Home » » 10 Tindakan Fair Play dalam Sepak Bola

10 Tindakan Fair Play dalam Sepak Bola

Bola.net - Setiap pertandingan olahraga, termasuk sepakbola, seharusnya didasari dengan sikap sportivitas. Sayangnya, selalu saja ada sosok-sosok yang mencoba mencederai sportivitas itu dengan berbuat curang.

Sudah banyak contoh mengenai pemain yang melakukan kecurangan seperti diving, pelanggaran dan bahkan terlibat pengaturan skor demi keuntungan pribadi atau timnya. Penyakit-penyakit seperti itu tentu adalah racun bagi sepakbola.

Di tengah semua itu, selalu ada tindakan sportif yang muncul dari waktu ke waktu. Para pemain, pelatih atau klub yang berjiwa besar menunjukkan usaha terbaiknya agar fair play tetap ditegakkan dalam sepakbola.

Berikut kami sajikan 10 video tindakan fair play yang pernah terekam kamera.

1. DENMARK
Quote:Dalam pertandingan antara Denmark melawan Iran, ada satu kejadian menarik. Menjelang berakhirnya babak pertama, ada penonton yang meniup peluit panjang.

Pemain Iran mengira peluit itu merupakan peluit wasit dan segera mengambil bola dan menendangnya ke arah wasit. Masalahnya, wasit kemudian menunjuk titik putih. Pelatih Denmark Morten Olsen memerintahkan penendangnya, Morten Wieghorst untuk tidak mencetak gol.
Spoilerfor videonya:


2. DI CANIO
Quote:Di tengah segala macam kontroversi yang menyelimuti kariernya, Paolo Di Canio akan dikenang karena salah satu tindakan fair play yang dilakukannya. Di Canio menghentikan permainan ketika melihat kiper lawan terkapar karena cedera.

Mendapat bola umpan silang, Di Canio menangkap bola dengan tangannya agar Paul Gerrard bisa mendapat perawatan. Di Canio pun diganjar dengan Fair Play Award.

Spoilerfor videonya:


3. KLOSE
Quote:Miroslav Klose menunjukkan jiwa fair play ketika bertanding menghadapi Napoli di Serie A. Klose mencetak gol dengan tangannya tetapi memberitahukan hal itu kepada wasit.

Sempat diprotes oleh para pemain Napoli, gol itu akhirnya dianulir oleh wasit. Penyebab utamanya tentu saja adalah karena Klose sendiri yang mengakui handsball-nya.
Spoilerfor videonya:


4. COLIN LAZAR
Quote:Wasit menunjuk titik putih setelah Costin Lazar dijatuhkan di kotak penalti lawan. Yang mengejutkan, Lazar sendiri yang menolak dan meyakinkan wasit bahwa tak ada pelanggaran dan tak perlu ada penalti.

Lazar pun mendapatkan hadiah sebagai pemain paling fair play di Rumania

Spoilerfor videonya:



5. ROBBY FOWLER
Quote:David Seaman terlihat seperti menjatuhkan Robbie Fowler dalam pertandingan Arsenal kontra Liverpool. Fowler segera berusaha memberitahu wasit bahwa tak ada pelanggaran namun wasit tak bergeming.

Fowler sendiri yang mengambil tendangan penalti tersebut. Tendangannya berhasil dimentahkan Seaman tetapi bola rebound berhasil ditendang masuk oleh pemain Liverpool lainnya, Jason McAteer.
Spoilerfor :


6. BRANN
Quote:Brann dan Lillsestrom yang sama-sama butuh poin untuk menghindari degradasi di Liga Norwegia. kejadian unik terjadi pada menit ke-49 saat pemain Lillstrom terkapar karena cedera.

Erik Mjelde berusaha memberikan bola kepada kiper Lillstrom namun posisi sang kiper tidak di tempat yang tepat; gol tak sengaja pun tercipta. Brann akhirnya membiarkan Lillestrom mencetak gol.
Spoilerfor :


7. LEICESTER CITY
Quote:Para pemain Leicester City menghadiahkan satu gol kepada Nottingham Forest dalam laga tunda. Alasannya adalah karena pertandingan pertama, Forest sudah unggul 1-0 dan pertandingan dihentikan akrena bek Leicester pingsan di ruang ganti.

Ketika kickoff dilakukan, kiper forest dibiarkan mendribel bola dan mencetak gol.
Spoilerfor :


8. JAN VERTONGHEN
Quote:Jan Vertonghen muda mencetak gol indah, secara tak sengaja, ketika melawan Cambuur. Vertonghen bermaksud memberikan bola kepada kiper lawan namun tendangannya terlalu keras sehingga bersarang ke gawang lawan.

Respon Jong Ajax sungguh luar biasa. Mereka mengizinkan Cambuur mencetak gol balasan tanpa dihalangi.
Spoilerfor :


9. VITTORIO ESPOSITO
Quote:Pada pertandingan antara Torres melawan US Termoli, Vittorio Esposito menunjukkan tindakan fair play yang sesungguhnya. Ia merasa tidak dilanggar sedangkan wasit bersikukuh menunjuk titik putih.

Esposito tetap mengambil tendangan penalti itu, tetapi ia sengaja menendangnya jauh ke atas tiang gawang.
Spoilerfor :


10. ARSENE WENGER
Quote:Nwankwo Kanu menjalani debutnya bersama Arsenal dengan membuat assist melawan Sheffield United. Ketika bola fair play seharusnya diberikan kepada kiper lawan, Kanu mengumpankannya kepada Marc Overmars dan berbuah gol.

Arsene Wenger sangat malu dengan insiden itu dan menawarkan pertandingan diulang.
Spoilerfor :

SUMBER

Quote:Salut deh buat mereka semua... fair play membuat sepakbola menjadi lebih indah,,,,

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/521ff76fdb92480b30000007

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger