Home » » Penolakan Miss World Jadi Berita Internasional

Penolakan Miss World Jadi Berita Internasional


Miss Indonesia dan Miss World

Soal Miss World, Ini Kata Menag Suryadharma
Kamis, 29 Agustus 2013, 23:23 WIB


Menteri Agama Suryadharma Ali

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Menteri Agama, Suryadharma Ali berharap panitia penyelenggara ajang kecantikan Miss World 2013 mempertimbangkan pandangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar kegiatan itu tidak dilaksanakan di Indonesia. "Saya minta, penyelenggara memperhatikan itu," kata Menag usai peletakan batu pertama pembangunan gedung Raudlatul Athfal Yayasan Perguruan Khairul Imam milik Wakil Ketua Umum PPP Hasrul Azwar di Medan, Kamis (29/8).

Selain itu, Menag juga mengharapkan seluruh instansi yang berwenang dalam mengeluarkan izin penyelenggaraan Miss World untuk memperhatikan penjelasan dan pertimbangan MUI dengan sungguh-sunguh. Keinginan dan larangan MUI tersebut dinilai untuk kepentingan jangka panjang dan upaya agar penyelenggara Miss World tidak menimbulkan kontroversi. "Kemajuan sih kemajuan, tetapi tetap etika bangsa dijaga, budaya bangsa harus tetap dijaga," katanya.

Sebelumnya, dua lembaga keislaman yakni MUI dan Front Pembela Islam (FPI) menolak penyelenggaraan kontes kecantikan Miss World di Tanah Air. Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi MUI, Sinansari Encip mengatakan penolakan tersebut tetap dilakukan meski penyelenggara telah memberitahukan dihilangkannya sesi bikini dalam kegiatan itu. Penolakan tersebut disebabkan kontes kecantikan Miss World selalu mengedepankan kecantikan wajah dan tubuh, serta menggunakan pakaian yang ketat. Sedangkan Ketua FPI Habib Rizieq Shihab mengatakan penolakan kegiatan Miss World disebabkan sangat bertentangan dengan nilai-nilai keagamaan dan mengumbar aurat, sehingga bisa menyebabkan maksiat.
http://www.republika.co.id/berita/na...ag-suryadharma

Menteri Agama Peringatkan Panitia Miss World 2013
Jumat, 30 Agustus 2013, 14:14 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Menteri Agama Suryadharma Ali mengingatkan panitia kontes kecantikan Miss World 2013 harus memperhatikan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). Suryadharma mengatakan selain soal keamanan yang menjadi tanggung jawab aparat kepolisian atau masalah lain yang berhubungan dengan pihak terkait, penyelenggaraan Miss World juga harus memperhatikan fatwa MUI.

Sebagaimana diketahui, MUI telah menyatakan menolak keras penyelenggaraan Miss World karena tidak sesuai ajaran Islam yang mewajibkan muslimah menutup aurat. Bukan hanya tidak sesuai ajaran Islam, lanjut Menag, nilai yang diusung ajang Miss World juga sangat berbeda dengan budaya Indonesia. “Saya berharap agar tidak ada kontroversi di kita. Kita memerlukan ketenangan,” kata Suryadharma seperti dikutip situs Kementerian Agama, Kamis (29/8/2013). Rencananya ajang Miss World 2013 akan diselenggarakan pada 8 September 2013
http://www.bisnis.com/menteri-agama-...iss-world-2013

Menteri Agama Suryadarma Ali menyerukan Miss World dibatalkan
Sabtu, 24 Syawwal 1434 H / 31 Agustus 2013 09:47


Menteri Agama

JAKARTA (Arrahmah.com) â€" Menteri Agama Suryadarma Ali menyerukan konter kecantikan Miss World dibatalkan, karena adanya berbagai fihak, terutama dari kalangan umat Islam, termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI), menolak kontes Miss World yang akan dibuka di Bali.

Suryadharma Ali mengatakan bahwa penyelenggara harus mengikuti saran dari ulama Islam, di mana pekan lalu organisasi-organisasi Islam menyerukan kontes ini dibatalkan, bahkan setelah panitia sepakat tidka ada lagi para peserta menggunakan pakaian bikini.“Majelis Ulama Indonesia telah menyatakan menolak keras Miss World, karena tidak sesuai dengan ajaran Islam yang mengatakan wanita Muslim harus menutupi bagian-bagian tubuh mereka”, ungkap Suryadarma Ali, Kamis, 29/8/2013 .

Menteri Agama Suryadarma Ali merupakan pejabat pemerintah pertama yang secara terbuka menyuarakan oposisi terhadap kontes kecantikan, dan ini merupakna pukulan terhadap penyelenggara kontes Miss World yang berpusat di Inggris. Pernyataannya penolakan juga datang pada hari yang sama dari KOMNAS HAM yang menentang, yang ” menempatkan tubuh perempuan pada layar kaca” sebagai tontonan, ujarnya aktivis KOMNAS HAM.

Panitia yang menjadi penyelenggara tidak terganggu oleh komentar menteri agama, bagaimanapun, masalah ini bukan domainnya, dan kontes, “the show must go on”, ujarnya. “Ini bukan negara Islam dan acara ini merupakan masalah budaya , bukan agama,” kata Adjie S. Soeratmadjie, Sekretaris Perusahaan penyelenggara dari RCTI , kepada AFP, dan menambahkan beberapa menteri lainnya tetap mendukung Miss World .

Namun, Front Pembela Islam tetap berencana menggelar protes di ibukota Jakarta, di mana final kontes Miss World finalnya akan diselenggarakan pada tanggal 28 September di Sentul, Bogor. Tahun lalu bintang pop Lady Gaga gagal melakukan tur di Indonesia setelah kelompok FPI mengancam akan membakar tempat konser dan mengkritik Gaga hanya akan memamerkan ” bra dan celana dalam”, ungkpanya.
http://www.arrahmah.com/news/2013/08...ibatalkan.html

MUI Tolak Ajang Miss World di Indonesia
SABTU, 24 AGUSTUS 2013 | 03:14 WIB


Ketua Informasi dan Komunikaksi Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Sinansari Ecip (kanan), Ketua Hubungan Luar Negeri, KH. Muhyidin Junaedy (tengah), dan Wakil Sekjen, Amirsyah Tambunan (kiri), menyampaikan keterangan terkait rencana penyelenggaraan Miss World di Jakarta, Jumat (23/8). ANTARA/Ujang Zaelani

TEMPO.CO , Jakarta:Majelis Ulama Indonesia menolak penyelenggaraan kontes Miss World yang akan digelar di Bali dan Jakarta, Indonesia, September nanti. Acara kontes ratu sejagat itu menghabiskan dana sangat besar sehingga dinilai mubazir. "Pemilihan Miss World merupakan bentuk kontes kecantikan yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia, karena lebih menampilkan budaya negara lain, sehingga di mata masyarakat Indonesia terkesan merendahkan, melecehkan budaya bangsa seperti mempertontonkan aurat perempuan," ujar Ketua Bidang Kerjasama Internasional MUI Muhyidin Junaidi di kantornya, Jumat, 23 Agustus 2013.

MUI melalui rapat dengan seluruh pengurus daerah 5 Agustus lalu juga menilai kontes Miss World bertentangan dengan ajaran agama Islam. "Dalam islam ditegaskan bahwa memamerkan aurat wanita dan mempertontonkan kegenitan berjalan di depan publik adalah perbuatan dosa," kata Muhyidin. Muhyidin menyebut Miss World cenderung menampilkan dan mempertontonkan perilaku kemewahan dan glamour. "Ini kontraproduktif di tengah masyarakat Indonesia dan dunia ketiga yang masih mengalami kesulitan ekonomi," ujar dia.

Ajang Miss World 2013 akan berlangsung pada 4-26 September 2013 di Jakarta dan Bali. Ajang yang berlangsung di Indonesia untuk pertama kalinya ini dipastikan tak akan mengikutsertakan sesi bikini. "Kami sebagai penyelenggara membuat satu persyaratan, yakni tidak ada sesi bikini dalam ajang Miss World 2013 di Indonesia kali ini," kata Syafril Nasution, Corporate Affairs Director MNC, Kamis, 22 Agustus 2013. Adapun MNC adalah penyelenggara Miss World di Indonesia.
http://www.tempo.co/read/news/2013/0...d-di-Indonesia

Media Asing Ramai Beritakan Penolakan Miss World di Indonesia
Senin, 02 September 2013 , 17:31:00

JAKARTA â€" Kabar penolakan pegelaran Miss World 2013 di Indonesia terus meluas. Tak hanya media di Indonesia, tapi juga media asing di Asia, Amerika, hingga Eropa juga memberitakan penolakan tersebut. Penolakan ini semakin menguat menyusul adanya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan telah menolak keras pagelaran kontes kecantikan se-jagad tersebut.

CBC News yang bermarkas di Kanada ikut memberitakan penolakan MUI tersebut. Mereka menuliskan berita berjudul “Indonesian clerics call for ban of Miss World pageant” atau Ulama Indonesia menolak kontes Miss World.

Huffington Post, media yang berbasis di New York Amerika Serikat bahkan meragukan kontes kecantikan tersebut bisa terlaksana dengan menuliskan judul berita “Miss World Cancelled? Indonesian Clerics Protest Beauty Pageant On Religious Grounds”.

Di Inggris berita tentang maraknya penolakan kontes kecantikan tersebut diberitakan oleh media ternama setempat, yakni Daily Mail. Melalui situs onlinenya, Daily Mail memberitakan soal pembatalan ronde bikini yang sengaja dilakukan panitia untuk menghormati muslim Indonesia.

Sementara itu, ABS-CBN yang merupakan media asal Filipina memberitakan tentang kemungkinan dibatalkannya Miss World 2013 di Indonesia. Media ini lalu mengutip pernyataan Menteri Agama Suryadharma Ali yang meminta panitia memperhatikan fatwa MUI.

Pagelaran Miss World 2013 ini rencananya akan digelar di Bali dan Jakarta dengan puncak kegiatan pada 28 September di Sentul International Convention Center.
http://www.jpnn.com/read/2013/09/02/...-di-Indonesia-

MUI: Putusan Miss World di Pemerintah
Jumat, 30 Agustus 2013, 03:15 WIB



REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA â€" Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan, kini semua keputusan mengenai penyelenggaraan Miss World berada di tangan pemerintah. Mereka, jelas Ketua MUI Amidhan, yang akan menetapkan apakah acara itu masih dapat berjalan atau sebaliknya.

Sehari sebelumnya, Corporate Secretary RCTI Adji S Soeratmadji menyatakan, kontes kecantikan ini tak mungkin dibatalkan. Panitia sudah Banyak melakukan persiapan dan mengalokasikan dana hingga Rp 120 miliar. “Kami sudah menyampaikan aspirasi umat Islam yang tegas menolak Miss World,” kata Amidhan, Kamis (29/8). Lembaganya, jelas dia, hanya menetapkan fatwa penolakan. Dengan demikian, kewajiban moral sudah dijalankan.

Selanjutnya, giliran pemerintah memutuskan mau mempertimbangkan aspirasi umat Islam itu atau tidak. Ketika ditanya mengenai langkah lanjutan dan apa yang bakal terjadi saat Miss World tetap berjalan, Amidhan menyatakan, tak bisa memperkirakannya.

Menurut Amidhan, ia tak tahu apa yang kelak dilakukan ormas-ormas Islam. Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali berharap, panitia penyelenggara memperhatikan sikap MUI. Ia mengatakan, ulama menolak ajang kecantikan ini karena tak sesuai budaya dan Islam.

Ia juga mengakui, nilai yang diusung dalam Miss World sangat berbeda dengan budaya Indonesia. “Saya berharap seperti itu supaya tak ada kontroversi. Kita sekarang memerlukan ketenangan,” kata dia seusai menyampaikan pidato kunci dalam Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab di Padang, Sumatra Barat, Kamis.

Cendekiawan Muslim Didin Hafidhuddin berharap, izin penyelenggaraan dicabut kembali. Kapolri perlu mempertimbangkan, ini bukanlah persoalan kecil. Pelaksanaan Miss World bakal berdampak sangat besar terhadap akhlak dan moral bangsa. “Ini tidak main-main ya. Saya harap, Kapolri tidak menganggap ini persoalan sederhana,” ujar Didin. Dari sisi apa pun, kegiatan ini tak ada manfaatnya. Miss World hanya keinginan sekelompok orang yang ingin Indonesia dianggap negara maju.

Dia juga tidak percaya para kontestan yang bersaing di ajang tersebut akan mengenakan pakaian tertutup. Mumpung masih ada waktu, kata Didin, pihak berwenang ia minta untuk menarik kembali izin penyelenggaraan.

Menurut Sekretaris Jenderal Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Bachtiar Nasir, Miss World hanya berpihak pada kapitalisme. “Ini cuma teori yang dibuat, dengan diselenggarakan ajang maksiat ini di Indonesia investor datang dan produk Indonesia laku.”

Ia menilai, belum ada perhitungan secara ilmiah yang bisa membenarkan teori itu. Sebaliknya, ia meyakini kapitalisme bisnis fashion dan kosmetik bakal melonjak. Dan dalam hal ini, justru produk internasional yang akan dominan.
“Omong kosong dengan adanya Miss World sarung Bali akan diangkat ke dunia internasional,” kata Bachtiar. Ia menolak karena secara konsep dan ideologi sangat bertentangan dengan kearifan lokal bangsa Indonesia.

Menurut dia, ada kekeliruan logika ketika muncul pernyataan Indonesia harus berbangga karena menjadi negara Asia Tenggara pertama sebagai tuan rumah Miss World. “Ini bukan kebanggaan. Kita seharusnya merasa dilecehkan.”

Ia menyesalkan pula keluarnya surat izin dari Kapolri terhadap penyelenggaraan Miss World. Karena itu, ia merasa wajib menyuarakan ini kepada masyarakat dan pemerintah. MIUMI juga mengirim surat ke lembaga terkait dan melakukan pendekatan ke DPR. “Selebihnya, kami serahkan kepada Allah SWT,” ujar Bachtiar. n ani nursalikah ed: ferry kisihandi
http://www.republika.co.id/berita/na...lar-miss-world

----------------------------------

Inilah akibatnya kalau melakukan even di tahun panas politik, hanya 6 bulan jelang Pemilu yang akan dilangsungkan bulan April tahun depan. Apalagi cukongnya Miss World itu adalah HT yang menjadi seorang kandidat Pilpres, jelas aja semua amunisi akan ditujukan kepadanya.


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5225417ca3cb172a7e000010

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger