Home » » Format Musik dari Masa ke Masa

Format Musik dari Masa ke Masa



Quote:

Spoiler for Cendol


Quote:


Album FISIK Ataupun DIGITAL Sama Saja. Yang Penting: DUKUNGANNYA


Quote:


Banyak yang percaya daan sepakat kalo produk utama dari seorang musisi adalah lagu. Bukan merchandise kayak kaos, topi, sticker, atau aksesoris lainnya. Meski nggak salah juga kalo beli merchandise ini yahh. Tapi, kayaknya akan lebih ideal kalo kita tuhh beli album atau singel orisinil dari band atau penyanyi idola kita. Entah itu album fisik ataupun album format digital yang ngetrend belakangan ini.

Yap! Di era modern sekarang ini, ada banyak pilihan format album yang tersedia. Mulai dari yang berbentuk fisik, kayak cd, kaset, piringan hitam, sampai ke format digital model flashdisk, atau download berbayar, semua ada. Masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya, tentunya.

Setiap kita pun punya punya selera masing-masing.Ada yang sudah puas dengan kualitas CD yang bersih, ada yang ngerasa kangen ngegulung pita kaset pake pensil, ada yang ngerasa orgasme ketika mendengarkan bunyi kresek dari piringan hitam, dan nggak sedikit juga yang cinta sama kepraktisan mp3 yang punya portabilitas tinggi.

Apapun pilihan kita, pastikan kita mendukung artis idola kita dengan membeli karya mereka secara resmi. Ini juga demi keberlangsungan scene musik, tentunya.


Quote:


Ah, tapi mereka kan udah kaya?? Buat apa sih ngasih duit ke artis yang notabene udah berkecukupan?? Eiitttsss... Tunggu duluu... !!!!

Adalah salah besar kalo kita berfikir bahwa ketika kita membeli lagu atau album itu kita hanya memperkaya si artis ataupun pemilik label. Sesungguhnya ada hajat hidup orang banyak didalam proses pembuatan sebuah lagu itu. Mulai dari pegawai di kantor label rekaman, pemilik dan penjaga studio, latihan, sound engineer, pabrik cd, percetakan, toko cd, sampai sekedar tukang makanan dan minuman di sekitar studio tempat mereka berkarya.

See?? Hal kecil seperti mengunduh lagu secara ilegal ternyata percaya atau nggak ber-impact besar terhadaap keberlangsungan -so called- industri musik. Yes, illegal download is so not cool!. Jadi, mari sisihkan sedikit uang untuk membeli rilisan asli artis idola kita. Mau bentuk fisik ataupun digital, silakan saja. Yang penting, dukungannya. Yukkk....


Quote:
FORMAT DARI MASA KE MASA!

Ada banyak cara menikmati musik. Mediumnya sendiri terus berubah seiring berjalannya waktu. Semua punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada apa ajah??? Simak nihh ulasannya.. !!

Quote:

1. Piringan Hitam

Piringan Hitam mulai diperkenalkan sekitar tahun '50-an. Format ini dipakai oleh band-band dalam merilis lagu mereka. Selama kurang lebih dua puluh tahun format ini merajai pasar. Popularitasnya sempat tergeser oleh kaset di era '70-an. Bentuknya yang relatif besar membuat piringan hitam ini kalah praktis untuk dibawa-bawa. Meski begitu, piringan hitam yang biasa disebut plat atau vinyl ini punya fans loyal yang cinta mati sama format ini. Alasan utama mereka jelas: kualitas audio yang super.

"Karena keseluruhan rasanya lebih enak ketimbang digital download". ujar Harlan eks C'mon Lennon. Hal ini juga diaminni sama Daniel, vocalis band metal Deadsquad, yang notabene merupakan kolektor piringan hitam. "Gue kecanduan beli vinyl karena emang kualitas suaranya nggak ada duanya," sahutnya.

Vinyl ini bisa dibilang kembali ngetrend beberapa tahun belakangan ini. Dan band-band lokal kita pun nggak ketinggalan buat merilis album mereka dalam format ini. Sebut saja White Shoes and The Couples Company, Deadsquad, Superman Is Dead, Kelelawar Malam, C'mon Lennon, dan lain sebagainya.

Quote:

Kelebihan:
Kualitas Suara lebih jernih dan lebih bagus dari format lainnya.

Quote:

Kekurangan:
Beli player-nya relatif mmahal, begitu juga harga vinyl-nya. Ini karena di Indonesia udah nggak ada tempat menduplikasi vinyl, sehingga semuanya masih harus impor dari luar.


Quote:
Quote:


2. Kaset Tape

Cassete berasal dari bahasa Perancis yang artinya kotak kecil. Kaset sempat populer di tahun '70-an sampai '90-an. Bentuknya yang kompak bikin format ini cepat merebut hati para pecinta musik saat itu.

Meski belakangan keberadaannya digerus sama cd, beberapa band lokal ada yang coba merilis album mereka dalam format ini. Entah itu atas nama nostalgia, apa demi kepentingan kolektibilitas. Teanage Death Star merilis The Early Years '88-'91 Backyard Tapes, ada juga 3 Way Split Album Kelab Baca Trio dari Angkasa/Serigala Jahanam/Garna Ra, lalu album Suar Marabahaya dari Auman yang kolaborasi bareng Maternal Disaster, mini album Infinite Fracture dari SSSLOTHHH, semua dirilis dalam format kaset.


Quote:

Kelebihan:

Kaset bentuknya lebih simpel dan bisa dibawa kemana-mana, kualitas suaranya pun masih terbilang bagus.

Quote:

Kekurangan:
Pita Magnetiknya gampang kusut, tape deck atau pemutar kaset sekarang udah mulai jarang.



Quote:
Quote:


3. Cakram Padat / Compact Disc (CD)

CD (Compact Disk) atau Cakram Padat Ini bisa jadi merupakan format fisik paling populer saat ini. Kemunculannya di awal '80-an sukses menggeser popularitas piringan hitam dan kaset. Format ini belakangan dapat serangan dari bentuk digital yang banyak beredar secara ilegal via internet. Kondisi ini membuat band-band atau label belakangan mengemas album format cd ini secara eksklusif guna menaikan tingkat kolektibilitasnya.

Seringai, misalnya. Mereka memilih album Taring dalam format deluxe dan reguler. Hal serupa juga dilakukan sama The SIGIT, Pandai Besi, dan Burgerkill, yang mengemas cd-nya dengan maksimal.

"Boxset yang kami keluarkan itu adalah salah satu bentuk eksklusivitas supaya jadi collectible item buat orang yang bener-bener pengen dan ngoleksi karya kita. Meskipun cukup mahal tapi sangat worth it karena ada banyak hal yang sangat limited," ujar Agung, gitaris Burgerkill.


Quote:

Kelebihan:
Bentuknya simpel kualitas suaranya jernih, perawatannya mudah, lagu-lagu yang ada di CD bisa dipindahkan ke komputer dengan cara di rip ke dalam format digital.

Quote:

Kekurangan:
CD bisa rusak jika sisinya tergores ekstrim oleh benda tajam.


Quote:
Quote:


4. MP3

MP3 (MPEG, Audio Layer 3) jadi format paling populer dalam musik digital saat ini. Ukuran filenya yang kecil sifatnya yang portable bikin format ini bisa menyebar cepat bak virus. Kualitasnya pun beragam mulai dari bit rate 32 sampai 320 kbps.

Sekarang ini nggak sedikit band lokal yang ngerilis album digital dan dijual secara online entah itu lewat Amazon, Google Play Store, ataupun iTunes. SORE adalah salah satu band yang mulai gencar menjual rilisan terbaru mereka lewat iTunes. "Gue pribadi lebih menekankan buat jualan digital. Lebih praktis" jelas Bemby dari SORE.


Quote:

Kelebihan:
Praktis bisa dimasukan ke MP3 payer, Handphone, dll.

Quote:

Kekurangan:
Kualitas audio relatif pas-pasan, data gampang hilang.



Quote:

Spoiler for Sumber
Majalah Provoke! Edisi #80 (diketik ulang dengan ilustrasi gambar yang diambil dari berbagai sumber)

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53a0b4821a99757e678b45b1

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger