Home » » Penyebab-Penyebab yang Bisa Bikin Agan Kena Vertigo

Penyebab-Penyebab yang Bisa Bikin Agan Kena Vertigo





Quote:

Quote:PENDAHULUAN
Quote:Meski tidak menimbulkan 'efek samping' seperti rasa sakit pada bagian tubuh lainnya atau gangguan kesehatan yang lebih serius, vertigo atau kehilangan keseimbangan jelas sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun tak banyak orang yang tahu mengapa dan bagaimana mereka bisa terkena vertigo. Agar bisa diantisipasi, berikut beberapa penyebab paling umum dari vertigo



Quote:Quote:
Spoiler for 1. Gangguan saraf dan telinga:
Quote:1. Gangguan saraf dan telinga
Quote:80 persen vertigo disebabkan gangguan peripheral, terutama pada bagian telinga dalam (vertigo periferal), sisanya atau 20 persen berasal dari gangguan otak dan sistem saraf (vertigo sentral).

"Biasanya saraf 8 yang berhubungan dengan pendengaran dan keseimbangan. Lalu bisa disertai mual dan muntah karena gangguan di saraf 10 yang berhubungan dengan pencernaan," ungkap Prof. dr. Teguh AS Ranakusuma, Sp.S(K) dari Departemen Neurologi FKUI-RSCM Jakarta.

Kelainan pada telinga penyebab vertigo bisa berupa benign posisional paroxismal vertigo (BPPV), infeksi bakteri maupun virus pada alat pendengaran, gangguan di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak maupun gangguan dalam otak itu sendiri.

Quote:
Spoiler for 2. Kelainan otak:
Quote:2. Kelainan otak
Quote:Menurut dr Yuda Turana, Sp.S. dari Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran UNIKA Atmajaya Jakarta, vertigo sentral biasanya disebabkan oleh kelainan di otak, seperti stroke, tumor, infeksi, dan trauma dengan kerusakan otak.

Serangan migrain juga dikatakan dapat menyebabkan vertigo.

Quote:
Spoiler for 3. Stroke:
Quote:3. Stroke
Quote:"Vertigo itu bisa merupakan gejala di central, di otak kecil atau pembuluh darah di otak. Untuk itu stroke juga bisa menyebabkan gejala vertigo, bahkan 10 persen pasien stroke mengalami gejala awal pusing vertigo," jelas dr. M. Kurniawan, Sp.S, staf pengajar neurologi di FKUI RSCM di sebuah seminar tentang vertigo yang digelar pada tahun 2011.

dr Kurniawan menambahkan, orang-orang berusia di atas 50 tahun juga paling sering mengeluh vertigo, terutama karena gangguan pada pembuluh darah otaknya, baik stroke atau transient ischemic attack (TIA).

Quote:
Spoiler for 4. Merokok & penyalahgunaan alkohol/narkoba:
Quote:4. Merokok & penyalahgunaan alkohol/narkoba
Quote:dr Teguh juga mengatakan kebiasaan seperti merokok, minum alkohol, atau memakai narkoba bisa menyebabkan vertigo. "Karena bisa saja saat mereka 'nagih' itu akan menyebabkan darah menjadi tinggi. Dan akhirnya merasakan pusing yang sangat sangat," terangnya.

Quote:
Spoiler for 5. Posisi tubuh tertentu:
Quote:5. Posisi tubuh tertentu
Quote:Ini utamanya terjadi pada orang-orang yang berada di daerah ketinggian. "Jika dalam kondisi ketinggian itu kan oksigennya rendah, maka orang akan mengalami gangguan keseimbangan, dan kondisi inilah yang menyebabkan vertigo atau kepala seperti berputar-putar," kata dr. Alfian F. Hafil, SpTHT-KL (K) dari RS Dr Cipto Mangunkusumo dan RS Khusus THT-Bedah KL Proklamasi, Jakarta.

"(Bisa juga) karena perubahan posisi kepala yang langsung. Kalau bergerak (usahakan) bertahap, jangan langsung. Jangan dari tidur langsung berdiri. Duduk dulu, yang seperti itu dinamakan vertigo posisi," tambah dr dr Agus Subagio, Sp.THT. dari RS Pondok Indah dan RS Puri Indah Jakarta.

Quote:
Spoiler for 6. Kelebihan berat badan:
Quote:6. Kelebihan berat badan
Quote:Kelebihan berat badan juga dikatakan dapat menyebabkan vertigo karena hipertensi atau perubahan tekanan darah yang mereka alami secara tiba-tiba. Vertigo juga kerap menyerang penderita diabetes.

"Orang yang berat badan berlebih itu bisa mengalami vertigo karena misalnya tekanan darahnya itu tinggi, kolestrolnya tinggi, gula darah tinggi, sehingga aliran darah di dalam labirinnya itu tidak baik," lengkap dr Alfian.

Quote:
Spoiler for 7. Penyebab lain-lain:
Quote:7. Penyebab lain-lain
Quote:Hampir semua dokter yang dimintai keterangan oleh detikHealth sepakat faktor penyebab vertigo sangatlah beragam, tergantung kondisi masing-masing pasien. Oleh karena itu juga pemicu gangguan keseimbangan pada satu orang pasti berbeda dengan yang lainnya.

"Penyebab vertigo itu banyak. Satu dari dalam kepala, otak, dan kedua dari luar otak, jadi tergantung. Sebagian besar karena di luar otak. Kalau yang dari dalam otak bisa berbahaya, karena munculnya bisa lebih dari 5 menit atau sampai setengah jam, (sedangkan) kalau yang dari luar otak biasanya hanya 5 menit. Kalau dari luar otak bisanya masalahnya karena telinga karena di dalamnya ada alat keseimbangan," tegas dr Agus.

Berikut beberapa penyebab lain dari vertigo, yaitu:

- Radang pada leher
- Mabuk kendaraan
- Kelainan penglihatan
- Perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba
- Kurang tidur
- Kelelahan

"Kalau yang sampai muntah-muntah sebenarnya tidak bahaya. Sensasi yang dirasakan saat vertigo tidak bisa jadi tolak ukur apakah (kondisinya) parah atau tidak. Tapi dilihat jika ada gangguan dari otak," ucapnya memperingatkan.





Quote:Spoiler for tambahan tips cara mencegah nya dari kaskuser: Quote:Original Posted By BatakMetroHTâ–º
Vertigo dapat adalah salah satu bentuk gangguan keseimbangan dalam telinga bagian dalam sehingga menyebabkan penderita merasa pusing dalam artian keadaan atau ruang di sekelilingnya menjadi serasa 'berputar' ataupun melayang. Vertigo menunjukkan ketidakseimbangan dalam tonus vestibular. Hal ini dapat terjadi akibat hilangnya masukan perifer yang disebabkan oleh kerusakan pada labirin dan saraf vestibular atau juga dapat disebabkan oleh kerusakan unilateral dari sel inti vestibular atau aktivitas vestibulocerebellar .
sumber :wiki

ane sering ngalamin gejala diatas

Quote:Original Posted By king.of.isl â–º
Ini Penyebab umum :
Terlalu cape dalam pekerjaan, pekerjaan terlalu di pikirkan maka terjadi strees.
Makanan yang kurang baik..
Sering merokok.
Kurang tidur.,yoo buat yg suka bagadang malam segera mencegah
Sering marah., jangan banyak marah nanti cepat tua
Tekanan dalam keluarga..jangan di tekan dong berat

Cara mengatasi:
Usahakan selalu hidup sehat.
Makan yang teratur.
Jika fisik lemah janganlah kebanyakan begadang malam.
Usahakan tidur teraratur.
Yang paling terpenting banyakinlah tertawa karna itu sehat.

ane copas dari sini


Quote:Original Posted By the.sport â–º
Untuk Melakukan pencegahan tentu selain mengetahui lebih jelasnya penyakit agan/wati, Gejala , dan bagi yang sudah terkena sebaiknya menghindari makanan-makanan ini :
  • Semua jenis daging (kecuali ikan air tawar),
  • Masakan yang di goreng (ikan asin, emping),
  • santan kental,
  • nasi yang dicampur (nasi uduk, nasi ulam, nasi kebuli),
  • berbagai macam kue dan selai (kue bolu, martabak, mentega, keju, susu),
  • berbagai macam jenis jeroan,
  • bumbu masak kemasan,
  • berbagai macam telur (telur asin, telur ayam),
  • buah-buahan yang tebal kulitnya seperti durian, nangka, jengkol, pete,
  • minuman : es, minuman yang mengandung alkohol


Quote:Original Posted By makankamus â–º
wah thread tentang vertigo nih...saya tambahin ya gan

dari yg pernah saya pelajari vertigo memang disebabkan karena adanya masalah dengan mekanisme keseimbangan di telinga bagian dalam dan juga dapat disebabkan oleh masalah di bagian-bagian tertentu dari otak.

selain itu ada penyebab lainnya yg bisa menyebabkan vertigo ini, spt :
  • benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), yang mana gerakan kepala tertentu memicu vertigo
  • Penyakit Ménière, kondisi langka yang mempengaruhi telinga bagian dalam
  • migrain
  • vestibular neuronitis, peradangan pada saraf vestibular yang berjalan ke telinga bagian dalam dan mengirim pesan ke otak yang membantu keseimbangan kontrol











Quote:
Quote:Spoiler for no repost for kaskus:

Quote:Spoiler for no repost for google:

Quote:SUMBER


Quote:This Thread Supported By :

KLIK BANNER TO VISIT KALONG MALAM BASE CAMP


KLIK BANNER TO VISIT SPECIAL THREAD KASKUS BASE CAMP


Spoiler for Kunjungi Thread Ane Yang Lainnya:
MY THREAD

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5318bb5ec0cb17d65a8b45ff

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger