Home » » Mengenal Lebih Dalam Tipe Penyebrangan Jalan Bagi Pejalan Kaki

Mengenal Lebih Dalam Tipe Penyebrangan Jalan Bagi Pejalan Kaki

Halo agan/sista
Proud to be part of

(.....Kami adalah Komunitas Pecinta Riddle dan Creepy Pasta dengan Member IGO Indonesian Gay Only
Terbanyak di KASKUS...)
Click Image to Visit Our Home

Welcome to


Ternyata tipe penyeberangan jalan bukan hanya zebra cross saja lho gan/sis. Jadi, kali ini TS mau ajak agan sista mengenal Tipe Penyebrangan Jalan untuk Pejalan Kaki. Langsung simak aja tipe penyebrangan jalan yang ada di dunia.



Quote:Zebra CrossingZebra cross merupakan tempat penyeberangan di jalan yang diperuntukkan bagi pejalan kaki yang akan menyeberang jalan, dinyatakan dengan marka jalan berbentuk garis membujur berwarna putih dan hitam. Sekitar zebra cross terdapat larangan parkir agar pejalan kaki yang akan menyeberang dapat terlihat oleh pengemudi kendaraan di jalan. Pejalan kaki yang berjalan di atas zebra cross mendapatkan perioritas terlebih dahulu. Disebut sebagai zebra cross karena menggunakan warna hitam dan putih seperti warna pada hewan zebra dari kelompok hewan kuda yang hidup di Afrika. Pada persimpangan ini apabila terdapat lampu pengatur lalu lintas maka penyebrang jalan harus menunggu lampu hijau bagi penyebrang jalan.
Spoiler for Zebra Cross:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:



Quote: Pelican Crossing Pelican Crossing adalah penyeberangan pejalan kaki yang dikontrol lampu lalu lintas dan dioperasikan oleh pejalan kaki. Dimana pejalan kaki harus menekan tombol untuk meminta "waktu hijau" pada pengendara kendaraan sehingga pengendara kendaraan berhenti dan pejalan kaki dapat menyebrangi jalan. Dibutuhkan pengertian dan toleransi yang tinggi dari pengendara kendaraan guna memprioritaskan pejalan kaki menyeberang karena pelican crossing biasanya berada bukan pada persimpangan jalan, tetapi pada lokasi-lokasi yang terkadang ramai oleh pejalan kaki.
Nama ini berasal dari singkatan untuk 'PEdestrian LIght CONtrolled', dengan 'o' diubah menjadi 'a' untuk kemudahan dan menyerupakan dengan burung PELICAN. Pelican crossing memiliki lampu traffic light 2 (dua) warna, yaitu merah yang berarti tidak boleh menyeberang dan hijau yang berarti penyeberang jalan diperbolehkan berjalan, serta zebra cross dan rambu-rambu pendukung lainnya.

Spoiler for Pelican Crossing:
Quote:
Quote:
Quote:

Salah satu kota di Indonesia yang sudah punya Pelican Crossing adalah Solo gan
Spoiler for Pelican Crossing Solo: Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:



Quote:Puffin Crossing Puffin Crossing sering disebut persimpangan cerdas yang ramah pejalan kaki. Sistem persimpangan jalan menggunakan sensor yang mendeteksi keberadaan pejalan kaki yang menunggu di area deteksi. Berbeda dengan pelican crossing dimana lampu sinyal pejalan kaki berada diseberang jalan, lampu petunjuk penyebrang jalan pada puffin crossing berada di sisi mereka sehingga para pejalan kaki dapat memantau lalu lintas yang lewat sambil menunggu sinyal untuk menyeberang.
Spoiler for Puffin Crossing:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:



Quote:Toucan Crossing Toucan Crossing berasal dari kata two-can crossing yang berarti keduanya bisa menyebrang. Penyeberangan ini dikhususkan untuk pejalan kaki dan pengguna sepeda untuk dapat menyebrang jalan. Tipe penyeberangan ini sama dengan pelican crossing dimana penyebrang harus menekan tombol untuk meminta “lampu hijau” kepada pengguna jalan.
Spoiler for Toucan Crossing:
Quote:
Quote:
Quote:


Quote: Pegasus CrossingMerupakan jenis penyeberangan yang memiliki konsep sama dengan pelican crossing, akan tetapi jenis penyeberangan ini juga diperuntukan untuk penunggang kuda. Perbedaannya utamanya adalah pada tombol lampu hijau dimana terdapat dua tombol yaitu pada ketinggian normal untuk pejalan kaki dan pada ketinggian satu atau dua meter diatas ketinggian normal yang dikhususkan untuk penunggang kuda. Nama pegasus diambil karena kuda diidentikan dengan mahluk dongeng pegasus yang merupakan kuda bertanduk dan bersayap. Tipe penyeberangan ini tentu tidak digunakan di Indonesia karena jarang sekali masyarakat menunggangi kuda kecuali untuk wisata seperti dokar maupun andong. Kebanyakan persimpangan ini dimiliki Negara Peru dan Inggris..
Spoiler for Pegassus Crossing:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:



Quote:Jembatan penyeberangan orang Jembatan penyeberangan orang adalah fasilitas pejalan kaki untuk menyeberang jalan yang ramai dan lebar atau menyeberang jalan tol dengan menggunakan jembatan, sehingga orang dan lalu lintas kendaraan dipisah secara fisik. Jembatan penyeberangan juga digunakan untuk menuju tempat pemberhentian bis (seperti busway Transjakarta di Indonesia), untuk memberikan akses kepada penderita cacat yang menggunakan kursi roda, tangga diganti dengan suatu akses dengan kelandaian tertentu. Desain jembatan penyeberangan biasanya menggunakan prinsip yang sama dengan jembatan untuk kendaraan. Tetapi karena biasanya lebih ringan dari jembatan kendaraan, dalam desain JPO biasanya mempertimbangkan getaran dan efek dinamik dari penggunanya. Di samping itu masalah estetika juga menjadi pertimbangan penting dalam membangun JPO terutama dijalan-jalan protokol di mana desain arsitektur menjadi pertimbangan yang penting.Pembangunan jembatan penyeberangan disarankan memenuhi ketentuan sebagai berikut :
  • Bila fasilitas penyeberangan dengan menggunakan Zebra Cross dan Pelikan Cross sudah mengganggu lalu lintas yang ada.
  • Pada ruas jalan dimana frekwensi terjadinya kecelakaan yang melibatkan pejalan kaki cukup tinggi.
  • Pada ruas jalan yang mempunyai arus lalu lintas dan arus pejalan kaki yang tinggi


Spoiler for JPO:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:



Quote:Terowongan penyeberangan Salah satu cara lain yang digunakan untuk memberikan kemudahan bagi pejalan kaki adalah dengan menyediakan terowongan dibawah jalan. Terowongan kalau ditinjau dari aestetika lebih baik dari jembatan penyeberangan namun dari aspek keamanan lebih buruk dan terkadang digunakan untuk buang air kecil. Oleh karena itu terowongan perlu diawasi dengan baik dan bila diperlukan diperlengkapi dengan kamera pengintai. Dalam rangka meningkatkan keamanan didalam terowongan dapat dibangun dengan dilengkapi dengan kios-kios yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat. Pembangunan terowongan disarankan memenuhi persyaratan sebagai berikut :
  • Bila fasilitas penyeberangan dengan menggunakan Zebra Cross dan Pelikan Cross serta Jembatan penyeberangan tidak memungkinkan untuk dipakai.
  • Bila kondisi lahannya memungkinkan untuk dibangunnya terowongan.
  • Arus lalu lintas dan arus pejalan kaki cukup tinggi


Spoiler for Terowongan penyeberangan:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:



Kalo yang ini asli punya Indonesia gan
Quote: Zona Selamat SekolahZona Selamat Sekolah (ZoSS) merupakan program inovatif dalam bentuk zona kecepatan berbasis waktu yang dapat digunakan untuk mengatur kecepatan kendaraan di area sekolah. Penggunaan rekayasa lalu lintas seperti rambu lalu lintas dan marka jalan serta pembatasan kecepatan bertujuan meningkatkan perhatian pengemudi terhadap penurunan batas kecepatan di zona selamat sekolah serta memberikan rasa aman kepada para murid yang akan menyeberang di jalan.
Zona Selamat Sekolah (ZoSS) adalah lokasi diruas jalan tertentu yang merupakan zona kecepatan berbasis waktu untuk mengatur kecepatan kendaraan dilingkungan tingkat sekolah dasar.
Penerapan ZoSS dilakukan pada intinya adalah untuk melindungi pejalan kaki anak sekolah dari bahaya kecelakaan lalu lintas dimana kendaraan yang berada dalam zona sekolah harus dengan kecepatan rendah untuk memberikan waktu reaksi yang lebih lama dalam mengantisipasi gerakan anak sekolah yang bersifat spontan dan tak terduga sehngga dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas

Spoiler for Zona Selamat Sekolah:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:




Spoiler for sumur: Sumur1Sumur2 Sumur3 Sumur4 Sumur5


Kunjung Karya Breaman Brotherhood Lainnya


Sekian dari TS, Semoga Bermanfaat. Jangan lupa rate dan komeng yah gan..


Maen ke Trid TS yang laen ya gan
Spoiler for Trid:
[CENTER]Lucunya Nama Artis Barat Jika Ditranslate ke Bahasa Indonesia
Yuk Menjelajah Miniatur Landmark Dunia di Tobu World Square Jepang
Citra Satelite Sebelum dan Sesudah Tsunami Jepang 11 Maret 2011

Terima Kasih telah Mampir

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5357ab7ec3cb17c03e8b4a32

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger