Home » » Motion Capture, Rahasia Para 3D Animator Hollywood

Motion Capture, Rahasia Para 3D Animator Hollywood


Quote:SELAMAT DATANG DI THREAD BUATAN
KASVFX COMMUNITY
DENGAN VISUAL, KITA RUBAH SEGALANYA

Quote:Welcome to the world of visual effect
Welcome to the world of believing


Quote:Motion capture dengan komputer adalah kedua hal yang tengah menjadi bahan penting dalam dunia perfilman Hollywood. Film seperti Avatar, seri modern Planet of the apes, Harry potter (Lord Voldemort), dan banyak film lain mungkin tidak akan terlihat nyata. Dalam dunia perfilman modern, kedua tehnik mengubah gerakan nyata menjadi animasi ini sangat diminati bagi perusahaan besar karena mereka dapat merigging (membuat gerakan karakter) lebih realistis dalam tempo yang cepat, sekalipun biayanya tidak dapat dikatakan murah, namun niat mereka untuk mendekati kesempurnaan karya patut diacungi , mau tau cara mereka membuatnya? Cek dibawah!

Quote:Shift+X dulu atuh mas

Quote:Apa itu motion capture?
Quote:Quote:
Motion capture adalah tehnik yang digunakan para filmmaker dan juga telah merambah ke dunia gamemaker, yaitu mengubah gerakan nyata yang dilakukan oleh sebuah objek maupun manusia kedalam kode digital sehingga kelak dapat dipakai untuk rigging animasi.

Spoiler for

Motion capture dengan komputer ini baru ada kurang lebih di abad ke 21, dan langsung booming dikalangan pembuat film dan game dengan budget tinggi, karena dapat membuat animasi terlihat lebih realistis dan lebih aktif ketimbang merigging sendiri. Para animator mungkin tau ketika merigging manual waktu yang dibutuhkan tidaklah sebentar, dan butuh ketelatenan untuk menciptakan animasi yang lebih realistis, kini kunci untuk mendapatkan gerakan realistis sudah dimudahkan dengan penggabungan yang lebih lanjut antara seni perfilman, dengan dunia digital komputer

Spoiler for
Sementara, tehnik motion capture yang biasa disingkat MoCap ini sebenarnya sudah dikenal sejak abad 20, namun menggunakan manual, alias mata manusialah yang pada akhirnya menyamakan gerakan karakter digital dengan karakter nyata.

Spoiler for
Motion capture dari film "Dawn of the planet of the apes (2014)"

Perjalanan dunia Motion Capture menuju dunia komputerisasi menurut www.siggraph.org dalam artikelnya (link) berawal dari tahun 1980, jelas butuh perjalanan panjang dan tidak memakan biaya yang sedikit demi menghasilkan sebuah penemuan fenomenal namun jarang diketahui masyarakat luas ini.

Spoiler for




Cara kerja dari MoCap itu sendiri menggunakan beberapa kamera, biasanya kalau dalam film, kameranya dipakai hanya yang dibutuhkan saja dalam adegan, berbeda dengan game yang kameranya dipakai nyaris di setiap sudut, sehingga ketika kita bermain dapat melihat karakter dari setiap sudutnya (CMIIW).

Lalu, kita menggunakan kamera khusus yang hanya menangkap cahaya dan dapat memancarkan cahaya infrared atau kalau tidak bisa juga cahaya infrared berasal dari retroreflective tersebut, setelah itu, kamera menangkap seluruh gerakan dari masing-masing retroreflective. Praktek pertama menggunakan sebuah tongkat yang diputar-putar 360 derajat beberapa kali, sehingga nanti software yang digunakan dapat mengetahui letak dari masing-masing kamera yang digunakan, sehingga keakuratan ketika mengambil gerakan dari retroreflective semakin didapat

Spoiler for
Seperti inilah bentuk retroreflective marker


Ohiya, masing-masing retroreflective marker memiliki frekuensi yang berbeda-beda dalam memancarkan cahaya yang nantinya ditangkap kamera. gunanya untuk memudahkan pengguna dalam mengedit animasinya nanti dan agar tidak terjadi eror saat motion capture

Spoiler for


Lalu, setelah persiapan selesai, saatnya shooting! Kamera MoCap bekerja untuk menangkap cahaya, sehingga kamera menangkap cahaya, dan mengubahnya menjadi data digital, dan ia transfer ke komputer, yang nantinya komputer akan menerjemahkan data digital dari berbagai kamera tersebut ke dalam animasi 3 dimensi secara utuh. Nantinya, animasi dari masing-masing ini akan disunting lebih lanjut, dikoneksi antar masing-masing data, dan dibuat karakter draftnya.

Spoiler for

Prosesnya masih panjang, untuk mencapai karakter yang enak dipandang mata. Dari pemodelan karakter, texturing, penambahan hair and fur, detail, dan lainnya.

Spoiler for
Diambil dari ProVision.tv, monolog paling terkenal dalam film Far Cry 3 (The definition of insanity)

Dan facial motion capture! Salah satu hal yang cukup menakjubkan, dengan cara mereka merekam hanya muka, dengan sebuah helm yang memiliki alat khusus hanya untuk merekam gerakan muka, dengan itu, mereka dapat nantinya menggantikan gambar gerakan muka dari kamera tersebut dengan tekstur dan animasi digital. Inilah alasannya kenapa para pemeran dari pemain asli, mirip dengan karakternya di game.
Tapi, hal ini hanya berlaku apabila para moviemaker atau gamemaker ingin membuat muka pemain mirip dengan muka karakter fiksinya, apabila tidak, mereka akan menggunakan marker alias tanda-tanda di sekitar muka, sehingga kelak tanda-tanda tersebut dipakai layaknya MoCap yang tadi kita bahas, sehingga gerakan muka dari karakter fiksi (Misalkan kera di Dawn of the planet of the apes) mirip dengan gerakan muka pemainnya (meskipun mukanya enggak mirip, masa' disamain sama monyet )

Spoiler for

Sumber dari Natural Point


Diatas, kalian bisa lihat harga dari kamera MoCap dan softwarenya, kelihatannya memang mahal, tapi menurut ane DreadOut 2 harusnya udah bisa nih make teknologi ini, kita tunggu aja kabar baik dari Digital Happiness

Quote:Oke, segitu aja dulu, kalau ada pertanyaan silahkan diajukan di komentar yah. Semoga dengan ilmu ini, gamemaker Indie kita yang tengah kita bangga-banggkana yaitu Digital Happiness dapat mewujudkan permainan Dread Out 2 dengan tambahan Mocap, sehingga gerakannya jauh lebih realistis dibanding Dread Out 1

Pencet gambar untuk pergi ke markas KasVFX

Quote:Sumber gambar
Good Job - Volume 2 : Motion capture by Revision3 (link)
What Is? - Motion capture by Full sain university (link)
The Last of Us Performance Capture Cinematic Comparison (link)

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53dde7f5de2cf268158b4626

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger