Home » » Menyambangi Keindahan Kota-Kota Waterfront City

Menyambangi Keindahan Kota-Kota Waterfront City

Halo agan/sista
Proud to be part of

(.....Kami adalah Komunitas Pecinta Riddle dan Creepy Pasta dengan Member IGO Indonesian Gay Only
Terbanyak di KASKUS...)
Click Image to Visit Our Home

Welcome to


Kali ini TS mau ajak agan sista mengenal konsep Waterfront City atau Kota Tepi Pantai/Sungai serta melihat keindahan kota-kota tersebut

Quote:PrologueWaterfront City merupakan Kota di tepian air baik itu tepi pantai, sungai ataupun danau. Pengertian “waterfront” dalam Bahasa Indonesia secara harafiah adalah daerah tepi laut, bagian kota yang berbatasan dengan air, daerah pelabuhan. Waterfront Development diartikan suatu proses pembangunan yang memiliki kontak visual dan fisik dengan air, pengembangan wilayah perkotaan yang secara fisik alamnya berada dekat dengan air dimana bentuk pengembangan pembangunan wajah kota berorientasi ke perairan

Quote:Apa Saja Kriteria Waterfront City?
  • Berlokasi dan berada di tepi suatu wilayah perairan yang besar (laut, danau, sungai, dan sebagainya).
  • Biasanya merupakan area pelabuhan, perdagangan, permukiman, atau pariwisata.
    />
  • Memiliki fungsi-fungsi utama sebagai tempat rekreasi, permukiman, industri, atau pelabuhan.
  • Dominan dengan pemandangan dan orientasi ke arah perairan.
  • Pembangunannya dilakukan ke arah vertikal horisontal




Penerapan Waterfront City Development di Berbagai Negara

Quote:
Di negara maju perencanaan dan pengembangan waterfront development didasarkan pada berbagai konsep sesuai dengan kondisi sosio-kultur, kemampuan teknologi dan ekonomi, kebutuhan kotanya masing-masing serta memaksimalkan fungsi pembangunan yang diterapkan sehingga pengembangannya dapat berfungsi secara ekonomis dan efektif.

Pengembangan fungsi kawasan dengan konsep waterfront development

Quote:1. Sebagai Kawasan Bisnis
Di dalam “Waterfront Development” dapat dikembangkan sebagai kawasan bisnis sebagai contoh di Canary Wharf salah satu bagian kawasan “London Docklands”. Di daerah tersebut terlihat di tepian air banyak gedung - gedung perkantoran serta kondominum. Kawasan tersebut dapat menjadi pusat bisnis.
Spoiler for Contoh:
London
Quote:
Quote:
Quote:



Quote:2. Sebagai Kawasan Hunian
Di dalam “Waterfront Development” dapat diterapkan pengembangan kawasan hunian di tepi air. Pengembangan hunian di tepi air tentunya harus melihat kondisi airnya tersebut pastinya airnya tidak berbau dan kotor karena jika terbangun hunian di lokasi tersebut dengan kondisi air yang buruk maka produk huniannya akan sulit terjual ataupun terhuni. Dalam pengembangan hunian di tepi air dapat di bangun produk rumah ataupun kondominium. Penerapan kawasan huian di tepi air dapat dilihat di daerah Port Grimoud - Prancis. Di sepanjang aliran sungainya banyak terbangun hunian bertingkat.
Spoiler for Contoh:
Port Grimoud, Prancis
Quote:
Quote:
Quote:



Quote:3. Sebagai Kawasan Komersial, Hiburan dan Wisata
Di dalam “Waterfront Development” dapat pula dikembangkan sebagai kawasan komersial, hiburan dan wisata. Dengan kondisi air yang baik dan tidak berbau maka kawasan tersebut terjamin akan banyak di singgahi pengunjung. Selain itu pula dapat juga dibanguna area terbuka (plaza) di kawasan tersebut. Waterfront dengan konsep sebagai kawasan komersial dan hiburan ini pastinya akan sangat digemarai oleh masyarakat perkotaan. Sekaligus juga dapat meningkatkan pendapatan di daerah tersebut..

Spoiler for Contoh1:
San Antonio, Texas
Kota San Antonio di Texas berhasil mengembangkan waterfront city modern yang dapat mempertahankan bangunan bersejarah dan dapat menonjolkan nuansa kesenian dan budaya setempat. Kawasan Waterfront city di pusat kota ini yang dapat meningkatkan kondisi perekonomian di Texas
Quote:
Quote:
Quote:


Spoiler for Contoh2:

Positano dan Amalfi di Italia, mengembangkan romantic waterfront yang mengkombinasikan pelabuhan, resort dan pusat perbelanjaan yang seimbang fungsi dan skalanya

Amalfi, Italy
Quote:
Quote:
Quote:

Postiano, Italy
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:


Spoiler for Contoh3:
Venice, Italy
Venesia mengembangkan perairan tidak hanya sebagai edge tetapi juga sebagai jalur arteri sirkulasi kota, Vaporeti(bus air)sampai angkutan pencampur beton, seluruhnya menggunakan jalur air
Quote:
Quote:
Quote:



Spoiler for Contoh4: Paris, France
Tepian Sungai Seina di Paris dikembangkan untuk menciptakan fungsi, skala perubahan suasana yang dinamis melalui penataan kawasan komersial, industri, residensial dan rekreasi
Quote:
Quote:
Quote:



Bagaimana sih Penerapan Waterfront City Development di Indonesia?

Quote:
Penerapan waterfront development di Indonesia telah dimulai pada zaman penjajahan Kolonial Belanda di tahun 1620. Pembangunan konsep waterfront di terapkan oleh para penjajah yang menduduki Jakarta atau Batavia saat itu untuk membangun suatu kota tiruan Belanda yang dijadikan sebagai tempat bertemunya dalam lalu lintas perdagangan. Penataan Sungai Ciliwung saat itu semata-mata hanya untuk kelancaran lalu lintas semata.
Pada zaman Indonesia merdeka, pembangunan yang berbasis kepada paradigma kelautan sudah didengung-dengunkan sejak terbentuknya Departemen Kelautan dan Perikanan di Tahun 1999 yang lalu. Pemicunya adalah kesadaran atas besarnya potensi kelautan dan perikanan perairan Indonesia yang secara laten terus menerus mengalami penjarahan oleh negara tetangga. Selain itu mulai berkurangnya pemasukan negara dari sektor hasil hutan dan tambang juga mejadi pemicu.


Beberapa Contoh Kota-Kota di Indonesia yang menerapkan Konsep Waterfront City

Quote:JakartaPerencanaan dan pengembangan waterfront city di Jakarta yang mempunyai tujuan utama merevitalisasi, memperbaiki kehidupan masyarakat pantai, termasuk nelayannya. Pantai juga ditata kembali bagi kesejahteraan masyarakat, dengan memberdayakan keunggulan ekonomis dari pantai tersebut, seperti pariwisata, industri, pelabuhan, pantai untuk publik dan juga perumahan. Sebagai contoh pembangunan hunian baru di kawasan Ancol yang juga berfungsi sebagai sarana hiburan dan wisata.
Spoiler for Waterfront:
Quote:
Quote:



Quote: ManadoPenggunaan konsep waterfront city di Manado telah di terapkan pada area pesisir Pantai Boulevard Manado sebagai kawasan Hiburan, Wisata, Ekonomi. Dan di daerah Sungai Tondano untuk menata kembali pemukiman yang ada, menjaga kelestarian sungai serta mampu meminimalisirkan pencemaran Sungai Tondano.
Spoiler for Waterfront:
Quote:
Quote:
Quote:



Quote: MakasarWaterfront city di Makasar berciri kota maritime yang kuat. Masyarkat Kota Makasar menginginkan positioning Makassar yang diterapkan dalam lima visi kota sebagai kota maritime, jasa, niaga, pendidikan serta budaya. Penerapan waterfront city dapat dilihat pada penataan Pantai Losari..
Spoiler for Waterfront:
Quote:
Quote:
Quote:



Quote: BanjarmasinPenggunaan konsep waterfront city di Kota Seribu Sungai yaitu Banjarmasin dilakukan dengan tujuan menjaga kelestarian budaya masyarakat Pasar Terapung di Sungai Barito, menata kembali pemukiman, yang menempatkan sungai sebagai halaman belakang. Memaksimalkan potensi sungai sebagai jalur transportasi, juga sebagai objek tujuan wisata.
Spoiler for Waterfront:
Quote:
Quote:
Quote:



Quote: SurabayaPembangunan Teluk Lamong di Surabaya juga menggunakan konsep Waterfront City. Rencana pengembangan pelabuhan Tanjung Perak yang ada diteluk tersebut juga untuk mengantisipasi terjadinya overload di Pelabuhan tersebut. Lamong Bay Port akan dibangun dengan menggunakan konsep pelabuhan modern yang mengacu pada pelabuhan-pelabuhan modern Jepang. Selain sebagai pelabuhan, Lamong Bay akan dikembangkan sebagai kawasan pergudangan, industri, dan pariwisata. Pembangunan Lamomg Bay sebagai upaya mengembalikan jati diri Surabaya Waterfront City sebagai kota maritim dan mampu bersaing dengan pelabuhan Singapore Port Authority atau Tanjung Lepas di Malaysia.
Spoiler for Waterfront:
Quote:
Quote:



Quote: PalembangPerencanaan kawasan waterfront city di Kota Palembang sendiri bertujuan untuk revitalisasi dan preservasi kawasan dan bangunan bersejarah dari peninggalan kolonial serta bangunan kuno asli masyarakat, Central Business District sebagai urat nadi pertumbuhan kota, Sungai Musi sebagai waterfront pengembangan wisata dan transportasi air.
Spoiler for Waterfront:
Quote:
Quote:
Quote:





Spoiler for sumur: Sumur Text
Sumur Gambar


Kunjung Karya Breaman Brotherhood Lainnya


Sekian dari TS, Jangan lupa rate dan komeng yah gan..


Quote: Maen ke Trid TS yang laen ya gan
Lucunya Nama Artis Barat Jika Ditranslate ke Bahasa Indonesia
Yuk Menjelajah Miniatur Landmark Dunia di Tobu World Square Jepang
Citra Satelite Sebelum dan Sesudah Tsunami Jepang 11 Maret 2011
Pedagang Kaki Lima di Berbagai Kota Dunia


Terima Kasih telah Mampir

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/534232ca20cb17cc2f8b45c7

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger