Home » » Apa Ngerekam Razia Perlu Ijin Dulu?

Apa Ngerekam Razia Perlu Ijin Dulu?

Selamat malam para kaskuser.

Maaf sebelumnya kalau postingan saya berantakan, soalnya pakai Handphone

Assalamualaikum.
Saya mau ngeshare kejadian yang menimpa ane ni gan tepatnya tadi pagi sekitar pukul 9.30wib didaerah ane. Di Slahung, Ponorogo.
Ane buat postingan disini karena ane bingung dan takut mau bilang atau lapor kesiapa, nanti kalau ane lapor kepolisi malah disalah2in lagi, dan juga ane belum tahu prosedurnya seperti apa.

Jadi begini ceritanya:
tadi pagi saat ane melintas dijalanan slahung yang mulai masuk tikungan yang berkelok kalau dari arah ponorogo kota letaknya sebelum pasar slahung.
Didaerah tersebut sedang digelar Razia oleh kepolisian, ane agak kaget lalu disuruh menepi dan diberhentikan dipinggir, lalu seperti biasa salah satu bapak polisi menanyakan dengan sopan tentang kelengkapan surat2 kendaraan gan.
Lalu udah deh itu ane kasih STNK ane. Lalu mulai menanyakan SIM ane gan, lalu dengan muka melas ane bilang gak ada pak , setelah itu ane diarahin tu ke mobil polisi guna mengurus surat tilang, nah pas ane nunggu ni kan ada yang nitip uang gitu kesalah satu bapak polisinya, kok bau-baunya gak bener ni. Yaudah ane keluarin handphone ane gan, lalu mulai masuk modus merekam, ane genggam ditangan kanan ane gan sambil pura-pura sedakep sambil terus ngrekam sekalian nunggu giliran buat ngambil surat tilang.
Lalu tiba-tiba oknum polisi dari samping mobil didepan ane. (dia dikiri mobil, ane dikanan seberangan gitu.) tiba-tiba teriak ke ane, (langsung ane translate ke bahasa indonesia gan)

kira kira gini percakapanya

A: ane
P: oknum polisi (masih muda gan, kira2 dibawah ane umurnya. Pakek kaca mata warna2warni lensanya.hahaha)

A: (masih berdiri sambil ngrekam secara tersembunyi.)
P: (tiba tiba liat kearah ane) hee mas ngapain kamu!?/> A: (ane pura2gak denger sambil clingak clinguk arah lain)
P: (manggil lagi sambil nunjuk) hoy kamu, sini mas!!
A: (pas saat itu ane udah terlanjur liat dia gan, ane datengin tu ke arahnya sambil cepet-cepet ngeluarin aplikasi cam rec gan, tpi sialnya udah disamber duluan ma dia gan)
trus abis ngambil hp dia mulai tanya2gan. Ane di ajak agak menjauh dari orang2 lain yang lagi ngurus tilang gan.

P: ngapai kamu ngrekam2?
A: gak napa2 pak.
P: punya hak apa kamu ngrekam2? kamu bisa saya tuntut ( sambil masih pegang HP ane gan dia)
A: (ane jawabnya agak ngawur gan) la emang gak boleh, la wong HP punya saya, buat koleksi pribadi.
P: kamu jangan macem2 ya saya banting nanti HPnya. (bentak sambil ngangkat agak keatas HP saya gan, kayak orang mau banting sesuatu.)
A: (ane diem gan, kalo misalnya HPnya kebanting beneran ane punya alasan yang kuat buat nglapor gan setengahnya ane juga takut kalo beneran dibanting nanti dapet ganti apa enggak)
trus si oknumnya tanya lagi gan.
P: umur brapa kamu? apa pelanggaranya? Mana rumahmu? Kuliah dimana? Kerja apa? ( ini beneran lo polisinya nanya kayak gitu, bedanya tiap kali nanya ane langsung jawab. Ni biar agak singkat)
A: SIM, 21 tahun (padahal 24 haha). Kuliah di*****.
P: ( polisinya ngomong sambil mukanya dideketin ke ane gan) "gerang ra nduwe SIM!!" ( tua gak punya SIM )
A: yaudah tilang aja pak, gampang to, tapi kembaliin HP saya dan gak usah hapus2rekaman saya.
P: kamu jangan macam2ya, maen rekam2 tanpa seizin saya, bisa saya tuntut kamu. (sambil agak tereak dianya gan)

lalu muncullah bapak polisi lagi mungkin karena mendengar suara ribut2dari samping mobil

P2: ada apa ini
P: ini pak dia merekam kegiatan razia sambil sembunyi2 pak.
P2: bener sodara merekam tanpa izin??
A: iya pak, kan gak ada masalahnya pak, bukan tindakan melanggar hukum to pak?
P2: tapi itu tak boleh dilakuin tanpa ijin. Sodara mengerti?
P: (nyletuk dia gan) bisa saya tuntut kamu!!
A: loh pak tapi ini tempat umum pak, la disini juga gak ada tulisan dilarang merekam.
P2: ya tapi tidak bisa gitu mas.
P: ( sambil buka2hp ane dia nlyetuk lagi gan) mahasiswa nyimpan2 film bokep! ( abis itu dia ngetok kepala ane gan pakek HP ane gak sakit sih, tapi jengkel ini kepala dimain2in seenaknya )
A: kok mukul pak sampean??
P: kenapa gak trima??
A: ye jelas gak terima!
P: trus mau apa kamu??
A: (ane diem gan bingung mau jawab apa.)

udah pkoknya ane dipojokan terus gan sampe akhir.

P2: udah kamu tadi apa pelanggaranya? Sini kamu saya tilang, ( dia bilang kepolisi muda buat hapus file rekaman saya gan trus suruh ambilin surat tilang buat nilang ane) trus cepet pergi gak usah bikin keributan disini.!
A: (abis itu ane pergi gan soalnya udah bingung dipojok2in gara2 ngrekam gan.)
percakapanya ane ambil2beberapa bagian aja gan soalnya kepanjangan.

#apakah ane salah ngrekam kegiatan razia?? Trus aneh gan cuman direkam doang udah kayak kebakaran jenggot.
#apa pantas seorang pengayom masyarakat berkata kasar dan bertindak sewenang2ke masyarakat??
#buat melaporkan pelanggaran seperti itu bagaimana prosedurnya gan kalo ada agan2yang tahu dan ngerti?

ANE EMANG SALAH GAN, TAPI ANE BERSEDIA DITILANG, TAPI MENGAPA SIKAP MEREKA BEGITU AROGAN GAN?? APA AROGAN ITU DIBENARKAN?



Quote:Original Posted By IbnurahmanUi â–º
ane pernah ngalamin kejadian yang serupa gan, waktu itu kejadiannya di Jalan Siliwangi bandung, depan cafe Halaman. ane domisili di Bandung, cuma bedanya waktu itu ane gak punya SIM ama STNK, terus pas kejadian kebetulan ane bawa kamera DSLR ane gan, jadi ane photo-in aja tuh Razia. nah polisi yang ngeliat ane lagi photo pada marah gan,
yaudah itu photo ane hapus aja, kesel juga sih sebenarnya ngeliat polisi yang gak Transparansi masalah RAZIA, padahal Transparansi salah satu cara buat GOOD GOVERNANCE, cuma mo gimana lagi mereka lebih berkuasa dan kebetulan waktu itu ane salah gan.
Taruh di Peki Wan kalau berkenan.

Quote:Original Posted By dyvil15 â–º
ente bisa laporin ke KOMPOLNAS (Komisi Kepolisian Nasional) ke
Alamat : Jl Tirtayasa VII No.20 Kebayoran Baru â€" Jakarta Selatan 12160
E-mail: sekretariat@kompolnas.go.id, skm@kompolnas.go.id
Telephone: 021-7392317
Fax: 021-7392317
SMS Center: 0818 0821 3996

sertain aja kejadian ama yg intimidasi ente siapa gan semoga bisa membantu

Quote:Original Posted By jengkling â–º


Yang gw bold itu, adalah kesalahan ente. Kesalahan fatal seorang pengendara adalah tidak membawa sim atau stnk.



sah-sah aja bahkan tidak ada UU yang melarang masyarakat merekam. Dalam kasus ini, petugas bisa dikenakan sanksi atas perampasan barang serta tindakan kekerasan berupa pemukulan dan penyalahgunaan wewenang jabatan. Polisi tidak berhak menuntut atas dasar apapun kecuali sang pengendara tidak memiliki surat-surat(sim, stnk) dan kelengkapan berkendara( helm, jaket, spion, lampu) atau pengendara kedapatan membawa benda berbahaya (pistol, pisau, narkoba, bom, bahan kimia berbahaya). Dan bisa dilaporkan ke propam sesuai prosedur.

Kesimpulannya: Dalam kasus ini, ente yang salah (ora ono sim) walaupun polisi juga salah (bukan rahasia umum apabila arogansi polisi nampak di permukaan). Kasus agan akan berbeda bila agan membawa sim dan stnk serta kelengkapan motor yang layak untuk berjalan. Polisi yang semena-mena terhadap pengendara yang taat hukum, akan mendapat sanksi berat sampai copot jabatan . Semoga agan belajar kesalahan.

iya gan ane juga salah sih. tapi yang saya maksud apakah dibenarkan maen getok dan rampas gitu?


Quote:Original Posted By kriegs â–º
hampir sama kek kasus di kota ane..

dulu di TULUNGAGUNG juga sering ada razia polisi, bahkan hampir tiap hari terutama di pusat kota deket alun2..

saking seringnya, ada seorang warga yang merekam razia para polisi tersebut
nah, abis itu tuh rekaman di kirim ke metro tv

ternyata razia2 kek gitu banyak yang ga resmi gan, alhasil dah ga ada ragi razia2 geje di kota ane

lucunya, para polisi malah memasang spanduk yang bertuliskan "JANGAN BERI SUAP KEPADA POLISI"

WTF

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52cc0cf259cb179f688b476e

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger