Home » » Sebelum Menjatuhkan Pilihan, Lo Perlu Melakukan Hal-Hal Ini

Sebelum Menjatuhkan Pilihan, Lo Perlu Melakukan Hal-Hal Ini





Ingin Jadi Pemilih Cerdas? Pastikan Kamu Melakukan Hal Ini
Sebelum Lebih Jauh Lagi jangan Lupa

lalu klik emot dibawah untuk cek No Repost


Quote:INTERMEZO DULU



Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia akan berlangsung kurang dari 1 bulan lagi gan .Udah tau agan mau milih siapa? . Emang hal ini bukan hal remeh gan soalnya ini menyangkut nasib bangsa 5 tahun kedepan .Agan pasti mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih . NahKali ini ane coba memaparkan hal-hal apa yang perlu agan tahu dari kandidat calon pemimpin bangsa ini. Plus, hal-hal apa yang agan perlu acuhkan dari mereka. Sudah siap jadi calon pemilih yang cerdas?
Yuk kita langsung ke TKP


Spoiler for TKP
Quote:Sebelum Menjatuhkan Pilihan, Kamu Perlu Melakukan Hal-Hal Ini:
Quote:
Quote: 1. Sudah Tahu Visi-Misi Kandidat Capres Dan Cawapres?
Spoiler for Ilustrasi
Quote:
Takut bosen baca visi dan misi yang bertele-tele? Sekarang agan udah nggak perlu khawatir lagi. Kedua tim sudah mempersiapkan web asyik yang bisa kamu kunjungi. Untuk mengetahui visi dan misi Jokowi dan JK agan bisa mengakses ke laman INI. Sementara visi dan misi pasangan Prabowo-Hatta dituangkan dalam laman INI.
Udah gada alasan buat ga milih lagi kan bro? kalau bingung tinggal browsing internet sebentar juga ketemu, kok .


Quote:
Quote:2. Gali Dulu Idealismemu
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Anak muda Indonesia kadang tidak peduli pada pentingnya idealisme. Kita kerap terseret arus populer, sehingga menentukan pilihan hanya berdasar apa yang sedang in atau hip saat itu . Mengikuti apa yang paling banyak diminati orang jadi hal yang paling “normal” untuk dilakukan. Padahal, krusial untuk benar-benar mengetahui hal yang paling penting buatmu. Tanpa harus mengindahkan pendapat orang lain.

Setelah agan tau visi misi coba deh agan tanyain ke diri agan “Apa yang paling aku harapkan dari kandidat presiden selanjutnya?” ; “Indonesia seperti apa yang ingin aku lihat di masa depan?”. Kalau agan belum atau enggak mau mengasosiasikan diri dengan idealisme manapun, pertanyaan mendasar tersebut bisa jadi panduanmu untuk menentukan pilihan .
Cari kandidat yang agan rasa paling mungkin mewujudkan harapan agan . Sesuaikan keinginanmu dengan program dan visi mereka. Pilihlah kandidat yang secara rasional paling dekat dengan idealisme yang agan yakini.

Spoiler for Soe Hok Gie

Quote:
Quote: 3. Jangan Malas Luangkan Waktu Nonton Debat Capres-Cawapres
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Sekarang perkembangan media memberikan kita kemudahan untuk melihat secara langsung bagaimana calon presiden dan wakil presiden kita memberikan pandangannya tentang sebuah isu. Selama bulan Juni hingga pertengahan Juli mendatang, akan diselenggarakan 5 kali debat Capres-Cawapres (jadwal selengkapnya, DISINI). Luangkan waktu untuk nonton debat ini. Jangan cuma nonton acara yang isinya joget-joget sama bagi duit itu gan .

Dalam setiap debat, kandidat Presiden dan Wakil Presiden akan dihadapkan pada isu yang berbeda . Di situlah agan bisa secara jelas mengetahui bagaimana program-program nyata yang akan doi laksanakan kelak jika terpilih. Kalau perlu, catat poin dari setiap debat dan elaborasikan lagi di debat selanjutnya. agan akan bisa melihat mana yang cuma pintar bicara dan mana yang benar-benar konsisten terhadap komitmennya.

Kalau ketinggalan siaran langsungnya di televisi, sekarang juga sudah ada Youtube tempat kamu bisa menonton ulang debat yang sudah berlangsung. Banyak sekali jalan untuk mengetahui sudut pandang calon pemimpin yang akan mengomandani negeri ini. Tinggal kita saja yang harus pintar-pintar memanfaatkan.


Quote:
Quote: 4. Kepo-In Mereka Di Media Sosial
Spoiler for Ilustrasi


Quote:Semua kandidat capres dan cawapres punya akun di jejaring sosial. Mereka juga sama seperti kita, menggunakan akun media sosial untuk menyampaikan ide, curhatan dan gagasannya. Bedanya Bapak-Bapak ini kebetulan sedang mencalonkan diri untuk jadi orang nomor 1 dan 2 di republik ini.
Belum tahu apa akun twitter mereka? Nih ya ane kasih tahu: Prabowo (@Prabowo08), Jokowi (@Jokowi_do2), Hatta Rajasa (@hattarajasa) dan Jusuf Kalla (@Pak_JK). Gak ada salahnya jika mulai sekarang kamu follow akun mereka untuk mendapatkan perkembangan informasi tentang masing-masing kubu secara real time. Kalau punya pertanyaan kamu pun bisa langsung mention ke Bapak-Bapak ini. Keempat kandidat Capres dan Cawapres kita ini cukup ramah kok meladeni pertanyaan konstituen via jejaring sosial .


Quote:
Quote: 5. Ketahui Rekam Jejak Kandidat
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Janji manis bisa menipu, namun apa yang sudah pernah dilakukan akan jadi bukti nyata bagaimana kinerja calon presiden dan calon wakil presiden kita . Kedua pasang calon kandidat pernah punya jabatan: ada yang sipil (jabatan publik), ada yang militer. Mereka adalah pribadi yang bisa dinilai secara rasional dari rekam jejak yang mereka miliki.

Dari web masing-masing calon agan bisa mengetahui riwayat kerja yang pernah mereka lakukan. Prestasi apa yang pernah dicapai, permasalahan apa yang dihadapi dan diselesaikan, plus kegagalan apa yang pernah terjadi selama masa jabatan :maatbelo:. Apa yang pernah mereka lakukan saat menduduki jabatan akan jadi peta yang baik untuk menunjukkan bagaimana mereka akan bertindak saat memegang pucuk komando tertinggi di negara ini .


Quote:
Quote: 6. Cari Sumber Berita Yang Netral. Biasakan Bersikap Kritis Dan Kroscek Informasi
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Sekarang ini black campaign bertebaran dimana-mana. Informasi ngawur yang disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab demi menjatuhkan pihak lawan kerap jadi sumber data yang menyesatkan . Ngerinya, gak cuma oknum aja. Media cetak dan elektronik juga kerap ditunggangi oleh kepentingan .

Demi menjaga objektivitas agansebagai pemilih, pastiin agan punya sumber informasi yang netral. Jangan langsung percaya ama berita yang agan dapat, bandingkan dulu dengan pemberitaan di media lain. Apalagi kalau informasi tersebut agan dapatkan dari kicauan di sosial media . Selalu cari data yang bisa mendukung informasi tersebut. Informasi viral yang banyak dibicarakan oleh orang-orang disekitarmu itu belum tentu valid, loh .


Quote:Hal Yang Sepatutnya Tidak Jadi Pertimbanganmu Dalam Memilih Capres Dan Cawapres:
Quote:
Quote: 1. Agamanya Apa/Agamanya Bagaimana?
Spoiler for Ilustrasi

Quote:Keyakinan kepada Tuhan adalah hal paling personal yang dimiliki oleh seseorang. Akan gak adil jika kita sebagai manusia berusaha menilai seseorang dari hubungan vertikal-nya dengan Sang Maha. Siapa kita sih, bisa menilai keimanan seseorang?

Secara konstitusi, siapapun yang berkewarganegaraan Indonesia- dengan latar belakang agama apapun - berhak mencalonkan diri menjadi Presiden dan Wakil Presiden. Satu-satunya syarat tentang agama hanya tercantum pada pasal 6 poin (a) yaitu “Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa” :mmatabelo:. Selengkapnya soal Undang-Undang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden bisa kamu lihat DISINI .
Selain berangkat dari sudut pandang Hak Asasi Manusia dan pemahaman bahwa keimanan tidak bisa diukur oleh manusia, mengesampingkan urusan agama juga jadi bukti bahwa kamu mempercayai sistem check and balance dalam demokrasi Indonesia. Gak peduli agamanya apa, seorang pemimpin tidak akan bisa semena-mena menjalankan pemerintahan sesuai keinginannya sendiri. Dalam sebuah negara demokrasi, keinginan rakyat akan didengar dan disuarakan lewat wakil-wakil kita yang terhormat di DPR. Belajar memilih secara objektif dan meletakkan isu agama disamping bisa jadi awal yang baik bagi sistem demokrasi kita .


Quote:
Quote: 2. Punya Istri Atau Enggak / Bagaimana Anak-Anaknya?
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Isu soal keluarga juga bukan jadi hal yang relevan untuk jadi bahan pertimbanganmu memilih . Capres dan Cawapres ini adalah manusia biasa yang juga punya kelemahan dalam kehidupan personal. Walau ada Zhang Xin yang sempurna dalam kehidupan personal dan karir, namun banyak juga kok pemimpin yang kehidupan personalnya tidak mulus.
Obama dan Michelle saja melewati masa-masa curam dalam pernikahan mereka, seperti di artikel soal kesuksesan cinta ini. Punya keluarga dan anak-anak yang tanpa cela itu tentu kebahagiaan bagi setiap individu, namun jika masih ada kekurangan maka bukan berarti dia buruk sebagai calon pemimpin.


Quote:
Quote: 3.” Suku X Ya? Iiih Kalau Orang Suku X Kan Gini” (Kemudian Berspekulasi)
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Kultur tempat seseorang dibesarkan memang bisa membentuk nilai-nilai dalam dirinya. Namun, kultur tidak serta merta membentuk perilaku. Semuanya kembali pada karakter dan integritas diri orang tersebut . Lagian udah bukan jamannya banget nggak sih memilih seseorang berdasar suku? Kita sepatutnya sudah harus lebih dewasa menghadapi perbedaan .

Quote:
Quote: 4. Dia Kaya Atau Enggak Sih?
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Katanya, kalau milih calon pemimpin yang udah settle secara finansial maka kemungkinan korupsi bisa diperkecil . Well, mau sekaya apapun orang itu kalau nggak punya integritas ya tetap saja bisa tergoda untuk korupsi .

Lebih baik pilih dia yang berintegritas dan mau diaudit secara terbuka, terlepas dari jumlah kekayaan yang sudah dimiliki saat ini .


SUMBER

Kalo suka timpuk ane

Klik cendol untuk memberi TS cendol
Jangan lupa

TS sangat menolak



:
Quote:
THREAD INI DIDUKUNG OLEH Klik Banner Untuk Mampir Ke Markas Kami

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53986f15dc06bd55238b45a1

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger