Home » » Musang Akar, Musang Lemur Asli dari Indonesia

Musang Akar, Musang Lemur Asli dari Indonesia

Mohon bantuanya untuk rate 5 gan! biar makin banyak orang indonesia yang tau, yg bantu rate 5 ane doain semua bahagia dunia akherat


Halo gan ketemu lagi sama ane Taksobeksobek
kali ini ane mau sharing tentang hewan favorite ane akhir-akhir ini nih, hewan sejenis musang yang tampilan nya mirip sama lemur, penasaran? cekidot gan


Musang itu apa sih?

Musang itu adalah sekelompok hewan dari family viveridae
jenis musang di indonesia sendiri beragam gan, tp yang paling banyak diketahuin khususnya di indonesia ialah dari Subfamily Paradoxurinae..
di indonesia sendiri ada 6 jenis musang dr Subfamily Paradoxurinae yaitu Musang Pandan, Musang Bulan, Binturong( 3 pertama ini biasa dipakai untuk produksi kopi luwak) Musang Galing, Musang Coklat Sulawesi dan yang terakhir yang akan kita bahas saat ini ialah Musang Akar..


Musang akar dan perbedaan nya dengan musang lainya

Musang akar atau biasa disebut Small tooth palm civet atau Three Striped Civet dalam bahasa inggris adalah salah satu jenis musang dalam subfamily Paradoxurinae.
Musang spesial ini bisa ditemuin di beberapa tempat di indonesia gan yaitu Sumatera, Kalimantan, Bangka, Jawa, dan beberapa pulau kecil di Indonesia
kenapa âne bilang spesial? musang ini selain bisa jinak banget, muka nya itu lucu banget gan seperti campuran antara lemur, dan musang.. kemampuan memanjat nya juga bisa dibilang diatas musang-musang lainya, bener2 kaya monyet yang bisa seimbang banget di dahan pohon..




Sub species di indonesia dan karakter nya masing masing (berdasarkan pengalaman TS)


Di Indonesia sendiri terdapat 3 subspecies dari musang ini yang ane tau gan dan akan ane jelasin sedikit tentang karakternya kurang lebih


Spoiler for muskar:
Pertama Musang Skar Sumatra (Arctogalidia trivirgata sumatrana)

Kalo dari ciri2 fisik moncongnya lebih mancung dan mata nya ga terlalu belo, warnanya kebanyakan lebih ke abu-abuan. Kalo dari segi karakter sering ngajak main, pecicilan, lucu karakternya, tapi kadang kalau becanda suka kebablasan gan kalo gigit-gigit becanda apalagi kalau udah dewasa lumayan sakit kekuranganya ya...itu becanda suka kebablasan, rada pecicilan gabisa diem, dan kalau stress walaupun sudah jinak total suka tiba2 galak, unpredictable.
Bagusnya hewan ini untuk masteran musang lain, maksudnya masteran ialah bakalan untuk menjinakan musang lain. Pengalaman TS punya musang lombok galak ditaruh bareng musang ini jadi jinak gan.



Spoiler for muskar:

Kedua Musang Akar Borneo

Dari ciri-ciri fisik paling belo dan lucu mirip lemur gan warnanya cenderung abu kecoklatan walaupun ada juga yang abu. Hidungnya lebih pesek dan lebih lucu, pokoknya paling lucu menurut ane borneo gan kalau karakter hewan ini paling bagus dan stabil ga gampang stress, ngajak becanda juga ga over. Kalau jinak sangat jinak sekali dan paling pendiem dari ketiga subspecies yang ada di Indonesia. Kekuranganya kalau dicampur musang galak dia susah jd masteran, karena rada sensi sama musang lainya kecuali sama-sama musang akar borneo, rupanya agak rasis nih musang satu gan


Spoiler for muskar:

Ketiga Musang Akar Jawa (Arctogalidia trivirgata trilineata)

Paling jarang dan susah ditemuin gan hewan ini, karakter galak, jarang nemu yang bener-bener jinak. Tapi masalah warna emang paling bagus, banyak yg warnanya pirang kemungkinan besar membawa gen hypo. Ane cuma punya sekali aja lalu ane jual gan jadi belum bener-bener tau karakternya.

Ciri fisik dari warna pirang sampai coklat dengan bagian bawah putih



Pengalaman ane melihara musang akar

Pertama kali ane pelihara musang ini kalo ngga salah sekitar tahun 2008-2009 gan. Selanjutnya ane vakum dari meliara2 binatang sekitar tahun 2011. Baru mulai pelihara musang akar ini tahun 2013, hewanya lucu banget ternyata mukanya mirip lemur, dan hewanya sering ngajak main, pokoknya seneng banget deh miara hewan ini ini foto-foto musang akar ane gan..


ini hewan kesayangan saya gan panggilanya tinuv




gimana lucu kan gan? hehehe hobbynya makan trs tidur terlentang


ini foto sodara lain ortunya tinuv masih kecil, dan diasuh sama si tinuv kaya anaknya sendiri, lucu kalo liat mereka main apalagi kalo pagi-2 si tinuv mandiin muskar yang kecil itu lucu skali




ini foto mereka bertiga








musang akar yang pernah ane pelihara juga nih gan ada yg dari sumatra dan jawa cekidot

Jawa




Sumatra



tsnya numpang ngeksis foto saya sama tinuv gan



[/spoiler]

jadi buat agan-agan yang suka nonton film madagascar, pingin miara lemur dan ga kesampean mending agan melihara ini musang karena perawatanya gampang, tidak dilindungi, dan sangat sangat menyenangkan sifatnya bagi manusia

Keuntungan memelihara musang akar ketimbang musang lain:
- badanya tidak tumbuh sebesar musang lainya yang sering di pelihara, contoh musang bulan atau musang pandan so gaperlu space besar buat pelihara musang ini
-jika jinak, sangat jinak dan nurut sekali sama owner, ga kagetan
-bisa dipanggil ini yang membedakan sama musang lainya, walaupun kadang musang pandan ada jg yang bisa dipanggil
-Antik dan beda sama musan lain, karena mirip sama lemur terutama yang asal borneo
-Khusus Sumatra bagus untuk menjinakan musang lainya gan

Keuntungan memelihara musang akar ketimbang Pets lain:
-Bisa diajak jalan-jalan diatas pundak gan, kalau anjing atau kucing kan gabisa
-kotoran dan badanya TIDAK BAU gan, ini ane ga mengada-ngada loh nenek ane paling rempong kalo ane melihara hewan, tp kalau sama hewan ini ngga sama skali, bener2 ga bau kotoran nya jg apalagi kalau agan ksh makan buah-buahan, normal bgt lah baunya.
-Beda dari yang lain
-Alternatif buat pecinta Lemur yang ga kesampean gan drpd susah-susah import lemur dr madagascar mending pelihara hewan asli indonesia lucu lg


Tujuan ane membuat trit ini ialah agar banyak masyarakat indonesia yang tau kalau kita memiliki hewan luar biasa ini dan membantu untuk melestarikannya, dan mumpung belum terancam punah TS sendiri udah mencanangkan untuk breeding hewan ini gan, doain semoga berhasil ya




Bonus Hewan-Hewan beda species yang Mirip dengan musang ini cekidot

Spoiler for muskar:
Brown Lemur


Olingo


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52d257ca19cb178f798b498f

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger