Home » » Agan Ini Sharing Cara Bikin Lampu Hemat Energi

Agan Ini Sharing Cara Bikin Lampu Hemat Energi

W.E.L.C.O.M.E






Quote:- Membuat Lampu Hemat Energi dengan Memanfaatkan Sampah -

welcome agan-agan semuanya salam hormat ane sebagai anggota baru di SF Green Lifestyle SF ini merupakan komunitas yang berkomitmen untuk menyelamatkan dunia tercinta kita dari kemusnahan. "Go Green" yang artinya menuju hijau. intinya saya mengajak agan-agan semua untuk membuat sebuah langkah kecil yang mudah-mudahan berdampak besar bagi dunia ini, yaitu langkah untuk menghambat bumi kita menuju pemanasan global lebih cepat.

Disini ane ingin Share sebuah karya Creative, Inovative, dan berguna ( amin semoga bisa ) kepada agan-sis semua, meski karya ini bukan karya original namun ane harap dengan adanya thread dari ane bisa ikut berperan untuk memperluas sebuah ilmu yang bermanfaat.

Pertama-tama ane akan share bagaimana cara membuat Lampu yang terbuat dari LED. Semenjak pertama ane mengenal LED sebagai komponen elektronika, jujur ane jatuh hati sama komponen ini, kenapa ? bentuknya kecil, imut dan unyu-unyu deh :P dan fungsinya sih dulu sebagai lampu indikator. Konon, si LED ini bisa menyala lebih dari 50.000 jam. beberapa sumber di google bahkan mengatakan bisa bertahan hingga 100.000 jam non stop. Ok langsung saja mari kita praktekan :



  • 1 buah Lampu Tabung Lamp


atau para pakar menyebutnya dengan Lampu fluorescent yang sudah rusak/tidak menyala ( kalo gak punya minta tetangga ane mohon dengan sangat jangan beli lampu baru lalu dirusakin )

  • Kardus Bekas




  • Aluminium foil


kalo tidak ada alumunium foil bekas ganti saja dengan kertas yang terdapat dalam bungkus rokok ingat bungkus rokok bekas. minta tetangga klo ente gak punya atau gak nemu di jalanan.

  • Botol Air Mineral


bekas juga ya ( minta tetangga klo gak ada )



- Bahan dan alat non bekas -

Quote:1. Solder
2. Timah 1M ( klo gak ada beli sja 1 meter. 1 meter sudah lebih dari cukup ).
3. solatif/solasi transparan
4. 1 buah Resistor 1000 ohm atau 820 ohm ( pokonya yang di atas 850 ohm dan dibawah 1000 ohm, tergantung nemunya ) 1/2 watt ( buat yg ga ngerti bilang aja ke tukang jual koponennya "mas resistor yang di atas 850 dan di bawah 1000 ohm satu" pasti ko si penjual ngasih ) catatan beli di toko elektronik yang jual komponen karena tetangga belum tentu punya :P
5.1 buah kapasitor non polar 0,22 uF 400 Vollt atau dengan nama lain kondensator non polar 0,22 uF 400 Vollt ( beli di toko elektronik )
6. Dan yang terakhir adalah LED Extra bright White sebanyak 30 beli di toko elektronik yang jual komponen.
7. Obeng min (-) buat nyongkel kesing lampu, gunting, dan cutter jika perlu
8. Lem Kertas


++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++


Langkah selanjutnya adalah perakitan :

Quote:[QUOTE]
- kiri gambar aluminium foil yag telah di lubangi, dan kanan gambar aluminium foil yang di tempel di kardus dan tiap lubang di buat hole menggunakan jarum untuk kaki LED.

1. Potong kardus dengan ukuran 9,5X12 cm kemudian sambungkan beberapa aluminium foil rokok hingga membentuk ukuran 10X12,5 cm ( lebih besar dari ukuran kardus )


Quote:2. Tempelkan Aluminium foil rokok pada kardus ( jangan dulu di lem ) lalu lipat kardus tiga kali sama rata memanjang ke arah belakang, setelah itu lepas kembali aluminium foil untuk diberi lubang. Lalu buat lubang pada aluminium foil tadi sebanyak sepuluh lubang pada setiap bagian lipatan ( lihat gambar ) ukuran lubang kira-kira sebesar diameter LED lebihkan sedikit agar tidak short ( ingat bahwa aluminium foil dapat mengalirkan listrik ). Kemudian tempelkan lagi aluminium foil yang sudah dilubangi tersebut pada kardus ( kali ini beri Lem ) dan buat 2 hole dengan jarum ( tinggal tusuk dengan jarum sampe nembus ) pada masing2 lubang tadi dengan jarak kira-kira 0,5 CM ( lihat gambar 1 ]

Quote:Quote:

3. kemudian siapkan LED tapi sebelumnya mari kita kenali dahulu bentuk LED di atas. Jika kita perhatikan dari samping, maka pada LED akan tampak seperti gambar di kanan (ada plat kecil [+] dan ada pelat besat [-] atau jika kita perhatikan kakinya maka ada kaki panjang [+] dan ada kaki pendek [-]) namun jika kita perhatikan dari atas maka sebenarnya LED tidak bulat penuh (kiri atas) ada bagian yang seolah-olah terpotong, nah bagian itulah yang menandakan bahwa sisi itu adalah bagian negativ atau katoda dan sisi yang tidak terpotong berlambang positive atau anoda. Jika sudah mengerti mari kita lanjutkan.



Quote:Quote:



4. Pasang LED atau masukan kaki-kaki LED pada hole yang terdapat pada kardus yang telah kita buat tadi dengan posisi seperti gambar di atas ingat jangan sampai terbalik antara anoda dan katoda (antara [+] dan [-]) sudah jelas ? Pada gambar diatas (gambar real )sengaja saya buat pada bahan yang berbeda dan tidak sya lapisi aluminium foil agar mudah dilihat hasilnya karena photo yang diambil pada bahan kardus yang telah di lapis aluminium foil tidak jelas (maklum kameranya jelek :P)


Quote:5. setelah anda pasang sedemikina rupa sesuai gambar (##) balikan media tersebut untuk mengerjakan bagian belakang sehingga tampak kaki-kaki komponen disana (tampak belakang)

Quote:Quote:




6. Nah sekarang atur sedemikian rupa kaki-kaki LED seperti pada gambar di bawah lalu solder pada setiap pertemuan kaki2 tersebut ( agar lebih mudah dalam penyolderan setelah kaki komponen di lipat dan di atur sedemikian rupa seperti gambar, ikat dahulu dengan kabel jumper agar semua menyatu dan solid barulah soder ) *catatan : kabel jumper adalah kabel tunggal kecil ( kawat tembaga, bisa juga menggunakan kabel biasa yang ukurannya kecil )


Quote:7. Hubungkan kabel sebelah kiri dengan Capasitor 0.22 uF 400 Volt, sedangkan sebelah kanan hubungkan dengan resistor dengan nilai 820 ohm s/d 1000 ohm (tergantung GG nemunya berapa) * catatan : semakin mendekati nilai resistor 820 ohm maka semakin terang tetapi semakin beresiko LED cepat putus atau rusak apa lagi jika tiba2 tegangan di PLN naik ( bagaimana jika terbalik? jawabannya tak masalah )

Quote:Quote:

8. jika sudah langkah selanjutnya adalah membongkar lampu TL, apa aja yang dibongkar ? lihat gambar diatas !

buang tabung lampunya beserta rangkaiannya lalu hubungkan kaki resistor dan kaki capasitor pada kabel yang terhubung dengan konektor lampu "Bagai mana jika terbalik ?" tidak masalah, pasangkan sesuai keinginan saja.

* catatan: setiap sambungan usahakan solder agar kuat lalu isolasi atau tutup dengan solatip atau solasi agar tidak sort



Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/514e1a648027cf510d000009

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger