Home » » Kumpulan Interior Masjid yang Memukau

Kumpulan Interior Masjid yang Memukau


Spoiler for Bukti repost

Spoiler for Pengantar singkatDatang kepada suatu bangsa yg tidak mengenal seni bangunan, akhirnya Islam mengenalkan dan menyatukan bangsa tersebut dengan bangsa-bangsa lainnya dan terjadilah Assimilasi Ilmu Pengetahuan dan Seni termasuk Seni Arsitektur.
Thread ini menyajikan sejarah perkembangan arsitektur Islam dan beberapa Interior-interior masjid yang indah di dunia

Spoiler for PENDAHULUAN
Quote:Quote:Interior Masjidil Haram Mekkah
Arsitektur Islam berkembang sangat luas baik itu di bangunan sekular maupun di bangunan keagamaan yang keduanya terus berkembang sampai saat ini. Arsitektur juga telah turut membantu membentuk peradaban Islam yang kaya. Bangunan-bangunan yang sangat berpengaruh dalam perkembangan arsitektur Islam adalah masjid, istana dan benteng yang kesemuanya memiliki pengaruh yang sangat luas ke bangunan lainnya, yang kurang signifikan, seperti misalnya bak pemandian umum, air mancur dan bangunan domestik lainnya.

Quote:Interior Masjid Nabawi

SENI DAN KAIDAH
Spoiler for SENI DAN KAIDAHArsitektur Islam adalahsebuah karya seni bangunan yang terpancar dari aspek fisik dan metafisik bangunan melalui konsep pemikiran islam yang bersumber dari Al-Qur’an, Sunnah Nabi, Keluarga Nabi, Sahabat, para Ulama maupun cendikiawan muslim. Aspek Fisik adalah sesuatu yang nampak secara jelas oleh panca indera. Dalam hal ini sebuah bangunan dengan fasad yang memiliki bentuk dan langgam budaya islam dan dapat dilihat secara jelas melalui beberapa budaya, seperti budaya arab, cordoba, persia sampai peninggalan wali songo. Bentuk fisik yang biasa diterapkan dalam sebuah bangunan sepetri penggunaan kubah, ornamen kaligrafi, dan sebagainya. Aspek Metafisik adalah sesuatu yang tidak tampak panca indera tapi dapat dirasakan hasilnya. Hal ini lebih kepada efek atau dampak dari hasil desain arsitektur islam tersebut, seperti bagaimana membuat penghuni/ pengguna bangunan lebih nyaman dan aman ketika berada didalam bangunan sehingga menjadikan penghuni merasa bersyukur. Contoh lain hasil desain ruang-ruan dalam sebuah rumah, bisa menjadikan komunikasi orangtua dan anak lebih dekat, sehingga membuat mereka rajin beribadah.

Kaidah Arsitektur Islam
  • Didalam dan luar bangunan tidak terdapat gambar/ornamen yang makhluk hidup yang utuh
  • Didalam dan luar bangunan terdapat ornamen yang mengingatkan kepada yang Maha Indah, yaitu Allah SWT.
  • Hasil Desain bangunan tidak ditujukan untuk pamer dan kesombongan.
  • Pengaturan ruang-ruang ditujukan untuk mendukung menjaga ahlak dan prilaku.
  • Posisi toilet tidak dibolehkan menghadap atau membelakangi kiblat.
  • Keberadaan bangunan tidak merugikan tetangga disekitar
  • Pembangunan sampai berdirinya bangunan seminimal mungkin tidak merusak alam.
  • Menggunakan warna yang mendekatkan kepada Allah, seperti warna-warna alam.


  • SEJARAH
    Spoiler for SEJARAHPada tahun 630 M, Nabi Muhammad beserta para sahabatnya berhasil menaklukkan Makkah dari kafir Quraish. Pada masa ini bangunan suci Ka'bah mulai didedikasikan untuk kepentingan agama Islam, rekonstruksi Ka'bah telah dilaksanakan sebelum Muhammad menjadi Rasul.Bangunan suci Ka'bah inilah yang menjadi cikal bakal dari arsitektur Islam. Dahulu sebelum Islam, dinding Ka'bah dihiasi oleh beragam gambar dan berhala serta beberapa gambar mahluk. Ajaran yang muncul belakangan, terutama berasal dari Al Qur'an, akhirnya melarang penggunaan simbol-simbol yang menggambarkan makhluk hidup terutama manusia dan binatang. Pada abad ke-7, muslim terus berekspansi dan akhirnya mendapatkan wilayah yang sangat luas. Tiap kali muslim mendapatkan tanah wilayah baru, yang pertama kali mereka pikirkan adalah tempat untuk beribadah, yaitu masjid. Perkembangan masjid di saat-saat awal ini sangat sederhana sekali, atau kadang-kadang beberapa bangunan diadaptasikan dari bangunan yang telah ada sebelumnya

    PENGARUH DAN GAYA
    Spoiler for PENGARUH DAN GAYAGaya arsitektur Islam yang mencolok baru berkembang setelah kebudayaan muslim memadukannya dengan gaya arsitektur dari Roma, Mesir, Persia dan Byzantium. Contoh awal yang paling populer misalnya Dome of The Rockyang diselesaikan pada tahun 691 di Jerusalem.
    Quote:
    Dome of Rock

    Gaya arsitek yang mencolok dari bangunan ini misalnya ruang tengah yang luas dan terbuka, bangunan yang melingkar, dan penggunaan pola kaligrafi yang berulang.

    Quote:
    Masjid Agung Samarra adalah masjid yang dibangun oleh khalif Bani Abbasiyah, Al-Mutawakkil di kota Samarra, Irak, pada tahun 848 dan konstruksinya selesai tahun 852. Masjid ini dihancurkan tahun 1278 oleh bangsa mongol dibawah Hulagu Khan dan hanya menyisakan dinding luar dan menaranya Malwiya

    Masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turki turut memengaruhi corak arsitektur Islam. Ketika Sultan Mehmet II merebut Istanbul dari kekaisaran Byzantium, mereka mengubah sebuah basilika, Hagia Sophia, menjadi masjid (sekarang museum), yang akhirnya muslim pun mengambil sebagian dari kebudayaan Byzantium kedalam kekayaan peradaban islam, misalnya penggunaan kubah. Hagia Sophia juga menjadi model untuk pembangunan masjid-masjid Islam selanjutnya selama kekaisaran ottoman, misalnya masjid Sulaiman, dan masjid Rustem Pasha.

    Quote:
    Bekas basilika Hagia Sophia yg ditambah 4 menara oleh muslim (kanan atas) dan Masjid Biru yang dibangun atas perintah Sulatan Ahmed I (tengah bawah)

    Motif yang mencolok dalam arsitektur Islam hampir selalui mengenai pola yang terus berulang dan berirama, serta struktur yang melingkar. Dalam hal pola ini, geometri fraktal memegang peranan penting sebagai materi pola dalam, terutama, masjid dan istana. Pemakaian kubah juga sama pentingnya dalam arsitektur islam, pertama kali muncul dalam Dome of The Rock pada tahun 691 dan muncul kembali sekitar abad ke-17.

    Quote:ARSITEKTUR MOOR
    Quote:Pembangunan masjid raya di Cordoba pada tahun 785 menandakan bergeliatnya arsitektur islam di peninsula Iberia dan Afrika Utara. Masjid dengan gaya Moor sangat mencolok dengan interior lengkungannya yang penuh dekorasi. Arsitektur moor meraih masa puncaknya dengan dibangunnya Alhambra, istana sekaligus benteng di Granada, dengan interior yang memiliki ruangan terbuka yang luas dan memungkinkan udara mengalir secara lancar, dan didominasi dengan pemakaian warna merah, biru dan emas.
    MASJID KORDOBA
    Spoiler for Masjid Kordoba
    Mezquita atau Masjid Córdoba ialah sebuah katedral di Spanyol yang dahulu merupakan sebuah masjid. Pada masa kekuasaan Islam di Spanyol Córdoba adalah ibukota Spanyol di bawah pemerintahan dinasti Umayyah. Setelah Reconquista atau Penaklukkan Kembali Spanyol oleh kaum Kristen, gedung ini diubah fungsi menjadi sebuah gereja dengan katedral gotik yang dimasukkan ke tengah gedung berarsitektur Moor ini. Sekarang keseluruhan gedung dipakai sebagai gedung katedral diosese Córdoba di Spanyol.


    Masjid Cordoba, pada 15 Desember 1994 ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu tempat peninggalan yang sangat bersejarah dan penting di dunia. Masjid itu pertama kali dibangun oleh Khalifah Muslim Abdurahman I pada tahun 787. Pembangunannya terus dilakukan oleh khalifah-khalifah penerusnya.


    Masjid Cordoba memiliki ruangan dalam untuk shalat, berbentuk persegi panjang yang dikelilingi oleh lapangan terbuka, seperti model masjid-masjid peninggalan Umayyah dan Abbasiyah yang dibangun di Suriah dan Irak.


    Mihrab Masjid Kordoba


    Lukisan yang dibuat thn 1880 oleh Edwin L Weeks, Yang menggambarkan Masjid Kordoba

    Pada saat pemerintahan Umayyah, Cordoba menjadi ibukota Spanyol di bawah pemerintahan khalifah Islam dan dikenal tidak ada tadingannya di Eropa dalam hal kemajuan peradabannya. Cordoba pada saat itu juga dikenal sebagai pusat ilmu pengetahuan, di mana volume kunjungan ke perpustakaannya mencapai 400.000 kunjungan. Sementara perpustakaan-perpustakaan besar di Eropa, volume pengunjungnya jarang mencapai angka seribu

    Quote:ARSITEKTUR PERSIA
    Quote:Persia merupakan kebudayaan yang diketahui melakukan kontak dengan Islam untuk pertama kalinya. Sisi timur dari sungai eufrat dan tigris adalah tempat berdirinya kekaisaran Persia pada sekitar abad ke-7. Karena kedekatannya dengan kekaisaran persia, Islam cenderung bukan saja meminjam budaya dari persia namun juga mengadopsinya. Arsitektur Islam mengadopsi banyak sekali kebudayaan dari Persia, bahkan bisa dikatakan arsitektur islam merupakan evolusi dari arsitektur persia, yang memang sejak kehadiran Islam, kejayaan Persia mulai pudar yang menunggu digantikan oleh kebudayaan lain.
    Contoh dari arsitektur persia yang diadopsi oleh islam adalah Iwan. Iwan (Persia: Eyvan, Arab: Iwan) adalah ruang persegi atau ruang mihrab yang besar, biasanya berkubah, berdinding di tiga sisi, dengan salah satu ujung sepenuhnya terbuka. Gerbang formal menuju iwan disebut pishtaq, istilah Persia untuk sebuah gerbang dari fasad bangunan, biasanya dihiasi dengan kaligrafi, tegel hias mengkilap, dan desain geometris. Karena definisi memungkinkan untuk beberapa interpretasi , bentuk dan karakteristik keseluruhan dapat sangat bervariasi dalam hal skala, bahan, atau hiasan. Berfungsi yang paling sering dikaitkan dengan arsitektur Islam, namun bentuk diciptakan jauh lebih awal dan sepenuhnya dikembangkan di Mesopotamia, sekitar abad ke ketiga selama periode Persia Parthia.

    Quote:
    salah satu contoh dari Iwan
    Banyak kota, misalnya Baghdad, dibangun dengan contoh kota lama persia misalnya Firouzabad. Bahkan, sekarang bisa diketahui bahwa dua arsitek yang dipekerjakan oleh Al-Mansur untuk merancang kota pada masa awal adalah warisan dari kekaisaran Persia, yaitu Naubakht, seorang zoroaster persia, dan seorang Yahudi dari Khorasan, Iran yaitu Mashallah. Masjid gaya persia bisa dilihat dari ciri khasnya yaitu pilar batu bata, taman yang luas dan lengkungan yang disokong beberapa pilar. Di Asia Timur, gaya arsitektur Hindu juga turut memengaruhi namun akhirnya tertekan oleh kebudayaan persia yang ketika itu dalam masa jayanya.

    MASJID NASIR AL-MULK
    Spoiler for MASJID NASIR AL-MULK
    Masjid Nasir al-Mulk (Persia: - Masjed-e Naseer ol Molk, Azerbaijan: N?sirül-Mulk m?scidi) adalah masjid tradisional di Shiraz, Iran, yang terletak di Goade-e-Araban (dekat masjid yang lebih terkenal Shah Cheragh).




    Masjid ini dibangun Selama era Qajar, dan masih digunakan di bawah pemeliharaan oleh Yayasan Nasir al Mulk. Masjid dibangun atas perintah Mirza Hasan Ali Nasir al Molk, salah satu raja Dinasti Qajar, pada tahun 1876 dan selesai pada tahun 1888. Para desainer adalah Muhammad Hasan-e-Memar dan Muhammad Reza Kashi Paz-e-Shirazi.




    Masjid ini menggunakan kaca berwarna di fasad-nya, dan menampilkan unsur tradisional lainnya seperti Panj Kaseh-i (lima cekungan) dalam desain.

    MASJID IMAM
    Spoiler for MASJID IMAM
    Shah Mosque (Masjid Jami Abbasi) yang dikenal sebagai masjid Imam (setelah revolusi Islam 1979 di Iran) adalah sebuah masjid di Isfahan-Iran, berdiri di sisi selatan Naghsh-i Jahan Square. Dibangun selama periode Safavi, diperintahkan oleh Shah Abbas yang pertama.



    Ini adalah contoh yang sangat baik dari arsitektur Islam Iran, dan dianggap sebagai salah satu karya Masterpiece Arsitektur Persia. Masjid ini terdaftar, bersama dengan Naghsh-i Jahan Square, sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Pembangunannya dimulai pada tahun 1611, dan kemegahannya terutama karena keindahan ubin mosaik tujuh warna dan prasasti kaligrafi.







    Masjid ini juga ditampilkan bersama karya arsitektur berharga lainnya di Seluruh Dunia dalam 80 Treasures yang disajikan oleh sejarawan arsitektur Dan Cruickshank.

    MASJID SHEIKH LUTFOLLAH
    Spoiler for MASJID SHEIKH LUTFOLLAH
    Masjid Sheikh Lutfollah ( Persia : Masjed-e Sheikh Lotf-ollah ) adalah salah satu karya arsitektur dari arsitektur Iran Safawi, berdiri di sisi timur Naghsh -i Jahan Square, Isfahan Iran. Dari empat monumen yang mendominasi perimeter Naqsh - e Jahan Square masjid ini adalah yang pertama yang dibangun.



    Pembangunan masjid dimulai pada tahun 1603 , dan selesai pada tahun 1618. Dibangun oleh arsitek kepala Syaikh Bahai, selama pemerintahan Shah Abbas I dari dinasti Safawi. Masjid ini juga terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.



    Tujuan dari masjid ini adalah untuk menjadi sebuah masjid bagi keluarga kerajaan, tidak seperti masjid Shah diatas, yang dibangun untuk umum. Karena itulah masjid ini tidak memiliki menara dan memiliki ukuran yang lebih kecil . Bahkan, orang biasa dan para pelancong pada masa itu tidak diperkenankan masuk ke dalamnya. Namun tidak sampai seabad kemudian, pintu masjid dibuka untuk umum, orang-orang biasa dan para pelancong pun bisa mengagumi upaya Shah Abbas membuat tempat suci ini bagi keluarganya, dengan bangunan dan desain arsitektur yang jauh lebih unggul daripada Masjid Shah.



    Sepanjang sejarah, masjid ini telah disebut dengan nama yang berbeda. Bagi Junabadi itu adalah masjid dengan kubah besar (Masjed - e qubbat - e ' azim), dan masjid kubah ( qubbat Masjed ), sementara sejarawan kontemporer Iskandar Munshi menamakannya masjid besar kesucian dan keindahan. Di sisi lain, wisatawan Eropa, seperti Jean Chardin menyebut masjid dengan menggunakan nama saat ini, dan dari incsrictions Arab di dalam masjid, yang dibuat oleh kaligrafer Baqir Banai, nama Sheikh Lutfallah juga terdapat. Sheikh Lutfallah adalah imam terkenal dan imam istana pertama di Masjid ini.



    Salah satu karakteristik unik dari masjid ini adalah merak di pusat kubah . Jika Anda berdiri di dalam dan melihat ke bagian tengah kubah, maka akan terlihat burung merak, yang ekornya adalah sinar matahari yang datang dari lubang di langit-langit sisi-sisi kubah.

    Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/539021fdcc07e788188b45b4

    Hosting

    Hosting
    Hosting

    TryOut AAMAI

    Hosting Idwebhost

    Hosting Idwebhost
    Hosting Handal Indonesia

    Belajar Matematika SD

    Popular Posts

    Arsip Kaskus HT

     
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger