Home » » 20 Fakta Unik Tentang Moluska Bermantel

20 Fakta Unik Tentang Moluska Bermantel






HT #8


Ada tiga hal yang bisa digunakan untuk menjelaskan moluska yaitu, mantel dengan rongga yang digunakan untuk bernafas serta tubuh yang sangat fleksibel, ekskresi yang menghasilkan radula serta struktur sistem saraf dan sensorik yang luar biasa dimana darah mengalir dengan filamen gilli yang mengandung pigmen hemocyanin sekaligus perturakaran oksigen dan karbondioksida terjadi antara darah dan air yang mengalir. Mereka juga memiliki tempurung (shell) yang dihasilkan oleh mantel berasal dari protein dan chilin yang diperkuat oleh kalsium karbonat, dimana ada 3 lapisan yaitu pertama: nacreous, lalu kedua: prismatik dan ketiga: periostracum. Uniknya, tubuh moluskan termasuk bilateral simetris sehingga ukuran panjang sisi kanan dan kiri dengan batasan tengah adalah sama persis. Keistimewaan moluska lainnya adalah bukan saja mereka sering dimanfaatkan sebagai santapan makanan tapi juga komoditas barang dagangan bahkan sebagai alat tukar. Sekali lagi, keindahan dan kerumitan morfologi dari moluska jelas begitu berbeda dengan makhluk hidup lainnya sekaligus menambah kekayaan akan keberagaman di dunia ini, sungguh kecil kemungkinan bahwa segala sesuatu itu terjadi tanpa adanya desain yang sempurna yang dilakukan oleh Pemilik sebenarnya, Allah ta'ala. Berikut rangkuman keunikan yang bisa TS rangkum berkaitan dengan moluska.

1. Moluska juga mampu memproduksi mutiara, yaitu tiram dari ordo Pterioida, dan menurut catatan, maka mutiara terbesar yang dapat dihasilkan adalah dari "Pinctada maxima" (read: Philippine Pearl), dan juga menjadi satu2nya yang memproduksi mutiara laut selatan (south sea pearl) yang terindah dibandingkan yang lainnya sehingga mendapat julukan Mother of Pearl. Bahkan mantan presiden Filipina, Fidel Ramos mendeklarasikan pada tahun 1996 melalui Proclamation No. 905 menetapkannya sebagai gem nasional serta dapat dijumpai pada lembaran uang 1000 peso. Temperatur air, plankton dan sedimen adalah faktor2 penting yang menentukan kecerahan warna.



Spoiler for ..






Code:http://www.australiansouthseapearls.com/the-world-s-finest-pearls#pinctada-maxima
http://animals.howstuffworks.com/marine-life/question630.htm

2. "Teredo navalis" (read: Shipworm) adalah spesies luar biasa dengan ukuran yang kecil sekitar 2 cm yang kemungkinan berasal dari timur laut Samudera Atlantik, tetapi telah menyebar di seluruh dunia melalui tumpukan2 komoditas perdagangan di dermaga2 pelabuhan. Spesies inilah yang menjadi penyebab utama kerusakan dan kehancuran struktur kayu dan lambung kapal. Sampai sekarang belum ada metode yang terbukti efektif untuk menanggulangi pengrusakan kayu ini. British Royal Navy pada abad ke-18 mengganti dengan tembaga bawah kapalnya untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, sementara Belanda pada abad ke-17 mengganti tanggul2nya dengan batu agar mencegah terjadinya banjir bandang, bahkan pada awal abad 19, kapal ferry yang berlabuh di San Fransisco mengalami kerugian yang luar biasa mencecah angka 2 trilyun dolar serta masih banyak kerugian lainnya [link] dan [link]

Spoiler for ..





Code:http://www.poseidonsciences.com/teredo-worm.html

3. Tiga serangkai siput ini adalah moluska yang paling beracun, "Conus geographus" (read: Geographic Cone Snail), "Conus tulipa" (read: Fish Hunting Cone Snail), dan "Conus Striatus" (read: Striated Cone Snail). Siput geografi adalah juaranya kalau mengacu kepada standar LD50 yaitu 4 µg/kg dimana mengandung MVIIA yang merupakan omega-conotoxin yang mengakibatkan efek kekakuan total pada curut, implikasinya adalah chronic neuropathic. Sementara itu, dalam bidang kesehatan dilakukan penelitian terhadap conotoxin ini dalam obat ziconotide untuk penyakit AIDS dan kanker. Sementara itu, siput tulipa memegang rekor kedua dengan LD50 10 µg/kg dan siput striatus pada urutan ketiga dengan LD50 100 µg/kg.

Spoiler for ..





Code:http://animals.nationalgeographic.com/animals/invertebrates/geographers-cone-snail/
http://penelope.uchicago.edu/~grout/encyclopaedia_romana/aconite/geographus.html
http://www.nature.com/nature/journal/v429/n6994/full/429798a.html

4. "Helix pomatia" (read: Burgundy snail) dan "Saccostrea glomerata" (read: Sydney Rock Oyster) adalah 2 spesies moluska di dunia yang sering mendapat perhatian manusia karena kelezatannya, sehingga menjadi jenis moluska yang paling sering dimakan, karena mudah ditemukan bahkan di restoran sekalipun. Siput Burgundi memiliki ukuran 30â€"50 mm dengan ukuran cangkang 30-45 mm, dan mampu melakukan hibernasi dan estivasi dengan membentuk calcareous epiphragm yang akan mengunci cangkangnya, selain itu siput ini termasuk hermaprodit sehingga kedua pasangan dapat bertelur setelah kawin (membuahi). Sementara itu, tiram sydney dengan panjang tubuh 8 cm dan berat 50 gram menjadi primadona di Australia dimana industri budidaya nya berkembang pesat di New South Wales dan Queensland selatan. Uniknya, tiram ini bisa bertukar kelamin, pada awal kelahiran sebagai jantan kemudian saat bertelur menjadi betina. Keunikan lainnya adalah, yang betina menghasilkan 2 juta sel telur dan jantannya mengeluarkan 100 juta sperma ketika gelombang dan arus pada saat yang pas.

Spoiler for ..






Code:http://www.snail-world.com/roman-snail-escargot/
http://www.mesa.edu.au/aquaculture/aquaculture33.asp

5. Sementara itu, siput yang paling kecil yang telah diamati adalah "Ammonicera rota" (read: European Snail) dengan ukuran 10-15 mm, dan pesaing terberatnya adalah "Partula rosea" (read: Pacific Snail) yang memiliki ukuran tidak terlalu berbeda, namun sayangnya hanya tinggal ratusan saja karena terancam punah, lebih parahnya lagi, hanya bisa kita saksikan di kebun binatang Inggris dan Amerika Serikat. Cangkang siput terdiri dari tiga lapisan: 1) hypostracum yang merupakan lapisan terdalam; 2) ostracum, yaitu lapisan tengah, sebagian besar terdiri dari kalsium karbonat; dan 3) kulit shell atau periostracum, yang terbuat dari campuran protein yang menentukan warna cangkang. Setelah siput mati, lapisan ini akan terkikis lalu memperlihatkan warna putih atau abu-abu.

Spoiler for ..







Code:http://www.welcomewildlife.com/?folder=pages/urban%20wildlife/other/snails

6. Sedangkan "Syrinx aruanus" (read: Australian trumpet) adalah siput yang terbesar dengan ukuran 77-91 cm, bahkan menjadi yang paling berat diantara semua dengan berat mencapai 18 kg. Cangkang siput ini sering dijadikan koleksi, sumber kapur, penampungan air bahkan sebagai umpan menangkap ikan. Sementara siput yang terpanjang adalah "Parenteroxenos doglieli" (read: ) yang hidup sebagai parasit di teripang dari kelas Holothuroidea, sehingga menjadikan panjangnya mencapai 130 cm.

Spoiler for ..





Code:http://www.qm.qld.gov.au/Find+out+about/Animals+of+Queensland/Molluscs/Gastropods/Marine+snails/Syrinx+-+Worlds+largest+snail#.U58olBZz3Bw
http://www.conchology.be/?t=66&species=Syrinx+aruanus

7. Tridacna gigas (read: Giant Clam) termasuk kandidat moluska yang terbesar, terutamanya dari kelas Bivalvia dengan ukuran 137 cm dengan berat 250 kg dan mampu hidup lebih dari 100 tahun lamanya seperti yang ditemukan pada tahun 1817 di pantai barat Sumatera. Sementara itu, pada tahun 1984 di pantai Ishigaki juga ditemukan yang tak kalah besarnya dengan ukuran panjang 113 cm dan berat mencapai 340 kg. Uniknya, kerang ini hanya punya satu kali kesempatan untuk mendapatkan tempat tinggalnya, ketika dia sudah dapat maka dia akan kerasan sampai mati dengan lama waktu hidupnya dapat mencecah 100 tahun juga. Kenyataannya juga legenda pemakan orang kerang ini tidak terbukti sama sekali, berdasarkan penelitian mengenai sistem pencernaannya. Namun, kelas Cephalopoda yang memegang rekor terbesar, yaitu "Mesonychoteuthis hamiltoni" (read: Colossal Squid) dengan ukuran panjang 12-14 m dimana matanya saja 23 cm. Cumi-cumi ini mengalami pertumbuhan abyssal gigantism yang menyebabkan adanyai kecenderungan tumbuh besar karena pengaruh kedalaman laut dengan tekanannya.

Spoiler for ..






Code:http://animals.nationalgeographic.com/animals/invertebrates/giant-clam/
http://a-z-animals.com/animals/giant-clam/
http://marinebio.org/species.asp?id=247

8. "Nautilus pompilius" (read: Chambered Nautilus) memiliki keunikan yaitu adanya sekitar 90 tentakel yang mempunyai mata pada setiapnya (walaupun tidak ada lensa) dan dapat ditemui pada kedalaman 300-600 meter pada siang hari dan 90-150 meter pada malam hari.

Spoiler for ..




Code:http://www.thecephalopodpage.org/Npompil.php

9. "Artica Islandica" (read: Ocean Quahog) memiliki kulit kerang berwarna hitam dengan ukuran mencapai 50 mm. Kerang dengan nama Ming Clam merupakan yang tertua dari kingdom animalia yang berdasarkan rekod terkini dari pertumbuhan tahunan garis pada kulit cangkangnya merupakan yang paling lama usianya pada tahun 2006. Alan Dr. Wanamaker, Dr Paul Butler, Professor James Scourse and Professor Chris Richardson dalam penelitian tersebut secara akurat menyatakan usianya adalah 507 tahun, sementara data sebelumnya menunjukkan juga di ISlandia pada tahun 1868, menemukan kerang dengan usia 374 tahun [link].

Spoiler for ..





Code:http://sciencenordic.com/new-record-world’s-oldest-animal-507-years-old
http://www.bbc.com/news/science-environment-24946983
http://www.mirror.co.uk/news/weird-news/ming-clam-confirmed-bangor-university-2788505

10. "Sepia Apama" (read: Australian Giant Cuttlefish) adalah spesies sotong terbesar dengan ukuran 52 cm dengan berat 10,5 kg yang dengan sel chromatophores, mereka mampu memberikan pertunjukan yang sangat spektakuler dengan merubah warnanya dalam waktu yang instan (ada 3 kelas warna: kuning, merah dan hitam/cokelat) sehingga mendapat julukan chameleon batu karang, dengan 2 jenis struktur yaitu iridophores (menghasilkan iridescence/permainan warna pada kulit) and leucophores, yang memproduksi warna keputih2an pada pola tubuh. Selain itu, keunikan lainnya adalah mereka juga memiliki kulit papillae yang dapat mengubah penampilannya secara dramatis, disamping memiliki neurotoxins untuk menghalau bahkan membunuh mangsanya serta memiliki warna darah berwarna hijau, yang uniknya termasuk hewan yang buta warna [link].

Spoiler for ..





Code:http://eol.org/pages/593213/details
http://www.sportdiver.com/photos/seaview-giant-australian-cuttlefish-decline
http://www.molluscs.at/cephalopoda/index.html?/cephalopoda/main.html

11. "Enteroctopus dofleini" (read: Giant Pacific Octopus) adalah gurita terbesar dengan ukuran 9.1 m dan berat 272 kg, layaknya gurita yang lain mereka bergerak menggunakan hyponome yang sama prinsipnya dengan mesin jet serta mampu meregenerasi tentakelnya yang ilang dalam waktu 6 minggu. Sementara itu, Hapalochlaena fasciata (read: Blue-lined Octopus) termasuk spesies gurita yang beracun juga dari genus yang beracun, disamping itu mereka juga memiliki sel chromatophore yang berfungsi untuk berkamuflase mengubah warna apabila terprovokasi menjadi kuning menyala dengan cincin atau garis biru.

Spoiler for ..



[img]Sinekolchatyy-osminog-lat-Hapalochlaena--krasiv-i-smertelno-opasen.jpg[/img]


Code:http://animals.nationalgeographic.com/animals/invertebrates/giant-pacific-octopus/
http://australianmuseum.net.au/Southern-Blue-lined-Octopus-Hapalochaena-fasciata
http://www.arkive.org/north-pacific-giant-octopus/enteroctopus-dofleini/

12. "Arion rufus" (read: Red Slug), "Arion vulgaris" (read: Spanish Slug) dan "Arion Ater" (read: Black Slug) adalah tiga kawanan pemegang rekor keong darat terbesar tanpa cangkang dengan ukuran 7-14 cm, 8-12 cm dan 10-15 cm. Uniknya, keong ini bernafas dengan pneumostome yang berada pada bagian kanan mantelnya dan juga termasuk hewan hermaprodit serta mampu menghasilkan mucus yang mengandung enzim antiseptik lysozyme, immunoglobulins, garam inorganik, dan protein lactoferrin serta glycoproteins, meskipun begitu mampu menyebabkan penyakit terutamanya berhubungan dengan infeksi viral seperti flu, sinusitis dan demam. Uniknya lagi, meskipun terlihat kecil, mereka mampu mengangkat beban dengan berat 10x beratnya, jadi secara hitungan kasar, andaikan kita memiliki berat 65 kg maka mampu mengangkat beban 650 kg.

Spoiler for ..




Code:http://www.slugoff.co.uk/slug-facts/bad-slugs
http://www.spanishslug.co.uk

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/539ee733d44f9fc9498b46d6

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger