Home » » Hal-Hal yang Serba Pertama di Dunia

Hal-Hal yang Serba Pertama di Dunia





Spoiler for BUAT AGAN
Quote:
Spoiler for Repsol[CENTER]Cek Repsol
Mungkin Sudah banyak yang ngomongin serba pertama disini, tapi cuma beberapa bagian, kaya serba pertama di dunia maya, serba pertama di otomotif dll.
nah trit ane simplenya ngegabungin semua, tapi yang unik-unik dan ga repost.
Langsung saja kita ke TKP.Spoiler for TKP

Quote:1. Mobil pertama di dunia

Spoiler for Ilustrasi

Tahun 1885, Karl Benz membangun Motorwagen, sebuah kendaraan yang pertama kali dianggap sebagai mobil yang bermesin empat langkah dengan bahan bakar bensin. Benz juga merupakan penemu dari komponen mobil seperti pengapian mobil, busi, sistem transmisi mobil, radiator air dan karburator. Walaupun pada saat yang bersamaan Gottlieb Daimler yang berpasangan dengan Wilhelm Maybach juga telah berhasil membuat mobil berbahan bakar bensin tapi Benz terlebih dahulu menyelesaikan penemuan bersejarah ini dan mematenkan mobil karyanya pada 1886.

Quote:2. Kamera Digital Pertama Di Dunia (1975)

Spoiler for Ilustrasi
Pada Desember 1975, Kodak insinyur Steve Sasson menciptakan sesuatu yang akan merevolusi fotografi: kamera digital pertama di dunia. Itu adalah seukuran pemanggang roti, dan menangkap gambar hitam dan putih pada resolusi 100 × 100 - atau 0,01 megapixels dalam terminologi pemasaran. Gambar yang disimpan pada pita kaset, mengambil 23 detik untuk menulis. Kamera menggunakan ADC dari Motorola, lensa dari kamera film Kodak, dan sebuah chip CCD dari Fairchild Semiconductor - teknologi yang sama dengan kamera digital yang masih digunakan hari ini. Untuk pemutaran gambar, sebuah komputer khusus dan tape pembaca (digambarkan di bawah) dibangun, keluaran gambar yang kasar pada TV standar. Butuh lebih 23 detik untuk membaca setiap gambar dari kaset.

Quote:3. Pencurian mobil pertama

Spoiler for Ilustrasi
Kasus pencurian kendaraan bermotor pertama kali terjadi di Paris, Perancis pada Juni 1896. Ketika itu, mobil Peugeot milik Baron de Zuylen dicuri oleh montir di bengkel tempat servis kendaraan langganannya. Karena saat itu jumlah mobil mungkin masih bisa dihitung dengan jari, maka tak lama kemudian mobil beserta pencurinya berhasil dibekuk. Di zaman itu pencurian mobil mungkin dianggap nekat karena dulu mobil sangat langka.

Quote:4. Motel Pertama Di Dunia

Spoiler for Ilustrasi
Motel Inn di San Luis Obispo, California, adalah motel pertama di dunia. Dibangun pada tahun 1925 oleh arsitek LA Arthur Heineman, yang menciptakan istilah motel yang berarti "motor hotel." Motel Inn ini awalnya disebut Milestone Mo-Tel.Harga permalam adalah $ 1.25. Heineman tidak mampu membayar biaya pendaftaran merek dagang, sehingga para pesaing dapat menggunakan kata "motel." Motel ini masih beroperasi hari ini.

Quote:5. Kecelakaan maut pertama

Spoiler for Ilustrasi
Entah sudah berapa banyak nyawa melayang akibat kecelakaan kendaraan bermotor. Pada 17 Agustus 1896, Bridget Driscoll of Croydon sedang menyeberangi jalan di Crystal Palace, London. Tak disangka, muncul mobil Roger-Benz berkecepatan 6,4 km/jam yang dikendarai Arthur Edsell. Malang bagi Briscoll, karena panik dia hanya terpaku diam di tengah jalan dan brakkk…!!! nyawa Driscoll melayang dan ini tercatat sebagai kecelakaan maut kendaraan bermotor pertama di dunia.

Quote:6. Sampul Album Pertama Di Dunia

Spoiler for Ilustrasi
Sebelum Alex Steinweiss (23th), merancang cover, album yang diciptakan pada tahun 1938 untuk Columbia Records, dijual dalam bungkus kertas cokelat polos. Album "Smash Song Hit oleh Rodgers and Hart" adalah sampul album pertama di dunia.

Quote:7. Lampu dan rambu lalu lintas pertama

Spoiler for Ilustrasi
Lampu lalu lintas (traffic light) pertama kali diperkenalkan di Inggris pada 10 Desember 1868 yang dipasang Kepolisian Kota London di dekat gedung parlemen Inggris. Tujuan pemasangan dimaksudkan untuk memudahkan para anggota parlemen yang akan memasuki gedung kantornya. Lampu lalu lintas ini berbentuk serupa lentera yang terdiri dari dua tanda warna: merah dan hijau. Sayang penggunaan lampu lalu lintas ini tidak begitu populer dan banyak dicibir masyarakat Inggris. Lampu tersebut adalah lampu lalu lintas satu-satunya di Inggris sampai tahun 1872. Sejak itu, traffic light ditiadakan dan baru diperkenalkan kembali di Inggris 50 tahun kemudian.
Rambu lalu lintas pertama dipasang di Inggris pada Desember 1879. Rambu yang dipasang oleh Komunitas Sepeda Inggris ini berbentuk plat besi yang dipancang di tiang kayu ditulisi peringatan: “Kepada para pengendara sepeda: Bukit ini berbahaya”. Tahun 1901, rambu lalu lintas khusus untuk pengendara mobil dipasang di Gloucester, Inggris. Rambu lalu lintas pertama berstandar internasional berbentuk plat besi segitiga dibuat di Perancis pada 1909.

Quote:8. Novel Pertama Di Dunia

Spoiler for Ilustrasi
Pada tahun 1007, seorang wanita dari pengadilan Jepang menempatkan sentuhan akhir pada apa yang dianggap sebagai novel pertama di dunia. Rentang 75 tahun, lebih dari 350 karakter, dan penuh dengan puisi romantis, yang bercerita tentang seorang putra kaisar, pencariannya akan cinta, dan banyak perempuan yang memenuhi syarat di sepanjang jalan. Di tulis oleh bangsawan Jepang Murasaki Shikibu.

Quote:9. Balapan mobil pertama

Spoiler for Ilustrasi
Tahun 1894, majalah Le Petit Journal menyelenggarakan Competition for Horeseless Carriages (lomba kendaraan yang tidak ditarik kuda). Lomba ini adalah lomba balapan mobil pertama di dunia. Para peserta lomba terlebih dulu mengikuti kualifikasi awal sejauh 50 km, setelah itu dilanjutkan lomba utama yang berjarak 127 km. Bendera startdikibarkan di kota Paris dan finish di Kota Rouen di Perancis. Para kontestan berasal dari produsen mobil yang serius seperti Peugeot, Panhard atau De Dion hingga amatiran dan hanya 25 mobil yang lolos kualifikasi. Jules-Albert de Dion menjadi yang pertama finish di Rouen dengan catatan waktu 6 jam 48 menit dengan kecepatan rata-rata 19 km/jam. Dia finish 3 menit 30 detik di depan Georges Lemaître (Peugeot), diikuti Doriot (Peugeot) dengan waktu lebih 16 menit 30 detik, René Panhard (Panhard) 33 menit 30 detik lebih lambat dan Émile Levassor (Panhard) 55 menit 30 detik lebih lambat. Namun yang diakui sebagai pemenang resmi adalah Peugeot dan Panhard yang dinilai berdasarkan karakteristik mereka dalam kecepatan, handling dan keselamatan.

Quote:10. Web Server and Web Site Pertama Di Dunia

Spoiler for Ilustrasi
Info.cern.ch adalah alamat pertama di dunia sebagai situs web dan web server, berjalan pada sebuah komputer NeXT di CERN. Halaman web pertama ber-alamat di http://info. cern.ch / hypertex t / WWW / TheProject. html, yang dibuat oleh Tim Berners-Lee.

Quote:11. SPBU pertama

Spoiler for Ilustrasi
SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Untuk Umum) pertama di dunia didirikan oleh perusahaan Automobile Gasoline Co., di St Louis, AS. pada 1905. Namun bentuk SPBU ini masih sederhana. Sedangkan SPBU yang fisik bangunannya banyak diadopsi oleh SPBU zaman sekarang (berkanopi) dioperasikan pertama kali oleh perusahaan Standard Oil of California di kota Seattle, AS pada 1907.

Quote:12. Mobil massal pertama

Spoiler for Ilustrasi
Produksi mobil secara masal pertama kali terjadi di Amerika Serikat (AS). Mobil yang diproduksi masal itu adalah Curved Dash dari perusahaan Oldsmobile. Sebanyak 10 atau lebih mobil diproduksi dalam waktu seminggu sejak April 1901. Di akhir tahun tersebut jumlah mobil yang diproduksi mencapai 403 unit dan meningkat jadi 5.508 unit di tiga tahun selanjutnya. Mobil produksi masal tersebut saat itu dibanderol 650 dolar AS per unit.

Quote:13. Sepeda Motor Pertama Di Dunia

Spoiler for Ilustrasi
Sepeda Motor Pertama dirancang dan dibangun oleh penemu Jerman Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Bad Cannstatt (Stuttgart) pada tahun 1885. Pada dasarnya adalah sebuah sepeda motor, meskipun disebut penemunya dengan Reitwagen ( "naik mobil"). Itu juga merupakan kendaraan pertama yang bertenaga minyak.

Quote:14. Mobil Listrik Pertama


Spoiler for Ilustrasi
Pada akhir abad 19, Perancis dan Inggris adalah negara pertama yang mendukung pengembangan kendaraan listrik. Pada tahun 1899, dibangun mobil balap listrik Belgia disebut "La Jamais Contente" menetapkan rekor dunia untuk kecepatan darat 68 mph (109 km/h) dirancang oleh Camille Jénatzy.
Pad 1895 Amerika mulai mencurahkan perhatian pada kendaraan listrik setelah roda tiga listrik dibangun oleh AL Ryker dan William Morrison membangun sebuah gerobak enam penumpang bpada tahun 1891. Banyak inovasi diikuti dan minat dalam kendaraan bermotor meningkat pesat di akhir 1890-an dan awal 1900-an. Bahkan, desain William Morrison dengan kapasitas penumpang sering dianggap mobil listrik pertama yang nyata dan praktis.

Pada tahun 1897, aplikasi komersial pertama mobil listrik didirikan sebagai armada taksi New York City yang dibangun oleh Electric Carriage dan Wagon Company of Philadelphia.

Quote:15. Sinar-X Pertama Di Dunia

Spoiler for Ilustrasi
Pada tahun 1895 Wilhelm Conrad Rontgen, profesor fisika Universitas Wurburg di Jerman, sedang melakukan eksperimen dengan lucutan listrik di dalam tabung kaca dievakuasi. Akhir tahun 1895 Wilhelm Rontgen sendirian di malam hari menjalankan percobaan, kali ini dalam gelap dan melihat cahaya diproduksi di dinding, yang ia tahu bukan disebabkan oleh cahaya lampu neon. Dia beri nama, sinar 'X' atau jika Anda lebih suka; X-ray. Setelah beberapa bulan bermain dengan penemuan ini, dia melihat bahwa tempat benda-benda di jalur sinar bisa menghasilkan bayang-bayang dan menciptakan gambar-gambar di dinding. Segera setelah dia menggunakan piringan dan memfoto istrinya, Frau Rontgen, menempatkan tangannya di jalur X-ray, dan menciptakan gambar sinar-X pertama di dunia. Pada tahun 1901 Wilhelm Rontgen dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika untuk penemuan ini.

Quote:16. Mobil balap pertama di dunia

Spoiler for Ilustrasi
Sebuah mobil langka yang diklaim sebagai salah satu mobil tertua yang masih dapat dijalankan menurut rencana akan di jual pada bulan depan. Mobil ini memiliki nilai historis yang sangat tinggi, yakni pernah berpartisipasi pada ajang balap mobil pertama kali di dunia.
Lomba balap mobil di dunia yang pertama kali diadakan adalah Paris-Rouen Trial yang diadakan pada tahun 1985. Namun sebelumnya juga sudah diadakan lomba serupa tingkat Eropa yang diadakan oleh sebuah majalah otomotif Prancis. Dalam ajang tingkat Eropa tersebut,

Mobil ini menjadi satu-satunya mobil yang mampu bertahan hingga putaran terakhir. Saat itu, mobil ini mampu melaju hingga 37 mph (59 km/h). Namun sayangnya karena tidak ada peserta lain yang mampu bertahan hingga akhir lomba, maka dinyatakan tak ada pemenang dalam lomba tersebut.

Mobil ini memiliki mesin uap yang mampu menyimpan hingga 40 galon air. Dengan jumlah air sebanyak itu, mobil yang memiliki julukan La Marquise ini mampu berjalan sejauh 20 mil.

Quote:17. Mouse Komputer Pertama Di Dunia

Spoiler for Ilustrasi
Mouse komputer pertama di dunia dibuat oleh Douglas Engelbart pada tahun 1964, terdiri dari dua roda gigi yang diposisikan tegak lurus satu sama lain - memungkinkan gerakan pada satu sumbu. Bentuk Ergonomis, penempatan tombol besar - dan itu terbuat dari kayu.

Quote:18. Mobil terbang pertama di dunia

Spoiler for Ilustrasi
Perusahaan AS Terrafugia memamerkan sebuah mobil purwa rupa yang bisa dipakai bukan hanya di darat tapi juga terbang di udara dalam Pameran Mobil Internasional New York.
"Ini adalah kendaraan pertama di dunia yang bisa memenuhi standar penerbangan internasional FAA dan keselamatan lalu lintas darat NHTSA, kata Cliff Allen, Wakil Presiden Penjualan di Terrafugia.
Disebut dengan nama Transition kendaraan serba guna ini memiliki dua kursi, empat roda dan sayap yang dapat ditarik masuk.''Ini membuatnya sebagai 'pesawat jalanan resmi' pertama,'' tambah dia.
Diperkirakan kendaraan ini akan dibanderol senilai US$279.000 atau sekitar Rp2,5 miliar.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53775fab6c07e709618b4606

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger