Home » » Tips Untuk Calon Mahasiswa IT

Tips Untuk Calon Mahasiswa IT

Hallo gan
Ketemu lagi sama ane, Bang Kris
Berhubung Tahun ini bakal ada angkatan baru dalam sejarah kampus kampus di Indonesia, maka kali ini ane bakal membagi tips untuk kalian calon mahasiswa IT.



Kenapa ane berbagi Tips ini ?
Simple aja, ane gak mau kalian yang calon mahasiswa IT malah KAGET begitu masuk ke dunia perkuliahan.

Kaget gimana ?
Kaget dalam ngelihat materi kuliah gan.
F.Y.I Gak sedikit lho mahasiswa semester 1 yang KAGET melihat materi perkuliahan. Kenapa ? ada 2 hal yang dapat membuat mereka KAGET melihat materi perkuliahan
  • Karena mereka belum pernah nyentuh yang namanya bahasa pemrograman.

  • Karena mereka berasal dari SMA atau SMK Non IT bukan SMK IT

  • “KAGET melihat materi perkuliahan” itu bisa berdampak besar sama kehidupan ente sebagai mahasiswa IT di kemudian hari ! Menurut pengalaman dan pengamatan ane, orang yang “KAGET melihat materi perkuliahan” nantinya bisa menjadi 2 kepribadian.
  • Menjadi PEMALAS karena merasa dirinya udah gak bisa duluan A.K.A PUTUS ASA duluan

  • Menjadi semakin bersemangat karena ini merupakan tantangan besar bagi dirinya

  • Ane gak mau ente yang calon mahasiswa IT nantinya malah jadi mahasiswa PEMALAS yang ujung ujungnya bakal cuma copy paste mentah mentah tugas temen doang yang dimana sifat ini bakal nyusahin ente saat membuat Laporan KP dan Skripsi.



    So, marilah ente simak beberapa TIPS dari ane sebelum ente “KECEBUR” jadi Mahasiswa IT

    NB : Tips dibawah ini ini hendaknya ente lakukan sebelum ente jadi Mahasiswa. Ente kan saat ini libur panjang nih habis UN. MANFAATKAN GAN !!! Jangan Terlena dengan kesibukan yang menyesatkan… Ingat ! Tak semua kesibukan itu bermanfaat !



    BELAJAR ALGORITMA
    Spoiler for Read more: Apa sih itu algoritma, nah kalau di otak ente muncul pertanyaan kayak gini. Ya itu pertanda awal ya gan.

    Algoritma adalah kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah / problem gan.

    Yak, ente harus belajar bagaimana berfikir secara detail dan logis dalam menyelesaikan masalah. Apapaun itu.

    Contohnya simple aja, misalkan lampu kamar ente mati dan ente harus menggantinya sendirian. Ente harus berfikir gimana cara mengganti itu lampu.

    Kalau mau mengganti lampu otomatis ente harus melepas lampu dulu kan ?
    Yak, bener dalam teorinya TAPI SALAH DALAM PRAKTEKNYA !
    Maksudnya ? pertama, ente cek dulu apakah ente sudah punya bohlam pengganti.

    Setelah dicheck dan ternyata bohlamnya penggantinya ada, setelah itu ente naik ?
    Yak bener dalam teorinya TAPI SALAH DALAM PRAKTEKNYA !
    Ente harus matiin saklar atau stop kontaknya dulu demi alasan keamanan ente.

    See ?
    Sebagai mahasiswa IT, ente SANGAT dituntut untuk berfikir secara detail dan logis serta penuh pertimbangan. Apalagi saat ente mendevelop sebuah program yang kompleks wih Algoritmanya akan sangat sangat banyak gan !!!

    Intinya, ente harus belajar untuk berfikir secara detail dan logis serta penuh pertimbangan.

    Inget kata katanya CAK LONTONG...

    MIKIR !




    BELAJAR KONSEP PEMROGRAMAN
    Spoiler for Read more: Belajar konsep pemrograman ini akan memudahkan ente untuk membuat sebuah logika program

    Ada beberapa konsep pemrograman, contohnya adalah
    Percabangan ( if/else, switch )
    Perulangan ( for, while, do while)

    ente harus ngerti bagimana konsep dari if else, switch, for, while dan lain lain.
    Kenapa ? karena if else, switch, for dan lain lain itu sangat digunakan nanti saat ente belajar bahasa pemrograman

    Contoh if else :
    "JIKA Saya ingin pulang kerumah, maka saya harus belok KANAN. Jika tidak, saya harus belok kiri"

    Code:
    if(saya == pulang kerumah) {
    belok kanan
    } else {
    belok kiri
    }

    ente bener bener musti berusaha menguasai, bukan hanya sekedar hafal. Percuma ente hafal konsep tapi implementasi ke sintaks program gak bisa.



    Apapun bahasa pemrograman yang bakal ente pelajari. Konsep nya sama kok gan. Yang beda itu cuma sintaks nya aja.
    maksudnya ?
    Kita bahas di spoiler lain ya gan

    BELAJAR FLOWCHART
    Spoiler for Read more:
    Oh iya, untuk belajar algoritma akan lebih mudah jika ente mengerti yang namanya diagram alir atau bahasa keren nya FLOWCHART.

    Apa itu flowchart ? Flowchart atau diagram alir merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah.



    nah, flowchart ini bakal sangat mempermudah ente dalam meluapkan atau mengungkapkan LOGIKA BERFIKIR ente kedalam sebuah kertas



    Ini adalah contoh flowchart menghitung luat persegi panjang gan



    BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN
    Spoiler for Read more:
    Setelah ente mengerti tentang algoritma & konsep pemrograman. Alangkah baiknya kalau ente belajar juga bahasa pemrograman.



    Apa itu bahasa pemrograman ?
    Bahasa pemrograman adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.



    Ada banyak banget gan bahasa pemrograman...
    ada C#, Java, VB, Pascal, Delphi, AJAX dan lain lain
    TAPI !
    ane sangat menyarankan ente untuk belajar bahasa C / C++ terlebih dahulu gan, sebelum belajar bahasa yang lainnya

    Compiler yang ane sarankan adalah BORLAND C++ 5.02 keluaran tahun 1999



    Kenapa ???
    Karena menggunakan BORLAND C++ 5.02 kita gak bakal dimanja sama compilernya gan.
    Berbeda banget kalau ente masih pemula udah pake netbeans.

    Oh iya, di spoiler sebelumnya ane ada bilang kalau
    Quote:Apapun bahasa pemrograman yang bakal ente pelajari.
    Konsep nya sama kok gan.
    Yang beda itu cuma sintaks nya aja.

    Yuk ane buktikan gan
    BAHASA C++
    Code:
    for (int i = 0 ; i<=10 ; i++){
    cout<<i;
    }

    hasil : 12345678910

    BAHASA java
    Code:
    for (int i = 0 ; i<=10 ; i++){
    System.out.print( i );
    }

    hasil : 12345678910

    See?
    Hasilnya sama aja kan
    konsep sama juga
    sintaks nya doang yang berbeda

    BELAJAR SABAR & TELITI
    Spoiler for Read more:
    Nah ini yang cukup penting gan
    Mahasiswa IT itu kudu sabar dan teliti gan.



    Terkadang setelah codingan kita jadi, belum tentu langsung sukses jalan nya. Terkadang ada errornya.
    Dan errornya itu sangat sangat bikin kita jengkel dan bikin kita bersedih.
    Spoiler for sedih:

    Contoh
    Quote:System.out.println("Hello World")

    Contoh diatas adalah bahasa pemrograman java yang tujuannya untuk memunculkan tulisan Hello World.
    Tapi coba ente run kan itu sintaks pasti error. Kenapa ??
    TERNYATA cuma kurang tanda semicolon gan " ; "

    harusnya
    Quote:System.out.println("Hello World");

    see ?
    kadang lupa akan hal sekecil itu bisa fatal
    jadi ane sarankan ente untuk belajar sabar & teliti sedini mungkin
    jangan gara gara kurang tanda semicolon ente langsung nyepak CPU / laptop ente




    5 hal diatas menurut ane perlu untuk ente pahami khususnya bagi calon mahasiswa IT.
    Pertanyaannya adalah, siapa yang bisa bantu ente belajar ?

    hellow, Sekarang sudah 2014 gan, jaman sudah maju. Ente gak perlu PUNYA BUKU setebal YELLOW PAGES untuk belajar ! Ente bisa cari e-book di google, ente bisa ke COMPUTER STUFF, ente bisa tanya temen atau senior kampus yang ente kenal.

    F.Y.I sebelum ane jadi mahasiswa IT ane belajar bahasa pemrograman dengan cara nyolong source code tugas temen ane yang sudah senior kampus.
    Karena kalau minta mungkin gak bakal dikasih karena ane gak terlalu kenal sama dia apalagi minta source code nya. Berhubung ane gak mau jadi mahasiswa modal nekat doang, terpaksa ane ngambil resiko

    Please gan, ente bakal naik tingkat jadi mahasiswa. Jangan masih terpaku sama harus punya buku paket / LKS baru bisa belajar...
    Kampus ane gak ngasih buku paket untuk mahasiswanya belajar, terserah mahasiswa mau belajar lewat apa dan via apa.

    Semua yang ane tulis ini bersumber dari otak ane yang ane dapat dari pengalaman dan pengamatan ane, kecuali definisi definisi yang ada.

    Sekian thread dari ane gan.
    Sampai jumpa di lain thread

    Kalau ada masukan, silahkan komeng aje gan.
    Nanti ane quote deh ane masukin ke pejwan

    Quote:Q : Kris, emangnya ente sudah pro banget ya sampai bisa ngasih tips ke orang ?
    A : Gak perlu pro untuk ngasih nasihat ke orang gan.

    Q : ah tapi ente kok sok sok-an ngasih tips ?
    A : ah ente jangan terlalu sering 'ngeyel' jika diberi nasihat dan masukan bro.

    Komentar Kaskuser
    Spoiler for read more: Quote:Original Posted By xcrashxâ–º
    ane alumni IT, sekarang jadi programmer juga..
    sedikit tambahan dari ane, jangan lupa buat lebih mengasah LOGIKA agan2 kalo mo jadi mahasiswa IT dan mau jadi programmer juga nantinya
    kalo logika udah mantep pasti bakalan ngerti konsep pemrograman, kondisi, looping dll,
    udah cukup dua itu aja, mau ganti2 bahasa pemrograman juga gak masalah deh.. tinggal pelajarin syntaxnya aja...

    sama jangan kaget kalo nanti keseharian ente bakalan kayak gini




    Quote:Original Posted By guni â–º
    satu lagi gan...

    biasakan untuk membuat foding yg rapih diikuti dengan comment utk trace back atau debugging di masa mendatang...

    ane dulu pas kerja debugging paling benci kalo baca program yg gak rapih dan gak ada keterangan fungsi dr bagian yg ditulis.

    pengalaman ane, kadang pas kita bikin program semuanya serasa mudah, tp stlh 1 tahun, coba ente baca lg program buatan ente sendiri (yg sampe ratusan baris). pasti bingung kalo gak ada keterangannya.

    Buat yang gak ngerti maksudnya agan guni
    maksudnya itu gini gan.

    Quote:cout<<"Halo kaskuser"; //memunculkan tulisan halo kaskuser
    ente sebaiknya menambahkan comment "//"
    gunananya apa ? gunannya ente biar gak lupa cout<<"halo kaskuser"; itu maksudnya apa.
    tapi ga perlu semua line ente isiin comment, ya line line yang penting dan bersifat kompleks aja gan
    karena itu bakal mempermudah kita untuk mereview codingan sudah pernah kita buat dulu.

    ada 2 bentuk comment dalam pemrograman dekstop setau ane.
    1. //ini adalah komentar pertama
    //ini adalah komentar kedua
    2. /* ini adalah komentar pertama
    ini adalah komentar kedua */

    MOTIVASI



    Quote:NB : Untuk para calon mahasiswa IT.
    Ane sarankan ente punya buku atau mencari e-book yang judulnya
    " Algoritma Dan Pemrograman by Rinaldi Munir "

    Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5359d0a3ae07e714398b45fa

    Hosting

    Hosting
    Hosting

    TryOut AAMAI

    Hosting Idwebhost

    Hosting Idwebhost
    Hosting Handal Indonesia

    Belajar Matematika SD

    Popular Posts

    Arsip Kaskus HT

     
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger