Home » » Mengenal Tokoh Dalang di Indonesia

Mengenal Tokoh Dalang di Indonesia



WAYANG adalah salah satu puncak seni budaya bangsa Indonesia yang paling menonjol di antara banyak karya budaya lainnya. Budaya wayang meliputi seni peran, seni suara, seni musik, seni tutur, seni sastra, seni lukis, seni pahat, dan juga seni perlambang. Budaya wayang, yang terus berkembang dari zaman ke zaman, juga merupakan media penerangan, dakwah, pendidikan, hiburan, pemahaman filsafat, serta hiburan.

Dan inilah dalang dalang terbaik di Indonesia versi ane gan.
Quote:
Spoilerfor 1. Ki Narto Sabdo: Ki Nartosabdo lahir di Klaten, 25 Agustus 1925 â€" meninggal di Semarang, 7 Oktober 1985 pada umur 60 tahun) adalah seorang seniman musik dan dalang wayang kulit legendaris dari Jawa Tengah, Indonesia. Salah satu dalang ternama saat ini, yaitu Ki Manteb Soedharsono mengakui bahwa Ki Nartosabdo adalah dalang wayang kulit terbaik yang pernah dimiliki Indonesia dan belum tergantikan sampai saat ini.
Ki Nartosabdo dapat dikatakan sebagai pembaharu dunia pedalangan di tahun 80-an. Gebrakannya dalam memasukkan gending-gending ciptaannya membuat banyak dalang senior yang memojokkannya. Bahkan ada RRI di salah satu kota memboikot hasil karyanya. Meskipun demikian dukungan juga mengalir antara lain dari dalang-dalang muda yang menginginkan pembaharuan di mana seni wayang hendaknya lebih luwes dan tidak kaku.
Selain sebagai dalang ternama, Ki Narto juga dikenal sebagai pencipta lagu-lagu Jawa yang sangat produktif. Melalui grup karawitan bernama Condong Raos yang ia dirikan, lahir sekitar 319 buah judul lagu (lelagon) atau gendhing, antara lain Caping Gunung, Gambang Suling, Ibu Pertiwi, Klinci Ucul, Prahu Layar, Ngundhuh Layangan, Aja Diplèroki, dan Rujak Jeruk.

Spoilerfor 2. Ki Anom Suroto: src="http://cdn.kaskus.com/images/2013/10/29/3512960_20131029110634.jpg" border="0" alt="" />
Kalau ini favorit kakek ane gan.
Ki Anom Suroto (lahir di Juwiring, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, 11 Agustus 1948; umur 65 tahun) adalah seorang dalang Wayang Kulit Purwa. Ia mulai terkenal sebagai dalang sejak sekitar tahun 1975-an. Ilmu pedalangan dipelajarinya sejak umur 12 tahun dari ayahnya sendiri, Ki Sadiyun Harjadarsana. Selain itu secara langsung dan tak langsung ia banyak belajar dari Ki Nartasabdo dan beberapa dalang senior lainnya.
Dalang laris itu juga pernah belajar di Kursus Pedalangan yang diselenggarakan Himpunan Budaya Surakarta (HBS), belajar secara tidak langsung dari Pasinaon Dalang Mangkunegaran (PDMN), Pawiyatan Kraton Surakarta, bahkan pernah juga belajar di Habiranda, Yogyakarta. Saat belajar di Habiranda ia menggunakan nama samaran Margono.
Pada tahun 1968, Anom Suroto sudah tampil di RRI (Radio Republik Indonesia), setelah melalui seleksi ketat. Tahun 1978 ia diangkat sebagai abdi dalem Penewu Anon-anon dengan nama Mas Ngabehi Lebdocarito. Tahun 1995 ia memperolah Satya Lencana Kebudayaan RI dari Pemerintah RI.

Spoilerfor 3. Ki Hadi Sugito:
Kalau ini favoritnya bokap ane gan.
KI Hadi Sugito meninggal pada 9 januari 2008. Dia lahir di toyan, wates, kulon progo, Yogyakarta. Ki Hadi Sugito dalam melakukan pertunjukan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan disukai banyak orang tua maupun muda.

Spoilerfor 4. Ki Enthus Susmono:

Nah kalau ini baru favorit ane gan
Ki Enthus Susmono (lahir di Tegal, 21 Juni 1966; umur 47 tahun) adalah seorang dalang yang berasal dari Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Ia adalah anak satu-satunya Soemarjadihardja, dalang wayang golèk terkenal dari Tegal dengan istri ke-tiga bernama Tarminah. Bahkan R.M. Singadimedja, kakek moyangnya, adalah dalang terkenal dari Bagelen pada masa pemerintahan Sunan Amangkurat di Mataram.
KI Enthus Susmono dengan segala kiprahnya yang kreatif, inovatif serta intensitas eksplorasi yang tinggi, telah membawa dirinya menjadi salah satu dalang kondang dan terbaik yang dimiliki negeri ini. Pikiran dan darah segarnya mampu menjawab tantangan dan tuntutan yang disodorkan oleh dunianya, yaitu jagat pewayangan.

Spoilerfor 5. Ki Manteb Sudarsono:
Ki Manteb Soedharsono (lahir di Palur, Mojolaban, Sukoharjo, 31 Agustus 1948; umur 65 tahun) adalah seorang dalang wayang kulit ternama yang dari Jawa Tengah. Karena keterampilannya dalam memainkan wayang, ia pun dijuluki para penggemarnya sebagai Dalang Setan. Ia juga dianggap sebagai pelopor perpaduan seni pedalangan dengan peralatan musik modern.
Saat ini Ki Manteb berdomisili di Dusun Sekiteran, Kelurahan Doplang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Spoilerfor bonus:

Spoilerfor request dari agan kaskuser:
Spoilerfor Ki asep sunandar:
Asep Sunandar Sunarya (lahir di Bandung, 3 September 1955; umur 58 tahun) adalah seorang dalang ternama untuk pertunjukan wayang golek, terutama atas kreativitasnya dalam memodifikasi wayang golek dalam pertunjukannya. Beliau sekarang bermukim di daerah Giriharja, jelekong

Spoilerfor Sujiwo Tejo:

Agus Hadi Sudjiwo (lahir di Jember, Jawa Timur, 31 Agustus 1962; umur 51 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Sujiwo Tejo adalah seorang budayawan Indonesia. Ia pernah mengikuti kuliah di ITB, namun kemudian mundur untuk meneruskan karir di dunia seni yang lebih disenanginya[1]. Sempat menjadi wartawan di harian Kompas selama 8 tahun lalu berubah arah menjadi seorang penulis, pelukis, pemusik dan dalang wayang. Selain itu ia juga sempat menjadi sutradara dan bermain dalam beberapa film seperti Janji Joni dan Detik Terakhir. Selain itu dia juga tampil dalam drama teatrikal KabaretJo yang berarti "Ketawa Bareng Tejo".
Dalam aksinya sebagai dalang, dia suka melanggar berbagai pakem seperti Rahwana dibuatnya jadi baik, Pandawa dibikinnya tidak selalu benar dan sebagainya. Ia seringkali menghindari pola hitam putih dalam pagelarannya.
Spoilerfor Ki Bayu Aji:

KI Bayu Aji Pamungkas " adalah dalang muda yang energik dan mahir dalam perang kembang,anak dari Ki Anom Suroto dalang Kondang dan gaek

Spoilerfor Ki parto:


Spoilerfor Harapan TS:
Cintailah produk dalam negeri. Dan lestarikan budaya budaya yang ada di Indonesia.

jangan lupa
dan gan

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/526f3886c2cb172346000008

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger