Home » » Remaja Indonesia Sekarang Tidak Kenal Siapa Nelson Mandela

Remaja Indonesia Sekarang Tidak Kenal Siapa Nelson Mandela

DIRATING DULU YA BIAR SEMANGAT HEHE!!!


NO REPSOL YA GAN


Remaja Indonesia sekarang tidak kenal siapa itu Nelson Mandela


Akhirnya, pemimpin perjuangan anti-apartheid Nelson Mandela wafat hari ini di rumahnya di Kota Johannesburg, Afrika Selatan. Dia mengembuskan napas terakhir dalam usia 95 tahun.

Sempat kritis dan menjalani serangkaian pengobatan di rumah sakit, mantan presiden Afrika Selatan tersebut menghembuskan nafas terakhirnya.

Banyak orang yang ikut mendoakan dan berbelasungkawa atas wafatnya sang tokoh pejuang penghapus diskriminasi dan perbudakan di negaranya itu.

Tapi unik serta ironisnya, di wilayah Indonesia sendiri, justru remaja sekarang ini tidak kenal dan tahu siapa itu Nelson Mandela.

Sebuah website lokal, Males Banget, mengumpulkan twi-twit yang dituliskan oleh beberapa remaja Indonesia. Twit-twit tersebut memiliki tema yang sama yaitu mempertanyakan siapa itu Nelson Mendela.

Sontak saja, bagi yang mengetahuinya, tidak sedikit dari mereka yang bertanya justru dijadikan olok-olok karena dianggap tidak peka sejarah dan zaman.

Berikut beberapa twit yang beredar di Twitter seputar pertanyaan, "Siapa itu Nelson Mandela?"



SUMBER>


SIAPAKAH NELSON MANDELA?
Spoilerfor INSIDE:

Nelson Rolihlahla Mandela (pengucapan Xhosa: [xoˈliːɬaɬa manˈdeːla]; lahir di Mvezo, Afrika Selatan, 18 Juli 1918 â€" meninggal di Johannesburg, Afrika Selatan, 5 Desember 2013 pada umur 95 tahun) adalah seorang revolusioner anti-apartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999. Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras. Pemerintahannya berfokus pada penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial. Selaku nasionalis Afrika dan sosialis demokratik, ia menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1991 sampai 1997. Selain itu, Mandela pernah menjadi Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok pada 1998 sampai 1999.

Terlahir dari keluarga kerajaan Thembu dan bersuku Xhosa, Mandela belajar hukum di Fort Hare University dan University of Witwatersrand. Ketika menetap di Johannesburg, ia terlibat dalam politik anti-kolonial, bergabung dengan ANC, dan menjadi anggota pendiri Liga Pemuda ANC. Setelah kaum nasionalis Afrikaner dari Partai Nasional berkuasa tahun 1948 dan menerapkan kebijakan apartheid, popularitas Mandela melejit di Defiance Campaign ANC tahun 1952, terpilih menjadi Presiden ANC Transvaal, dan menghadiri Congress of the People tahun 1955. Sebagai pengacara, ia berulang kali ditahan karena melakukan aktivitas menghasut dan, sebagai ketua ANC, diadili di Pengadilan Pengkhianatan pada 1956 sampai 1961, namun akhirnya divonis tidak bersalah. Meski awalnya berunjuk rasa tanpa kekerasan, ia dan Partai Komunis Afrika Selatan mendirikan militan Umkhonto we Sizwe (MK) tahun 1961 dan memimpin kampanye pengeboman terhadap target-target pemerintahan. Pada 1962, ia ditahan dan dituduh melakukan sabotase dan bersekongkol menggulingkan pemerintahan, dan dihukum penjara seumur hidup di Pengadilan Rivonia.

Mandela menjalani masa kurungan 27 tahun, pertama di Pulau Robben, kemudian di Penjara Pollsmoor dan Penjara Victor Verster. Kampanye internasional yang menuntut pembebasannya membuat Mandela dibebaskan tahun 1990. Setelah menjadi Presiden ANC, Mandela menerbitkan otobiografi dan bernegosiasi dengan Presiden F.W. de Klerk untuk menghapuskan apartheid dan melaksanakan pemilu multiras tahun 1994 yang kelak dimenangkan ANC. Ia terpilih sebagai Presiden dan membentuk Pemerintahan Persatuan Nasional. Selaku Presiden, ia menyusun konstitusi baru dan membentuk Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi untuk menyelidiki pelanggaran-pelanggaran HAM sebelumnya. Ia juga memperkenalkan kebijakan reformasi lahan, pemberantasan kemiskinan, dan perluasan cakupan layanan kesehatan. Di luar negeri, ia bertindak sebagai mediator antara Libya dan Britania Raya dalam pengadilan pengeboman Pan Am Penerbangan 103 dan mengawasi intervensi militer di Lesotho. Ia menolak mencalonkan diri untuk kedua kalinya dan digantikan oleh wakilnya, Thabo Mbeki. Ia kemudian menjadi negarawan ulung yang berfokus pada aktivitas amal demi memberantas kemiskinan dan HIV/AIDS melalui Nelson Mandela Foundation.

Kontroversial nyaris sepanjang hayatnya, para kritikus sayap kanan menyebut Mandela teroris dan simpatisan komunis. Meski begitu, ia memperoleh pengakuan internasional atas sikap anti-kolonial dan anti-apartheidnya, menerima lebih dari 250 penghargaan, termasuk Hadiah Perdamaian Nobel 1993, Medali Kebebasan Presiden Amerika Serikat, dan Order of Lenin dari Uni Soviet. Ia sangat dihormati di Afrika Selatan dan lebih dikenal dengan nama klan Xhosa-nya, Madiba atau tata. Nelson Mandela sering dijuluki "bapak bangsa".
SUMBER WIKIPEDIA

PERJALANAN HIDUP NELSON MANDELA
Spoilerfor iNSIDE: Pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela diumumkan meninggal pada Kamis (5/12/2013) malam waktu setempat atau Jumat (6/12/2013) pagi waktu Indonesia. Ini adalah sejarah singkat Mandela.

Mandela lahir pada 18 Juli 1918. Dia lahir dengan nama Rolihlahla Dalibhunga Mandela di sebuah desa kecil bernama Mvezo. Dia mendapatkan nama Nelson dari guru sekolahnya. Dia juga lazim dipanggil dengan nama Madiba, yang adalah nama klan tradisionalnya.

Sempat mengenyam bangku perguruan tinggi, tetapi dikeluarkan karena aktivitasnya melawan praktik apartheid alias pemisahan sosial berdasarkan warna kulit.

Pada 1944, Mandela bergabung dengan Kongres Nasional Afrika (ANC), sebuah partai politik yang perjuangannya khusus melawan apartheid. Dia bersama beberapa tokoh lain mendirikan Liga pemuda ANC, dengan keinginan mewujudkan organisasi yang lebih radikal melawan apartheid.

Pada 1952, Mandela terpilih menjadi pemimpin baru ANC. Dia mendorong kampanye perlawanan apartheid dengan menggerakkan aksi damai massa. Belakangan, pada 5 Desember 1956, dia dipenjara lima tahun dengan tuduhan melanggar UU antikomunisme karena kampanye ini.

Pada Juni 1961, Mandela mulai menyusun pasukan bersenjata untuk melawan pemerintah rezim apartheid. Setahun sebelumnya, 69 orang tewas ditembak polisi dalam aksi damai menentang apartheid. Mandela sampai melakukan perjalanan ke luar negeri untuk belajar merakit senapan.

Pada 1962, Mandela kembali masuk penjara dengan tuduhan makar. Dia dijatuhi hukuman seumur hidup di penjara Robben Island. Pada 1980, surat kabar The Johannesburg Sunday Post memimpin kampanye mendesak pemerintah membebaskan Mandela. Atas desakan ini, Mandela dipindahkan ke penjara dengan pengamanan maksimum Pollsmoor.

Saat menjalani 18 tahun berada di Robben Island, Mandela tertular infeksi paru yang kemudian menyertai perjuangannya sampai dia meninggal. Kondisi kesehatan ini dan usia menjadi alasan pemindahan Mandela ke penjara dengan pengamanan minimum Victor Verster pada 1988.

Pada 1990, Presiden Afrika Selatan FW De Klerk mengawali penghapusan apartheid. Juga menjadi langkah politik dalam 6 bulan pertama pemerintahannya itu, Klerk mencabut larangan atas ANC dan organisasi oposisi lain. Pada Februari 1990, Mandela dibebaskan dari penjara.

Ketika pertama kali menghirup udara bebas, Mandela memastikan kepada para pendukung ANC bahwa pembebasannya ini bukan kesepakatan dengan pemerintah. Dia pun memastikan kalangan kulit putih bahwa dia akan bekerja mewujudkan rekonsiliasi di Afrika Selatan.

Masih pada 1990, Mandela mulai berkeliling dunia. Dia bertemu dengan para pemimpin negara-negara saat itu. Di antara mereka yang bertemu Mandela adalah Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher dan Presiden Amerika Serikat George HW Bush.

Pada 1991, Mandela kembali memimpin ANC. Dia terpilih dalam kongres partai yang baru digelar kembali sejak organisasi itu dilarang pada 1960. Pada 10 Desember 1993, dia mendapat Nobel Perdamaian, berbagi dengan Klerk, presiden terakhir Afrika Selatan pada era apartheid.

Sejarah Afrika Selatan menapaki babak baru, ketika pada 27 April 1994 Mandela terpilih menjadi Presiden Afrika Selatan pertama yang berkulit hitam. Menjabat presiden selama satu periode dan berakhir pada 1999, Mandela kemudian dikenal sebagai ikon perlawanan AIDS.

Pada 2005, Mandela menginisiasi pembentukan organisasi para pemimpin dan mantan pemimpin dunia untuk mewujudkan perdamaian dunia. Organisasi itu bernama "The Elders". Di dalam organisasi ini ada pula mantan Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter dan mantan Sekjen PBB Kofi Annan.

Ulang tahun Mandela ke-19 pada 2009 ditetapkan pula menjadi "Hari Mandela". Yayasan Mandela mendorong kesadaran membentuk layanan komunitas, termasuk penetapan "Hari Mandela itu". Pada November 2009, PBB menetapkan 18 Juli sebagai "Hari Mandela Internasional".

Penampilan publik terakhir Mandela terjadi pada hajatan Piala Dunia 2010 yang menjadikan Afrika Selatan sebagai tuan rumah. Setahun sebelumnya, kisah hidup Mandela dipastikan akan difilmkan.

Film tentang Mandela, berjudul Long Walk to Freedom, baru saja dirilis, November 2013. Dalam rentang 2010-2013, beragam dokumentasi, dari diari Mandela selama di penjara sampai dengan pernak-pernik sepanjang perjuangan Mandela diterbitkan dan diabadikan. Di antara memorial itu mendapat donasi dari perusahaan raksasa mesin pencarian internet, Google.
SUMBER


OPINI TS
Quote:Miris banget ya! sosok pahlawan dalam hal apartheid begitu melegenda sampai tidak diketahui anak2 jaman sekarang. mungkin mereka perlu belajar sejarah lagi
sekedar info saja, Film tentang Nelson mandela akan segera dibuat
dengan judul "Mandela: Long Walk to Freedom (2013)"

cek di sini
sebelumnya juga ada "Invictus (2009)" diperankan oleh morgan Freeman dan ditambah aktor Matt Damon tentang bagaimana olah raga sepak bola menyatukan dunia


KALAU MAU BAGI2 CENDOL AYE GA NOLAK HEHE BIAR SEMANGAT GITU LO

KASKUSERS YANG BAIK JANGAN LUPA
TS JANGAN DI BATA YA

BERIKUT THREAD ANE YANG LAIN!
Quote:
JANGAN GAYA FOTOGRAFER DI RESEPSI PERNIKAHAN ORANG LAIN HOT THREAD
Berbuat kebaikan dibayar 30 tahun kemudian
5 Penjahat yang Sebenarnya Kasian dalam Film HOT THREAD
FILM DENGAN RATING TERTINGGI "THE SHAWSHANK REDEMPTION"
Ibu bunuh bayinya demi menyelamatkan ribuan jiwa
8 Foto Tragedi Kemanusiaan Ini Bakal Membuatmu Sedih
2 Bersaudara ini "membuat ulang" foto 20 tahun lalu untuk ibu mereka
SAAT SIHIR KOREA MEMBUAT WAJAH JADI CANTIK
MENGUAK TABIR INDUSTRI PORNO DI JEPANG
top 10 mi instan indonesia di tahun 2013
Kematian superhero yang menggemparkan dunia

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52a2d1783ecb170b6c8b45fb

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger