Home » » Dugong, Mamalia Laut yang Terancam Punah

Dugong, Mamalia Laut yang Terancam Punah



Quote:
Assalamualaikum wr.wb

Sebuah berita yang mengejutkan kembali datang dari Ambon, Pasalnya populasi mamalia laut di laut Arafura menurun bahkan bisa dikatakan terancam punah.
menurut Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berkurangnya populasi Dugong di Laut Arafura disebabkan oleh pencemaran air bahkan eksploitasi yang berlebihan dikawasan perairan Laut Arafura. Yang biasanya Dugong dimanfaatkan daging ataupun bagian lainnya.

Quote: Quote: Penjelasan
Dugong atau biasa orang Indonesia menyebutnya ikan Duyung ini, binatang ini termasuk binatang laut paling Langka di Indonesia dan harus di Lindungi.
Duyung sendiri merupakan binatang Herbivora yang biasanya memakan rumput laut di padang lamun. Dugong memiliki badan yang cukup besar sekitar 2 - 3 Meter panjang tubuhnya dan berat 225 - 450 kg.
Duyung dapat ditemukan di Madagaskar,Afrika timur bahkan di Indonesia, namun para ilmuan mengatakan bahwa jumlah dugong ini tinggal 1.000 - 10.000 ekor dugong yang masih bertahan di perairan Indonesia. Dan angka itu masih dapat menurun lantaran banyaknya perburuan liar yang kini terjadi.

Quote:
Berita Tentang Kelangkaan Dugong !
Quote:
Ambon (Antara) - Populasi Mamalia laut "Dugong" di Laut Arafura terancam punah, kata Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Abdul Basid, di Ambon, Jumat.

"Ada laporan populasi Dugong di Arafura mulai menurun, bahkan terancam punah," katanya.

Abdul mengatakan populasi Dugong yang terancam punah, besar kemungkinan disebabkan oleh eksploitasi perikanan yang berlebihan di kawasan perairan Kepulauan Aru, yang menjadi sentra penangkapan ikan dan udang di wilayah Maluku.

"Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab, bisa saja karena habitatnya rusak atau terganggu, tapi saya kira yang paling utama dikarena eksploitasi perikanan, apalagi Laut Arafura adalah pusat penangkapan Ikan," katanya.

Ia menjelaskan habitat Dugong adalah padang lamun. Sama seperti manusia, mamalia laut tersebut memiliki masa hidup yang cukup panjang, yakni 70 tahun namun tingkat reproduksinya rendah.
Untuk wilayah Maluku, Dugong banyak ditemukan di bagian barat laut perairan Aru, yakni di antara Kepulauan Kei dan Pulau Papua.

"Umurnya panjang tapi jika terlalu banyak yang ditangkap besar kemungkinan bisa punah karena tingkat reproduksinya sangat rendah," ujarnya.

Menurut Abdul, selain Dugong, populasi telur turami yang dihasilkan oleh ikan terbang di Laut Arafura juga mulai mengalami penurunan stok.

Untuk itu dalam waktu dekat, Balai Konservasi Biota Laut (BKBL) LIPI Ambon akan melakukan ekspedisi selama 10 hari ke Laut Arafura, guna memeriksa hidrologi Laut Arafura.

Ekspedisi ke perairan yang terletak di antara Australia dan Pulau Papua di Samudra Pasifik tersebut, merupakan yang kedua kalinya oleh LIPI setelah tahun 1980an.

"Laut Arafura memiliki tingkat kesuburan yang baik, tapi kami akan mengecek dua stasiun biologi LIPI yang ada di sana untuk bisa mengetahui kondisi terkininya, nantinya juga bisa diketahui penyebab berkurangnya populasi Dugong dan telur Turami," ucapnya.



Quote:
Quote:"GALLERY OF DUGONG"

Spoiler for Dugong:
Lagi nyari makan nih.. ditemenin ikan ikan kecil

Spoiler for Dugong:
Lagi sama anaknya tuh

Spoiler for Dugong:
Lagi berenang sama penyelam

Spoiler for Dugong:
gede bgt yah

Spoiler for Dugong:
wih lagi renang di permukaan

Spoiler for Dugong:
Lagi nyari Rumput lau tuh

Spoiler for Dugong:
wah gede bgt tubuhnya..
v
Spoiler for Dugong:
Lagi bareng penyelam tuh

Spoiler for Dugong:
So Cuteee

Spoiler for Dugong:
Bareng anaknya lagi ngambil nafas tuh ..

Spoiler for Dugong:
This is Dugong !!

Spoiler for Dugong:
Mantep nih

Spoiler for Dugong:
lagi nyari makanan

Spoiler for Dugong:
wah makan mulu

Spoiler for Dugong:
Lagi bareng ikan

Spoiler for Dugong:
wah berduaan

Spoiler for Dugong:
wah lagi muter muterin badan ...

Spoiler for Dugong:
lagi makan sayuran ....




Quote:
PENTING
Perkembang biakan dugong lebih mirip mamalia yang semuanya di lakukan di laut dengan interval kelahiran 3 sampai 7 tahun. Dan semua anak dugong juga menyusu pada induknya. Sampai pada umur 1 sampai 2 tahun.
Perkembang biakan Dugong bisa dibilang lama. Oleh sebab itu mari kita jaga semua populasi Dugong yang masih tersisa di Perairan Indonesia. Kita jaga laut agar tidak tercemar dan tidak menyebabkan Dugong berkurang.

Quote:
"Marilah kita jaga kelestarian Laut kita bersama agar tetap lestari dan terjaga... Agar kelak anak cucu kita dapat melihat indahnya Laut dan biota biota didalamnya"

Kurang Lebihnya Mohon Maaf
Bila ada yang kurang harap dimaklumi ya gan
Hanya sekedar berbagi kepada sesama Kaskuser

SOURCE #1 SOURCE #2

Spoiler for NO REPSOL !!:



Tambahan Dari Kaskuser dapat disaksikan di Post #2

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53218497148b46a8778b456b

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger