Home » » Mulai Sekarang Bilang Nol Jangan Kosong

Mulai Sekarang Bilang Nol Jangan Kosong




Perbedaan Antara Bilangan dan Angka

Sebelum ane bahas mengenai angka atau bilangan nol, ada baiknya kita tahu apa bedanya antara angkan dengan bilangan. Bilangan adalah suatu konsep abstrak matematika yang digunakan untuk pencacahan atau pengukuran. Sedangkan angka adalah lambang yang digunakan untuk melambangkan suatu bilangan. Sebagai contoh: Bilangan satu dilambangkan oleh angka "1". Bilangan dua ratus tiga puluh empat dilambangkan oleh angka 2,3 dan 4. Jadi angka itu ada 10 buah yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Beda lagi kalo yang dimaksud adalah angka romawi contohnya I, V ,X dan seterusnya.

Bilangan/Angka 0 Itu Bukanlah Kosong

Sebelumnya mari kita simak percakapan dua orang di bawah ini:

Quote:
Code:intermezo intermezo intermezo intermezo intermezo intermezo intermezo intermezo intermezo intermezo intermezo intermezo intermezo
A: Cowok
B: Cewek

Percakapan antara Si A dan Si B

"Di sore hari di salah satu warung tegal yang paleng rame di dekat kampus...
Duduklah dua insan manusia yang terlihat seperti orang yang baru diputusin oleh pacarnya masing-masing..."

A: "Neng punya obeng ga?"
B: "Ga tuh bang..."
A: "Kalo tang punya ga??" :
B: "Ga juga tuh! Emang kenapa sih bang?!" :
A: "Ga apa apa... Tapi kalo nomer hape punya dooonk..." :
B: "Ya elah nanyain nomer hape aja pake muter2 segala!"
A: "Namanya juga Si Raja Gombal... .... Berapa nomer hapenya Neng?"
B: .......
B: "Yaudah... nih Bang... "Kosong.. Delapan... Delapan..."
A: "STOP!!! Udah Neng ga jadi...."
B: "Lah.. Kok gak jadi sih Bang ??! Emangnya ada yang salah??"
A: "Gak kok neng... Cuma.... Abang baru nyadar... ternyata....."
B: "Ternyata?????
A: "TERNYATA ENTE MAHO!!!!!!"
B: "Tungguuuu... Baaangg... Jangan Tinggalin Aneee......." :mahos +
A:

Begitulah ceritanya... ternyata ketika si B baru megang hapenya... barulah terlihat bulu2 keteknya yang sangat panjang, berliuk2 terkena tiupan angin di sore hari yang membuat ilfeel Si A dan Si A pun lari terbirit2 sambil meneteskan air mata kekecewaan dicampur rasa enek yang begitu mendalam...

Nah, setelah kita menyimak percakapan di atas, jelas bawah nomor handphone yang bernomor 088.. disebutkan dengan kata "Kosong.. Delapan.. Delapan..", tentu hal ini adalah salah, karena seharusnya dia membaca 088 dengan kata "Nol.. Delapan.. Delapan".

Jika kita berbicara kosong dalam suatu himpunan, maka yang dimaksud dengan himpunan kosong adalah suatu himpunan yang tidak memiliki anggota. Sedangkan kalo kita berbicara tentang himpunan bilanagn cacah, maka yang dimaksud dengan himpunan bilangan cacah adalah himpunan yang beranggotakan bilangan 0, 1, 2, 3 dan seterusnya. Jadi kosong bukanlah suatu bilangan. Karena angka digunakan untuk melambangkan suatu bilangan, maka kosong juga bukanlah suatu angka. Untuk kasus nomer handphone di atas 0 yang dimaksud adalah angka nol, bukan "angka kosong".

Bukankah 1-1 adalah "nol"?
Pernahkah agan mendengar orang bertanya berapa 1-1 lalu dijawab dengan "kosong pak"?
Tentu ane rasa tidak pernah...











Salam hangat,
â„¢


----

Komentar dari kaskuser:

Quote:Original Posted By nauzah â–º
jadi inget iklan telkomnet instant

jadinya

"nol delapan nol sembilan delapan sembilan empat kali"


Tambahan dari kaskuser
Quote:Original Posted By yokowasis â–º
Ikut komen ah.

Benar sekali apa yang ente katakan 0 memang tidak sama dengan kosong. Ente sudah jelaskan dari segi matematika. Sampai kapan pun memang 0 tidak akan pernah sama dengan kosong kalau dalam matematika.

Karena saya seorang do mahasiswa Bahasa, saya juga mau kaji dari segi bahasa. Kata kata yang kita kenal sekarang ini tidak lain dan tidak bukan merupakan sebuah kesepakatan. Contoh kita sepakat bahwa 1 dibaca satu. 2 dibaca 2 dan seterusnya. Kaskuser juga sepakat bahwa main tenis artinya adalah maintenance. Jadi ketika ada yang bilang kaskus sedang main tenis maka Kaskuser sudah paham semua bahwa artinya kaskus sedang maintenance. Jadi dalam hal ini Kaskuser sepakat bahwa main tenis adalah maintenance. Lalu apakah itu artinya main tenis sama dengan maintenance? Tentu tidak sama.

Sama seperti kasus 0 dan kosong. Masyarakat sudah sepakat bahwa 0 sama dengan kosong. Ndak percaya? Coba ente suruh orang do sebelah ente tulis kosong kosong delapan. Atau ente di suruh tulis kosong kosong delapan sama orang. Apa yang akan ditulis? 008 ataukah 8 (karena kosong jadi ya di usah di tulis. Mau tulis apa? Kan kosong.).

Dalam komunikasi kehidupan sehari hari kosong adalah 0. Jadi orang yang mengatakan kosong adalah 0 adalah benar. Karena kita semua sepakat seperti itu.

Tapi kalau dalam konteks matematika jelas kosong tidak sama dengan 0. Karena komunitas matematika sudah sepakat bahwa 0 tidak sama dengan kosong.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/50f337072c75b4717c000009

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger