MERASA KAMI LEBIH HEBAT


Tinggalin jejak itu wajib





Dokter , dokter adalah profesi yang paling diminati oleh sebagian warga di Indonesia bahkan Dunia, karena mereka pikir dengan menjadi dokter mereka akan terjunjung derajatnya dan mendapatkan kekayaan yang diatas rata-rata.
Pada kenyatanya memang tidak ada dokter yang miskin, maka dari itu masyarakat awam sangat berminat pada profesi ini sehingga jika mereka sendiri gagal masuk ke sekolah kedokteran, akan mereka korbankan anak mereka untuk masuk ke sekolah kedokteran.
Nah tapi kalian tak mengerti apa yang sebenarnya terjadi saat kita telah masuk ke sekolah kedokteran, dan dibawah ini ane akan memberi sedikit fakta-fakta tentang sulit dan pusingnya sekolah di kedokteran.

1.Biaya Bagi Kaum Tak Mampu
Dari fakta yang ada, sekolah kedokteran memang membuat kita terangkat derajatnya dan kaya, namun tidak adil bagi mereka kaum tak mampu. Bagaimana tidak, sekolah kedokteran memerlukan biaya mahal bukan hanya mahal yang 30juta-50juta, tapi nyentuh 100juta buat masuknya aja belum nanti bayar per semesternya. Wow
Memang ada beasiswa bagi calon mahasiswa yang pintar, tapi apa itu diperuntukan bagi semua? Kan tidak, hanya beberapa, bisa dihitung 15% saja dari total semua calon mahasiswa di Indonesia. Intinya BIAYA HARUS DIFIKIRKAN DAN DIPERHITUNGKAN SEBELUM MASUK KEDOKTERAN.
Spoilerfor Detail:


2.Mata Kuliah Yang Mengerikan
Mata kuliah yang diajarkan disini enggak se-enteng di masa-masa S3 ya hehe (SD,SMP,SMA), disini matakuliahnya udah mempelajari beberapa buku tebal, super tulisan, gambar dikit, pokoknya kalau kalian males menghafal ya sudah kalian bakalan tertinggal di kelas kodokteran ini. Untuk menghafal kalian harus rajin membaca, tiap hari itu harus. Karena dengan membaca kalian dapat memahami ilmunya yang akan kalian terapkan di kehidupan nyata kelak. Intinya MENGHAFAL, MEMBACA, MEMAHAMI ITU KUNCI PENTING DI KEDOKTERAN.
Spoilerfor Detail:


3.Kadaver
Kadaver adalah guru kita, yang dimaksud adalah mayat yang diawetkan untuk pembelajaran mahasiswa kedokteran. Point ini tidak sangat berat, karena tidak semua orang mampu langsung melihat sebuah mayat didepanya. Bagi mereka yang mampu, it's fine. Bagi kalian yang tidak mampu melihat langsung, MULAILAH MEMBERANIKAN DIRI UNTUK TERBIASA MELIHATNYA.
Spoilerfor Detail:


4.Buku-Buku Setebal Tembok Berlin

Buku-buku disini sangat tebal, dan banyak tulisan dari pada gambar. Kalian harus mengerti semua isi-isi buku tersebut. Menyiksa ? Yaa tapi bagi kalian yang suka membaca berbahagialah. Intinya MULAILAH SENANG MEMBACA.
Spoilerfor Detail:


5.Ujian Praktek Dokter (OSCE) Yang Berkeringat
OSCE adalah Objective Structure Clinical Examination atau ujian praktek dokter. Ujian ini dilakukan tiap universitas dengan berbeda. Ada yang 1 semester sekali dengan beberapa materi, ada yang 1 tahun sekali juga dengan beberapa materi. Disini mahasiswa akan di masukan ke sebuah ruangan kecil dengan berisi seorang dokter penilai yang hanya diam, dan seorang pasien. Didalam ruangan kita diberi waktu beberapa menit untuk melakukan praktek yang diujikan. Bayangkan ketika kalian masuk dan langsung berhadapan dengan pasien dan dilihat oleh dokter yang diam apa yang akan kalian lakukan? Bukan cuma merinding, tapi keringat dan blenk pikiran pasti akan menyerang. Intinya BELAJAR MATERI DAN TETAP FOKUS DIDALAM RUANGAN.
Spoilerfor Detail:


6.KOAS
KOAS adalah Dokter Muda, yang dimaksud kalian harus bersedia ditempatkan di suatu daerah tanpa memilih dan harus patuh dan menginap disana untuk beberapa tahun sebagai syarat lulus dokter.
Bukan hanya menginap, kalian akan ditempatkan dirumahsakit atau puskesmas setempat untuk ikut menjadi anggota medis di wilayah itu dan kalian harus patuh kepada senior disana. Bukan hanya dokter yang akan membentak kalian, namun bidan dan perawat juga akan membentak-bentak kalian. Intinya SABAR DAN MENGIKUTI SEMUA INSTRUKSI DENGAN BAIK.
Spoilerfor Detail:


7.Masih Ada Ujian Kelulusan
Jangan bersenang-senang dulu ya kalian kalau udah selesai koas haha, masih ada ujian kelulusan dan itu tak cuma sekali, ada beberapa ujian yang harus kalian lakukan. Contonya UKDI (Uji Kompetensi Dokter Indonesia)
Dan faktanya banyak calondokter yang harus mengulang ujian ini, maka intinya kalian harus BELAJAR BELAJAR dan BELAJAR!!
Spoilerfor Detail:


8.Dokter Umum Tidak Cukup
Dokter Umum ? Haha itu di masyarakat tak membuat kalian untuk membuat uang yang kalian keluarkan kembali. Dokter Umum sekarang ini kalah dengan spesialis, makanya kalian harus berjuang lagi untuk menjadi spesialis dan belajar lagi agar apa yang kalian impikan terwujud.
Tapi untuk menjadi spesialis kalian harus melupakan pikiran untuk nikah dulu, kalau mau nikah dulu kalian akan terganjal untuk mengikuti pelajaran di sekolah spesialis. Intinya LANJUT KE SPESIALIS DAN LUPAKAN MENIKAH UNTUK SEMENTARA WAKTU.
Spoilerfor Detail:


Dari fakta-fakta diatas, seharusnya agan-agan memikirkan lagi dan lagi untuk masuk ke kedokteran. Namun jangan khawatir, dengan pengorbanan sekitar 8TAHUN agan akan menikmati hasilnya di kemudian hari. Namun tetap ada syarat yaitu agan harus tetap berpeang teguh pada AGAMA dan YAKIN KALAU TUHAN YANG MENYEMBUHKAN dan TETAP BELAJAR DARI JURNAL-JURNAL agar ilmu agan APDET.

Quote:TAMBAHAN DARI KASKUSER
Quote:Original Posted By aceofspades. â–º
Gaji nya ga seberapa kalo cuman dokter umum, kalo spesialis ya lebih lumayan dikit lahhhhh
Tapi kalok yg kerja nya jujur, ga ada "main" sama perusahaan obat atau lab lab gitu dll ya sama aja gan.
Kalo mikirin pengen gaji gede mending kubur dalem dalem deh tuh mimpi kalian mending jadi pengusaha aja.

Quote:Original Posted By Third.Reich â–º
Sama aja gan, kampus itu hanya fasilitas aja, smua tergantung user nya yg pake tuh fasilitas buat belajar.

PTT mengerikan gan, dalam artian.. disinilah Jiwa Sosial kita yg selama dulu di kampus ditempa itu..disini lah dites. dengan bayyaran 80rb per hari plus tambahan per pasien 2rb rupiah gan.! can you believe that. ya disinilah wujud dokter sbg abdi masyarakat yg sbenernya. pengen cepet kaya jgn jdi dokter, jadi pejabat / pengusaha . nah mengerikannya krn masyarakat yg kita hadapi / pasien2nya karakkternya aneh2 gan gak kek waktu kita koas / ikut baksos... banyak pengalaman seru , unik, yg bisa kita dapetkan di PTT. klo ane bilang 10x lbh seru dripada koas
Quote:Original Posted By amsyyongg â–º
Ayah ane berangkat pas ane masih tidur pulang pas ane udah tidur. Pesan dari ayah ane "jadi dokter kalo prospek nya uang gak akan bener kerja nya. Dokter itu kalo salah dikit bisa bunuh org"
Quote:Original Posted By Oon16121990 â–º
Tentang Dokter Militer
Ntar kalo selesai... ga pake ujian lagi jadi dokter... langsung di tarik militer di daerah yang militer butuhkan selama 1 tahun dan yang berkenan wajib ngikut perintah... sanggup tidak menikah selama 1 tahun dinas tsb... yang minat profesi ini masih kurang gan... dikit banget di banding dokter polisi yang tentunya taraf hidupnya tentu berbeda (kata temen ane yang rencana mau masuk akpol setelah selesai koass, tapi enakknya klo dkter tentara... ntar agan klo mau ngambil spesialis..didanain sama pihak militer...so jangan takut... tspi ya balik2 harus melayani fasilitas kesehatan militer
Quote:Original Posted By fuadopmania â–º
hahaha,,pengen nimbrung aja nih gan, kebetulan ane juga mahasiswa kedokteran

ane bahas mulai dari yang poin 1 aja ya gan
1.Biaya Bagi Kaum Tak Mampu
Ane tidak menganulir statement ini, memang benar, untuk biaya sekolah di kedokteran rata-rata mahal, rata-rata lo ya gan, artinya tidak semuanya seperti itu. ane sendiri bapak guru, ibuk wiraswasta, alhamdulillah bisa kuliah di kedokteran juga. di univ ane kalo dibanding kedokteran di univ lainnya lumayan murah gan. selain itu banyak BEASISWA bertebaran, salah satunya BIDIK MISI

2.Mata Kuliah Yang Mengerikan
Ini relatif sih gan nurut ane,sebenarnya semua mata pelajaran itu susah,namanya juga MAHASISWA LO Bro, kalo nggak susah bukan MAHASISWA namanya. Masalah passion saja sebenarnya, ane pernah kulian disuatu PTN sebelom kuliah yg sekarang ini, dapet kalkulus, fisika, kimia, tapi sampai saat ini, Anatomi, Fisiologi jauh lebih baik dari pada kalkulus, fisika, kimia, kenapa? karena ane lebih SREG disini gan :-D

3.Kadaver
jangan anggap mereka sebagai hal yang aneh, atau apa, tapi anggap saja kadaver itu GURU kita. salah satu quote di kedokteran "Mortui vivos Docent = belajar dari yang telah mati"

4.Buku-Buku Setebal Tembok Berlin
Memang karena yang kita pelajarin sangat kompleks, dan langsung berkaitan dengan manusia, maka mutlak dong dibutuhkan bahan kuliah yang komplet :-D

5.Ujian Praktek Dokter (OSCE) Yang Berkeringat
Anggap saja ini jalan kamu untuk mencapai cita-citamu, OSCE tidak ngeri, asal kita belajar cukup, latian berulang2, its OKAY. malah di OSCE banyak dapet pengalaman yang lucu-lucu ane gan

6 dan 7. KOAS dan ujian kelulusan
saya ulangi lagi, kita bekerja berkaitan dengan manusia, so,latihan yang bolak-balik dan terus-terusan mutlak diperlukan. coba bayangkan kalo tidak ada tes ketat dan pelatihan "kerja rodi" semacam KOAS, mau diperiksa sama dokter ecek2an?

8. Dokter umum tidak cukup
saya pribadi setuju dengan poin ini, dapi insyaallah mulai tahun 2014 akan dilaksanakan sistem BPJS, dimana nanti kalau pasien periksa harus lewat dokter umum terlebih dahulu, tidak boleh langsung spesialis. dan dokter umum lebih diperankan sebagai dokter keluarga (1 dokter tanggung jawab berapa kepala keluarga gitu). CMIIW

Tapi ada poin penting yang belum disebut TS. Jadi dokter itu lama, memang,,sangat lama, apalagi kalo sampe spesialis, kemudian sub spesialis, kemudian konsulen. kalau mau kaya jangan jadi dokter, kayanya lama gan, kerja di migas bikin cepet kaya. Kalo pengen jadi dokter, bulatin penuh2 tekad kamu, niatkan mengabdi pada masyarakat gan, jangan niat untuk kaya


Quote:ANSWER
Asker : Darimana gan referensinya ?
Me : Ini menurut pengalaman ane dan kabar-kabar dari teman

Asker : Aganya emang dokter?
Me : Insyaallah , sekarang masih sekolah gan

Asker : Agan kenapa mau kalo tau itu sulit?
Me : Pertama ane korban suruhan ortu dan saya berusaha karena ortu gan


Quote:Sekali lagi ane mohon yee gan , tinggalin komeng dan atau nya ya gan

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5235abed8327cf0168000004

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger