Home » » Serba-Serbi Tentang Teknologi Layar Sentuh

Serba-Serbi Tentang Teknologi Layar Sentuh





Spoiler for Semoga aja enggak! REPOST:


DIBAWAH INI (teori), PENJELASAN PENDUKUNG. INTI PADA HOT NEWS

JANGAN KAGET, KALO NANTI TEKNO'A BEGINI


APA SIH LAYAR SENTUH?
Sedikit, flashback yoo!
Spoiler for Definisi: Layar sentuh (bahasa Inggris touchscreen) adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Antarmuka layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri, merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.

Layar sentuh banyak digunakan dalam industri manufaktur yang membutuhkan tingkat akurasi, sensivitas terhadap sentuhan, dan durabilitas yang sangat tinggi.

Namun perangkat layar sentuh semakin lama semakin dapat ditemukan dalam perangkat-perangkat teknologi konsumen yang diproduksi secara massal, seperti pada komputer jinjing, pemutar musik seperti iPod Touch, dan telepon genggam seperti iPhone atau Blackberry Storm. Hal ini dimungkinkan karena perangkat layar sentuh dapat dibuat dalam berbagai ukuran tampilan.
Layar sentuh sering dipakai pada kios informasi di tempat-tempat umum, misalnya di bandara dan rumah sakit serta pada perangkat pelatihan berbasis komputer. Sistem layar sentuh tersedia dalam bentuk monitor yang sudah memiliki kemampuan layar sensitif sentuhan dan ada juga kit touchscreen yang lebih ekonomis yang dapat dipasang pada monitor yang sudah ada.

PADA TAHU GAK KOMPONENNYA?
Maaf-maaf nih, jadi teori terus
Spoiler for Komponen: Sebuah sistem layar sentuh terdiri atas tiga komponen dasar:
  • Panel sensor layar sentuh, yang terletak di lapisan luar tampilan dan menimbulkan aliran listrik tertentu tergantung di mana terdapat sentuhan
  • Pengontrol layar sentuh, yang melakukan pemrosesan sinyal yang diterima dari panel sensor, kemudian menerjemahkannya ke dalam data sentuhan yang disalurkan kepada prosesor komputer
  • Driver perangkat halus, yang menerjemahkan data menjadi gerakan tetikus, memungkinkan panel sensor untuk berfungsi layaknya tetikus, dan menyediakan antarmuka pada sistem operasi komputer


KALO TIPENYA TAHU?
Banyak membaca banyak wawasan loh, gan/sist!
Spoiler for Tipenya nih!: Semua tipe layar sentuh melekat pada unit tampilannya. Perbedaanya terletak pada cara mendeteksi sentuhan dan metode yang digunakan dalam memproses input sentuhan.
Capacitive overlay

Spoiler for Penjelasan: Di setiap sudut layar terdapat sirkuit yang berfungsi untuk mengukur kapasitansi. Sentuhan yang diberikan oleh jari atau alat penghantar lainnya yang merupakan konduktor pada layar menyebabkan gangguan pada kondisi elektrostatis. Gangguan tersebut menyebabkan perubahan kapasitansi. Perubahan yang terjadi terukur oleh sirkuit dan kemudian dipergunakan untuk mendeteksi lokasi sentuhan. Tipe ini memiliki daya tahan yang kuat serta tampilan yang jernih.
Guided acoustic wave
Spoiler for Penjelasan: Alat ini bekerja dengan mentransmisikan gelombang akustik melalui lapisan atas kaca yang ditempatkan diatas layar tampilan. Ketika suatu alat yang memiliki daya penghantar seperti jari terkontak dengan gelombang, maka transmisi gelombang akustik terganggu oleh jari. Gangguan menyebabkan pengurangan amplitudo dimana pengurangan tersebut diidentifikasi oleh control electronics untuk mendeteksi lokasi sentuhan.
Resistive overlay

Spoiler for Penjelasan: Unggul dalam daya tahan khususnya terhadap perlakuan kasar dan harga yang terjangkau. Tersusun atas dua lapisan tipis yang terbuat dari kaca atau polyester yang diselubungi dengan material penghambat dan dipisahkan oleh titik-titik pemisah yang tidak terlihat. Pada resistive overlay, arus listrik mengalir pada seluruh bagian layar. Ketika tekanan diberikan pada layar, kedua lapisan tersebut saling berhimpitan yang kemudian menyebabkan perubahan aliran arus listrik. Melalui perubahan tersebut lokasi sentuhan terdeteksi.
Scanning infrared
Spoiler for Penjelasan: Dalam bingkai sentuhan atau layar terdapat jajaran diode cahaya dan transistor foto yang masing-masing diletakan di dua sisi yang berlawanan untuk menghasilkan sebuah kisi dari cahaya infra merah yang tidak terlihat. Ketika jari atau alat penghantar lainnya memasuki kisi tersebut, cahaya infra merah yang dipancarkan diode cahaya terhalangi. Foto transistor mendeteksi hilangnya cahaya dan mentransmisikan sinyal yang mengidentifikasi koordinat x dan y dari letak jari atau alat penghantar tersebut.
Near field imaging (NFI)
Spoiler for Penjelasan: Tipe ini menggunakan alat atau sirkuit pendeteksi sentuhan yang canggih untuk mendeteksi sentuhan. Alat atau sirkuit tersebut memiliki tingkat ketepatan tinggi dalam menggunakan data dan memproses gambar untuk menghasilkan profil yang tepat atas sentuhan yang diberikan.
Surface acoustic wave

Spoiler for Penjelasan: Bekerja dengan mengirimkan gelombang akustik melalui panel kaca yang dilengkapi dengan beberapa transduser dan reflektor. Ketika jari bersentuhan dengan gelombang akustik, gerakan gelombang mengalami perubahan. Perubahan ini kemudian digunakan untuk mendeteksi lokasi sentuhan. Keunggulan tipe ini adalah memiliki tingkat kejernihan yang paling tinggi serta daya tahan yang baik. Namun, sensitif terhadap kotoran yang menempel.
Tambahan
Spoiler for Tambahan dari agan:
  • Floating Touch
    Quote:Original Posted By eceng.gondok â–º
    FYI gan, sebagian hp (ane) ada yg menggunakan floatng touch, jadi penggunanya gak perlu menyentuh layar cukup dengan melayangkan sentuhan diatas layar.

    Spoiler for bahasa resminya:
    Teknologi ini memungkinkan smartphone untuk mendeteksi jari hingga 0,79 inci (20mm) di atas layar.

    Mungkin TS bisa tambahin jelasnya
    semoga HT, ane bantu
    Spoiler for Penjelasan: Floating Touch merupakan penemuan inovatif yang menggabungkan teknologi capacitive touchscreen yang saat ini banyak digunakan pada smartphone. Dengan penemuan teknologi terbaru Floating Touch ini, pemilik ponsel dapat melakukan navigasi pada layar ponsel dengan cara yang unik. Pengguna tak perlu menyentuh untuk mengaktifkan aplikasi atau fitur, melainkan cukup dengan mendekatkan jari sekitar 20 mm di atas layar lalu mengarahkannya pada ikon aplikasi atau fitur yang dimaksud.

    Teknologi Floating Touch menggabungkan kedua kemampuan layar capacitive touchscreen tersebut dengan cara meningkatkan sensor sentuh kapasitif dan menurunkan batas threshold sentuhan, maka akan sangat memungkinkan untuk membedakan antara Floating Touch dengan sentuhan normal. Sumber



NEGATIFNYA JUGA BANYAK, TAHU?
Spoiler for Negatif:
Pada anak-anak:
Spoiler for anak-anak:
  • Ahli terapi dari Maryland, Amerika Serikat, Lindsay Marzoli, memperingatkan, penggunaan layar sentuh dalam jangka panjang oleh anak bisa melemahkan otot tangan. "Karena saat menggunakan layar sentuh, otot tangan mereka tak terlatih, dibanding jika menulis pada kertas," kata Marzoli, Kamis, 21 November 2013.

  • Marzoli menyatakan, jika anak dibiarkan terus-menerus memakai layar sentuh, otot tangan mereka akan lemah. Marzoli mengatakan, banyak pasiennya yang mengalami keterlambatan pertumbuhan otot atau kelemahan otot di beberapa bagian.

  • Dr. Timothy Doran, dokter anak dari Greater Baltimore Medical Centre , mengatakan bahwa penggunaaan layar sentuh tiga sampai empat jam sehari tanpa pengawasan orang tua bisa membahayakan perkembangan anak. (Baca:Penelitian: Bocah Zaman Sekarang Makin Lamban)

  • Bahaya lainnya
    Spoiler for Lainnya:
  • Asal tahu saja beragam virus yang ada siap menggogoti tubuh kita.

  • Konon 18 kali lebih kotor dari pada gagang flush pada toilet.

  • Layarnya yang menempel pada pipi akan meresapkan virus dan kuman melalui pori-pori.

  • Sedangkan mulut dan hidung yang berdekatan dengan layar sentuh, berpotensi menghirup kuman ke paru-paru.


  • SEDIKIT TIPS DEH, BUAT AGASIST
    Spoiler for Tips:
    1. Guna gadget layar sentuh selalu dengan menggunakan stylus pen yang telah disediakan, tidak dengan tangan telanjang.

    2. Jika ada rekan yang mau meminjam ponsel layar sentuh kita , juga minta dia gunakan stylus pen.



    EH, BACA BERITA TERBARU TENTANG TABLET DENGAN LAYAR SENTUH CANGGIH!
    Spoiler for AGAN PASTI TAHU! Kalo baca opini ane :D: Kabarnya merk ternama dari jepang ato negara apa ya dia? Asia deh pokoknya yaitu: FUJITSU.

    Kabarnya Fujitsu Limited dan Fujitsu Laboratories mengembangkan prototipe tablet layar sentuh yang bisa menghadirkan kepada pengguna melalui layarnya, rasa halus atau kasar, tergantung dari gambar yang ditampilkan.

    Dari penjelasan diatas aja, ane langsung punya imajinasi aneh wkwkwkwk

    Haptic atau tactile (rasa sentuhan) ini merupakan inovasi teknologi sensorik yang dikembangkan oleh Fujitsu Laboratories, kata Fujitsu dalam pernyataan yang dipublikasikan di laman resminya belum lama ini.

    Fujitsu Laboratories yang pertama dalam industi yang menggunakan getaran ultrasonik untuk menyampaikan sensasi tactile melalui variasi friksi antara layar sentuh dan jari pengguna, berbeda dengan teknologi yang sudah ada selama ini yang menghadirkan tekstur dengan getaran layar.

    Pengguna dapat merasakan sensasi tactile realistis sesuatu apa pun sesuai dengan gambar yang ditampilkan pada layar tablet Fujitsu. Fujitsu telah memamerkan prototipe tablet dengan teknologi itu di Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, pada 24-27 Februari lalu.

    "Ketika pasar smartphone dan tablet mencapai kematangan, prioritas pelanggan dalam hal nilai bergeser dari fungsi ke spesifikasi dan fitur menarik bagi indera kita dan emosi-emosi, seperti kenyamanan dan kenikmatan," kata Fujitsu. Lanjutannya

    Opini ane:
    Kalo dari penjelasan diatas, menurut gue teknologi ini, nanti lebih dominan kepake buat yang gak bener. Mau tahu kenapa? Kalo misalnya nampilin gambar cewek, terus disentuh-sentuh????

    JANGAN KAGET, KALO NANTI TEKNO'A BEGINI


    Semoga bermanfaat, dan Teknologi paling diburu nantinya

    Sumber-sumber ane: 1, 2, 3, 4.



    Spoiler for Wacana Bagus nih!: Quote:Original Posted By teresseâ–º
    dalam video microsoft tersebut, semua negara hidup dengan damai, hingga PLN melakukan pemadaman
    kalo manusia terlalu tergantung pda teknologi ya bayangin aja ada serangan EMP (Elektromagnetik Pulse) padam semuaaa

    Quote:Original Posted By teresse â–º


    gue sih percaya kalo suatu saat nanti bisa kayak gitu mungkin abad 22 kayak doraemon, tapi banyak hal yang mesti dilewati kayak masalah energi dan fisik manusianya gan.
    Energinya harus murah, ramah lingkungan, easy conduct, efektif, dan ada terus menerus.. kayak gelas kopi tadi aje ada layarnya nggak abis pikir energinya abis berapa..

    Terus manusianya kayak yg dibilang agan, touchscreen yg masih level gini aja udh brdampak ke kekuatan otot tangan, gimana kalo nanti semua serba instan begono? kita bisa menciut...
    dan gue yakin seleksi alam, cuma orang super duper pinter yg bisa tetep bertahan dengan semua kemudahan itu

    Quote:Original Posted By Inuuard â–º


    Kayaknya juga bakalan begitu, misalnya emang dibuat seperti itu, pasti udah ada prototype yang udah jadi, meski belum semua (baru plan). Kalo untuk murah, nah ini juga sesuatu yang penting banget..karena harus sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat serta negara.

    Kalo yang bakal gak ciut, mungkin orang yang tidak terkena teknologi..seperti suku-suku pedalaman mungkin itu juga loh, tetapi kalo mereka gak ikut. Pasti termakan zaman nih! Entah! Memakai cara halus ato kasar, pasti penduduk diharuskan migrasi ke tekno tersebut

    Barusan ane ngomong apa yak! Kayak orang bener aja..


    Perasaan ane gak mesen ini? Tapi, makasih
    Spoiler for Penghargaan Agan:

    Cuma bisa pasrah, kalo ada yang gak seneng
    Spoiler for Penghargaan Agan:

    Ane gak macem-macem deh, minta temen aja!
    Spoiler for duo sejoli:
    Lewat doang, ane timpuk loh! Budayakan komeng...


    MIGRASI DARI LONGUE *baru nyadar
    Spoiler for Noh!:

    Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5325b872bdcb17531c8b461f

    Hosting

    Hosting
    Hosting

    TryOut AAMAI

    Hosting Idwebhost

    Hosting Idwebhost
    Hosting Handal Indonesia

    Belajar Matematika SD

    Popular Posts

    Arsip Kaskus HT

     
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger