Home » » Tunnel Boring Machine, Alat Pengebor Terowongan Bawah Tanah

Tunnel Boring Machine, Alat Pengebor Terowongan Bawah Tanah

Selamat Datang Juragans

Alhamdulillah... yang ni jadi HT juga, terima kasih Kaskus Officer dan kaskuser semua... HT#9 ane..
Spoilerfor HT#9:
Akhir-akhir ini sering sekali media massa memberitakan tentang solusi kemacetan di Jakarta yaitu Mass Rapid Transit (MRT) dan Terowongan Multi Fungsi (TMF) atau Deep Tunnel-yang ini solusi banjir juga. MRT sendiri dibagi tiga media jalur transportasi yaitu permukaan (surface), layang (elevated), dan bawah tanah (subway).Yang menariknya (terlepas dari pro-kontra dan biaya pembangunannya), jika proyek ini berhasil diadakan maka Jakarta akan kedatangan Alat Cangging untuk membuat terowongan bawah tanah untuk Subway MRT dan Deep Tunnel yang bernama Tunnel Boring Machine (TBM).
Spoilerfor Desain Subway MRT & Deep Tunnel Jakarta: Spoilerfor Subway MRT: Spoilerfor SubwayMRT_part1: Spoilerfor SubwayMRT_part2: Spoilerfor Deep Tunnel: Spoilerfor deeptunnel_part1: Spoilerfor deeptunnel_part2: Quote:Tunnel Boring Machine ini berbentuk silinder, permukaan terowongan yang terbentuk jadi seperti lingkaran. Mesin ini semacam robot yang akan melakukan pengeboran sekaligus menyemen dan membeton. TBM dapat digunakan pada batuan lunak hingga batuan keras. Diamater alat ini bervariasi mulai dari semeter hingga 19 meter mungkin sekarang ada yang lebih kali ya. TBM dilengkapi dengan mata bor yang tersebar di permukaan kepala bor.
TBM digunakan sebagai alternatif metode drilling and blasting (D&B). Drilling and blasting merupakan metode konvensional untuk membuat terowongan yang terdiri dari beberapa tahap dengan drilling (membor) dan blasting (meledakkan) sebagai dua tahap paling utama.

Okeh... mari kita melihat aksi dari Tunnel Boring Machine ini...

1. Bagian-bagian
Spoilerfor Bagian-bagian: Spoilerfor bagian utama: Spoilerfor troli:
2. Di Pabrik
Spoilerfor di pabrik: Quote:Ini gan tempat memanufaktur mesinnya, sebelum dikirim dan digunakan di site maka dilakukan uji coba atau pengetesan kinerja terlebih dahulu sesuai standar yang digunakan.Spoilerfor manufaktur: Spoilerfor manufaktur_part1: Spoilerfor manufaktur_part2: Spoilerfor udah jadi: Spoilerfor Testing: Spoilerfor testing_part1:
Spoilerfor testing_part2:
3. Pengiriman
Spoilerfor Pengiriman: Quote:Mesin ini beserta kelengkapannya dikirim ke site dalam bentuk terpisah. Itu tentunya untuk mempermudah pengiriman karena sizenya yang besar.Spoilerfor pengiriman:
4. Perakitan
Spoilerfor Perakitan: Quote:Di Site ini nantinya akan dibuka dengan membuat lubang, digali satu jalan terlebih dahulu dan kemudian TBM dimasukkan ke dalamnya. Di dalam galian tersebutlah TBM ini dirakit.Spoilerfor proses perakitan: Spoilerfor perakitan_part1: Spoilerfor perakitan_part2: Spoilerfor perakitan_part3: Spoilerfor perakitan_part4: Spoilerfor perakitan_part5: Spoilerfor perakitan_part6: Spoilerfor perakitan_part7: Spoilerfor perakitan_part8: Spoilerfor perakitan_part9: Spoilerfor perakitan_part10:
[UPDATE]Proses perakitan untuk TBM yang lebih gede ada di post #2
5. Proses kerjanya
Spoilerfor Proses Kerja:
Penggerusan Tanah
Spoilerfor Penggerusan Tanah: Quote:Kepala bor yang berbentuk silinder ini akan berputar dan menggerus tanah dan batuan. Begitu seterusnya sambil TBM bergerak maju. Tanah yang masuk pada silinder akan dialirkan ke belakang melalui screw conveyor dan conveyor-conveyor yang lain.Spoilerfor penggerusan_tanah_part1: Spoilerfor penggerusan_tanah_part2: Spoilerfor penggerusan_tanah_part3: Spoilerfor aliran tanah:
Pemasangan Segment
Spoilerfor Pemasangan Segment: Quote:Setelah penggerusan tanah kemudian dipasanglah segmen-segmen untuk dinding terowongan. Segment-segment tersebut telah dibuat sebelumnya bisa di site langsung atau di tempat lainnya. Spoilerfor pembuatan_segment: Spoilerfor pengiriman_segment: Spoilerfor pemasangan_segment_part1: Spoilerfor animasi_pemasangan_segment: Spoilerfor hasil:

6.Jika Gagal
Spoilerfor Gagal: Quote:Nah semua pekerjaan pasti ada resikonya gan, termasuk pengeboran terowongan ini gan. Bisa jadi salah perhitungan, salah eksekusi, atau bisa jadi salah pemilihan teknologi.Spoilerfor gagal_part1: Spoilerfor gagal_part2: Spoilerfor gagal_part3_real:
Quote:Teknologi Tunnel Boring Machine yang ane share ini secara garis besar/umum, untuk detailnya pasti tiap-tiap pabrikan memiliki desain dan metode yang berbeda-beda.

Untuk agan yang masih penasaran tentang deep tunnel Jakarta, prinsip kerjanya TBM, dokumentasi beberapa proyek yang pake TBM, atau inetnya lagi super cepet bisa tengok Videonya di post #2

Spoilerfor Sumber: http://www.youtube.com/ (kata kunci : Tunnel Boring Machine)
http://dunia-atas.blogspot.com/2011/...mesin-bor.html
http://www.tunneltalk.com/AMR-India-Project1.php
http://metro.news.viva.co.id/news/re...ay-mrt-di-dki-
http://www.antaranews.com/berita/351...yang-lain-juga
http://www.jakartamrt.com/

Info Tambahan dari Agan-agan :
Spoilerfor Info Tambahan:
Struktur Tanah
Quote:Quote:Original Posted By muenk232 â–º
bro katanya setiap tahun tanah jakarta semakin menurun, itu berpengaruh saama deep tunnels ? misalnya retak?
Quote:Original Posted By acoustic21 â–º

Ane mau coba jawab yah gan

Mengenai hasil kajian penurunan tanah Jakarta thd MRT itu udah pernah disampein dan isinya kurang lebih itu kayak gini gan
Quote:Ketua Umum Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia (HATTI) Bigman Marihat Hutapea mengungkapkan, dalam ilmu geoteknik, land subsidence atau penurunan tanah ada batas akhirnya, sehingga tidak akan terjadi penurunan terus menerus. Penurunan tanah Jakarta memang terjadi, namun selama sudah diperhitungkan dalam analisa struktur tidak masalah.

“Karena struktur MRT Jakarta dipikul oleh fondasi tiang dan pada setiap stasiun bawah tanah diperkuat dengan cut-off-wall atau dinding penahan, maka penurunan tanah tidak perlu dikhawatirkan,” paparnya.

Jadi menurut Pak Bigman ini, pengaruh penurunan tanah ga perlu dikhawatirkan karena udah ada solusi berupa Strategic Safety & Security Plan-nya seperti contoh di atas gan

Ini ane ambil dari beberapa berita sama webnya MRT gan
CMIIW

sumber
sumber lagi
Mungkin ini bisa menjawab, yah hampir2 miriplah kajian penurunan tanah untuk MRT ama deep tunnel...
Bahan Mata Bor
Quote:Quote:Original Posted By Mreki â–º
itu mata bornya bahanya apaan ya kaka kalo ketemu batu or sedimen
nagaseba menganggapi :
Mata bornya disebut Cutting knives atau Disc cutter, bahannya kebanyakan menyebutkan logam yang keras.Spoilerfor Disc Cutter:
Ane baca2 lagi ternyata banyak yang pakai bahan Tungsten Carbide , menurut sumber yang ane baca nih gan ; "logam keras ini yang paling umum digunakan karena memiliki kekerasan yang sangat tinggi dalam kaitannya dengan logam lain. Ini hampir tidak bisa dihancurkan dan hampir sekeras berlian nyata. Tungsten carbide dikatakan empat kali lebih keras dari titanium, dua kali sekeras baja" . Jadi mampu untuk mengebor berbagai macam batuan gan.
begitu gan, kalo ada kekurangan atau salah boleh dikoreksi gan...
Ternyata ada juga yang jual Disc cutter ini di Alibobo.com gan :
Spoilerfor Alibobo:
Ngatasi Banjir
Quote:Quote:Original Posted By keripik.pedas â–º
Kalau jakarta banjir, airNy bisa menuhin terowongan kereta bawah tanah itu dong gan? Secara dilihat ajah tuh perbedaan saluran airNy kecil gitu
Kalo gak salah liat n denger nih ya gan, dulu Jokowi pernah bilang sih kalo yang deep tunnel kalo pas banjir ato debit airnya melimpah, jalur kendaraan (deep tunnel bukan jalur kereta) di tutup dan dibuat jadi saluran air juga gan...
Nih ada agan wakbujank yang bikin trit Beginilah cara Kuala Lumpur terbebas dari Banjir ntu menggunakan Deep Tunnel (di sana disebut Smart Tunnel), lebih jelasnya Cara kerja dan pembagian jam-jam kerjanya bisa dibaca di link ntu..
Kalo yang MRT detail desainnya ane gak ngerti gan... yang jelas Kereta bawah tanah ini udah teruji dan dah lama dipakai di luar negeri dan kayaknya gak banyak kendala kalo banjir airnya masuk terowongan...
Mungkin ada agan2 yang lebih expert di bidang ini boleh dibantu...
Garansi
Quote:Quote:Original Posted By 05072013 â–º
masalahnya tidak ada jaminan permukaan tanah yang bawahnya di lewati TBM tidak retak & terjadi sink hole. jadi pemerintah juga harus antisipasi gejolak meminta ganti rugi yang timbul bila TMB melewati pemukiman & terjadi hal" yang tidak di inginkan, lah pemerintah sekarang tutup mata kok masalah ganti" rugi, contoh tuh lapindo

Nah betul gan, itu salah satu masalah yang perlu diperhatikan dan dikhawatirkan...
Secara teknologi semuanya sudah siap, tinggal kebijakan Pemerintah mengantisipasi dan menggaransi semuanya ya gan...

Quote:Original Posted By erafox â–º
Ane pernah liat yg punyanya kawasaki, gede banget tuh mata bornya, kemampuan ngebor yg dipake di pembuatan subway dubai cuma 500m/bulan, kl di Jakarta kira2 sama ngga ya? secara tanahnya dah kena abrasi gt
Btw, sekarang kl di jepang dah pada pake precast bwt shield-nya, lebih cepet pengerjaannya.


Spoilerfor Jejak Cendol:
Alhamdulillah ada yang ngasih , makasih ya gan ane taro sini jejaknya ya...
18/09/2013

02/08/2013 s.d. 17/09/2013


Terima Kasih Atas Kunjungan Juragans Sekalian
Kaskuser yang baik selalu meninggalkan komennya di setiap trit yang dibaca
Berharap ada yang ngasih
Paling tidak dibantu

Ane gak gan
Spoilerfor bukti gak repost:

Thread ane yang lain :
Quote:Supercar Ferrari dan Porsche Versi menggunakan rangka Pipa Paralon PVC [HT#8]
Stop Motion 6 Detik, Bikin Ilustrator Indonesia Mendunia [HT#7]
Indonesia juga punya produsen Bom dan Roket Militer di Malang [Ekspor ke Chile][HT#6]
Cara Mengusir Kucing dari Rumah kita Tanpa Menyakitinya [HT#5]
Manusia Lukisan [bukan] Lukisan Manusia [PIC++][HT#4]
Proses Daur-Ulang Pesawat Terbang [HT#3]
Kreasi dengan Pipa Paralon PVC yang patut dicoba [HT#2]
[Perumahan Dome Yogyakarta] Perumahan Teletubbies yang unik dan tahan gempa [HT#1]

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51fb6c921acb17e43f000002

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger