Home » » Lo Masih Inget Gak dengan Kebiasaan di Era Kaset Masih Berjaya?

Lo Masih Inget Gak dengan Kebiasaan di Era Kaset Masih Berjaya?




Quote:MUKADDIMAH


Image courtesy of syahrilkadir.wordpress.com
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, khususnya di Industri musik, kaset saat ini hampir terlupakan, hal itu disebabkan oleh munculnya berbagai macam media yang menjadi pesaing terberatnya yang lebih mudah dan praktis. Masa Kejayaan Kaset adalah sampai akhir tahun 90an. Untuk mengenang kembali masa kejayaan tersebut dan juga untuk bernostalgia dengan berbagai macam kebiasaan pada masa itu, maka ane menulis thread ini dengan harapan semoga bisa memberikan manfaat kepada Kaskuser yang membacanya.

Semoga thread sederhana ini bisa Bermanfaat




Quote:Nostalgia Maja Kejayaan Kaset Tape

Quote:Rela Antri dan Menunggu Toko Kaset Buka


Image courtesy of shanty.staff.ub.ac.id

Kebiasaan ini terjadi apabila pada hari itu untuk pertama kalinya kaset dari penyanyi yang kita idolakan mulai diedarkan, entah disengaja atau tidak kita sampai harus rela mengantri ketika toko kaset belum dibuka untuk bisa segera mendapatkannya. Mendapatkan kaset pada hari pertama diedarkan memiliki kepuasaan tersendiri, meskipun sebenarnya kita tidak mengetahui apakah album tersebut berisi kumpulan lagu yang bagus, hanya satu atau dua sample saja yang menjadi petunjuk, atau bahkan kita cuma membaca atau mendengarkan sedikit ulasannya melalui media.

Quote:Berburu Kaset Murah di Toko Kaset Bekas


Image courtesy of hndybrgmn.blogspot.com

Di beberapa tempat, toko kaset bekas atau loak menjadi primadona juga bagi penggemar kaset untuk mencari koleksi album yang tidak di dapat di toko kaset, selain tentu saja untuk mendapatkan kaset dengan harga yang miring. Beberapa pembeli kaset memang memiliki kebiasaan menjual kaset yang telah dibelinya, ada beberapa alasan, diantaranya kepepet karena tidak punya uang, album tersebut jelek, kaset sudah agak rusak atau karena sudah bosan. Jika kita beruntung, maka kita bisa mendapatkan kaset yang masih baru dan fresh serta masih baik kondisinya, bahkan beberapa koleksi langka juga sering kita temukan disana.

Quote:Kadang Harus Terpaksa Membeli Bajakan


Image courtesy of kabarbebas.wordpress.com

Sudah menjadi kebiasaan, yang namanya bajak membajak barang emang selalu ada dimana-mana, termasuk juga dalam dunia musik. Bagi seorang penggemar berat dan juga kolektor kaset jika sudah sangat kepepet akan membeli kaset bajakan, kualitasnya memang sangat jauh dari yang asli, bahkan cenderung asal-asalan, satu atau dua hari saja sudah langsung rusak kualitasnya, tapi demi memuaskan keingintahuan akan album dari penyanyi idola yang baru direlease, kita kadang terpaksa membelinya juga. Sebenarnya ada untungnya juga membeli bajakan, jika album tersebut diluar ekspektasi alias jelek, maka kita tidak merasa rugi membelinya.

Quote:Membeli Kaset Kosong untuk Merekam Lagu


Image courtesy of atk.co.id

Tidak hanya kaset jadi saja yang menjadi primadona, kaset kosong pun banyak dibeli oleh penggemar, tujuannya adalah untuk merekam lagu kesukaannya, bisa dengan meminjam kaset teman lalu direkam, atau merekam lewat radio. Kualitasnya tentu saja tidak memuaskan, tetapi cukuplah untuk sekedar didengarkan, bahkan jika sudah bosan, maka isi kaset tersebut bisa diganti sesuai dengan keinginan.

Quote:Kemana-mana membawa Alat Pemutar Kaset


Image courtesy of meutiaesti.blogspot.com

Pada masa kejayaan kaset, maka alat pemutarnya pun ikut terkenal, yakni radio kaset dan juga walkman, sering sekali ane melihat pada masa itu orang kemana-mana membawa pemutar kaset, ketika jalan-jalan, dikendaraan, dan sebagainya. Yang paling sering ane lihat adalah orang membawa radio kaset saat berlibur, radio kaset sampai ditenteng kemana-mana, sambil memutar lagu tentunya, bahkan sampai ditaruh di pundak dan kepala ikut bergoyang mengikuti irama.

Quote:Saat kaset Baru dibeli


Image courtesy of callmefadh.wordpress.com

Kebiasaan para pencinta kaset saat baru membeli kaset yang cukup terkenal diantaranya memberikan plester pada cover kaset untuk keamanan dan menghafal lagu dengan membaca lirik yang ada pada cover. Tujuan memberikan plester adalah supaya cover kaset tidak lecek, tidak sobek, tidak dicorat coret dan aman dari basah. Selain itu orang juga suka menandai kasetnya dengan memberikan nama atau label tambahan sebagai penanda, tujuannya tentu saja untuk mengenali barang milik sendiri.

Quote:Tombol Rewind dan Fast Forward (FF) jadi Primadona


Image courtesy of zazzle.com

Ane yakin hampir semua penikmat musik lewat kaset tidak mendengar isi kaset secara keseluruhan, apalagi jika sudah mengetahui lagu mana saja yang menurutnya asik untuk didengarkan, tidak mengherankan jika tombol Rewind dan Fast Forward atau FF selalu menjadi primadona pada setiap alat pemutar pemusik, memencet tombol Rewind jika lagu sebelumnya ingin didengarkan kembali atau memencet tombol FF jika ingin melompati lagu yang tidak disukai.

Quote:Pita Kaset Putus dan Semrawut Paling Menjengkelkan


Image courtesy of rmoljabar.com

Mendapati pita kaset putus dan semrawut adalah sesuatu sangat menjengkelkan bagi para pencinta kaset, jika disambung pun hasilnya tidak akan sebagus sebelumnya, lagu menjadi terpotong, bahkan jika salah cara menyambungnya maka akan tidak bisa diputar lagi. Selain terputus, pita kaset yang semrawut juga membuat kita menjadi jengkel, kaset menjadi jelek dan suara yang dihasilkan ketika diputar juga ikutan jelek.

Quote:Suka Meminjam Tapi Tidak Suka Memberikan Pinjaman


Image courtesy of serba90an-ryan.blogspot.com

Untuk yang satu ini, semua orang pasti memiliki naluri yang sama, suka meminjam tetapi tidak suka jika ada orang yang ingin meminjam, termasuk juga dengan kaset, apapun alasannya, fenomena ini sudah sangat umum terjadi, jujur saja, beberapa koleksi kaset ane ada juga yang belum dikembalikan oleh teman yang meminjam sejak dulu, tidak tahu keberadaan dan kondisinya sekarang kayak apa

Quote:Hubungan Istimewa Antara Kaset dan Pinsil


Image courtesy of thecrowdvoice.com

Pasti diantara Kaskuser yang tidak mengalami masa itu akan kebingungan, ada hubungan apa antara kaset dengan pinsil ? bagi mereka yang sudah mengalaminya tentu saja sudah tidak asing lagi dengan hubungan tersebut, pinsil atau ballpointa atau bisa juga spidol kecil bisa menjadi alat pemutar kaset jika kaset semrawut, atau bisa juga menjadi pengganti tombol Rewind dan FF, caranya tentu saja dengan memasukkan pinsil pada roda perputaran kaset, kemudian diputar sesuai keinginan.


Quote:Mungkin Ada Yang Punya Kenangan Lain ???
Quote:
Mampir Juga di Thread Ane Yang Lain :

Saat Surat Masih Menjadi Andalan Berkirim Kabar Berita
Berbagai Macam Permainan Anak Perempuan Jaman Dulu
Hubungan Yang Erat Antara Masyarakat Indonesia dengan BAMBU
Indahnya Masa SD jaman Dulu
Berbagai Fakta dan Manfaat dari TOMAT
Suka Duka Menjadi Staff Desa di Kampung Sendiri
Membuat Thread KASKUS dari Hasil Pemikiran Sendiri itu Mudah
Nostalgia Masa Kejayaan Surat Menyurat
Menolong Dengan Cara Yang Sederhana

Quote:
Hasil Pemikiran Sendiri


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5434f5b4108b46a1028b456f

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)