Home » » Tips Membuat Ketupat Lebaran yang Padat dan Lembut

Tips Membuat Ketupat Lebaran yang Padat dan Lembut

Welcome to My Thread Agan & Aganwati








Spoilerfor i'm on top of the world:
Hot Thread gan I'm on top of the world!!!!







Quote:


Membuat ketupat sendiri dianggap merepotkan menurut sebagian orang Karena proses pembuatannya memakan waktu berjam-jam.
Kalau tak teliti bisa jadi ketupat lembek atau malahan keras. Karena itu gan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memasak ketupat!

Ketupat jadi menu pengganti nasi yang nikmat disantap bersama semur, opor, ataupun soto dan sate. Tentu usaha ente berjam-jam memasak ketupat ingin dibayar dengan ketupat yang cantik dan padat. Jangan lupa lakukan beberapa trik ini gan supaya ente sukses bikin , cekinyotttt!!!!.







Quote:Quote:Spoilerfor 1. Pemilihan Kulit Ketupat:

Quote:Jangan asal membeli kulit ketupat. Pastikan kulit ketupat memiliki ukuran yang sama, agar bisa matang bersamaan. Jenis kulit yang berwarna terang, bersih dan muda dianggap lebih baik karena memberi aroma wangi yang maksimal. Pastikan juga anyamannya rapat-rapat, untuk mencegah terjadi kebocoran dan ketupat gagal.







Quote:Spoilerfor 2. Pemilihan Beras:

Quote:Agar lebih bagus hasilnya, gunakan jenis beras pulen. Pakailah beras yang biasa Anda masak dan konsumsi sehari-hari, karena tiap jenis beras memiliki kebutuhan air yang berbeda. Dengan begitu, Andapun sudah kenal betul kadar air yang dibutuhkan, dan takaran airnya bisa pas digunakan.






Quote:Spoilerfor 3. Perhatikan Air:

Quote:Sudah mendidihkan berliter-liter air dalam panci besar bukan berarti tugas Anda selesai. Karena menyerap banyak air, lama-kelamaan air akan menyusut. Karenanya, sediakan air panas atau air mendidih pada panci berbeda. Saat airnya sudah mulai berkurang, masukkan air panas kembali agar seluruh permukaan ketupat selalu terendam.






Quote:Spoilerfor 4. Perhatikan Api:

Quote:Perhatikan juga besaran api yang dipakai saat merebus ketupat. Saat merebus air, bisa digunakan api besar agar cepat mendidih. Setelahnya, gunakan api kecil agar air tidak menguap terlalu banyak. Penggunaan api yang terlalu besar berakibat air rebusan cepat berkurang.







Quote:Lakukan Hal Ini Agar Ketupat Tak Cepat Basi






Membuat ketupat tak gampang, juga perlu waktu. Menganyam janur menjadi kulit ketupat memerlukan keterampilan, memasaknyapun membutuhkan waktu 3-4 jam. Sayang sekali jika setelah matang, ketupat cepat basi karena tak ditangani dengan benar.

Ketupat yang dibuat secara alami hanya tahan 2-3 hari. Namun, jika ditambahkan pengawet seperti boraks atau bleng, ketupat bisa tahan lebih lama. Tentu saja, zat kimia tersebut tak baik bagi tubuh. Jadi, lebih baik repot sedikit membuat ketupat sendiri di rumah.

Setelah matang, jangan biarkan ketupat lembab karena jadi cepat basi. Tak mau kan ketupat yang dibuat dengan susah payah jadi tak termakan? Makanya, setelah direbus, angin-anginkan ketupat dengan cara menggantungnya. Dengan cara ini, ketupat kering dari semua sisinya. Ketupat pun bisa kuat hingga 4 hari.

Sebaiknya ketupat digantung di tempat terbuka yang terkena angin. Jangan cuma ditiriskan di wadah berlubang-lubang karena ketupat jadi tak kering sempurna. Anda juga bisa mencelupkan ketupat ke air dingin terlebih dahulu sebelum menggantungnya.

Setelah digantung, untuk memperpanjang masa simpan ketupat, Anda bisa membungkusnya dengan plastik dan memasukannya ke dalam kulkas. Dengan cara ini ketupat bisa tahan 4-7 hari.

Jika akan disantap, keluarkan ketupat dari kulkas, biarkan beradaptasi dengan suhu ruangan, lalu kukus selama 30 menit. Kalau mau, pada saat membuat ketupat bisa ditambahkan air kapur sirih ke dalam beras yang sudah dicuci agar ketupat lebih kenyal dan awet.

Sebaiknya Anda membuat ketupat maksimal H-2 Lebaran atau ketika ketupat akan disantap. Sesuaikan pula jumlah ketupat dengan porsi yang akan disajikan agar langsung habis. Kupas dan potong ketupat seperlunya saja, karena ketupat yang sudah dibuka lebih cepat basi.







Spoilerfor attention please: Kaskuser yang baik itu selalu menghargai kinerja TS nyang udah buat Thread untuk ngasih ke kaskuser yg lain gan
(klo ente mau tau, cape juga bikin thread nyang bagus gan , its not easy as well)
ninggalin jejak lahh paling engga di gan
budayakan komeng nyang bagus gan jangan icon doank yee gan
bagi para ISOers yg baik hati pasti tau cara menghargai TS nya dengan nimpuk nyang ijo2 supaya segerrr gan di bulan puasa





wihh ada ISOer nyang baik nih thank you cendol and cendol gosongnya gan
ayoo gan berlomba2 dalam kebaikan (nimpuk ke TS ) belon ada nyang nambahin nihh











Nah! itu dia gan hal2 nyang ente harus perhatiin klo ente mau bikin ketupat, dan cara2 untuk supaya ketupat enggak cepet basi
gak kerasa yak gan, bentar lagi udah Lebaran aje
terus pasti pas lebaran kita pesta Ketupat dah
Well, I think thats all from me!
Semoga Thread ane Bermanfaat buat Kaskuser semua!







Spoilerfor ajaib:


10 hal unik nyang terinspirasi dari Titanic

Brain teasers : Picture Illusions


Thread ane juga nih gan udah 177 orang yg nge thank you mudah2an HT dalam waktu dekat
Fungsi lain dari lilin yg belom diketahui orang2

4 tips supaya bisa bikin nasi goreng se enak resto

20 manfaat lain dari baking soda


10 film indonesia yang pertama tayang


5 misteri nyang terdapat pada candi borobudur


10 karalter kartun yang masuk hollywood walk of fame

7 manfaat musik untuk bayi and anak kecil

http://www.kaskus.co.id/thread/51e37...a-masupppp-gan

6 tips sehat hilangin bau nafas naga saat puasa



ini juga thread ane gan udah 60.000 view lebiiihh{HOT} Website nonton Film Terbaru


khasiat ajaib dari bawang putih


Lima Produk Gila yang hanya ada di asia ini udah 50.000 viewers lebihhh gan


10 Penampakan Petir yang luarbiasa Cantiknya gan

ciri2 bos yang dibenci sama anak buahnya


11+1 fakta tentang batik




manfaat lain dari pasta gigi (HOT)







sumber

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51ee90fc3c118ead34000003

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger