Home » » Sistem Pertanian Vertikal di Singapura

Sistem Pertanian Vertikal di Singapura


Spoilerfor No Repsol..!!:
Spoilerfor HT ketigax ane..!!: Makasih buat mimin & momod yang jadiin thread ini HT

Sistem Pertanian Vertikal di Singapura
Gan, akhir2 ini kan harga tempe ama tahu naik tuh. Padahal ane demen banget ama kedua makanan ini. Katanya sih sebabnya harga kedelai yang semakin tinggi. Denger2 sih kedelai emang sedang langka dipasaran dan pemerintah rencananya akan meningkatkan impor kedelai. Masa sih petani Indonesia ngga bisa mencukupi kebutuhan kedelai?? Lebih jauh lagi, masa sih Indonesia ngga bisa mencukupi kebutuhan pangan sampai impor segala??

Negara tercinta ini kan sangat luas buanget tuh gan. Terus katanya juga Indonesia negara Agraris atau negara yang sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaharian sebagai petani, tapi kok masih impor pangan?? > Mungkin cara Singapura dalam bercocok tanam yang satu ini harus ditiru kali yak. Simak thread ini nyampe akhir ya gan.
Quote:
Quote:Di Singapura, tanah merupakan aset yang sangat berharga. Sebuah negara kecil dengan luas hanya 710 km persegi menjadi rumah bagi 5 juta orang. Tidak mengherankan apabila Singapura terkenal dengan bangunan yang menjulang tinggi. Di sebuah pulau dengan kepadatan yang tinggi, dimana 93% makanan adalah impor, ide untuk membuat lahan pertanian di negara ini dapat dikatakan hampir tidak mungkin untuk dilakukan. Sebaliknya kalau di Indonesia masih banyak tanah yang dibiarkan menganggur. Kalo ada pekarangan disekitar rumah agan, buat nanem aja gan.

Namun, seorang pengusaha mengatakan bahwa dia mampu memproduksi lima kali lebih banyak sayuran pertanian di pusat kota. Berkat teknik pertaniannya yang bisa dikatakan radikal, lahan pertanian kota milik Jack Ng mampu menghasilkan 1 ton sayuran segar setiap harinya, menyediakan makanan bagi warga kota Singapura yang diproduksi secara lokal. Wow banget ngga tuh gan. Padahal lahan sempit yak.

Quote:Spoilerfor Penampakan gan..!!: Spoilerfor Pic 1:
Spoilerfor Pic 2:
Spoilerfor Pic 3:
Quote:Teknologi yang digunakan Jack Ng dalam sistem pertaniannya disebut dengan “A-Go-Gro”, dan tampak seperti Roda Ferris, dengan ketinggian 30 kaki. Rak-rak sayuran disusun dalam sebuah rangka alumunium, dan dapat berputar untuk menjaga sirkulasi cahaya matahari, aliran udara dan pengairan. Semua sampah organik menjadi kompos dan dapat digunakan kembali. Sistem perputaran (Air powering frame) air dibantu oleh gaya gravitasi dan membutuhkan sedikit konsumsi listrik. Menurut Jack Ng, energi yang diperlukan untuk daya satu air powering frame adalah setara dengan energi yang dibutuhkan 60 watt bola lampu. Keren yak gan.

Seluruh sistem, masing-masing hanya membutuhkan lahan seluas 60 meter persegi. Sebanyak 120 menara telah didirikan di Kranji, 14 km dari pusat bisnis Singapura. Dalam beberapa tahun kedepan Jack Ng, ingin membangun 2.000 menara untuk sistem pertaniannya. Adakah kaskuser lulusan pertanian?? Ayo jangan kalah. Bikin pupuk tumbuh cepat hanya dalam 5 detik kaya di film dono.
Quote:Spoilerfor Penampakan..!!: Spoilerfor Pic 4:
Spoilerfor Pic 5:
Spoilerfor Pic 6:
Spoilerfor Pic 7:
Quote:Jack Ng menjual sayurannya dengan merk Sky Greens, yang dijual di supermarket, memberikan alterntif produk impor kepada konsumen. Meskipun harga sayuran Sky Greens 10% lebih mahal dari sayuran yang dijual di pasaran, namun sayuran ini banyak digemari karena sayuran vertikal lebih segar daripada sayuran lainnya yang dijual di Singapura. Sayuran lokal emang lebih seger gan daripada sayur impor, baru metik soalnya gan.
Quote:Spoilerfor Penampakan..!!: Spoilerfor Pic 8:
Spoilerfor Pic 9:
Spoilerfor Pic 10:
Quote:Sky Greens didukung oleh pemerintah Singapura karena memungkinkan negara dengan luas wilayah yang kecil menjadi mandiri akan sumber pangan. Jack Ng percaya bahwa sistem pertaniannya dapat diadopsi di seluruh dunia, terutama di Asia Tenggara. Yang wilayah yang kecil aja bisa kek gitu, masa wilayah yang gede ngga bisa.
Quote:Tambahan Gan, ngga kalah dengan Singapura, ternyata di Hong Kong dan Swedia akan membangun gedung cuma buat nanem buah & sayuran. Kalo di Indonesia dikira kurang kerjaan kali.

Sebuah firma arsitektur berbasis di Spanyol, JAPA, mengaku yakin model pertanian vertikal yang dikembangkan China ini bisa mengatasi masalah dengan model Dyn-net atau Dynamic Vertical Networks. Konsep ini akan berbentuk sebuah seri gedung-gedung pencakar langit khusus lahan pertanian di kota-kota besar untuk menyuplai kebutuhan makanan masyarakat kota.
Spoilerfor Di Hong Kong nih gan..!!:
Gedung pencakar langit setinggi 187 meter yang dibangun di Distrik Tai Po, Hong Kong, ini tidak untuk ditempati, melainkan hanya akan digunakan untuk menanam buah dan sayuran.
Spoilerfor Di Swedia nih gan..!!:
Kalo yang ini gedung setinggi 177 kaki yang rencananya juga akan dibangun hanya untuk nanem buah dan sayuran di Swedia. Gimana tuh gan??
Tambahan dari agan adonk me04 dan wayangan dia punya komunitas hydroponik dan kasih liat hasil karyanya cek TKP 1 dan bisa join di facebook cek TKP 2

Quote:Spoilerfor Sumber: Sumber 1: Singapore's Vertical Farms
Sumber 2: Sky-High Vegetables: Vertical Farming Sprouts In Singapore
Sumber 3: Sistem Pertanian Vertikal di Singapura
Sumber 4: Mirip Apartemen dan Mall Inilah Lahan Pertanian Vertikal ala China!

Sekian thread ane mudah-mudahan bermanfaat bagi warga KASKUS...!!!
Ane orang baik gan dan bukan bata collector jdi jngn di
Wajib dikomen dan gan. Jika berkenan timpuk ane agan.

Quote:
Quote:Quote:Original Posted By muball â–º
indonesia dilawan,...
sudah lah gan,... capek ikut2an mikir negara ini.

Ane ngga mikirin banget kok gan Ane cuma share informasi kalau diluar sana ada teknologi kayak gini. Mereka berusaha berpikir diluar kotak dan didukung pemerintah. Sedangkan di Indonesia kalo ada yang berpikir diluar kotak malah diambil tuh otaknya, kemudian dimasukin dalam kotak, habis itu kotaknya dilempar lagi ke gudang nyampe berdebu, oleh orang2 tidak berotak yang hanya memperkaya diri sendiri gan. Namun apapun yang terjadi kita harus tetap Cinta Indonesia gan.


Komen terpilih para kaskuser, bagus2 nih gan.
Spoilerfor Komen terbaik..!!: Quote:Original Posted By maringgaiâ–º
wah nais inpoh gan, ane jadi bersemangat lagi buat bikin kebun sayuran dengan memanfaatkan lahan terbatas. beberapa hari ini, pikiran ane tergelitik buat nyari cara gimana biar bisa nanem sayuran di pekarangan yang seadanya (sempit). meskipun basic pendidikan ane sendiri adalah sarjana perikanan.

ane tergerak buat memberdayakan lahan sempit untuk menanam sayuran, tujuan awal sih untuk kebutuhan pribadi aja. karena ane sekarang agak was-was kalau makan sayuran yang dibeli dipasar. ane takut banyak mengandung pestisida. karena itu ane pengen bikin kebun organik. kalau bisa berkembang, mudah-mudahan bisa dijadiin program percontohan buat tetangga-tetangga ane.

memang semakin hari semakin malas saja orang-orang kita, apalagi pemerintah yang kurang perduli sama pertanian. program ketahanan pangan kagak digenjot kayak dulu..jamannya mbah Harto dulu kita jaya, tapi setelah itu melempem...miris banget kan. bayangpun, kalau suatu saat semua kebutuhan pangan kita tidak bisa kita penuhi sendiri dan hanya mengandalkan impor, bakalan jadi apa ni negara?

semoga kita semua semakin sadar, bahwa kita harus berdikari seperti yang mbah Soekarno bilang. kalau bukan kita yang bergerak untuk memenuhi kebutuhan pokok dengan cara bercocok tanam, siapa lagi?

sori gan kalau komen ane kepanjangan. habisnya ane terlalu bersemangat dan terlalu geram dengan pemerintah
Spoilerfor Komen kaskuser lain:
Quote:Original Posted By aizelmo â–º
Ane lulusan pertanian gan..dan ane bener2 miris sebagian besar temen ane malah kerja di bank

IPK gede2, lulusan cum laude, cepet pula cm 4 thn, kerjanya malah bukan di bidangnya ..justru yang ipk 2,5 - 3,4 yang ttp setia sm ilmunya..

selain itu pemerintah juga emang kalo bkin kebijakan aneh2..kaya bukan orang berpendidikan aja..semua orng juga tau dari dulu di Indonesia banyak petani, pelaut, peternak..entah kenapa sektor2 tsb malah dianak tirikan..

doakan ane gan..kalau diberi kesempatan Insyaallah ane mau berusaha memajukan pertanian Indonesia
Semua kaskuser ayo ikut do'ain demi memajukan pertanian Indonesia.
Quote:Original Posted By kingrand â–º
TS terlalu melebih2kan negara lain dan menganggap negara sendiri jelek smw
di indo sebenarnya dah mengadopsi sistem tanam vertikal (vertikultur, cari di google) tapi memang masih sebatas untuk tanaman hias karena untuk skala besar (di bangunan bertingkat) sepertinya masih blm bisa karena anggaran pemerintah/swasta/swadaya ga cukup/ga ada
Aduh, itu bukan maksud TS, Satu juta % TS-nya Cinta Indonesia gan.
Quote:Original Posted By adisundhel â–º
Di Indonesia masih banyak tanah kosong, jadi gk perlu ikut2an
Maksud ane ngga harus ngikutin kaya gini gan. Tapi pemerintah harus pro dengan sektor pertanian yang perlu dikembangkan. Untuk semua kaskuser Cintai Produk Dalam Negeri.
Quote:Original Posted By jend.nDul â–º
Wah bnyk komen yg menjurus k bhan tempe tahu...Jangan disamain ma kedele donk gan,, kebanyakan klo vertikal emg bwt sayur doank,, coba byngin klo bwt kedele. tinggi tnaman kdele brp?? panjang akar kdele brp?? lebarnya brp? n brp lama tnman kdele tmbuh? jelas bda bgt ma syuran yg panennya relatif lbih cpt...
Bener tuh gan, Ane kan cuma ngrasa aneh kok Indonesia masih impor segala macam pangan si. Padahal luas banget lahannya. Itu aja sebenernya.
Quote:Original Posted By A. Naufal â–º
Indonesia itu ibarat seorang transgender.
Dari cowo jadi cewe. Mau segimanapun usahanya gak akan bisa ngelahirin bayi.
Dari negeri yang punya sektor pertanian-perikanan berusaha berubah menjadi negara industri. Kapan mau jadi negara majunya
Ngawur ente. Analoginya dibenerin dulu gan.
Quote:Original Posted By agevita â–º
sebener nya indonesia apa si yg ga bisa? bikin mobil,pesawat,motor semua bisa apa lagi cuman nanem sayur & buah negara kita luas dari sabang sampai merauke. mau apa juga seharus nya bisa sendiri. tapi ya apa boleh buat kalo rakyat & pemerintah nya masi begini saling menyalahkan. terutama pemerintah yg selalu memberikan izin impor tanpa batasan. seharus nya dengan negara yg segini gede minimal kita udah bisa sejajar sama jepang, pemerintah ga pro sama rakyat, tapi rakyat juga ngelunjak.
Agan ini melihat dari 2 sisi yak??
Quote:Original Posted By lowlight88 â–º
yang perlu dikembangkan sebenernya teknologi pertanian penyuluhan2 dll.semenjak era orba tumbang sekarang gak pernah lagi saya lihat inovasi2 banyak dlm pertanian.dimana seorang petani tu kalo bisa tidak menguras banyak energi untuk mengolah tanahnya.saya kira salah satu sebab kenapa anak muda di desa2 sekarang lebih memilih jadi buruh dikota meskipun lahan didesanya luas dan berpotensi menghasilkan produk peetanian yang bagus.
makanya untuk kakak2 insinyur pertanian ayo lah kami2 petani di desa ini diajari cara bertani yang menyenangkan.bagi2 ilmunya dg langsung terjun ke daerah yang berpotensi sebagai kantong2 lumbung pangan.

thx, sory agak panjang.sebab ane juga ngerasain sendiri kayak gitu.ane anak petani lahan ada ya cukup luas lah tp ane males bertani sebab yg ane pikirkan bertani tu panas.capek.blm lagi dihantui merugi karena gagal panen.andaikan ad yang membimbing kayaknya ane jg tertarik untuk bertani.
Go Indonesia Go Indonesia Go
Quote:Original Posted By konosonoano â–º
singapura punya masalah lahan yang sempet, masalah ini yang buat orang2 sana kreatif, sayangnya kita mungkin belum menganggap masalah kelangakaan ini urgent, jadi ya ide2nya (radikal) belum keluar
Quote:Original Posted By wawewow â–º
Sebenernya Indonesia bisa² aja bikin ky yang Singapura lakukan, masalahnya ada oknum² yang ga mau ky gitu. Keadaan sekarang ini memang sengaja dibuat seperti ini. Sengaja banyak impor. Segala sesuatu harus impor. Untuk apa? ya mencari keuntungan sendiri.
Solusinya ya harus ada gerakan tegas dan berani memutus kekuasaan mafia impor itu. Dengan mempersempit geraknya dan memulai gerakan swadaya dan ketahanan pangan.
#IMHO

Quote:Original Posted By DiaxDiax â–º
iya gan miris
tapi yang penyebab tempe/tahu mahal ., emang karena petani kita engga mw nanam kedelai gan harga pasaranya murah .,
seharusnya ada pihak swasta/pemerintah yang memberdayakan di sektor pertanian gann., jangan hanya tembakau
Quote:Original Posted By Second.As.Whds â–º
indonesia impor karena pemerintah memilih cara instan dan mudah.
omset nya juga menjajikan,, walaupun kedepan nya merusak bangsa. toh masa jabatan mereka paling lama 10 tahun. nabung dulu bwt masa depan pribadi..
mantap dah para pemimpin kita, pinter bgt.
Quote:Original Posted By ..joker.. â–º
menteri pertanian kita masa bodoh dengan hal itu gan
boro2 ngurusin pertanian
petani aja kgk di perhatiin
taunya pgn swasembada pangan tp lahan sama petaninya udh kgk ada ???
emg bener negara kita subur tapi masih banyak yg miskin dan kelaparan gan
Quote:Original Posted By asusa42f â–º
kreatif dan inspiratif infonya gan. semoga aja ada sarjana2 pertanian indonesia yang ga kalh kreatif dibandignsingapura.

tapi sedikit lucu dan aneh di indonesia gan. kemarin selasa [27/8/13] kbtulan ada pertemuan Gubernur Jateng bersama Semua Camat Wilyh Kab. Magelang beserta Kades/Lurah dan Seluruh Perangkat Desanya. Pada sesi Diskusi Ringan Gubernur Jateng bertanya ke audiens: " Para Bpk/ Ibu sekalian. diantara putra-putri bapak adakah yang ber CITA-CITA menjadi seorang PETANI ? "
tak ada yang menjawab.

Jadi sedikit terlintas begantung harapan pada sarjana2 pertanian ? sedangkan masyarakatnya kurang/ tdk berminat dlm bidang pertanian?
apkh selamny kita mau impor teruss ?

Thread ane kurang bagus ya gan?? Cuma 1 yang nimpuk Cendol.

Thread ane yang lain gan. Mudah2an bermanfaat juga gan.
Spoilerfor Buka aja gan..!!: HT Agan Tau Jaringan Internet Dunia Terhubung Dengan Apa?? KABEL LAUT atau SATELIT Gan?? HT

HT 20 Animasi GIF yang akan Menjelaskan Bagaimana Benda-Benda Bekerja HT

Agan tau ngga bedanya Closed Source sama Open Source??

Doraemon Gila (Dijamin NGAKAK 1.000.000%)

Penemuan-Penemuan Terbesar yang Terungkap Secara tidak Sengaja

Hati-hati gan buka facebook & twitter pakai WiFi, Droidsheep Bisa Melakukan Segalanya

Detektif Conan?? Sherlock Holmes?? Hercule Poirot?? Semuanya kalah ama sista ini Gan

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/521ea2cd41cb176a3c000000

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger