Home » » Kenapa Menyalakan Lampu Kendaraan di Siang Hari?

Kenapa Menyalakan Lampu Kendaraan di Siang Hari?

Thanks Kaskuser, This is my First HT
Spoilerfor HT:
And
ALWAYS REMEMBER SAFETY RIDING


Bila berkenan berilah buat yang belum ISO berilah

Quote:
Sebagian dari kita pasti masih ada yang belum tau kenapa harus nyalain lampu kendaraan di terang hari

Mari kita ingat pelajaran Fisika yang dulu pernah kita pelajari

Menurut ilmu Fisika Perhitungan Kecepatan Cahaya Adalah Sebagai berikut :

cahaya memiliki kecepatan

300.000 km/detik = 1.080.000.000 Km/jam
sedangkan kecepatan suara

hanya 344 m/detik = 1238 km/jam

ini berarti membuktikan respon yang lebih dulu di tangkap oleh pengendara lain adalah cahaya ketimbang suara, sebagai contoh saat agan nyalain lampu kendaraan walau terang hari,cahaya lampu headlamp akan segera terlihat oleh kendaraan lain melalui spion.

Contoh lain bila agan mengendarai mobil pribadi,apalagi dengan window tertutup, secara otomatis suara klakson kendaraan lain pasti tidak terlalu terdengar begitu jelas di dalam mobil. Apalagi kita pasti sering melihat akhir akhir ini pengendara yang senang berkendara sambil mendengar musik misalnya.

Mungkin agan yang mengendarai motor ingin mencoba mendahului kendaraan di depannya, akan tetapi belum tentu klakson yang agan bunyikan terdengar oleh pengendara di depan agan.
Dan inilah cara lain agan memberi sign pd pengendara lain terutama MOBIL yaitu dengan menyalakan lampu kendaraan untuk memberitahu kendaraan lain.
Spoilerfor ilustrasi:

Quote:FAQ
Q: Gan ente polisi ya?
A: Bukan gan,ane cuma ngeshare Pengetahuan

Q: Gan ente bantuin polisi ya?
A: Ga jg gan,sekali lagi cuma ngeshare Pengetahuan

Q: Gan tu ilmiah dari mana?
A: Itu ilmu fisika gan

Q: Gan accunya kan bisa boros?
A: Bener gan,tp klo kita kecelakaan dan masuk rumah sakit,mahalnya harga accu jd ga sebanding gan.

Q:Gan kalo siang kan ga keliatan cahayanya?
A: coba praktekin gan. emang sih cahaya yg di pancarkan ga keliatan tp pantulan cahayanya tetep mantul di spion(cermin) kendaraan yg lain.

Q: gan kalo lampu dinyalain trus bisa pemanasan global?
A: wah ane juga ga tau dari mana dasarnya bs pemanasan global, ane cuma mikir kenapa peraturan tu di buat dan berdasarkan apa?

Q: Owh gitu gan,tapi ane nyalain lampu karena takut di tilang gan?
A: Gpp gan,urusan menaati peraturan adalah urusan kesadaran masing masing.

Q: wah trims gan infonya..
A: Sama sama gan


Quote:Ane pengendara juga gan, mengingat Safety Riding itu penting apalagi kita semua masih punya keluarga,sahabat dan temen pasti mereka semua pengen kita selamat.

"Gan ini bisa membuat kita silau", Nih ane kasih penjelasannya :

Quote:Spoilerfor cekidot: Quote:Lampu motor membuat silau?

Kata siapa? Pernahkah anda merasa silau melihat lampu motor lain menyala di siang hari? Lampu motor yang menyala hanya menimbulkan biasan di sekitar sumbernya saja ketika kita melihatnya. Tak akan silau karena sinar lampu tersebut jelas terkalahkan oleh sinar ultra violet. Sinar ultra violet yang dihasilkan matahari meredam cahaya yang dihasilkan bohlam sehingga jarak jangkaunya melemah.
Quote:Contoh Uji Coba :
Coba sesekali ketika macet anda berhenti di belakang mobil berwarna hitam. Perhatikan. Refleksi cahaya lampu motor anda di body mobil tersebut. Bandingkan refleksi tersebut antara siang dan malam. Refleksi cahaya motor anda disiang hari lebih lemah ketimbang refleksi saat malam. Bahkan disiang hari, melalui refleksi di body mobil anda bisa melihat jelas detail lampu motor anda. Ini membuktikan bahwa intensitas cahaya lampu saat siang lebih lemah. So, alasan silau tidak bisa dijadikan alasan kuat untuk membantah atau mencari kelemahan aturan ini. Aturan menyalakan lampu adalah aturan tak berdasar.


"Gan ini bisa membuat Aki Boros", untuk itu motor sekarang ada ALTERNATOR,lebih jelasnya yuk kita sama sama belajar :
Quote:Spoilerfor Alternator: Quote:Alternator atau generator atau magnetos menghasilkan tenaga listrik AC (alternating current, atau listrik bolak-balik). Arus AC ini dapat digunakan untuk menyalakan headlamp, lampu senja, lampu speedometer, dan juga sistem pengapian
Alternator merupakan komponen pembangkit listrik pada sepeda motor. Fungsinya adalah mengubah energi gerak (kinetik) menjadi energi listrik. Alternator terdiri dari dua bagian, yaitu 1) stator dan 2) rotor magnet atau flywheel magnet.

Stator berupa inti (core) besi yang terbentuk atas lapisan plat-plat tipis dengan sejumlah pole yang tersusun melingkar, seperti jari-jari pada roda pedati (kereta kayu yang ditarik oleh sapi atau kuda). Seutas kawat tembaga dililitkan sebanyak sekian lilitan/putaran di tiap-tiap pole. Ada pula stator yang terdiri dari tiga kumparan kawat tembaga untuk menghasilkan tiga arus listrik AC, disebut stator 3-phase. Stator ini bisa dikenali dari tiga kabel berwarna kuning atau putih sebagai jalur output AC.

Stator bisa memiliki berbagai desain … bisa terdiri dari satu hingga beberapa pole … bisa terdiri dari satu atau lebih kawat tembaga, tergantung spesifikasi output yang diinginkan. Tapi pada dasarnya semua stator memiliki prinsip kerja yang sama.

Flywheel magnet berupa “mangkok” bermagnet yang terdiri dari sepasang magnet â€" kutub S (South, Selatan) dan kutub N (North, Utara) â€" yang bergerak memutari stator. Jika magnet ini bergerak melewati kumparan pada stator akan menghasilkan energi listrik. Besarnya energi listrik ini tergantung dari jumlah lilitan kawat, diameter kawat, kekuatan magnet, juga kecepatan putaran magnet.

Beberapa sepeda motor ada yang memiliki dua stator, salah satunya biasanya digunakan untuk sistem pengapian. Biasanya motor dengan sistem pengapian AC menganut metode ini.

Ada juga stator yang dilengkapi dengan pulser â€" biasanya diletakkan di sisi luar flywheel magnet. Pulser bertugas untuk mengirim “pulsa” atau “denyut” listrik ke CDI sesuai sudut crank melalui satu atau beberapa benjolan (reluctor) yang menempel di sisi luar flywheel magnet. Fungsi utama pulser adalah menentukan timing pengapian. CDI kemudian akan mengalirkan arus listrik ke koil pengapian (ignition coil) sesuai timing pengapian. Di dalam koil pengapian ini tegangan listrik akan dilipat-gandakan hingga lebih dari 10 ribu volt, yang selanjutkan dialirkan ke busi.
sumberSpoilerfor From Kaskuser:
Quote:Original Posted By Flazz.X â–º
gan nambahin dikit nih soal aki boros

sebenernya aki itu cuman digunain buat stater doang
setelah mesin nyala, semua komponen kelistrikan diambil alih sama sistem pengisian (alternator, regulator, kiprok/dioda)

pernah penasaran gk kenapa kalo gas dibuka lebar, lampu makin terang, kalo lagi idling malah rada redup?
itu karena motor agan kelistrikan buat lampu nya masih menggunakan sistem AC (alternate current), rata rata motor bebek sama motor matic
kalo AC, sumber listrik dari sistem pengisian, kalo DC (direct current) langsung dari aki
itulah kenapa rata" motor bebek gk bisa nyala lampunya, sedangkan motor laki bisa nyala lampunya walaupun mesin mati

dan 1 lagi, tegangan dari sistem pengisian lebih besar (14 V - 16 V) dari tegangan aki (12,4 V)
itulah kenapa sistem pengisian bisa nge-charge aki sekaligus jadi sumber listrik saat kendaraan nyala

jadi gk usah takut aki boros
apalagi agan pake lampu / sistem penerangan standard
pasti udah dihitung dong gan sama pembuatnya
gk mungkin aki jadi boros / tekor
kecuali sistem pengisian agan bermasalah

taro pejwan kalo berkenan gan

Sekian trit ane semoga bermanfaat.

Thanks Buat Kaskuser yang sudah Kasih ane
Spoilerfor :

Alasan Lain Kenapa Harus Menyalakan Lampu Kendaraan
Quote:Quote:Original Posted By petani.jengkol â–º
gini gan gini.....
ini alasan nya knp siang2 kudu nyalain lampu...
1. mengurangi cost produksi pabrikan dalam pembuatan saklar lampu (krn motor skrg dah ga pake saklar lampu, jadi posisi lampu "always on" misalnya suzuki hayate)
2. meningkatkan penjualan bohlam lampu motor, kasian bengkel yg udah nyeok lampu tp ga ada yg beli
3. bner kata agan TS di atas tadi, di jalanan org paling respon dengan cahaya, secara ga mungkin ada org buta mengendarai kendaraan bermotor, tp kl org budek msh bisa mengendarai kendaraan bermotor, buktinya udah di klakson aja pada ga mau minggir....
4. ini yg terakhir gan....jangan percaya komeng ane gan, krn ini cm hasil riset pribadi aja

Quote:Original Posted By Jerryjulistus â–º
kl TS menjelaskan dr sisi fisika, maka ane akan menjelaskan dr sisi biologi.

lampu utama itu memiliki 2 fungsi:

  • sebagai penerangan pd malam hari.
  • sebagai indikator bagi orang lain pd siang hari.


utk yg pertama kayaknya semua org udeh pd tahu deh, jd ane gak perlu jelasin.

ane akan jelasin yg kedua, yaitu sebagai indikator bagi org lain. sebagian sdh di jelasin ama TS diatas, tp msh ada lg yg msh terlewatkan oleh sebagian org, yaitu utk melawan efek fatamorgana. ini penjelasannya: http://id.wikipedia.org/wiki/Fatamorgana

jd ketika kita hendak menyeberang jalan yg kosong , kita pasti akan menengok kekiri dan kekanan, nah ketika siang hari yg sangat terik, biasanya kita akan melihat seperti adanya genangan air di kejauhan, dan object kecil seperti motor akan sulit utk di deteksi jaraknya, sehingga kita tidak bisa menentukan jarak motor tsb dgn tepat, dan jgn lupa, ketika matahari sangat terik, kita pasti akan menyipitkan mata kita, fungsinya utk mengurangi cahaya yg masuk ke kornea mata kita, sedangkan pupil mata yg fungsinya utk mengatur cahaya yg masuk blm mampu dengan cepat utk mengecil, bahkan kadang kita msh jg menggunakan tangan kita di atas mata (posisi hormat) utk mengurangi cahaya yg masuk.

nah ketika kita sulit utk menentukan jarak motor tsb, lampu utama motor adalah solusinya, kita bisa langsung mengetahui jarak motor tsb dgn cepat.

begitu jg lampu blkg, jika kita menyalakan lampu utama otomatis lampu blkg jg akan menyala, fungsinya adalah utk memberikan indikator pd pengendara di blkg kita KETIKA KITA MASUK KE DAERAH GELAP, (contoh: dibawah bayangan pohon)

ketika kita berada di bawah sinar matahari, pupil mata kita mengecil, nah ketika kita tiba2 berada di bawah bayangan pohon atau gedung, pupil mata kita membutuhkan waktu utk membesar (beradaptasi), nah lampu blkg motor adalah satu2nya object yg msh bisa ditangkap oleh mata ketika pupil mata sdg beradaptasi.

sbg contoh: ketika kita mematikan lampu di kamar, kita pasti akan merasa buta dan membutuhkan waktu bbrp saat spy kita bisa melihat sekitar kita. begitupun jika kita menyalakan lampu, otomatis kita akan memejamkan mata utk mengurangi sinar yg masuk.

sekian penjelasan dr ane, semoga membantu.

taro pejwan gan buat nambahin penjelasan.
Kaskuser yang meghitung dari segi EKONOMI
Quote:Original Posted By zetha22 â–º
ane malah baru tw kalo sering nyalain lampu malah cepet ngerusak aki,. kalo motornya cc gede sih iya, cz lampunya langsung ngambil dari aki, lah kalo motor2 yg rata2 di jalan kan dia pake putaran mesin... ane udah 4tahun ngga pernah ganti aki tuh, malah masih bisa buat stater...
lgian harga bohlam lampu itu cuman sekitar 20an, aki baru yaa paling 300an...
paling cepet2 rusak yaa 1,5tahun lah...
seandainya di tilang cz lampu nyogoknya 50, kalo sering di tilang yaa tekor juga lebih dari harga aki n bohlamnya,. blum lagi kalo kecelakaan, kan bisa nyampe ratusan...
haduh2... ngga cerdas nihh yg pemikirannya kaya gtu...


Nice Comment
Quote:Original Posted By athonksama â–º
sebenernya masih kurang gan.
kurang spion standar. kalo spion modifikasi yg kecil msh gak keliatan.
sebenernya semua ada itungannya. kadang kita aja yg merasa nyawa lebih murah daripada aki. nyawa ilang lebih gaul dari pada spion asli bawaan.
Quote:Original Posted By hajirama1 â–º
ane paling benci ama yg slengek-an pake motor kecil gaya kek pegang moge

ane termasuk orang yang paling getol nyalain lampu di siang hari dan ngingetin keluarga ane buat nyalain lampu

apadaya selalu dianggap "boros accu", padahal gak nyalain lampu malah "boros nyawa"[/color]

buat yg masih slengek-an + gak nyalain lampu sambil ngebut" sana-sini
mending intropeksi diri dulu lah

kalo celaka sendiri sih itu derita lo, kalau bawa celaka orang lain apalagi sampai bawa nyawa orang lain makan tuh "boros accu"


Salah satu Unek unek dari kaskuser, For pengguna lampu yang ga standart
Quote:Original Posted By farhan312 â–º
mantepp gan infonyaaa, taro page one dong kalau berkenan unek unek hati ane gan...... ane kesel ama motor yang pake angle eye atau mobil, apalagi yang warna lampunya putih.... silau banget, malah bikin orang lain celaka, jujur ane kalau lawanan arah sama yang kaya gitu pusing, langsung gelap pas kendaraan lawanan arah dah kelewat gan.,.. kalau itu kendaraan buat jalan dalem sumur atau GOA sih bagus jadi terang, ini di jalan, ada kendaraan lain.... apalagi di belokkan, ane pernah hampir nyangsang, gara gara silau di belokan yang lawanan arah... thnx gan dah baca curhatan ane

Manfaat buat Kaskuser yang memiliki Mata Minus
Quote:Original Posted By Restamaru â–º
alasan ente bagus gan, ane malah ga kepikiran juga sih kalo mantulin lewat spion
tapi yang jelas, nyalain lampu di jalan itu ngebantu banget buat ane gan
khususnya pengendara bermata mins (-)
apalagi ane yg mins nya udah parah

jadi ane suka ketolong karena nyala lampu gan,
kadang kan 1 jalan untuk 2arah
nah kalo ane mau nyalip tuh suka ga keliatan gan kalo ada motor kenceng dari arah sebaliknya, apalagi kalo helmnya ketutup
skarang pas lampu headlam disuruh nyala, itu ngebantu banget buat ane

PESAN DAN KOMEN PENTING dari Kaskuser Lanjut di pos 5

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/522df8521cd719e560000009

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger