Home » » Luangkan Waktu Untuk Mengecek Kembali Bon Belanjaan Agan

Luangkan Waktu Untuk Mengecek Kembali Bon Belanjaan Agan

Intinya, ane sebagai pelanggan Alfam**t kecewa karena pegawai kasir ini telah berusaha MENIPU UANG KEMBALIAN ANE DUA KALI.

Banyak agan-agan yang komen kenapa TS tega mengumbar aib ato pasang muka pelaku. Well, bagi TS itu kenyataan yang memang seharusnya diungkapkan supaya masyarakat nggak kena tipu dengan cara yang sama. TS yakin kok banyak yang mengalami kejadian serupa, tapi seringnya pihak yang dicurangi menahan gondok di hati tanpa ada tindak lanjut, sehingga pelaku bisa seenak hati mengulangi perbuatannya. Bayangkan aja, pelaku sebegitu teganya meraup keuntungan haram dari banyak orang, kalau memang cara seperti ini bisa memberi efek jera, kenapa enggak? TS bikin thread ini bukan mau sekedar cari sensasi atau sekedar ngumbar aib orang.

Trus kalau masalah foto, bagi TS tiada ampun bagi orang yang sudah ngelakuin KORUPSI baik itu kecil ato besar. KEMISKINAN GAK BISA DIJADIIN ALASAN untuk melakukan kejahatan. Banyak kok orang yang bahkan cacat fisik tapi masih bisa cari duit pake cara halal. Lah ini masih dikasih Tuhan tangan dan kaki kok gitu kelakuannya.

Kenape ane tega nge-ekspose muka pelaku? Sama lah gan kalo kalian nonton berita di TV ato koran kan biasanya muka pelaku ditampilin, ya balik lagi tujuannya supaya ngasi efek jera. Tapi, karena beberapa pertimbangan ane edit muka pelaku jadi ane sensor, soalnya banyak komen agan yang bilang kasian.

Jadi kronologisnya begini :
Ane sering banget belanja di Alfam**t deket rumah. Kebetulan jaraknya deket, dari rumah kesana kalau jalan kaki cuma 3 menit.

Kejadian pertama sekitar 2 minggu lalu, ane habis belanja susu anak disana, bayar di kasir seperti biasa. Yang meladeni seorang mbak2 muda sekitar umur 20an. Setelah bayar, ane dikasih kembalian TANPA STRUK BELANJA. karena ane biasa belanja, kalau gak dikasi struk rasanya aneh, kok kasir gak kasi struk (kecuali emang mesin kasirnya bermasalah).

Trus ane mintain struk belanjanya. "Mbak, strukny mana?"
eh si mbak tersebut berakting agak kikuk trus ngasih struk sambil bilang "maaf mbak kembaliannya masih ada 4.000". Dia nyodorin juga kembalian gw yang 'ketinggalan'.

Ane sebenernya di dalem hati agak mangkel tapi gak mau memperpanjang masalah, soalnya buru-buru. Saat itu ane plengosin aja gak bilang makasih ato apa langsung keluar pintu.

Lalu kejadian lagi hal yang sama, tepatnya kemarin tanggal 25 Juni 2014 jam 7 malem. Ane pergi ke Alfam**t yang sama. Yang bertugas di kasir kebetulan si mbak itu lagi. waktu ane ngantri, orang di depan ane yang bayar juga gak dikasih struk. Tapi orang itu kayaknya gak masalah, cuma ambil kembalian & langsung pergi.

Giliran ane bayar, kejadiannya sama juga, cuma dikasi kembalian tanpa struk. Trus ane nanya "struknya mana mbak?". Dia nunduk trus ngambil struk dan nambahin kembalian ane Rp 2.000 sambil bilang "maaf mbak ada potongan harga 2.000".

Tanpa ba bi bu, dengan nahan kesel langsung ane ngomong "mbak namanya siapa?". Dia gelagapan gitu, name tag yang dia pake memang kebalik (atau sengaja dibalik) trus ane minta name tagnya dibalik supaya keliatan jelas namanya : NUR KARL***

Trus ane ngomong lagi "saya udah kejadian kayak gini 2 kali. kalo sampe saya ketemu begini lagi, saya bilangin ke atasan kamu."

Eh dianya cuma nunduk, gak bilang sori ato apa. Temennya di sebelah (laki-laki) cuma diem juga.

Keselll buanget rasanya! trus ane foto orangnya. Bukannya mau gimana, tapi ane pengen supaya orang itu jera & mudah-mudahan bisa balik ke jalan yang bener.

Bayangin aja gan... satu orang dia ambil keuntungan 2.000, kalo diakumulasiin dapet berapa tuh? walaupun ane tau... ngumpulin duit haram gak bakal bikin kaya, tapi kasihan aja orang-orang yang udah ditipu.

Detail cara liciknya ketahuan ane gan:
Spoiler for cara licik
Caranya lihai bgt.. Memang di kasir sana ada double screen supaya kita bisa liat detail belanjaan, dan semua barang yang ane beli di scan semua sehingga keliatan totalnya berapa... Tapi ketika ane ngasih uang 50ribuan, UANG PEMBAYARAN yang ane kasi GAK DIINPUT KE KOMPUTER sama si kasir. Sehingga ane GAK TAU BERAPA JUMLAH KEMBALIAN yang harus ane terima (kecuali emang belanjaannya dikit atau ane rajin ngitung). Jadi pas dia ngasih kembalian cuma dikasih gitu aja.. Gak dibilangin nominalnya berapa, ketika lanjut ke customer berikutnya baru deh dia proses dulu inputan kembaliannya.

Ane jadi inget, setelah orang yang ngantri transaksi di depan ane udah pergi, dia baru ngeprint struk, bikin ane nunggu sbentar gan, baru setelah itu dia proses deh belanjaan ane . Kalo dipikir2 bener2 licik tingkat dewa nih...

Persepsi customer yang dateng ke modern market kan supaya mereka bisa belanja dengan cepat dan gak perlu ribet ngitung karena si pegawai kasir sudah ada bantuan dari mesin. Nah si mbak ini mengandalkan kepercayaan customer (yang biasanya ngambil kembalian trus ngeloyor) supaya bisa ngeraup uang haram.

Dan ane juga belajar dari pengalaman ini: kalau habis belanja dimanapun, pastikan harus MINTA STRUK & UANG YANG DIKEMBALIKAN SESUAI.

komen yang bagus dari kaskuser (ane lupa siapa ): LUANGKAN WAKTU 5 DETIK UNTUK MENGECEK KEMBALI STRUK ANDA


Penampakannya gan (awalnya kaga ane sensor, karena banyak yang protes jadi ane sensor dikit:
Spoiler for mbak alfa***t
Quote:Original Posted By K.U.M.A.R.A â–º
oiii TS
fotonya kaga muncul tuh
nih ane bantu nongolin, taroh pejwan aja


si penipu:



Spoiler for struk


Ternyata banyak komen dari agan-agan yang pernah dicurangin juga:
(maap ye gan ga bisa ane masukin page one semua)

Spoiler for komen serupa
Quote:Original Posted By Falayuen â–º
ane juga pernah gitu gan....
main kasih kembalian aja struknya gk dikasih begitu ane minta baru bilang katanya ada potongan harga 2rebu....
bayangin klo 50 orang yang beli digituin...
betapa kayanya mereka...

pajang di page one gan....

Quote:Original Posted By panji995 â–º
kalo ane sih emang dasarnya gak pernah belanja di Alfam**t .

soalnya di deket rumah ane ada toko kelontong kepercayaan,kesayangnan keluarga dan idola kaum ibu2.

tapi denger2 dari kakak yang sering belanja ke Alfam**t sih juga pernah kaya gitu kayak harga di struk sama di rak barang beda gitu

Quote:Original Posted By dbysbnd â–º
parah bgt. ane jg pernah gitu gan. itu daerah mana?d tempat ane jg kejadian sm. kasirnya cwe cm ane ga foto sm galiat namanya sih. ga kepikiran...
ane belanja minuman botol gt abs brp lupa deh. trs pas kelar ane bingung kq ga biasanya ga dikasi struk cm kembalian 2rb doang. pas ane mnta struk dy blg salaah sobek. ane blg gapapa. mw liat aja eh dy blg mana ya uda kebuang tuh sambil nunjukin tong sampah tanpa ngrasa bersalah. ane suruh aja cari. dy pake muka jutek sambil korek2 tempat kertasnya. trs dy blg nih.pas ane cek ternyata emg lg ad promo discount gt. 11rb lebih klo ga salah. ane blg dong ini kembali harusnya 13500 masa cm 2rb. eh dy blg sori salah liat. trs ngasih kembalian lgsgg ngbrl sm temenn kasirnya lg. ngekiin bgt.
ane blg aja jd org tau malu dikit mba. eh dy blg santai aja kale pake mata sinis gt. nyolot banget. untung ane disuruh buru2 klo ga ane lanjutin lagi tuh. pdhl klo ane perhatiin ad cctv nya itu. kq dy ga mikir yak jd males beli kesana lagi

Quote:Original Posted By fely4ever â–º
Wah ane juga kerja d retail. Struk itu penting. Karena tanpa struk bisa d anggap ga ada penjualan, dan masuk kantong sendiri.
Di perusahaan ane, sampe tembus 50juta slama 1 tahun dicurangi kasir gila.

Quote:Original Posted By chantelope â–º
emang sering begitu gan. Adek ane pernah disuruh nyokap beli rinso gt n seharusnya dpt hadiah sabun colek, n gak dikasi gan klo kitanya gak minta!! bukannya ane gmn ya, tp klo ada min. 10 orang digituin aja, dosa brapa banyak tuh mba2/mas2???

trs kan klo di minimarket gt suka dibilang klo kasirnya msti nyapa pembeli "selamat pagi" / "selamat datang" / "terima kasih" etc, wehh boro2 deh dpt sapaan begitu. katanya klo gak disapa bisa dpt pulsa? ane bisa panen pulsa

Quote:Original Posted By queen789 â–º
Ijin mau nambahin juga nhi...
Hati2 yng biasax belanja bulanan...yng belinya macam2 trus bayar pake kartu kredit...ini incaran bnget nhi...
ceritanya dlu ane belanja bulanan di alpppatiiit...
kebetulan belanja bulanan jdi itemnya banyak....jdi pas muncul di struk itu panjang2 khan?
nha biasanya yng pke kartu debit/kredit bgitu dah liat jumlah lngsung bayar aja...kebetlan waktu itu yng dia kasi cuman struk gesekan kartu....jdi struk belanja dia pura2 cuek..kita berpikir juga ah, pasti ngk nipulah toh kita bayar kartu...tpi wktu itu sy minta struk belanja sya....iseng2 sy cek..astaga!!! Di struk tertulis 4x pembelian permen nano-nano...padahal sy ambilnya cuman 2...segera sy konfirmasi ke mbaknya, yng anehnya dia belum liat struk sya, mbaknya sambil tertawa tipis kek anak kecil kedapatan bohong langsung bilang, oh iya maaf pak dgn muka sok2 lugunya...nha sampai titik ini dia kelimpungan...soalx yng berhak cancel pembelian ktnya cuman supervisor dia...nha supervisor ktnya lgi keluar...alhasil dia membujuk sya untuk mengambil sisa permen yng dia sdh itung..lha kna sy ngk suka di tipu ay bilang sy ngk mau...dan sampai titik ini pula dia belum mnjelaskan knpa sampai terimput 4x..pdhal item yng sy beli semua rata2 cuman 1 item..paling bnyk 2...mengherankan buat sy, dia ngk pernh liat struk tpi dia sdh akui..berrti dia sudah rencanakan..dan tdk mau minta menjelaskan knp terjadi kesalahn itu...akhirnya..dia ngambil uang di laci dan balikin uang sy senilai 2x permen nano-nano tersebut krna dia ngk bisa cancel sendiri...
Sangat disayangkan kejadian bgini...padhal tujuan kita kesana krna lebih percaya hitungan mereka dgn komputerisasi yng sudah terlengkapi dengan nama dan harga item belanjaan kita, jdi tdk merepotkan..tpi kepercyaan kita dimanfaatkan untuk mmbodohi kita...

Quote:Original Posted By bigboyz31 â–º
Pernah ngalamin juga tuh di alfamart jl tajur bogor deket pom lorena,,ane ampe rugi 57.000 cerita pas belanja agak banyak itemnya mulai dr susu ampe ampe sabun mandi batang..nah pas bayar juga gak dikasi struk trus bayarnya banyak banged perasaan ane bayarnya, pdhal kalo di itung kasar gak nyampe segitu terus akhirnya minta struk uda krn memang buru2 pas dikasi struk ane lgsung cabut,nyampe rumah ngecek barangnya trnyata sabun yang ane ambil 2 biji di struk tertulis 20, nah ane kaget koq jd 20 biji sabun pantesan ane belanja bayarnya mahal bged, langsung balik lg sambil bawa semua belanjaan kesana,ane suruh cek ulang. eh malah si mbak kasir dan temannya ngotot gak mungkin salah input yang ada ane dibilang mau nipu, alesannya ane uda beli pulang terus barangnya taro rumah terus balik lagi ke situ buat nipu..ya uda ane ngamuk2 disitu murka ane dibilang penipu, ane minta ketemu supervisor,gak tau kemana tuh orang ampe ane teriak2 terus ane tendang keranjang belanjaan, gak lama akhirnya supervisornya keluar terus ane ceritain kejadiannya, terus ane minta lihat rekapitulasi stok sabun yang ada,pas dibuka terus ane minta itung tuh jumlah sabun yang ada di stok sama jumlah keluar,barulah ketahuan kalo memang stok sabun cuma berkurang 2 biji gak sampai 20..
uda deh udah pucet aja si mbaknya terus aje ane kata2in sekalian ampe nangis2,temennya yang cowo ane ajakin adu fisik sekalian karena ngata2in ane penipu, juga diem aja gak berani pdhal sebelumnya uda banyak tingkah.. akhirnya terus sambil ngembaliin uang ane tu kasir minta maaf ke ane bilangnya gak sengaja kepencet 20 krn buru2... konyol banged kan gan alesannya..padahal sebelumnya mah malah ane dibilang nipu, begitu ketahuan terus nangis2

Quote:Original Posted By dontorro â–º
Banyak juga ternyata yang kena modus main struk begini ya,. Ane ikut share pengalaman ane, sama modus penipuan ala oknum Pegawai Minimarket yang ane tau deh,. Ane juga dulu pernah kerja di Minimarket waktu baru lulus SMA, dan kaget nemu banyak modus di tempat kerja. Akhirnya setelah 3 bulan ane cabut karena ga mau ikut ikutan gan,.


Dua modus yang paling sering kejadian nih gan:

Spoiler for Modus 1
Nipu kembalian konsumen

Modus ini yang dialami sama TS. Cuma itu oknum pegawainya kayaknya rada nekat. Yang seringnya, oknum pegawai cari aman dengan beralasan kalau mesin struk nya rusak, terus ngitung belanjaan & kembalian secara manual. Nah si total jumlah belanja nya yang dilebihkan, biasanya antara 2.000 - 5000. Kalo dianya nekat kadang lebih dari itu. Kalo apes ketauan, biasanya mereka dengan gampang minta maaf dan bilang salah hitung. Dan jangan lupa kalo sebagian besar konsumen jarang cek ulang harga belanjaan sama total yang harus dibayar, apalagi kalo barang nya banyak.

Sepintas emang nilainya kecil gan, tapi dari 50 transaksi aja, minimal 100 ribu bisa dikantongin tuh,.


Spoiler for Modus 2
Nyuri barang toko

Kalo yang ini korbannya adalah si Minimarket, konsumen cuma jadi alatnya aja gan. Modus nya sama kayak yang pertama, alasan mesin struk nya rusak. Biasanya, modus ini dipakai untuk barang-barang fast moving (cepet laku & stoknya banyak) dan harga satuannya lumayan mahal kayak minyak goreng, telur, susu bayi, dan sejenisnya.

Barang dihitung manual, dibayar konsumen, tapi sama si oknum transaksi itu ga di input ke sistem. Jadi di sistemnya ga akan ada catatan barang keluar, dan duit dari konsumen 100% masuk ke saku si oknum. Konsumen biasanya ga nyadar, karena mereka kan berpikir udah bayar ke si oknum pegawai ini.

Biasanya, trik ini dilakukan oleh oknum - oknum pegawai yang emang udah niat mau keluar. Karena selisih itu kan pasti ujungnya ketauan juga pas stock opname. Biasanya mereka udah ngitung bener2 timing nya, jadi mereka udah pada cabut sebelum ada stock opname dari pihak manajemen toko. Dan yang kayak gini emang jarang kelacak, karena selisih barangnya dianggap kemalingan oleh pihak luar,. Padahal kan.,

So, kalo disini ada Yang buka franchise Minimarket, hati-hati ya,. Yang namanya oknum sih pasti ada aja gan,.


Quote:Original Posted By yr0803 â–º
Ini mah sebelah kantor ane gan. Pernah inget waktu mau bayar kasir bilang "tp ngga ada struknya ya ka" ane ga tanya knp, cuma janggal aja, orang depan ane dikasih struk td, pas kembalian ane ga itung. Tadi pacar ane ke alpamar itu, dia kasih liat trit agan ke karyawan2 sana , pada bilang "wah ini orang yg td malem nih" . Langsung pada pucet karyawannya..






Ini komen-komen yang bikin ane ngakak
Spoiler for bikin ngakak

Quote:Original Posted By carbon. â–º
pencet ajee tetek nyaa...
kl doi marah , bilang aja sisa kembaliannya dituker dengan mencet tetek mbak..


Quote:Original Posted By Deeparmor â–º
cieee yang tampangnya masuk kaskus

Quote:Original Posted By adenrd â–º
culik, bawa ke semak..




Ngeliat yang ini ane senyumin aja sambil sruput kopi:Spoiler for kontra
Quote:Original Posted By abutolib â–º
Jiaahhh
Nih si kismin..duit 2000 perak doang dipermasalahin sampe difoto tuh mbak
Kasian amat luh 2000 perak doang sampe diributin
Dasar kismin kismin

ps: kismin tuh miskin

Begini neh salah satu contoh TS kismin, masalah 2000 perak doang sampe bikin trit..sampe maki2 bin lebay


Quote:Original Posted By the777day â–º
Uang ga seberapa aja lu ributin...
cuma bbrp ribu lu ributin,apa lu ga kasian liat org kehilangan pekerjaan gara2 uang bbrp ribu lu???...

Bagi ente thu uang kecil,bagi org lain mungkin gede dan bisa buat kebutuhan sehari2...

Intinya entr jadi org terlalu ribet hal2 yg kecil di gede2in..atau ente terlalu pelit??wkwkkw



Quote:Original Posted By abutolib â–º
Xaxaxaxxaxa
Intinya seh yah luh semua pada miskin2, termasuk si ts miskin
Makanya dong luh semua pada jadi kaya...biar cuma 2000 doang gak diributin bin lebay begini
Kalo orang kaya mah cuma 2000 doang gue jamin gak bakal diributin
Lah..ini kebanyakan yg komen orang2 miskin... gue maklumin dah

Quote:Original Posted By cupers2011 â–º
Ane jd ketawa ada trit ributin uang 2000 perak hadeehh....mending ente klo buat trit sedikit bermanfaat deh jgn nyampah ky gini norak pake acara sumpah serapah segala

Yang ini lucu gan.. Letak sumpah serapahnya dimana?





Banyak komen yang nanggepin:
(sekali lg maap ga bisa pajang semua)

Spoiler for tanggapan

[QUOTE=][/QUOTE]
Quote:Original Posted By kyosakurai â–º
itu yang kontra sama TS palingan juga karyawan alf* juga

ga usah dengerin TS, laporin ajalah, dah kebiasaan yang kek gini2, biar kecil korupsi ya tetap korupsi..

memang sudah saatnya kita revolusi mental nih... koruptor bisa ada yg bela kwwkkw

Quote:Original Posted By finasta â–º
haha kalo ane sih mikirnya rezeki udah ada yang ngatur sis,tapi yaa emang kampret juga
ane gak suka baca komen yg bilang miskin miskin, seakan lu kaya banget man .
Coba dong tunjukin yang kaya tu udah jadi apa ?
Lu masuk kubur kaga bawa duit lu man, ini TS mau nolong orang supaya gak banyak dosa tod
Taro pekiwan dah supaya baca

Quote:Original Posted By kamenridermax â–º
gpp gan...ini bukti bgus kalo ms ad yg peduli kerja itu hrs jujur...
org2 yg ngomong sgala tetek bengek kasian sgala ma biarin aj...
ini kan forum..bebas kok...
mereka cm ngjunk doank...
agan ad usaha nya mlah ks tau org lain smpe repot2 bikin thread.
anw makasi info nya... saya jd lebi ati2 jg klo blanja jdnya...

Quote:Original Posted By lulukra â–º
menegur dan menyebarkan kejadian ini tidak salah. krn ini untuk mengingatkn yg lain. Banyak atau sedikit yg di ambil tdk bleh menjadi alasan untk membiarkn hal ini terus dilakukan. SIapapun yang mengalami hal serupa harus menegur si pelaku, karn kalau di lakukan terus menerus it bkn krn keterpaksaan, tapi sudah kebiasaan. Sbg org muslim kita sudah seharusnya Amar Ma'ruf Nahi Munkar (menyuruh yg baik, mencegah yg munkar). Jadi menegur si kasir ini adalah perbuatan Nahi Munkar.





note:
Kejujuran harus dimulai dari hal-hal yang kecil


**Update: ane di PM & udah ditelpon sama official account Alfamartku untuk minta maaf. Ane sih merespon baik itikad baik permintaan maaf tersebut.

Namun postingan ini akan tetep ane pertahankan supaya agan & aganwati bisa tetep waspada waktu berbelanja.

Spoiler for tanggapan Alfa***t
Quote:Original Posted By Alfamartku â–º
Selamat siang sahabat

Merespon keluhan konsumen yg terjadi dikarenakan adanya ketidaksesuaian yg dilakukan salah satu kasir Alfamart kami memohon maaf yg sebesar-besarnya kpd aganwati Lunar_Girl khususnya dan seluruh agan-agan dan aganwati yg menginformasikan pernah mengalami keluhan serupa atau dengan keluhan yg lainnya.

Keluhan yg diinformasikan merupakan masukan positif untuk kami terus berusaha melakukan perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan yg harus dan wajib kami lakukan demi kepuasan konsumen.

Seluruh keluhan yg kami terima akan kami follow up langsung ke pihak-pihak yg terkait sehingga dapat memberikan solusi yg terbaik untuk konsumen.

Untuk keluhan bs diinformasikan ke kami dengan cara :

1. Dm ke akun Alfamartku di kaskus
2. Call center : 021500959
3. Email : customercareho@sat.co.id

Salam


Social Media Care Alfamart


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53ab9e93507410bb6f8b468c

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger