Home » » Jangan Cuman Ngomong, Buktiin Semangat Kebangkitan Lo Gan

Jangan Cuman Ngomong, Buktiin Semangat Kebangkitan Lo Gan


Hari Kebangkitan Nasional Ke-106

Quote:"Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 106 tahun 2014 hadir membawa pesan, yaitu keharmonisan dalam kemajemukan di atas Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945."

“Tujuan peringatan 106 tahun Kebangkitan Nasional adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita ke depan dalam bingkai NKRI.”

Sumber

Quote:Quote:Kebangkitan Nasional
Quote:
Kebangkitan Nasional adalah Masa dimana Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli.
Sumber

Quote:Quote:Nasionalisme
Quote:
Nasionalisme adalah perasaan cinta atau bangga terhadap tanah air dan bangsanya, namun tanpa memandang rendah bangsa/ Negara lainnya. Dalam mengadakan hubungan dengan bangsa lain selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsanya, serta menempatkan bangsa lain sederajat dengan bangsanya. Nasionalisme dalam arti luas inilah yang diapakai oleh bangsa Indonesia dalam memaknai nasionalisme.

Nasionalisme menjadi dasar pembentukan Negara kebangsaan. Negara kebangsaan adalah Negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan/ nasionalisme. Artinya, adanya tekad masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu Negara yang sama walaupun berbeda ras, agama, suku, etnis, atau golongannya. Rasa nasionalisme sudah dianggap muncul ketika suatu bangsa memiliki cita-cita yang sama untuk mendirikan suatu Negara kebangsaan. Paham nasionalisme akan menjadikan kita memiliki kesadaran akan adanya bangsa dan Negara.

Sumber

Quote:Quote:Potret Buram Pemuda di Era Sekarang
Quote:
Potret buram kondisi pemuda kita saat ini nampak jelas di depan kita. Mungkin ada sebagian putra- putri bangsa ini yang telah mengharumkan nama bangsa di mata dunia lewat berbagai prestasi yang mereka torehkan. Akan tetapi, tidak sedikit pemuda- pemudi bangsa dengan berbagai masalah yang mereka anggap sudah lumrah dan biasa terjadi di kalangan pemuda, seperti tawuran, seks bebas, penyalahgunaan narkoba dan sebagainya. Mereka berlomba- lomba berkiblat pada dunia barat. Kecintaan pada produk dalam negeri mulai hilang dengan semakin banyaknya produk asing (seperti Mc Donald, Coca Cola, Pizza Hut,dll.) membanjiri Indonesia., Membeli produk luar negeri mereka anggap suatu kebanggaan tersendiri yang dapat menaikkan prestise mereka di hadapan masyarakat. Tampaknya westernisasi telah menyulap pemuda negeri ini menjadi lupa akan jati diri mereka sebagai bangsa Indonesia yang masih memegang teguh budaya timur. Selain itu, munculnya sikap individualism yang menimbulkan ketidakpedulian antarperilaku sesama warga. Dengan adanya individualisme maka orang tidak akan peduli dengan kehidupan bangsa.

Jika kita gambarkan, nasionalisme saat ini berada di titik nadir, dimana semua kebijakan berkiblat pada neoliberalisme, sehingga kesejahteraan rakyat jauh dari cita- cita pendiri bangsa. Pada tahun ini juga, moralitas Indonesia mencapai titik kulminasi terendah. Korupsi bukan hanya menjadi bagian dari budaya, tetapi juga telah menjadi bagian dari mata pencaharian untuk mendapatkan tambahan bagi biaya hidup yang semakin membumbung tinggi. Sedangkan bagi yang sudah hidup layak, korupsi merupakan bagian dari kekuasaan.

Lalu, siapa yang patut dipersalahkan untuk semua permasalahan pelik yang melanda negeri ini?, pemerintah ?, globalisasi? atau memang nasib bangsa kita seperti ini?. Sangatlah tidak tepat jika kita mengkambinghitamkan pemerintah atas semua kekacauan yang melanda negeri ini, karena pemerintah sendiri telah melakukan berbagai upaya. Namun semua itu tidak akan berarti apa- apa tanpa dukungan dari segenap masyarakat Indonesia. Atau sangatlah tidak adil melemparkan kesalahan sepenuhnya kepada pemuda yang sebenarnya mereka sendiri berada dalam proses pencarian jati diri mereka masing- masing, serta salah besar jika kita menyalahkan globalisasi. Karena kehadiran globalisasi sendiri tidak bisa kita hindari. Globalisasi memang berpotensi memberikan dampak positif dan juga dampak negatif bagi bangsa Indonesia. Hanya ada dua pilihan dalam era ini, menjadi tuan rumah atau mungkin pembantu di negeri sendiri?. Semua itu tergantung dari bagaimana kita menyikapinya.


Quote:Quote:Bagaimana Cara Membangkitakan Semangat Nasionalisme?

Quote:Quote:Mengenang Kembali Jasa Para Pemuda Masa Lampau
Quote:
Mari kita kembali membaca buku tentang sejarah, atau sedikit melakukan pencarian di Kaskus, untuk mengtahui perjuangan pada masa lampau hingga terbentuknya Hari Kebangkitan Nasional. Atau kita juga bisa membayangkan pertumpahan darah yang para pemuda lampau lakukan untuk melindungi Tanah Air tercinta. Pemuda masa lampau berjuang untuk kita, maka kita bisa seperti sekarang. Tapi bila kita tidak berjuang pada masa sekarang, maka tidak akan ada masa depan. Jangan sia-sia kan apa yang telah mereka lakukan untuk negara kita.

Quote:Quote:Mengambil Hal Positif Dari Globalisai
Quote:
Globalisasi banyak membawa hal positif dalam perkembangan kita, tapi kenapa kita lebih menyukai hal negatif dari globalisasi. Padahal kiita dapat meniru pola berpikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan Iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa yang pada akhirnya memajukan bangsa dan akan mempertebal rasa nasionalisme kita terhadap bangsa. Dengan hal positif tersebut,

Quote:Quote:Mencintai Produk Lokal
Quote:
Mencintai produk lokal adalah salah satu wujud dari nasionalisme yang bisa dilihat dengan cara mata telanjang. Tidak perlu malu menggunakan produk lokal, karena itu artinya Agan sudah peduli sama perkembangan produk-produk lokal. Seiring perkembangan teknologi, produk lokal telah mencapai kualitas yang menyerupai brand-brand asing. Selain itu harga produk lokal juga lebih murah di banding brand-brand asing. Jadi mulai sekarang jangan takut "keren" menggunakan produk lokal. Tanpa adanya dukungan dari kita terhadap produk lokal, maka akan semakin sulit produk dalam negeri berkembang.

Quote:Quote:Bangga Terhadap Budaya Indonesia
Quote:
Salah satu cara mebangkitkan jiwa nasionalisme adalah dengan belajar mencintai budaya yang beranekaragam di Indonesia. Orang asing saja sudah berlomba-lomba untuk menyaksikan dan belajar tentang keanekaragaman budaya yang ada di negara kita, dan kita sebagai tuan rumah hanya duduk diam melihat orang-orang bule tersebut. Seharusnya kita sadar untuk terus menjaga budaya tersebut agar tetap lestari, dan jangan sampai budaya kita di claim negara lain. Bila kita mencintai budaya yang ada di Indonesia, otomatis kita pasti akan menjaganya juga.

Quote:Quote:Mematuhi Peraturan Yang Ada Di Indonesia
Quote:
Peraturan di buat untuk di patuhi. Tetapi tujuan sebenarnya adalah menciptakan rasa nyaman, aman, dan tentram. Jika kita patuh akan aturan yang ada di negara Indonesia, maka tidak akan sulit mencapai kata nyaman. Dengan mematuhi peraturan yang ada, secara tidak langsung kita sudah memupuk rasa nasionalisme kita.

Quote:Quote:Membantu Sekitar Tanpa Pandang Bulu
Quote:
Ingat, orang kuat itu itu ditakuti, tapi orang baik itu di segani. Kita bisa memulai memupuk rasa nasionalisme dengan membantu orang-orang sekitar yang sedang membutuhkan pertolongan. Semakin ikhlas kita melakukannya, maka akan semakin besar jiwa nasionalisme kita. Kita bisa memulai membantu teman-teman yang kesulitan dalam belajar dan membantu orang tua mengerjakan pekerjaan tumah, lalu kita bisa mengembangkannya dengan turun di masyarakat.

Quote:Quote:Buang Sikap Egois Untuk Nasionalisme
Quote:
Salah satu hal penghalang untuk menumbukan rasa nasionalisme dalam diri kita, yaitu egois. Sebagai pemuda penerus bangsa sungguh tidak pantas bagi kita untuk memiliki sikap egois, karena sikap egois tersebut akan menghancurkan jati diri kita. Dengan sikap egois, kita menjadi tidak peduli kepada hal apapun, itu bisa membuat kita mengabaikan hal-hal penting yang ada di dalama nasionalisme. Jadi mari kita pemuda bersama sama menghapus ego yang ada di dalama diri kita. Saat egois mulai pudar, maka bendera jiwa nasionalisme akan berkibar.

Quote:TS Sangat Menerima Tambahan.
Tunjukan Jiwa Nasionalisme Agan!



Quote:Quote:Nasionalisme dan Pancasila
Quote:
Adapun spirit kebangsaan (nasionalisme) pada bangsa Indonesia diakomodasi dalam Pancasila sila ketiga yakni “Persatuan Indonesia”, dan ditandai dengan adaya ciri-ciri:
  • Memiliki rasa cinta pada tanah air (patriotisme)

  • Bangga manjadi bagian dari bangsa dan masyarakat Indonesia

  • Menempatkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi ataupun golongan

  • Mengakui dan menghargai sepenuhnya keanekaragaman yang ada pada bangsa Indonesia

  • Bersedia mempertahankan dan turut memajukan Negara serta menjaga nama baik bangsanya

  • Membangun rasa persaudaraan, solidaritas, perdamaian, dan anti kekerasan antar kelompok masyarakat dengan semangat persatuan dan kesatuan

  • Memiliki kesadaran bahwa kita merupakan bagian dari masyarakat dunia, sehingga bersedia untuk menciptakan perdamaian dunia dan menciptakan hubungan kerjasama yang saling menguntungkan

  • Sumber

    Quote:Quote:Nasionalisme dan Pemilu
    Quote:
    Ane tidak akan berbicara banyak soal ini. Seperti yang kita ketahui, ada 2 calon yang akan bersaing pada pemilihan calon presiden nanti. Semua keputusan ada ditangan kita para pemuda. Mari kita memilih dengan bijak dan pintar. Tunjukan juga rasa nasionalisme Agan dengan tidak melakukan Golput. Tetap gunakan suara Agan dengan bijak, dan tetap lakukan pemilihan dengan pintar.

    Quote:“Kridaning Taruna Manggalaning Nagari”

    "Maju mundurnya negara tergantung pada pemudanya"

    Jika pemudanya bersatu, maka kemajuan bangsa ini pun bisa kita wujudkan.


    Kilik Gambar Untuk Melihat Thread Menarik Lainnya


    Quote:"Kaskuser bermartabat mengerti apa yang harus Dia lakukan."

    Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/537af7a16507e75c358b4572

    Hosting

    Hosting
    Hosting

    TryOut AAMAI

    Hosting Idwebhost

    Hosting Idwebhost
    Hosting Handal Indonesia

    Belajar Matematika SD

    Popular Posts

    Arsip Kaskus HT

     
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger