Home » » Agan Ini Punya Jawaban Buat yang Gak Puas Sama Pelayanan RS

Agan Ini Punya Jawaban Buat yang Gak Puas Sama Pelayanan RS

Sebetulnya ane dah komen di tread itu, tapi gak di kasi pege one. jadi ane tulis bantahannya dari tread: Berjudi Nyawa di Rumah Sakit Ala Indonesia (GILA INI BENAR - BENAR GILA!)


T: Jadi selama ini mereka yang sudah menjadi dokter (terutama dokter umum) berarti belum memenuhi syarat atau standar untuk melakukan praktek? Atau bagaimana? Kok mau dibuat “Dokter Layanan Primer”
Spoiler for jawab: J: Bukan gitu,, itu system luar negeri. Klo disana setelah lulus S1 bisa pilih langsung ke spesialis. Klo di Indonesia semua wajib jadi dokter umum dulu, klo mau jadi spesialis sekolah lagi.

Jujur saja Kalo standart pendidikan, dan standart profesi kedokteran itu tinggi. Kampusnya harus terakreditasi, punya RS, Harus lulus di kampusnya, ada Standart Kompetensi Dokter yg berlaku nasional, Trus ada ujian nasional(UKDI), Wajib magang 1 tahun(internship), baru jadi dokter. Habis itu ada MKDKI, IDI yg mensupervisi kerja dokter. Trus ada UU praktek kedokteran yg bisa jadi landasan hukum. Belum lagi komite medic, dan komite etik di RS tempat bekerja.




T: kenapa Harus memberi jaminan dulu baru di layani di rumahsakit. Temen ane sampe utang2 dan njaminkan HP supaya bisa dilayani. Ini benar2 gila, Rumah sakit yg dipikirin duit ajaaa
Spoiler for jawab: J: Rumah sakit itu banyak elemennya,,,
Ada dokter dan pegawai medis yg menjalankan pelayanan
Ada Managemen RS yg memastikan tidak bangkrut dan bahan yg terpakai diganti.
KETIDAK ADILAN NO.1 KEBIJAKAN MANAGEMEN YG DISALAHKAN DOKTERNYA

Klo di UGD harus ada jaminan itu wajar. Diluar negeri harus pake Kartu kredit ato nomor jaminan social(asuransi ato BPJS). Hal ini murni kebijakan Management yg tidak mau nomboki.
Biasanya setelah registrasi di loket baru diberi blanko rekam medic. Dari blanko ini lah dokter menuliskan tindakan, dan meresepkan obat, dan pemeriksaan penunjang.Jika tidak ada blanko dokter tidak bisa menuliskan instruksinya, meresepkan obat dll. Maunya dokter ya langsung di kerjakan,,, tapi gimana lagi blankonya gak ada.

Kebijakan itu dibuat karena banyak kasus2 yang gagal bayar(kabur, terlambat, hutang) padahal missal ente sakit butuh oksigen dan klo oksigennya habis RS harus reload. Dan reload pake duit, cash gak bisa ngutang. Nah klo ada gagal bayar dan rs harus tetap mengadakan. duit dari mana??? Itu klo hanya oksigen, klo obat yg harganya jutaan, ato persiapan operasi yg puluhan juta,,, pake duit siapa nombokinya?


Contoh kemarin KJS dimana klaimnya terlambat dibayar,,,, disatu sisi RS gak boleh nolak pasien datang, disisi lain klaim belum dibayar. Trus pasien yg datang mau diobati pake apa???? Duitnya siapa yg buat beli obat yg habis????
Makanya ada kasus dulu pasien askes dikasi obat utk 1 bln, sekarang cuma ½ bulan. Ya karena gak ada yg buat nomboki.

Seringnya pengobatan gratis dijadikan komoditas politik. Seperti KJS,, sistemnya belum matang, anggarannya belum tersedia tetapi tetap di paksakan. Mungkin rakyat akan senang, kebijakan populis,,, tetapi yg tergencet ya RS dan orang2 didalamnya. Yg gajinya dan jasa mediknya di buat nomboki dulu. Ane sih sabar saja, tapi ya tolong mengerti keadaannya jangan cuma menghujat.
KETIDAK ADILAN NO.2 RS TIDAK BOLEH NOLAK PASIEN, TAPI KEWAJIBAN PASIEN SERING TERLAMBAT. SIAPA YG NOMBOKI?

Makanya jangan kaget klo managemen yg serba salah buat peraturan extreme, seperti jaminan dulu, ato menahan bayi, ato jenazah. Hal ini untuk memastikan RS tidak bangkrut.



T: lihat tuh, Banyak pasien yg ditolak rumah sakit. Apa karena pake KJS ato BPJS dan orang miskin jadi ditolak RS. Lihat juga tuh kasus bayi dera yg ditolak rumah sakit karena miskin, sampe tidak tertolong?
Spoiler for jawab: J: Sebetulnya bukan karena miskin kemudian ditolak, tapi krn tempatnya yg tidak ada. Ketika KJS maka semua berbondong2 ke RS Pemerintah ato yg bekerjasama dg KJS akibatnya membludak dan tempat tidak memenuhi, akhirnya ditolak.

Dari http://kff.org/global-indicator/hospital-beds/
Perbandingan jumlah kasur di RS dg 10.000 penduduk:
World 30
Afghanistan 4
Indonesia 6
Israel 34
Malaysia 18

Artinya untuk 10.000 org Indonesia cuma tersedia 6 kasur. Ya jelas tidak cukup.
KETIDAK ADILAN NO.3 INFRASTRUKTUR DAN SUPRASTRUKTUR YG KURANG TAPI MENYALAHKAN RS

Dari http://kff.org/global-indicator/physicians/
Perbandingan tenaga medis(dokter dan spesialis) dg 10.000 penduduk:
World 13.9
Afghanistan 1.9
Indonesia 2.0
Israel 31.1
Malaysia 12.0

Artinya untuk 10.000 org Indonesia klo sakit cuma ada 2 tenaga medis. Jelas timpang.
KETIDAK ADILAN NO.4 MINTA DILAYANI DG PRIMA TETAPI BEBAN KERJA BERLEBIHAN

Bayangkan, pilot saja ada batas maksimal waktu penerbangan, klo lebih harus istirahat dulu. Bahkan petugas catat meter PLN di jatah 3 menit tiap rumah,,, klo lebih lama bisa ditinggal.
Nah liat dokter dengan sift yg panjang, berapapun pasien yg datang tidak ada limitnya, bisa 3 ato 30 pasien, Mikir penyakit yg susah, menjelaskan ke pasien, dengan pengobatan yg sesusah apapun entah tulis resep aja ato sampe njait ato Pijat jantung,, trus akhirnya tergesa2, kecapaian, stress ya wajar



Belum lagi jumlah alat yg canggih, seperti respirator, incubator dll. Ini lebih sedikit lagi. Jadi bayi dera bukan ditolak krn miskin tapi karena alatnya sudah dipake semua. Orang kaya klo butuh incubator juga antri. Tapi lain cerita klo di RS swasta,,,, biasanya tersedia tapi ya mahal. Ada harga ada rupa. Ente bayar kereta tiket ekonomi minta kursi yg lebar dan nyaman,,, ya gak bisa dong

T: Adil gak dimana orang kaya, bisa mendapat pengobatan yg baik, di tempat yg lebih nyaman (RS Swasta), sedangkan banyak orang miskin yg harus berjubel di Kelas 3 RS Negeri? Liat tuh UUD 45 yg bilang fakir miskin dipelihara Negara?
Spoiler for jawab: J: Ya itu adil TONG. Itu hokum sebab akibat
Klo ente jaga kesehatan, ya gak sakit
Klo ente kerjakeras ya berhasil
Klo ente inovatif ya unggul
Klo ente rajin ya pandai
Klo ente korupsi ya dipenjara
Klo ente serakah ya masuk neraka
Klo ente kaya ya dapet fasilitas

Justru klo disama ratakan ya gak adil, ente sudah kerja keras, kaya eh pelayanan kesehatannya kelas 3. Ingat UUD juga bilang tiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yg layak.

Kemampuan Indonesia ya cuma segitu,,, kelas 3 yg jumlahnya kurang pula

T: Temen ane kecelakaan, trus butuh operasi segera. Eh dokter bedahnya ternyata masih main tenis. Gila gak tuh. Memang dokter itu ya harus menolong, klo gak mau gitu jangan jadi dokter
Spoiler for jawab: J: Tong, Dokter bedah di Indonesia jumlahnya terbatas sekali,,,, dan mereka tidak bisa di 24 jam 7 hari seminggu harus ke RS. Memang mereka biksu apa??? Mereka juga sebagai Suami yg punya kewajiban dg istrinya. Mereka juga orang tua yg harus hadir untuk anaknya. Mereka juga hamba tuhan yg harus haji jika mampu. Mereka juga manusia yg punya hoby. Klo disuruh-suruh kerjaaa terus,,, mereka bukan robot.

Klo gak mau nunggu dr bedahnya, kecelakkannya di hari kerja aja, dan pas pasiennya kosong, Ruang operasinya sudah di sterilkan, Pas dokter anestesinya gak ada pasien, Pas Lab pemeriksaan penunjang(CT-Scan, dll) lagi kosong juga. ato jalan ati2 aja, jangan kebut2an




T: tuh, kasus kakek edi yg dibuang RS. Memang RS gila semua, mementingkan duit aja
J: Itu oknum tong, Jangan di generalisir



T: liat tuh Kisah bayi Naila meninggal saat tunggu antrean nomor 115 di RS? Apa menurut lo?
Spoiler for jawab: J: BTW itu kasus gawat darurat kok antri….? Klo system antri, siapa datang dulu dilayani lebih dahulu itu di POLIKLINIK. Klo di UGD sistemnya TRIAGE, yg lebih gawat didahulukan, meskipun datang terahir. Jangan2 nih bayi dibawa ke POLI bukannya UGD,,, ya jelas aja suruh antri. Ini yg gak tau orang tuanya ato bijimane ini?

T: Kakak ane mual, muntah, panas menggigil, pusing berat seperti kepala mau pecah, eh di UGD dokternya tidak segera menangani. Memang dokter2 parah,,, apa kerena kita orang miskin jadi di telantarkan?

Spoiler for jawab: J: Bisa jadi,,,,. Tapi bisa juga kakak ente triasenya hijau atau putih.
Jadi klo di UGD itu ada pasien lagi yg baru dating dengan lemes, diem aja,,,, (padahal dia syok Demam berdarah) ya dia yg didahulukan. Meskipun kakak ente teriak2 kesakitan(padahal cuma Tipes aja) ya oto matis kakak ente di PENDING BUKAN DI TELANTARKAN. Trus klo banyak pasien dg triage lebih dari kakak ente ya akan terus di pending. Memang gitu sistemnya tong. Klo pingin langsung ditangani buat UGD sendiri aja TONG,,,

Ini triage copi paste dari luarnegeri
http://cdn.kaskus.com/images/2014/02...0214042224.jpg

Nah yang nentuin masuk mana itu dokternya,,, karena yg keliatannya gawat triak2 belum tentu mengancamnyawa,,, trus klo yg lemes diem aja belum tentu tidak gawat!!!

Misal(dengan bahasa kasaran ini ya) kakak ente yg tipes,, dia ditangani terahir ato 2 jam lagi juga gak bakal mati,,, sedangkan ada pasien yg lemes diem aja ternyata syok. Klo pasien ini terlambat hitungan menit bisa meninggal,,,, kaya gitu contohnya. Pikir itu TONGGG


T: Ane pernah datang sendirian ke RS sudah bengep gatel2, bentol2,,, di RS disuruh beli obat sendiri, antri di farmasi,, gila sudah sakit disuruh beli obat sendiri
Spoiler for jawab: J: Trus harus siapa yg belikan obatnya? Dokternya? Perawatnya?,,,,,,ya gak mungkin TONG

T: Ane pernah sakit, dokternya gak ngasi tau apa2,,, ngomongnya cepet banget dan tergesa2. Jadinya ane gak tau dg jelas sakit apa? Dasar dokter2 sekarang
Spoiler for jawab: J: Ini kasus yg paling banyak dikeluhkan, dan paling banyak di laporkan ke MKDKI. Yaitu KOMUNIKASI yg kurang. Sebetulnya bukan hanya kurangnya waktu tapi juga ketimpangan informasi yg sangat lebar. Bayangkan penyakit yg complex yg kalo belajar harus tahunan, eh dengan pertemuan menitan harus paham. Ya tidak mungkin….
Ini seperti ada anak baru beli HP android yg sebelumnya gak pake HP. trus minta diajari cara nge ROM, Flash. Yg ada adalah(kaya di forum KASKUS) penyederhanaan,,, dan itu pasti tidak bisa dipahami utuh. Sudah dijelaskan sampe berbusa juga masih tetep gak ngerti, karena dasarnya belum tau.




T: Ada px meninggal yg bawa anaknya pake gerobak krn gak bisa sewa ambulan,,, dimana hati nurani RS,, Masa sudah meninggal tidak mau menolong pasien yg miskin ini?
Spoiler for jawab: J: Gan semenjak ambulan jalan pake bensin, yg bensinnya harus beli. Ya sejak itu jasa ambulan mbayar. Klo tiap pasien meninggal trus minta diantarkan gratis,, trus dari mana pemasukannya? Trus dari mana ngaji sopirnya? Piker TONG

Ini kaya jasa gali kubur, masa orang sudah kehilangan anggota keluarganya yg dicintai,, eh gali kubur masi dimintai duit? Ya ealah,,,

T: Dokter adalah profesi mulia,, ya jangan banyak nuntut dong. Dan jangan hanya mengincar kekayaan dengan mengenyampingkan pasien.
Spoiler for jawab: J: Kenyataannya gan
Itu artinya, sopir Transjakarta mendapat gaji sekitar Rp 7,7 juta per bulan. Namun, hingga saat ini baru sopir Transjakarta di Koridor I, XI, dan XII, yang sudah bisa menikmati gaji tersebut. Sedangkan, sopir di 7 koridor masih digaji 1 kali UMP. Sebab, mereka masih terikat dengan kontrak lama dengan para operator.
IDI menilai gaji itu jauh lebih tinggi dari yang diterima para dokter di DKI Jakarta. Bahkan, gaji para dokter tidak sampai setengah dari sopir Transjakarta sebagaimana diatur dalam peraturan baru itu. Hal ini juga diakui oleh Wakil Gubernur basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Dari: http://news.liputan6.com/read/540501...r-transjakarta

Juga ini
Gaji dokter ternyata banyak yang pas-pasan. Idealnya, gaji dokter umum 20 juta per bulan. Gaji dokter spesialis ya di atas itu. Dari 110 ribu anggota IDI, sekitar 70 persen tidak sejahtera. Mereka hidup pas-pasan dengan gaji sekitar Rp 1,8 juta sampai Rp 5 juta per bulan.
Dari: http://www.lintas.me/go/rimanews.com...idak-sejahtera

Yang terbaru, jasa medic untuk dokter umum tiap pasien dalam BPJS dihargai 2.000,00 perak. Sama dengan pak tukang parkir,,, bedanya satunya sekolah, dan tanggung jawab besar, satunya gak ada sekolah khusus dan klo mobil rusak gak tanggung jawab.
Lagi,, jasa medik Spesialis anestesi cuma dihargai 70.000 tiap operasi,, bayangkan dengan sekolahnya dan tanggungjawabnya. Klo dijalankan sesuai prosedur trus ada melesetnya, bisa di penjara kaya dr. ayu. Mana keadilannya???!!!

Hal ini karena plafon budget di INA CBG yg keterlaluan,, dan gak rasional. Disitu kelihatannya besar tapi masih dibagi dg barang yg digunakan, tenaga medis yg lain, dan obat.

Semoga plafonnya di naikkan(otomatis APBN utk kesehatan dinaikkan) trus tenaga medisnya dapat insentif,,, ini baru adil dan menjamin pelayanan prima.



T: bapak gw pernah kena kanker om. terlepas dari semuanya, ketika tersengal2 karena penyakit nya, kanker tenggorokan gan. ketika masuk UGD pun di mintai uang 10jt sebagai jaminan. sekarang ente pikir aja. siapa yang punya uang 10jt malam2 cash? kalo gak bayar harus keluar dari UGD. coba ente pikir deh. karena tabiat? karena ini karena itu? ooo... tunggu dulu.

point nya adalah oknum RS dan administrasi ngehe yang minta ini itu buat jaminan bla bla bla...

gw, bokap gw adalah salah satu orang yang gak suka ama RS. dan ketika gw bayar tapi gak memuaskan pelayanannya gw pasti marah2 dengan kerasnya kepada dokter dan rumah sakit tersebut.
Spoiler for jawab: J: Agan dzolim,,,, diatas katanya oknum RS dan administrasi,, kok dibawah yg dimarai dokternya. Harusnya ente minta maaf gan

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52fde1445bcb171627000040

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger