Home » » Kenalkah Agan dengan RA Kosasih?

Kenalkah Agan dengan RA Kosasih?



Halo gan! Dalam kesempatan kali ini, ane Juki, selaku karakter Komik Indonesia mau ngebahas tentang eyang RA Kosasih !
Quote:Quote:Hah? Ga tau RA Kosasih?
Raden Ahmad Kosasih adalah salah satu komikus legenda di Indonesia gan! Beliau banyak menelorkan karya-karya komik di zaman keemasannya, sebut aja Sri Asih, Siti Gahara, dan yang paling fenomenal adalah komik-komik wayangnya! Kalau ga ada eyang Kosasih mungkin ane gak bakal ngerti dan tertarik sama kisah pewayangan macem Mahabharata dan Ramayana gan!
Spoiler for komik RA Kosasih:




Beliau wafat pada tahun 2012 silam. Dari sini, kami teman-teman penggiat komik, komikus, sampe karakter komik kayak ane mau memberi apresiasi untuk alm. RA Kosasih dengan memperingati hari lahir beliau setiap tanggal 4 April.
Kita sebut, #KosasihDay


Quote:#KosasihDay adalah kegiatan apresiasi yang ditujukan pada seniman komik yang telah begitu besar jasanya di Indonesia ini. Yaitu RA Kosasih. Beliau di mata komunitas komikus muda ini adalah sosok yang penuh dedikasi dan memiliki prestasi yang takbiasa di masa hidupnya dulu, seri adapatasi babad Ramayana dan Mahabarata dalam karya komik adalah sebuah bukti prestasi RA Kosasih dalam menyebarkankisah yang hingga kini menjadi teladan nasional bahkan menjadi khas Nusantara.

RA Kosasih kini telah tiada, namun anak-anak muda ini takkan rela menguburkan nama dan jasanya, mereka berusaha mengingatkan dan menjadikan RA Kosasih sebagai pahlawannya sendiri, sehingga sejarah akan lestari sebagai media belajar bersama. Pameran ini bukan hanya menyadarkan aspek kenang-kenangan/ klangenan, namun justru dijadikan titik balik untuk merevitalisasi pentingnya karya komik yang menjadi literatur di negerinya sendiri. RA Kosasih telah menurunkan warisan terbesarnya pada kita, giliran kita yang hendak mewariskan apa pada generasi mendatang.

Berikut ane coba kutip beberapa tulisan dari pak Henry Ismono, pengamat dan kolektor komik indonesia:
Quote:
Mengapa RA Kosasih pantas dikenang? Sebagian besar penggiat cergam menyebutkan, RA Kosasih memang bukan cergamis pertama di Tanah Air, namun perannya memang penting bahkan terpenting. Ketokohannya yang dahsyat, bahkan layak untuk disebut sebagai Bapak Komik Indonesia, meski sebutan ini sangat mungkin memunculkan perdebatan.

Akan tetapi, saya ingin mengatakan bahwa RA Kosasih adalah komikus paling populer di Indonesia. Dia adalah satu-satunya cergamis yang karyanya, terutama komik wayangnya sampai hari ini terus dicetak ulang. Dan, saya meyakini komik wayangnya masih akan terus dicetak ulang di tahun-tahun mendatang.

Kalau Anda tidak percaya, datanglah ke Toko Buku Maranatha [Erlina] di Jln Inggit Ganarsih 148 Bandung. Banyak yang mengatakan, di sanalah surga komik wayang dan tentu saja adalah cergam wayang karya RA Kosasih yang jumlahnya puluhan judul. Padahal, sebagian cergam tersebut dibuat pada tahun 50-an. Sebuah karya yang melewati zamannya.

Quote:
Pengamat cergam Arswendo Atmowiloto mengatakan, jasa paling besar RA Kosasih adalah memperkenalkan wayang kepada pembaca, lewat komiknya. Bersama John Lo cergamis segenerasinya, Kosasih adalah kreator perintis komik wayang. Bahkan, di eranya, Kosasih adalah kreator komik wayang paling produktif. Ratusan komik dibuatnya dengan master piece Mahabharata dan Ramayana.

Keberhasilan komik wayang Kosasih yang diterbitkan Melodie, Bandung dan didampingi Ardisoma, Oerip, dan John Lo, segera memunculkan gelombang komik wayang. Selanjutnya, begitu banyak cergamis yang berkiprah membuat komik wayang. Dari Bandung, komik wayang tumbuh dan berkembang di Jakarta, Semarang, Surabaya, bahkan menyeberang sampai ke Medan.

Kehadiran komik wayang Kosasih juga menyelamatkan komik Indonesia yang sempat ditentang kaum pendidik ketika komik dianggap kebarat-baratan.

Seno Gumira juga menyebutkan, komik wayang Kosasih yang berbahasa Indonesia itu, membuat wayang sebagai bagian budaya di Jawa dan Bali, mampu menembus batas-batas teritorial. Masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, mampu menikmati wayang lewat komik-komik wayang Kosasih dan rekan segenerasinya. Kendala bahasa dalam kisah wayang yang umumnya disampaikan dalam bahasa daerah, tidak terjadi lagi. Bahkan, hingga sekarang, cara efektif orangtua untuk memperkenalkan komik wayang, salah satunya masih menggunakan komik wayang karya sang maestro.

Beberapa komikus senior yang sempat saya temui juga mengatakan, RA Kosasih adalah salah satu sumber inspirasi mereka ketika berkarya. Argumentasi inilah yang membuat saya beranggapan: RA Kosasih adalah cergamis paling populer dan membawa pengaruh besar dalam pertumbuhan komik Indonesia.

Sumber: website HenryKomik

Bagaimana gan? Ane makin bangga kita punya komikus segiat dan setangguh pak Kosasih di zamannya

Harapan ane, semoga momen #KosasihDay ini bisa jadi penyemangat para komikus, penikmat, dan penggiat komik Indonesia agar semakin produktif dalam berkarya!




Segitu dulu gan thread tentang eyang RA Kosasih dari ane. Ane gak mengharapkan cendol, ane cuma mau share supaya masyarakat indonesia juga mengenal Komikus Legendaris di Indonesia yang Membanggakan ini.

Yuk rame-rame kita meriahkan #KosasihDay di Kaskus dan sosial media lainnya, khususnya pada tanggal 4 April!

Ternyata di Jakarta ada yang mengadakan acara #KosasihDay secara offline!

Spoiler for Acara #KosasihDay:


Jadwal Acara #KosasihDay Jakarta

Pembukaan Pameran Tribute To RA Kosasih
Jum'at, 04 April 2014 Pk.19.00
Galeri Serrum, Jl Gurame No.3
Rawamangun - Jakarta Timur

Diskusi : "Perlukah kita mengenang RA Kosasih"
Sabtu, 12 April 2014 Pk. 16.00 - Selesai
Pembicara :
- Yanusa Nugroho
- C Suryo Laksono
- Beng Rahadian
Moderator :
- Henry Ismono

--------------

Memperingati hari lahir mendiang Bpk.RA Kosasih, maka kami mengajak seluruh aktivis komunitas komik (pelaku industri : penerbitan, studio) kalangan profesional dan penggemar komik Indonesia, untuk turut merayakannya pada tgl antara 04-06 APRIL 2014, dengan kegiatan komik dan mempubikasikannya di sosmed dengan menyertakan kata #KosasihDay dalam keterangannya.

Kegiatan yg dapat dilakukan:
1. Diskusi
2. Pameran (boleh online atau menggunakan ruang nyata)
3. Posting sendiri karya tribute to RA KOSASIH di sosial media masing-masing
4. Posting koleksi komik/ memorabilia/ foto/ catatan ttg RA Kosasih
5. Jamstrip komik
6. Workshop
7. Launching komik karya sendiri
dll

Kegiatan ini tidak terpaku pada skala besar dan kecil, boleh dilakukan perorangan atau kelompok. Ajaklah teman untuk sama-sama meramaikan acara ini. Ayo rencanakan mulai sekarang, sesuaikan waktunya.

Komik Indonesia memiliki pahlawannya sendiri, mari kita ingatkan masyarakat untuk tidak melupakannya.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/533bc9025bcb172b62000112

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger