Home » » Tips Memotret Keluarga, Reuni atau Pernikahan

Tips Memotret Keluarga, Reuni atau Pernikahan



Dont forget to :


Quote:Permisi mod & agan/wati sekalian
Mohon maaf kalo salah kamar atau repost, hanya ingin berbagi kepada para kaskuser tercinta
Disini ane mau ngasih 10 Tips Memotret Foto Keluarga, Reuni atau Pernikahan
Sebelumnya,
Sebagai makhluk sosial, manusia paling suka berkumpul. Nah, kalau sudah ngumpul tentunya sayang sekali kalau gak sempat foto bersama. Di acara penting seperti acara pernikahaan, foto bersama justru menjadi yang terpenting untuk kenang-kenangan (Bener kan? )

Untuk membuat foto bersama atau keluarga yang baik tidak sulit, tapi harus direncanakan dan diatur supaya hasilnya bagus. Di thread ini, ane akan bagikan 10 tips untuk foto saat bersama keluarga, pas reuni atau lagi saat pernikahan agan



Langsung aja, berikut 10 Tips Memotret Foto Keluarga, Reuni atau Pernikahan



1. Persiapkanlah semuanya dengan baik!
Spoilerfor :


Persiapkan kamera (yaiyalah, masa mau foto-foto malah nyiapin panci sama kompor ), tripod, flash, lensa dan lokasi memotret sebelum orang-orang datang.


Lakukan tes foto dengan bantuan beberapa teman atau staff terlebih dahulu sebelum memanggil semua orang untuk berkumpul. Dengan persiapan yang matang, pemotretan akan mulus dan orang-orang tidak perlu menunggu terlalu lama sampai kita siap.

2. Jadilah pemimpin
Spoilerfor :

Fotografer dituntut jadi pemimpin untuk foto bersama, jadi agan jangan malu-malu dan takut dalam mengarahkan orang-orang. Rasa gugup mungkin ada, tapi usahakan untuk menutupinya.

Pastikan suara cukup lantang. Jika perlu naiklah ke atas kursi dan gunakan megaphone supaya orang-orang memperhatikan dan kebingungan. Cara ini sangat efektif terutama jika foto grupnya isinya cukup banyak.

3. Aturlah komposisi dan organisasi
Spoilerfor :


Sebelum orang-orang berkumpul, tetapkan tempat dimana orang-orang akan diposisikan.

Siapkan kursi jika dibutuhkan. Setelah orang-orang datang, posisikan yang tinggi di belakang, dan yang pendek atau kecil di depan. Jika ada anak-anak, posisikan anak-anak duduk di depan atau di lantai.

4. Cari bantuan
Spoilerfor :


Untuk memotret foto bersama dalam skala besar, misalnya saat acara reuni atau pernikahan, jangan segan-segan meminta bantuan untuk mengatur dan memanggil orang-orang yang difoto. MC (master of ceremony) akan sangat membantu dan juga anggota keluarga yang lain.


5. Dari Atas
Spoilerfor :


Untuk foto bersama dengan jumlah orang yang sangat banyak, pertimbangkan untuk memotret dari tempat yang tinggi misalnya diatas tangga.

Dengan sudut tinggi, maka ukuran kepala-kepala orang akan terlihat kurang lebih sama besar. Jika memotret di sudut bawah, orang-orang yang dibaris belakang ukuran kepalanya akan jauh lebih kecil. Selain itu, keuntungannya adalah wajah bisa terlihat sedikit lebih langsing akibat kepala yang mendongak keatas.

6. Komunikasi
Spoilerfor :


Selama proses pemotretan, sebisanya tetap menjalin komunikasi. Kalau memungkinkan, dudukkan kamera diatas tripod, sehingga wajah kita bisa bebas melihat orang-orang dan berkomunikasi dengan mereka dan mereka bisa melihat kita dengan jelas.


Siapkan beberapa joke/humor sehingga mereka rileks dan terhibur. Ekspresi wajah juga akan lebih rileks dan santai.

7. Aksi yang berbeda
Spoilerfor :


Selain foto formal yang cenderung serius, mungkin kita bisa juga memotret foto bersama yang informal bahkan yang agak heboh.


Jika tidak terlalu banyak pesertanya, kita bisa memposisikan orang-orang lebih menyebar, tidak melihat langsung ke kamera, atau melakukan aksi tertentu, misalnya melompat bersama-sama, berpengangan tangan dan lain-lain.

8. Beri contoh lewat mimik dan bahasa tubuh
Spoilerfor :


Mimik eksresi dan gaya tubuh kita akan mempengaruhi orang-orang yang akan dipotret.


Jika kita bersikap serius, maka subjek foto akan ikut bersikap serius. Jika kita bersikap santai dan humoris, maka mereka akan lebih rileks. Tip ini akan sangat berpengaruh saat kita memotret anak-anak. Bermain-mainlah dengan mereka supaya mereka akrab dan ekspresif saat dipotret.

9. Momen Yang Pas!
Spoilerfor :


Momen yang tepat untuk menekan tombol shutter biasanya adalah sesaat dan sesaat setelah kita memberikan aba-aba.


Saat kita mengatakan siap, atau berhitung 1-2-3 biasanya orang-orang akan bersikap agak kaku dan jaim (jaga image), saat kita mengatakan oke, sekarang boleh santai, atau saat menebarkan joke (candaan) maka saat itulah adalah saat yang tepat untuk mendapatkan ekspresi menarik dan apa adanya. Bersiaplah untuk momen itu karena tidak berlangsung lama, sekitar 0.5-1 detik saja. (Bisa dibilang berbohong untuk dapet hasil foto yang alami juga ya gan )

10. Pencahayaan
Spoilerfor :


Jika memotret di luar ruangan, cari tempat yang teduh misalnya dibawah pepohonan dan pastikan cahaya yang jatuh ke setiap wajah merata.

Jika di dalam ruangan, pertimbangkan untuk memakai lampu kilat eksternal dan arahkan kepalanya ke atas langit-langit atau mengunakan payung fotografi sehingga cahaya yang jatuh ke orang-orang lembut dan merata.



Thats all, Selamat mencoba dan semoga berhasil
Kalo berhasil jangan lupa cendolnya ya gan

Tambahan Kaskuser :
Spoilerfor :
Quote:Original Posted By mei24up â–º
siapin juga daya baterai kamera + flashnya yang full
oia, memory nya juga kosongin dulu

kapan-kapan ane coba ah

Quote:Original Posted By thelshev â–º
memory cadangan, lensa, dan fisik jga disiapin gan
foto wedding biasa nguras urat kaki




Source

Thread lainnya
KLIK HERE!

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/521d50a1f9ca17bc2c000010

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger