Home » » Suka Duka Menjadi Siswa Program Akselerasi

Suka Duka Menjadi Siswa Program Akselerasi

Assalamualaikum Wr. Wb
Thread pertama ane gan, semoga no repost
Maaf kalo thread ini berantakan, langsung dikoreksi aja gan


(Ini hanya sekedar pandangan TS aja mengenai adanya program ini, bukan bermaksud men-judge atau menyudutkan salah satu pihak)

Langsung aja masuk ke topik utamanya




Quote:Program Percepatan Belajar (PPB) atau lebih dikenal dengan Akselerasi didefinisikan sebagai salah satu bentuk pelayanan pendidikan yang diberikan bagi siswa dengan kecerdasan dan kemampuan luar biasa untuk dapat menyelesaikan pendidikan lebih awal dari waktu yang telah ditentukan - pusdiklatdepdiknas.net

Kebetulan sekolah ane punya ini program gan, jadinya ane sedikit banyak ngerti tentang suka dan duka mereka selama jadi murid PPB.

Mau bahas yg mana dulu?? Suka atau duka?

Oke, dimulai dari sukanya dulu aja dah..

Spoiler for Nomer satuh: 1. Waktu yang lebih pendek dalam menerima materi

Ini bisa dijadikan alasan kenapa program PPB disebut sebagai program unggulan. Materi yang akan mereka terima selama 2 tahun lebih kurang sama dengan mereka di kelas reguler. Ini artinya, mereka yang ada di kelas PPB bisa menguasai ilmu A, B, C dlm waktu 2 bulan, sedangkan rata2 anak kelas reguler akan menguasainya sedikitnya dalam waktu 3-4 bulan. Itupun belom tentu gak kena remidi

Spoiler for Nomer 2 (dua): 2. Umumnya para siswa mendapat fasilitas lebih dibanding siswa kelas lain

Ini sudah menjadi rahasia umum dimana para siswa cenderung lebih "diistimewakan" atau dalam artian mendapat fasilitas pendidikan yang lebih memadai daripada siswa lain. Begitu pun dengan fasilitas sarana dan prasarananya. Kalo gurunya kelas PPB mah adem, kalem, beda sama kelas lain


Lanjut ke duka nya....

Spoiler for Satu-satu: 1. Waktu, pikiran, dan tenaga lebih banyak dikorbankan
Sudah tidak diragukan lagi, waktu singkat yg ditempuh para siswa menjadikan siswa harus belajar lebih ekstra dalam memahami materi-materi yang diberikan. Ane jarang benget liat temen2 ane yang ada di aksel keluar pas istirahat, karena mereka memanfaatkan waktu senggang buat belajar, belajar, dan belajar

Spoiler for Dua nihh..: 2. Semakin besar biaya yang dikeluarkan
Dengan adanya fasilitas bagus yang diberikan, otomatis akan semakin besar juga buaya yang dibutuhkan. Tapi di sekolah ane, biaya SPP antara ke dua kelas gak terlalu beda jauh

Spoiler for Terakhir nih: 3. Kurang menikmati masa muda
Nah ini nih yang jadi permasalahannya. Betapa besar waktu, pikiran, dan tenaga yang mereka keluarkan, menyebabkan mereka kurang bisa membagi waktu antara bermain dan belajar. Seseorang juga mempunyai titik jenuh dalam belajar, apalagi jika itu terus-terusan (jujur ane masih belum tau gimana cara mereka mengatasinya )

Spoiler for Eh, ini nih baru yang terakhir: Maafkan ane bila ada salah kata atau salah paham. Tapi yang jelas ane gak bermaksud menjudge atau memojokkan salah satu pihak. Ane kagum banget dah sama anak2 ini, biarpun mereka keliatan spt "kuper", dalam artian kurang waktu untuk bergaul, tapi overall mereka semua the best, bisa memahami materi dalam waktu yang lebih singkat
Kalo ente punya tambahan, silahkan taruh di mari gan/sis

Spoiler for Ini bener2 yang terakhir gan, sumpe: Kalo berkenan, atau kelebihan ijo2 segernya, tampung di mari ya, gapapa kok

Quote:Winning isn't everything, but wanting to win is everthing
- Unknown


Nih ada tambahan dari kaskuser yang pernah ngikutin kelas ini
Spoiler for Update nih: Quote:Original Posted By clotheslineâ–º
Dulu waktu smp ane ikut program akselerasi gan
senengnya bisa cepet lulus, banyak ilmu yg ane dapet waktu ikut aksel karena teman teman yg lebih cerdas, lebih kreatif karena kebanyakan tugasnya menuntut kita aktif, mandiri. Ane jg ngrasa waktu ikut aksel otak ane lbh terasah dibandingkan waktu sma (reguler)
tp dukanya waktu remaja ane habis untuk kegiatan akademik & belajar. Berangkat lebih pagi, pulang paling sore. Tugas numpuk banyak, waktu main jg ga ada gan
walaupun gitu ane seneng pernah ikut akselerasi. Ane jd paling muda seangkatan sekarang
umur 18 tahun udah semester 4
pejwan kalo boleh gan

Quote:Original Posted By ahsanzz â–º
ane smp masuk akselerasi gan, emang bener sih materi dikebut , satu semesternya ane jalanin 4 bulan gan. pulang lambat pula. tapi sekarang ane masuk smk yang 4 taon, biar gak cepet2 kuliah sekalian nikmatin masa muda

Quote:Original Posted By oestadzah â–º
Agan sekarang masih aksel atau udah lulus?

Ane salah satu anak aksel yang udah merasakan kerasnya dunia kerja skarang

Ane aksel saat SMA dan udah masuk SD saat umur 5 tahun, saat masuk SMA umur ane 14 tahun dan masuk kuliah umur 16 tahun, untuk duka yg paling ane rasain adalah kurang pergaulan saat SMA, temen akrab ane ya cuma skelas itu doang, padahal kl diliat anak aksel itu banyak dikenal sama anak reguler (karna siswanya dikit, ane seangkatan cuma 18 orang) tapi ya kita skelas itu kayak dipandang skumpulan anak2 freak yang kerjaanny cuma belajar, padahal kerjaan ane tiap hari itu baca komik dan maen game

Waktu kuliah, ane bales dendam gan, ane aktif di banyak organisasi dan kepanitiaan, Alhamdulillah ane bisa lulus kuliah di umur 20 tahun dan langsung mendapatkan pekerjaan yg ane idam-idamkan

Aksel seangkatan ane SMA skarang bahkan ada yg sedang kandidat S3 dimana kl lancar doi agan meraih gelar PhD di usia 23 tahun, doi orangnya emang gokil gan, otaknya cerdas, kerjaannya maen mulu tp selalu ranking 1

Saran aja kl agan memang masih aksel dinikmatin aja, gak usah dianggep sbagai beban, tp nnti ketika agan kuliah cobalah lebih bersosialisasi agar hardskill dan softskill ente berimbang

Sukanya itu aksel hemat umur, dukanya anak aksel dianggep kutu buku yg freak sma anak2 reguler

Pejwan jika berkenan gan

Quote:Original Posted By ed_wynn â–º
numpang komen gan...

Gw Aksel pas SMA, ya walaupun SMA swasta sih...

Sukanya?
- belajarnya cepet+fokus, gak kebanyakan jeda, so gampang paham+inget. Gak banyak bullshit2 lah, apa yang harus dipelajarin ya itu yang dipelajarin. Rekor pas SMA itu pernah dalam 1 bulan = 1 semester, gw fine2 aja.
- fasilitas sempurna, apa aja ada. Gw dulu ada TV, Dispenser, Tape Deck, AC 1.5 PK 2 biji, Lemari Buku khusus.
- Think different. Loe gak cuma mikir gimana caranya mahamin sesuatu dengan 1 cara, cari cara yang lain yang ada. Kita gak berusaha jadi yang terbaik, tapi berusaha jadi yang berbeda dalam melakukan hal-hal lain.
- Irit umur, gw anak termuda pas masuk kuliah. Sayangnya gw telat lulus pas kuliah, jadi kebuang dah tabungan umur gw...

Dukanya?
- agak dibenci/diirikan temen diluar kelas Aksel (well, ketika loe bisa "slap" mereka dengan prestasi2 loe, that's the best revenge, I've done it)
- dianggap sok pinter pas kuliah, cenderung dianggap negatif, dan kalo ngalamin kegagalan/kesulitan, lebih banyak dicibir daripada dibantu, "masa gini aja gabisa, katanya dulu Aksel?"...

so, kesimpulan gw, terkadang dukanya itu bukan saat loe ngejalanin Aksel itu sendiri, tapi nanti setelah loe keluar dari situ. At least buat gw gitu sih, mungkin akseleran2 lain beda pendapatnya, tapi ya buat gw memang soal dukanya yang gw paparin diatas, gw bener2 ngalamin, and that's really annoying.

komentarin poin2 yang ente kasih, soal "kurang nikmatin masa muda", ya tergantung gimana loe bisa hidup diluar bayang2 Aksel gan, Aksel gak melulu belajar terus, kita juga manusia biasa. Gw juga punya banyak temen diluar Aksel... haha...

soal biaya? yap, bener, SPP gw dulu 2x lipat SPP kelas reguler. Tapi gw sempet dapet beasiswa gan...
so gak masalah bagi ortu gw...

soal waktu dan tenaga lebih banyak dikorbankan? tergantung anaknya, kalo mereka emang bisa mikir cepet, dan kondisi lingkungan yang mendukung, gak ada masalah. Gw gak ngalamin istilahnya exhausted dalam belajar pas Aksel.

Aksel selalu yang terbaik? Ah nggak juga. Dalam akademis, mungkin, dalam hal lain?
Menurut gw anak Aksel itu bukan yang terbaik kok, cuma mereka gak kenal nyerah, gak pernah puas, dan selalu mau mempelajari sesuatu.

IQ? IQ gw aja gak sampe 150 gan. And it has nothing to do with your academic achievement. Tergantung niat.

ngomentarin post diatas2 ane, soal kurang ngerti perkembangan dunia luar? haha... kalo anaknya kuper ya jelas. Kalo dia nya bener2 tinkerer, ya ngga.
soal kedewasaan? iya memang, tapi kalo ente bisa adaptasi, dan berusaha ngeliat gimana cara berpikir orang2 yg umurnya diatas kita, ya gak jadi masalah.

@agan/aganwati oestadzah, beruntung ente bisa seperti itu ya... salut deh...
sayangnya gw ngga jadi seperti itu, ya karena masalah pribadi juga sih...
kita sama2 masuk kuliah 16th, tapi ente bisa 20th lulus... gw malah tertunda...

So, bagi yang bisa masuk Aksel, nikmatin aja, kasian ortu udah bayar mahal-mahal kalo ente malah ngeluh, bukannya berprestasi. Keluar dari Aksel? Haha... Masa nyerah? Cuma 2 taun kok...

post one kalo berkenan gan...

Quote:Ane bukan anak aksel gan, cuma sekedar punya pandangan aja

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5324e255becb17ee0b8b45fb

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger