Home » » Masihkah Kita Kenal dengan Kata Permisi?

Masihkah Kita Kenal dengan Kata Permisi?

Selamat Siang Agan-agan sekalian, selamat datang di thread ane, sebelumnya ane doakan semoga agan selalu dalam keadaan sehat dan banyak uang ya


Spoilerfor HT:
Makasi buat mimin, momod, dan kawan-kawan se-KASKUS raya, karena agan-agan semua, trit ane akhirnya jadi hot thread kembali untuk ketiga kalinya



Spoilerfor Repost: Insya Allah gak repost gan, tulisan ni tercipta semata-mata dari keresahan hati ane melihat banyaknya budaya asli Indonesia yang kian hari kian luntur

Quote:Sebelumnya ane mau share dulu pengalaman ane gan
Spoilerfor Buka Aja:
Kejadiannya sekitar seminggu lalu gan. Ane waktu itu pulang kerja, seperti biasa, setelah jemput istri di kantornya, kami biasanya langsung beli makanan buat makan malam kalau istri lagi ga masak. Waktu itu kami beli ayam goreng di tenda pinggir jalan gitu. Istri ane masuk buat pesen, ane nunggu di luar (di trotoar).

Waktu itu lagi gerimis, dari kejauhan keliatan ada cewek muda pake payung berjalan menyusuri trotoar tempat ane berdiri, pas dia tepat di depan ane, kepala ane kepentok ujung payung dia gan, padahal ane udah mundur buat ngindarin, tapi tetep kena, untungnya ane pake helm. Dan dia ngelengos gitu aja, tanpa kata "permisi" ketika lewat, ataupun "maaf" setelah payungnya tepat mendarat di kepala ane.



Quote:


Indonesia, negeri sejuta budaya, negeri dengan keramah-tamahan yang sohor ke seluruhh dunia, sebuah tempat dimana senyum dan perangai halus bisa kita temui hampir di setiap raut wajah penduduknya. Pertolongan-pertolongan yang biasa menghampiri tanpa diminta, serta tutur sapa yang selalu menghiasi hubungan antar manusia di negeri ribuan pulau ini.

Tapi nampaknya kini nilai-nilai itu sudah mulai pudar dan hampir hilang, berganti dengan sikap-sikap individualis, perangai-perangai dingin, dan senyum yang mulai langka dengan "harga mahal", belum lagi budaya gotong royong yang sudah mulai kehilangan pamornya, diikuti dengan budaya-budaya lain yang lusuh ditinggalkan penghuni negara ini.


Quote:
Mari kita tidak berbicara terlalu jauh dan lebar mengenai budaya-budaya cantik Indonesia ini gan, kita kembali ke trek awal, kembali memfokuskan perhatian kita kepada "budaya permisi".

Budaya permisi--atau di daerah ane lebih dikenal dengan budaya punten--ini rasanya sudah ada sejak zaman dulu sekali, soalnya hal-hal seperti ini sudah diajarkan oleh ibu-bapa ane yang mereka dapatkan dari nenek-kakek ane, dimana nenek-kakek ane ini dapet budaya tersebut dari uyut ane yang juga diajarkan oleh orang tuanya, begitu seterusnya gan.

"Punten" ini dilakukan ketika kita berjalan melewati seseorang atau beberapa orang yang sedang berdiam di suatu tempat. Biasanya kita menyebutkan "punten" sambil sedikit membungkukan badan dan mengulurkan tangan kita ke depan. Bahkan konon dulu kalau ada orang yang tidak mengucapkan punten, akan dianalogikan sebagai "hayam keur ngaliwat" (ayam sedang lewat).




Quote:
Di daerah ane sebenernya masih ada gan orang yang masih "ber-permisi" ini, tapi jujur ga banyak. Dan yang bikin ane malu hati adalah, biasanya yang mengucapkan punten ini adalah para sepuh yang kelihatannya berasal dari generasi nenek/kakek ane. Mereka tidak sungkan bilang permisi biarpun yang dilaluinya adalah para remaja atau orang-orang yang usianya jauh dibawah beliau-beliau ini.

Ane juga sebenernya nyoba liat hal ini dari sudut pandang lain gan. Ane pernah lewat di suatu tempat dimana ada seorang laki-laki berumur sekitar 35 tahunan sedang main-main hape sambil duduk di atas motor. Karena jalan di situ ga terlalu lebar, jarak ane sama dia juga ga terlalu jauh dong, dan sudah pasti ane pasti pilang "punteeen" karena lewat tepat di depan idung dia. Tapi apa? dia diem aja gan, ngelirik doang sebentar sambil kemudian maenin hape lagi. Dan hal-hal kayak gini itu terjadi beberapa kali juga.

Benak ane jadi bertanya "Jangan-jangan orang-orang mulai meninggalkan budaya permisi ini karena perbuatan orang-orang yang judesnya ga ketulungan kayak gitu ya?"


Quote:
Tapi terlepas dari apapun yang melunturkan budaya sopan-santun bangsa ini, sudah seharusnya kita memiliki integritas kebangsaan yang ngejaga hal-hal positif tersebut tetap hidup gan.

Bersikap rendah hati, memiliki sopan-santun, ber-permisi, tidak akan menghinakan diri kita, sebaliknya, hal-hal tersebut akan meninggikan nilai kita sebagai warga negara yang masih bangga akan kultur luhur para nenek moyang.

Mari kita hidupkan kembali budaya-budaya tadi, sehingga dari hal kecil kita bisa menghargai satu sama lain, sehingga dari hal kecil kerukunan mulai terbina kembali, serta dari hal kecil kita bisa melihat kembali budaya agung yang dimiliki bangsa ini.

Ane percaya, budaya sopan-santun, ramah-tamah, gotong royong, belum mati di Indonesia. Kita cuma tinggal memunculkannya lagi, membiasakan diri lagi, menanamkannya lagi di diri setiap individu yang masih bangga akan negara kita, Indonesia.




Quote:Cukup sampai di sini gan trit ane kali ini,semoga ada manfaatnya bagi kita semua.


Quote:Buat agan yang mau nambahin atau bagi pengalamannya, ane tunggu ya gan, terimakasih banyak sebelumnya...



Spoilerfor : Semua gambar di thread ini ane sadur dari google

Spoilerfor Tambahan Dari Agan-Agan:

Quote:Original Posted By drumzhollic â–º
Alhamdulillah masih sering bilang "punten" apalagi kalo ane ngelewatin orang yang lagi duduk terutama orang tua
btw emang bener kata TS di lembur ane aja udah jarang yang suka bilang "punten"

Quote:Original Posted By freeze19 â–º
maaf nih sebelumnya n permisi gan mau komen nih....
yang begitu cuma sales,,cust. serpis,,sisa sisa orang jaman dulu,,,dkk...buat anak muda alay ga tau diri mana tau yg bgituan,,btw ane dah permisi ya

Quote:Original Posted By AriesLeo â–º
masih dipake gan kata permisi...selain kata permisi jangan lupa sama kata tolong, terima kasih, maaf. 4 kata ini diajarin ama ortu ane dr kecil...sepele gan cuman kalo kata2 di atas dilupakan dalam pergaulan bisa dianggap sebagai orang paling ngga sopan sedunia.

Quote:Original Posted By 4mree â–º
masih gan ane masih mengunakan kata permisi.biarpun itu sama anak kecil juga.

Quote:Original Posted By ireiska â–º
ketika di jalan raya ane nggak ngucapin permisi gan sama orang yg nongkrong,

tapi kalo di jalan kampung meski ane naik kendaraan, ane pelanin tuh laju kendaraan sembari menebar senyum dan menyapa orang yang ada di jalan entah itu orang tua ato masih muda,

setidaknya buat contoh buat adik ane yg masih kecil utk selalu menjungjung tinggi budaya sopan santun.



Quote:Original Posted By redza87 â–º
ane orang sunda..dari kecil ane udah diajarin untuk ngucap punten setiap lewat di depan muka orang, ngucap kulan klo dipanggil, sama nadahin tangan(mando) dn bilang makasih klo dikasih barang sama orang..tangan ane dlu pernah digebuk pake raket badminton gara2 keliatan gak punten di depan orang.
gara2 itu sampe tua gini pun..kebiasaan itu masih dipake sma ane..bahkan di kantor ato dijalan pun ane msh suka bungkuk bilang misi walopun yg ane lewatin jabatannya dibawah ane..

tau dah anak sekarang masioh diajarin gak kaya gitu..org sekarang banyak koq anak bocil yg salaman udah kaya shakehand orang seumuran(kagak cium tangan)..dulu klo kaya gitu bisa direbus kale ane..

Quote:Original Posted By ihardiman â–º
Budaya "Permisi", "Maaf", "Bisa minta tolong", dan "Terima kasih" udah mulai memudar gan di bumi ibu pertiwi ini.

Kalo jaman dulu ane tanya temen ane dari luar kalo Indonesia itu ramah2 penduduknya. Tapi sekarang temen ane bilang Indonesia itu ramah2 kalo ada uang.



Quote:Original Posted By rezadutdut â–º
tergantung gan
kalo orangnya ramah ane bilang permisi pasti di jawab.
kalo orangnye sombong ane bilang permisi tapi dia diem aja. besok nya ane cuekin aja gan males sama orang kayak gitu.

Quote:Original Posted By zzzt27 â–º
jujur gan kadang ane salut sama orng model kaya anak" vespa punk dll wlpun gayanya bgitu tapi ga semua brutal gan malah ada yg ramah & saling membantu gan malah kadang orng yg berpenampilan lebih rapi kadang kurang ramah

Quote:Original Posted By laiacute â–º
alhamdullillah ane masi kenal bgt ma kata permisi.. apalagi ane emg uda d ajarin dr kecil klo lewat orang (terutama yg lebih tua) biasaain blg permisi.. jgn kan permisi ane jg blg terima kasih.. bahkan ngisi bensin pun gw jg blg terima kasih ke mbak/mas yg jaga..


sopan santun itu budaya yg hrus d ajarkan sejak kecil tp miris ya jaman skrng anak kecilpun sering bertindak tidak sopan..

Quote:Original Posted By thealam â–º
Gak pke permisi Gan.. Tapi "umpat lalu lah".. Bahasa banjar, sama artinya ky permisi

Quote:Original Posted By mochUsman â–º
Alhamdulillah ane masih gan, biasanya ane bilang permisi/nyuwun sewu, klo g gitu jalan agak bungkuk di depan orang [entah kenal apa kagag].

klo istilah jowo "ngajeni uwong"/menghargai orang.

Quote:Original Posted By rizkymilk â–º
alhamdulillah kalo didaerah ane anak mudanya masih banyak yg bilang punten gan kalo lewatin orang lain.. ayo budayain lg kata-kata permisi agan-agan sekalian, apa susahnya sih bilang permisi/punten kalo lewatin orang lain yg udah lebih dulu disana drpd kita?

Quote:Original Posted By Indrafirdaus91 â–º
Ane kalo disini.. Punteun kang,....

Di kampung, nuwun sewu..

Di kota lain.. Permisi mas, mba, pak bu.. Maaf..

Kalo di perjalanan mau nanya, turun dulu dari motor, mesin matiin, buka helm (wajib)

Quote:Original Posted By bukankomentator â–º
ane msh gan, ganjel rasanya kl ga blg permisi

ane orang batak tp udh kelahiran jambi , stau ane bhasa batak bwt permisi itu 'satabi' gan
cmiiw

Quote:Original Posted By vauld â–º
di keluarga ane harus gan sopan sama siapa aja... smpe2 waktu di jalan ane badan nya agak nunduk pas mw ngelewatin pasangan muda mudi smbil bilang permisi... alhasil mrka malah marah krn disangka orang udh tua... lah ane malah bingung kok ane mau lewat bilang permisi baik2 malah sewot...

Quote:Original Posted By Vierdy92 â–º
Permisi gan... numpang komen
ane sama cewe ane udah saling ingetin dalam hal kecil ini gan

1. di kota rantau sama di tanah air ane, sebisa mungkin ane bilang "permisi/monggo/amit/nuwunsewu" gan, entah lewat di depan orang lagi ngobrol, mau ngawalin ngopi di warkop, ato sekedar lewat di gang
ada aspek positif nya gan, bisa menjaga kerukunan atau malah nambah temen nongkrong

2. Terimakasih/maturnuwun/trims (ini yang awalnya sulit untuk diomongin gan), apapun yang dilakuin orang, yang menurut kita baik, bales sama terimakasih dan senyuman gan, entah itu ketika nerima kembalian dari kasir indom*rt, ketika udah diambilin buku atau dipinjemin bolpen, maupun ketika meja kita dibersihin pas mau makan hingga dianterin pesanan kita oleh waitress ke meja kita, say "Terimakasih" ya gan!

3. Maaf/sorry/sepurane/pangapurane (uini tambah suwsah gan ) biasanya kata ini paling susah dikeluarin, entah pas kita salah (misal nyelonong aja dan hampir nyenggol motor lain, beraniin bilang maaf, kalo bisa sih ) , ketika mau mengingatkan orang lain (maaf pak, kalau boleh jangan merokok disini ya), juga ketika ingin meminta waktu untuk mengobrol (maaf pak, ada waktu?)

Semoga warisan ini tetap kita pertahankan ya gan

Quote:Original Posted By wulansori â–º
kata "permisi" itu kl menurut pendapat ane wajib dikatakan bila kita lewat rumah orang lain / lewat rumah org yg lbh tua dr pd kita. Kadang mereka males bilang kt permisi karena mereka gk di ajarkan sopan santun kepada lingkungan sekitar istilah kt mereka itu anjing yg sedang lewat tanpa bilang kt permisi.
Kata permisi ada beberapa kategori
1. Permisi bu / bapak saya numpang lewat
2. Permisi mau tanya alamat ini dimana yaa (kl mw cr alamat)
3. Permisi ada orang dirumah ( kl bertamu)
4. Permisi mau tny ini harganya brp ya ( kl mw beli sesuatu)
5. Permisi kl ngutang dlu boleh gk ( kl yg paling niat mw ngutang)
6. Maaf permisi bs tolong geser gk ( ni yg mw duduk)
7. Permisi bu / bapak saya mw izin ke toilet ( ni yg kebelet berak)


Quote:Original Posted By ra13 â–º
kalo ane sih alhamdulilah masih gan ..
tapi yg bikin gedeg itu udah ane "punten" eh org yg di puntenin malah biasa aja kadang timbal balik itu perlu gan biar kitanya juga jadi seneng kaya ada semacam penghargaan kalo misalnya kita bilang "punten" trs di jawab "mangga" itu ..
ah tapi susah lah yg kaya gtu mh sekarang ..
yg ngelewat aja "sangeunahna" yg dilewatin juga "sangeunahna" .
jadi mesti gmana tuh gan ??



Quote:Original Posted By kanata85 â–º
Alhamdulillah sampe sekarang ane masih make kata itu gan, ga cuma kalau lgi lewat didepan orang, tpi juga pas kalau kita jalan dan mau nyalip orang di depan kita. ade' ane juga selalu ane ingetin buat ngejaga kesopanan yg simple kaya bgitu...
ah elah, ga susah kok cuma ngucapin 'Permisi' , g berat dn ga bikin rugi.
Kadang suka miris sama generasi2 sekarang yg kayanya udah buta banget sama yg namanya sopan santun.
Kata permisi, maaf, terimakasih, tolong, senyum, itu hal2 simple yang menurut ane salah satu dasar membangun pribadi yang baik. Biar keliatan kita ini masih golongan manusia, berakhlak dan berpendidikan..

Quote:Original Posted By abachriel â–º
ya begitulah gambaran indonesia saat ini gan terutama dikota besarnya... orang sudah lupa dengan adat istiadat, norma yang berlaku di lingkungan sosial untuk itu sebenarnya pendidikan dirumah yang harus diperketat ...

kadang ane suka mikir kalo lagi dijalan gan sementara melihat ada anak dibawah usia berboncengan ber3 dengan motor tanpa helm dan dengan suara knalpot yang hingar bingar juga seenaknya tuh bawa motor... kadang suka bertanya dalam hati "tuh anak ga ada orang tuanya apa yah?" atau "mungkin tuh anak ga punya kakak atau adik" atau "tuh anak kayaknya ga punya tetangga"

setahu saya kontrol paling kuat dan berpengaruh adalah orang tua gan, karena sekuat apapun kita pasti nangis kalo menghadapi orang tua, tapi sepertinya saat ini sudah berubah. bukannya "anak bagaimana orang tua" tapi "orang tua bagaimana anak" jadi peran orang tua dirumah yang menurut ane kurang ditambah lagi peran lingkungan. Kontrol lingkungan itu penting karena orang tua tidak selamanya dapat mengawasi anak-anaknya... jadi manakala kita melihat anak dari tetangga kita melakukan penyimpangan seharusnya kita tegur dan beritahukan yang seharusnya... namun kadang orang tuanya sendiri yang tidak dapat menerima jika anaknya ditegur orang lain (ini yang salah) jadi kesimpulannya pendidikan kepatuhan untuk keluarga itu perlu dan penting....

nice share gan.... thx

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/529411eaa3cb17871100002f

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger