Home » » Mahalnya Hidup di Pedalaman Kalimantan

Mahalnya Hidup di Pedalaman Kalimantan

Spoiler for Kenalan dulu gan...:
Ane adalah seorang karyawan swasta di perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, ane adalah pemuda asli kelahiran Samarinda Kalimantan Timur.


Quote:
Beberapa tahun lalu, ane di tugaskan ke salah satu site (lokasi tambang) di wilayah Kutai Barat, tepatnya di Desa Muara Tae, Camp Baru. Untuk bisa mencapai ke wilayah ini, agan bisa menempuh jalan darat dengan menggunakan mobil sekitar kurang lebih 6-7 jam dari Kota Samarinda, ibukota propinsi Kalimantan Timur. Atau kalau memang agan tipical penikmat perjalanan, agan bisa menempuh perjalanan sekitar 15 jam dengan menggunakan kapal ke kota Melak kemudian di sambung kurang lebih 3 jam perjalanan darat untuk bisa mencapai desa Muara Tae ini.

Quote:

gak ada gan di maps, pokoknya sekitar 1 jam perjalanan dari Desa Muara Pahu



Quote:
Singkat cerita, awal pertama ane tinggal disini, ane kaget bukan kepalang gan, perasaan ane miris campur gimanaaa gitu, ane heran masyarakat asli sini yang mayoritas adalah suku Dayak kok betah banget tinggal disini, padahal semua disini serba terbatas. Jangankan Mall, pasar aja disini kaga ada , selain itu untuk bisa bertahan hidup disini, agan harus merogoh kocek yang agak dalem, karena semua barang disini harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan Samarinda (disini ane ambil perbandingan dengan Samarinda, karena ane kan memang orang Samarinda, jadi udah tau harga harga barang di sini). So bersyukurlah kalian yang hidup di P.Jawa, karena (kata temen temen ane, disana apa apa murah) .


Quote:
Oke, dari pada kepanjangan cerita dan ntr agan jadi bosen, mending langsung aja yang ane mau bahas disini adalah beberapa kebutuhan pokok agar bisa menjadi perbandingan :

Quote:
1. Sarapan

Karena ane orang Indonesia, gak sarapan namanya gan kalo gak makan nasi , apalagi orang kalimantan, nasi kuning jadi menu sarapan yang wajib

Harga disini : Rp. 20.000,- (include teh anget)


Quote:
2. Kopi

Gak laki kan gan kalo habis sarapan gak ngopi.

Harga disini : Rp. 2.500,- (per-sachet)


Quote:
3. Bensin Eceran


Harga disini : Rp. 10.000,- (per-liter)

Apa gan?? kenapa gak beli di SPBU?? mungkin jadi keajaiban dunia ke-8 gan kalau disini sampe di bangun SPBU


Quote:
4. Rokok

Rokok ane marl*oro light gan...

Harga disini : Rp. 17.000,- (sebungkus)

yaaahh kalau ane biasanya sebungkus sehari, itung aja deh sebulan habis berapa duit


Quote:
5. Makan Siang

Sarapan udah, ngopi udah, rokok udah, beli bensin buat berangkat kerja udah, nahhh sekarang makan siang.

Harga disini : Rp. 25.000,- (sekali makan)

yaaa, jangan kaget... menu sesederhana ayam goreng lalapan + nasi saja disini harganya segitu, apalagi mau macem macem


Quote:
6. Pulsa

Disini, gak ada operator lain yang berhasil nangkep jaringan selain T*el, padahal ni operator udah terkenal banget mahal tarifnya

Harga disini : Rp. 13.000,-
(isi 10rebu)


Quote:
7. Makan Malem

Semua menu makanan selain nasi kuning di pagi hari, kayaknya udah pada janjian penjualnya di pasang standard harga paling murah Rp. 25.000,- bahkan untuk nasi goreng sederhana yang di jual pada malam hari.

Harga disini : Rp. 25.000,- (per-porsi)


Quote:
8. Sewa Rumah

Lebih tepatnya sih bukan sewa rumah, tapi sewa kamar kos...
Jangan pernah berfikir untuk ngekos disini, untuk kamar kos sederhana (bangsalan) kayu dan sangat sederhana saja harganyaa adalah....

Harga sewa disini : Rp. 700.000,- (perbulan non listrik & air)


Quote:
9. Listrik

Disini gak ada yang namanya Listrik PLN gan, listrik disini dikelola oleh RT dengan menggunakan Genset jumbo, dan masyarakatnya harus membayar Rp.200.000,- perbulan kalau mau rumahnya dialiri listrik.
jadi kebayang gak kalau agan nyewa rumah atau ngekos? terus juga harus bayar listriknya tiap bulan?


Kira kira begitu lah gan gambaran untuk biaya hidup disini, di atas hanyalah sebagian besar kebutuhan sehari hari saja yang ane bahas. Gimana? agan berminat untuk nyusul ane kemari?


Quote:
BANYAK YANG NANYA PENDAPATAN ANE BERAPA?

Quote:Original Posted By .10.10.10. â–º
Gajinya gak disebutin, gak fair..
di jawa biaya murah karena gajinya juga sedikit, dibandingin dengan luar jawa, jelas uang tabungannya lebih banyak luar jawa



Quote:Original Posted By funk â–º


kalau 100,000 x 30 = 3,000,000

gajinya 30jt, dikurangi biaya hidup jadi 27jt

yah masih untung lah >

Gileee gaji sampe 30 jutaa gan
Jangan kebanyakan denger cerita orang orang yang banyak melebih lebihkan gaaann.... ~
Ane mau transparan aja, pendapatan disini gak gede gede amat kok gan. Untuk Basic Salary yaa kurang lebih sama kaya di kota, malahan kadang masih besaran yang di kota, tergantung jabatan.
ane jelasin di bawah yaa :


1. Sekelas Manager (-+ Rp. 30-40 juta)
1. Sekelas Supervisor (-+ Rp. 15-18 juta)
2. Sekelas Foreman (-+ Rp. 14-10 juta)
3. Sekelas staff operasional (-+ Rp. 10-8 juta)
4. Sekelas Helper (-+ Rp. 5-6 juta)


Jadi kalau ada temen ente cerita gajinya sampe 30-50an juta sebulan, mungkin jabatannya udah manager, atau mungkin bokapnya punya saham di tambang yang dia tempatin... Bohong besar gan kalau ngaku ngaku gajinya sampe 30-50 juta sebulan sedangkan dia latar belakangnya fresh fraduated, atau baru beberapa tahun lulus, atau gak punya pengalaman kerja sebelumnya... ati ati gan, Johny dimana mana


Quote:
Dan pada akhirnya, entahlah siapa yang harus disalahkan untuk keadaan seperti ini, apakah pemerintahnya atau siapanya?
Padahal disini sumberdaya alamnya sangat kaya akan Batu Bara dan Emas yang seharusnya bisa bikin makmur warganya, bukan malah nyekek


Quote:
PENGALAMAN AGAN AGAN

Quote:Original Posted By rivercode â–º
memang mahal gan,
ane dulu kerja proyek di kaltim juga gitu

Quote:Original Posted By fx9900 â–º
gag kaget ane gan...

ane juga kryawan tambang, site ane di Melak..sekali makan paling murah 35rb.. ,,



Quote:Original Posted By bidun27 â–º
Ane dulu pernah di Sendawar, ibukotanya kutai barat, tugas 6 bln. n memang mahal disana krn transportasi yg susah. Klo mau ke Balikpapan kudu naik travel 12 jam.
yg hebatnya disana gedung bupati n dprd bagus bgt n mentereng, gak nyangka deh ada gedung semegah itu di kab terpencil. kemarin pas disana lg ada acara taun baru 2013, n u urusan pesta, pemkab berani bikin pesta kembang api yg gede gedean, blm lg ada artis2 nya..
padahal rakyatnya msh byk yg miskin.
.mirisnya bangsa kita

Quote:Original Posted By duexs â–º
Wah, lebih murah d situ malahan gan...
Ane dulu pernah krj jg d "kalsel" kabupaten kotim (kotawaringin timur) harga2 kebutuhan pokok yg agan sebutin agak mahalan sedikit d sana... Semakin k plosok, harganya makin mahal...
Makanya ane gak betah, cmn kuat 3 bulan ane kabuuur...
Udah d pedalaman, apa2 mahal, gak ada hiburan sma sekali...

Quote:Original Posted By mutysyauqi â–º
ane orang bogor yg kuliah di unmul samarinda gan
cuma sekedar buat perbandingan harga gan...
samarinda sama bogor
1.kosan
kosan di samarinda rata-rata kalau bangunan kosan nya dari kayu harga nya berkisar 300.000-500.000
banyak nya di jalan pramuka deket kampus unmul nih hehe
tapi kalau mau nyari yg aga sedeng atau lumayan berkisar 600.000-1.000.000
setau ane ya gan...
kalau mau yg bener2 bagus ane pernah nemu kosan di samarinda dengan tarif 2.400.000 per bulan
woooowww
SEDANGKAN
kosan di bogor dengan harga 300.000 ribu kosan ekonomis, tapi kalau dengan harga kisaran 600.000-1.000.000 udah bagus.
kisaran harga 1.000.000-1.200.000 aja udah bagus banget pake ac, tv, kamar nya ajib, dan bla bla bla deh kamar mandi di dalam dan sebagai nya.


2.makan
makan di samarinda menu nasi campur pake telor harga nya kisaran 10-13.000
sedangkan
di bogor makan sama nasi warteg sama sayur sama tempe sama telor masih dapet 6.000

itu aha dlu deh gan perbandingan nya
ane cape ngetik hahaha

Quote:Original Posted By equalist12 â–º
Ane juga kerja di pedalaman kalimantan gan, tepatnya di kalteng. Harga bensin memang 10rb/liter and no one bats an eye, di jawa naik 2000 perak aja and everyone loses their minds

Quote:Original Posted By bhayer â–º
ane orang jogja gan, pernah setahun di tanjung batu, Berau, Kaltim. Emang jauh banget gan harga-harganya disana ama di jogja. contoh satu aj nih gan, 5rb disana cm dapet penthol 2 tusuk . sedang di jogja uda makan kenyang gan.

Quote:Original Posted By pembacadiamdiam â–º
biaya kehidupannya kurang lebih aja gan kayak di ibu kota kabupatennya barong tongkok, soalnya ane asli orang sana. di barong tongkok malahan lebih mahal biaya makannya, seporsi bisa 30-35 ribu sekali makan

Quote:Original Posted By gunkzstatex â–º
Hahaha memang mahal gan.
ane sekarang masih ngerantau di daerah kutai timur sama di pertambangan
Bebek goreng 35rebu gan..
Sarapan paling murah 12rebu
Marlboro sebungkus 16ribu..
Beh tekor bandar.

Quote:Original Posted By boyzonet â–º
Itu sih masih murah gan, ane pernah masuk ke pedalaman kalimantan nama tempatnya Long Sule, disana :
1. rokok (semua merk) pukul rata Rp.50rb
2. makan siang/malam (menu seadanya) 1 piring pukul rata Rp. 100rb
3. Amplop selembar Rp. 8rb
4. Beras sekarung yg 20kg (nanya doank) Rp. 1jt
5. Ikan mentah sekilo Rp. 200rb
6. Singkong mentah sekilo Rp.100rb
7. Semen 1 sak Rp. 1,5jt
Disana ane tanyain penghasilan sebulan dapet berapa, tau jawabannya? sebulan rata2 mereka bisa dapet 40jt !!!! tapi karena harga yg selangit duit segitu dibelanjain sama aja boong. Dapet nya setara seperti belanja 1jt untuk ukuran di kota.
Kalo dari samarinda kesana paling cepat ditempuh 5 hari baru nyampe. Biasa sih orang sana kalo mau ke kota mesti naik pesawat gan (Susi Air/MAF), coba deh sekali2 kesana..gaji ente sebulan hanya cukup untuk 2 hari doank


Quote:Original Posted By ariatema â–º
jadi inget pengalaman kerja pertama ane, kerja d site minyak kelapa sawit di daerah kotawaringin, deket sampit & pangkalan bun kalteng .jarak site ane dari palangkaraya itu 8 jam, 2 jam jalan aspal 6 jam jalan tanah d kebun gitu, d jamin mabok dah kalo ga biasa

harga d sana?luar biasaaa, sandang pangan papan d sana sangat bernilai tinggi, kalo mau k pasar besar terdekat aja harus 6 jam, sedangkan d sana hanya ada satu desa khusus pedagang sandang pangan itu. pengalaman temen ane beli kemeja biasa yang 30rban doang bisa ampe 80rb

makanan d sana buat porsi lengkap kaya nasi, +lauk ayam/ikan/telor, sayur bisa ampe 20rb ada yang lebih murah tapi aneh-aneh, kaya daging rusa, kelinci, uler, dll mie instant aja 10rb dapet 4

saran ane lebih baik kalo agan berada d posisi begitu, agan bisa masak sendiri biar lebih irit, atau agan juga bisa buka peluang usaha kaya ane, beli baju borongan terus jual lagi deh, untungnya lumayan

Quote:Original Posted By yubisurya â–º
salam gan ane orang kalimantan juga khususnya disangatta ane juga karyawan di perusahaan pertambangan disangatta.
jadi waktu itu ane pernah gan ikut kejuaraan di kubar tempatnya di rumah lamin barong kutai barat. perjalanan ane untuk sampai kesana sekitar sehari semalam dari sangatta samarinda 4 jam dari samarinda di pelabuhan sungai kunjang naik kapal menuju pelabuhan di kubar sekitar 12 jam gan.
ane nginap dihotel mahakam melak kutai barat.
emang sepi gan disana khsusnya dikota kalau yang rame itu di kampung kampungnya gan.
waktu ane belanja disana ane juga kaget gan truz ane tanya sama yang punya toko tempat ane belanja.
katanya disana itu mulai dari sembako makanan pokok sampai snack snack itu dikirim lewat kapal gan makanya mahal gitu.


Ok gan sekedar share aja kalo bisa taro di pejwan




Quote:
COMMENT BERMUTU TINGGI

Quote:Original Posted By Metroplex â–º
Gak heran kalo kalimantan mau merdeka atau gabung sama malaysia lihat saja infrastrukturnya , udh hampir 70 tahun merdeka lho

Quote:Original Posted By wisnu2483 â–º
.... semakin prihatin ane sama nasib saudara sebangsa ane di luar jawa...
... politisi kita emang

Quote:Original Posted By psyched â–º
menurut ane, ROKOK nya bisa dikurangi Gan.

Quote:Original Posted By mantannapi â–º
Miris gan, itulah yang dinamakan "Tidak meratanya distribusi pembangunan dan infrastruktur" yang menjadi salah satu masalah besar di Indonesia.

Semoga kuat & tabah ya gan

Kalau dibandingkan dengan gaji ente, tercukupi gak gan? atau berlebih? kerja ditambang kan lumayan kalau masalah gaji

Quote:Original Posted By chanieballz â–º


Kami dipulau jawa teriak untuk membela sesama kok gan, ngapain kami masih pegang bhineka tunggal ika kalau teriakkan kami untuk pulau jawa aja jangan digituin gan, ane sedih kesannya kami dipulau jawa ga perhatian sama saudara nusantara.



Quote:Original Posted By novi.d.a â–º
Jelas pemerintah yang salah, terutama pemerintah pusat, maunya Jakarta dan Pulau Jawa terus yang dibangun infrastrukturnya padahal bentar lagi juga bakalan tenggelam. Jalanan rusak menghambat distribusi bahan pangan dll sehingga harga kebutuhan pokok naik berkali-kali lipat, gak heran banyak warga kalimantan ingin memisahkan diri dari Indonesia dan gabung dengan Malaysia. Kalo udah ada info begini baru kalang kabut, karena tambang emas Indonesia kan banyak di Kalimantan & Papua, kalo 2 pulau itu memisahkan diri ekonomi Indonesia bakal mengalami kemunduran. No offense ane orang Kalimantan, ane muak dengan pemerintah pusat terserah deh siapa yg mau jadi presiden, dari dulu kagak ada perubahan, benahi aja noh jakarta dan sekitarnya


Quote:Original Posted By zexro â–º
kalo harga makanan di sana masih mahal gan.
harga rokok marlboro, itu standar. sama aja dengan di lampung gan.
kopi sachet 2500/gelas, cuma mahal 500.
di sini pulsa simpatet 10k juga Rp 10.rb gan.

yang ga cocok, kalo ada harga barang di suruh jual sama dengan harga eceran di pulau jawa. seperti sanlik. di suruh jual 1500. padahal modal dari distributor sudah 1250. dari grosir 17rb/lsn. belum lagi kalo di pedalaman kalimantan biaya transportasi nya mahal. jadi sudah sewajarnya kalo harga barang di sana mahal.

salah siapa ini?
tentu salah pemerintah. karena pembangunan ga merata.






Spoiler for Bonus:
Sekian dulu thread yang ane buat gan, semoga bermanfaat.
Jika ada kurangnya mohon di maafkan.


Tolong di bantu untuk Rate


Juga gak nolak di cendolin


Bagi yang kurang berkenan mohon jangan timpuk ane.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53313316f9ca17df178b4826

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger