Home » » Belajar Bahasa Buatan Seperti di Film Star Trek dan Avatar

Belajar Bahasa Buatan Seperti di Film Star Trek dan Avatar

Salam Kaskus!

Quote:Spoiler for Basa-Basi: Agan semua sudah lihat sekuel ke-2 The Hobbit? Ane sudah gan ane sedikit kecewa dengan filmnya. Tapi trit ini nggak bakal bahas filmnya kok. Kali ini ane bahas tentang bahasa-bahasa buatan yang ada di film.

Pasti semua bertanya kok malah bahas bahasa buatan. Kalau sudah liat film The Hobbit pasti tau kalau sepanjang film terdapat dialog-dialog dengan bahasa aneh. Yah kalo belum lihat The Hobbit, setidaknya inget film Lord of The Ring dan Avatar yang biru. Semua film tadi banyak menggunakan dialog bahasa buatan gan.

Spoiler for Pengertian Bahasa Buatan: Bahasa buatan dalam bahasa inggris disebut dengan conlang aka constructed language, yaitu bahasa yang dibuat dengan tujuan tertentu. Tujuannya bisa sebagai sandi rahasia atau seni. Tapi bukan sekedar sandi mensubtitusi kata atau huruf. Harus ada grammar atau tata bahasa sendiri. Jadi "bahasa" walikan ala malang atau dagadu jogja, belum bisa disebut bahasa buatan. Oh iya bahasa alay termasuk sandi lho gan.

Lah bahasa yang lain kan juga buatan manusia gan? Nah, kalau bahasa Indonesia, Inggris, India dll itu disebut bahass natural. Bahasa natural berkembang secara alami dan berevolusi, seperti bahasa melayu kuno berubah menjadi melayu, bahasa melayu bercampur bahasa senusantara menjadi bahasa Indonesia sekarang.

Ribet ya? Maaf
Spoiler for Bahasa buatan di film:
Spoiler for Klingon: Spoiler for film:
Spesial buat angkatan tua nih. Siapa nggak tau bahasa legendaris di film Star Trek? Coba agan ucapkan ini : Heghlu'meH QaQ jajvam. Belibet gan? Yup ini adalah bahasa Klingon. Kalimat tadi artinya "hari ini adalah hari yang bagus untuk mati". Karakteristik bahasa Klingon adalah bahasa yang kasar, maknanya juga kasar. Ada 30 orang yang lancar berbicara menggunakan bahasa ini. Oh iya bahasa Klingon juga punya abjad sendiri gan namanya pIqaD.
Spoiler for Contoh huruf klingon:
Spoiler for Atlantean: Spoiler for film:
Sekarang buat angkatan 90! Siapa angkatan 90 yang nggak nonton film Atlantis produksi Disney? Ane nonton gan Di film ini ada bahasa dan huruf Atlantean. Ane dulu pake huruf ini buat sandi rahasia, kalau nggak salah inget dapat chartnya dari majalah Bobo Huruf ini aslinya ditulis dari kanan ke kiri mirip arab tapi ane dulu kaya latin biasa
Spoiler for abjad:
Ini ane kasih sedikit contoh Atlantean : Toh! Anik kag-in Kalvatara es-e-tot, yang artinya "hai, namaku kalvatara"
Spoiler for Na'vi: Spoiler for film:
Siapa nggak tau film di atas?? Hehe adik ane bilangnya Avatar biru buat bedain sama Avatar botak Di film Avatar biru, manusia menginvasi sebuah planet yang dihuni bangsa Na'vi yang punya bahasa sendiri Pencipta bahasa Na'vi adalah Paul Former. Grammar bahasa ini ruwet gan, terlalu banyak kelas dan pembentukan katanya rumit. Banyak menggunakan imbuhan. Terus kalau bahasa Inggris ada sistim singular-plural nah di Na'vi ada singular-dial-trial-plural ruwet kan...

Nih gan contoh singular-dial-trial-plural
Nantang hahaw. â†' seekor viperwolf tidur.
Menantang hahaw. â†' dua viperwolve tidur.
Pxenantang hahaw. â†' tiga viperwolves tidur.
Aynantang hahaw. â†' banyak viperwolve tidur.

Spoiler for Sindarin: Spoiler for film:
Nah ini salah satu bahasa dalam karya Eyang Tolkien. Eyang Tolkien menciptakan banyak bahasa lho. Kita bahas beberapa saja, salah satunya Sindarin. Sindarin adalah salah satu bahasa yang dipergunakan bangsa peri atau elf. Perhatikan peri-peri yang cantik dan tampan rupawan, kalau bicara syahdu . Coba gan ucapkan kalimat ini : Gellon ned i gelir i chent gîn ned i lelig yang artinya aku suka melihat sinar matamu saat dirimu tertawa.
Bahasa para peri memang berkesan puitis gan. Eyang Tolkien emang jos. Bahasa ini ditulis menggunakan huruf Tengwar. Bentuknya mirip yang ada di cincin Lord of The Ring. Tapi bahasanya beda. Bahasa yang di cincin adalah Black Speech
Spoiler for huruf tengwar:
Spoiler for Black Speech: Spoiler for film:
Masih karya eyang Tolkien. Kali ini adalah Black Speech. Kalau sudah liat The Hobbit pasti tau setiap dialog yang diucapkan Azog bukan bahasa Inggris. Yup Azog berbicara dengan bahasa Black Speech. Bahasanya mirip bahasa turki campur bulgaria gan. Dalam karya eyang Tolkien, Black Speech adalah bahasa pemersatu anak buah Sauron yang kebanyakan adalah Orc. Kalau nggak liat film/baca novel pasti bingung, siapa Azog siapa Sauron. Nah contoh Black Speech yang terkenal adalah tulisan di cincin Lord of The Ring. Jadi tulisan di cincin itu adalah bahasa Black Speech (bahasa Orc) ditulis dengan aksara Tengwar (huruf Peri/Elf).
Dalam aksara latin begini gan :
Quote:Ash nazg durbatulûk, ash nazg gimbatul, ash nazg thrakatulûk agh burzum-ishi krimpatul.
Artinya : Satu cincin untuk memerintah mereka semua, satu cincin untuk mencari mereka, satu cincin untuk membawa mereka semua dan dalam kegelapan membutakan mereka.
Spoiler for cincin:
Spoiler for Tambahan singkat dari kaskuser:
Spoiler for Bahasa minion:
Kalau mnurut ane ini macam pinyin atau kreol atau bahasa campur-campur hehe. Ada campran inggris, spanyol, prancis, italia dan murmured alias bunyi ga jelas. Lucu banget
Spoiler for Bahasa pletak-pletok di film Gods must be Crazy: Bahasa pletak-pletok di film ini adalah bahasa ungwatsi. Bahasa ungwatsi dibuat berdasarkan bahasa khoisan. Bahasa Khoisan ciri khasnya adalah ada bunyi pletak-pletok yang dalam ilmu bahasa disebut konsonan-klik. Jadi unik gan terus susah banget pengucapannya.
Spoiler for Bahasa ular Harry Potter: Bahasa komunikasi antara Harpot sama ular disebut Parselmouth/Parseltongue. Ini ane belum tahu banyak gan.
Spoiler for Penutup: Sebenarnya masih banyak gan, masih ada Dothraki, Ancient, dll. Selain bahasa buatan dalam film, ada juga bahasa buatan yang emang tujuannya untuk digunakan dalam komunikasi global. Contohnya Esperanto, Volapük, Ido, Sambahsa, Solresol, dan favorit ane Toki Pona Maaf ya gan kalau panjang. Sugeng dalu.

Quote:Agan tertarik belajar bahasa di atas? Atau malah bikin bahasa sendiri untuk menyaingi bahasa alay?
Spoiler for bonus:

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52cd899afbca17fe278b457c

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger