Home » » Mercon Bumbung yang Meriahkan Ramadhan di Kampung

Mercon Bumbung yang Meriahkan Ramadhan di Kampung

WELCOME TO MY THREAD
Spoilerfor ALHAMDULILAH HT KE-3: Makasih Momod , Mimin ,Dan Kaskuser Sekalian
Quote:Bulan puasa sebentar lagi tiba.Ketika sebagian orang khusyuk berpuasa,taukah agan salah satu cara buat ngabuburit di bulan puasa.Ini salah satunya gan yang selalu ada di bulan puasa.Yuk disimak

Mercon Bumbung
Begitulah orang biasa menyebutnya,berbahan dari batang bambu.Meriam bambu atau 'mercon bumbung' biasa dimainkan anak-anak desa untuk mengisi waktu menjelang saat buka puasa. Kadang juga berlanjut lepas maghrib sambil menunggu waktu isya untuk tarawih bersama.


Dipilih dari bambu yang sudah tua dan berkulit tebal agar tahan dari tekanan dan suaranya nyaring. Agak rumit menggambarkannya.Namun secara gampang, mercon bumbung ini bekerja layaknya meriam betulan. Kecuali yang membedakannya adalah bahan baku dan bahan bakarnya.
Jika meriam betulan menggunakan bubuk mesiu, meriam bambu ini cukup dengan minyak tanah atau campuran karbit dan air untuk menghasilkan suara yang keras..Boomm!!!.Kadang Ane pake campuran solar juga gan biar makin nyaring

Bambu yang telah di potong kemudian diberi lubang kecil pada pangkal bambu yang berfungsi sebagai saluran udara dan sebagai tempat untuk memantikkan api.

Sebelum disulut api, bambu di posisikan mendongak keatas. Kemudian diisi dengan karbit yang dicampur air. Setelah kedua bahan itu di masukkan, semua lobang ditutup rapat hingga mencul uap panas.
Saat itu mercon bumbung disulut dengan api. Tekanan didalam bambu itulah yang melahirkan suara seperti meriam.

Meriam Bambu tidak bisa langsung berbunyi dengan keras, karena harus dipanasi terlebih dahulu, caranya adalah dengan memasukkan api kedalam lubang pengisian yang sudah dibuat sebelumnya lalu membuang asap dengan meniup lubang kecil tersebut. Dibutuhkan waktu kira-kira 10 menit untuk memanaskan Minyak dan Meriam agar bisa meledak. Setelah mulai panas, dan ketika api dimasukkan ke dalam lubang, maka akan terdengan bunyi menggelegar.

Yang ane heran dibulan laen sesudah lebaran maenan macem beginian seakan hilang ditelan bumi Tapi jaman sekarang juga udh mulai berkurang yang maen beginian soalnya tergeserkan oleh mainan yang lebih modern .Padahal kita harus melestarikan budaya tradisional seperti ini.

Spoilerfor MAMPIR GAN :
7 Hal Yang Mulai Luntur Pada Diri Remaja Indonesia Sekarang (HT ke-1)Ini Dia Negara yang Rajin Jual Daging ke Indonesia (HT ke-2)6 Kebiasaan Yang Dapat Mempercepat Proses Penuaan 1 dari 4 Penduduk Bumi Punya Akun Sosial Media 10 Terowongan Kereta Api Terpanjang di Dunia10 Pertempuran Paling Berdarah & Mengerikan Selama Perang Dunia I & II Momen Bersejarah Sepanjang Olimpiade

Spoilerfor Makasih: +

Spoilerfor TAMBAHAN DARI AGAN2: Quote:Original Posted By bobby.boyâ–º
Maenan ane dulu gan d kebon telo, ane nyebutnya zlum,,, tips tambahan ni, kalo pake karbit kudu pake bambu yang kuat misal jenis bambu petung jadi g mudah retak bambunya, trus kalo gak mau terlalu kenceng,, pake minyak tanah aja, bambunya pun ga harus yang tebel misal jenis bambu tali, nutupnya lubangnya juga kudu rapet biar asapnya gak terbuang sia-sia,

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51d7bd29572acf4a24000001

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger