Home » » Kima, Kerang Raksasa yang Terancam Punah

Kima, Kerang Raksasa yang Terancam Punah



Quote:
assalamualaikum wr.wb

Sebuah Berita mengejutkan datang dari Konawe, Pasalnya Populasi kerang laut raksasa atau kima di sekitar perairan Sulawesi Tenggara makin langka akibat maraknya perburuan terhadap hewan dilindungi itu.

Pasalnya Kerang Kima tersebut mulai langka dikarenakan maraknya perburuan liar terhadap Kerang tersebut untuk di ambil dagin dan cangkangnya.
Quote:
Penjelasan
Perlu diketahui bahwa Kerang Kima adalah Kerang terbesar yang dapat hidup sangat lama, meskipun begitu Kerang ini pertumbuhannya sangat Lambat. Hewan ini juga dilindungi diseluruh dunia. Di luar negeri Kerang Kima ini harganya sangatlah mahal oleh sebab itu terjadi eksploitasi berlebihan (over exploitation) yang menyebabkan Kerang Kima ini Langka dan sulit ditemui dimana mana.

Kima Dilindungi oleh beberapa undang undang tertulis dalam maklumat CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) atau Konvensi Internasional tentang Perdagangan Flora dan Fauna Langka Dan Organisasi Perlindungan Satwa Internasional (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources, IUCN).
Quote:
BERITA TENTANG LANGKANYA KIMA !!
Spoiler for This is News:
Ketua Konservasi Taman Laut Kima Toli-toli, Habib Nadjar Buduha, mengatakan, perburuan kima (Tridacna) di wilayah pesisir timur Sultra sudah terjadi sejak lama. "Kima diburu untuk diambil dagingnya dan cangkangnya sebagai hiasan," kata Habib saat ditemui di pusat konservasi kima yang didirikannya secara swadaya di Kabupaten Konawe, Sultra Minggu (8/5/2011).

Dari temuan-temuannya di lapangan, selain nelayan lokal, banyak pula nelayan asing yang berkedok mencari ikan namun sebenarnya berburu kima di perairan Sultra hingga Sulawesi Tengah. "Seringkali saat menyelam, kami tinggal menemukan cangkang-cangkangnya saja di dasar laut," ujar Habib.

Kondisi itu disesalkan Habib. Pasalnya, di wilayah perairan Indonesia hidup tujuh dari sembilan jenis kima yang ada di dunia. "Dua di antaranya merupakan yang paling langka di dunia, yakni Tridacna gigas dan Tridacna derasa yang sekarang hanya tersisa di perairan Sulawesi hingga Papua," katanya.

Ukuran kima bervariasi mulai dari sekepalan tangan orang dewasa hingga bisa tumbuh mencapai panjang 1,3 meter dan berbobot 250 Kg. Harga daging kima yang mencapai 150 dollar AS per Kg di pasaran internasional membuatnya menjadi komoditas incaran.

Karena itu, Habib berharap pemerintah pusat bisa segera turun tangan untuk melindungi biota laut ini. Pemerintah negara-negara lain di Asia, seperti Malaysia, Thailand, Filipina, hingga Australia sudah melakukan konservasi kima. "Hanya Indonesia yang belum," ujarnya.





GALLERY

Spoiler for KIMA:
Indahnya Kima diantara Terumbu karang yang cantik.

Spoiler for KIMA:
Kima yang hidup memendam di pasir laut.

Spoiler for KIMA:
Kima besar diantara terumbu karang

Spoiler for KIMA:
This is Kima !!

Spoiler for KIMA:
Kima masih berumur muda.

Spoiler for KIMA:
Fosil Kima yang ditemukan Warga

Spoiler for KIMA:
Betapa besarnya kerang Kima ini

Spoiler for KIMA:

Spoiler for KIMA:
Betapa besarnya Kma ini

Spoiler for KIMA:
Dari Laut Langsung

Spoiler for KIMA:
Ukur deh beratnya

Spoiler for KIMA:
Fosil lagi

Spoiler for KIMA:
Fosil lagi


Quote:
Penting
Kima memegang peranan penting dalam ekosistem laut dangkal karena ia menjadi filter alami air laut dan cangkangnya menjadi tempat hidup berbagai biota terumbu karang.
Keberadaan Kima juga mengindeksikan bahwa air laut tersebut masih baik kualitasnya atau belum tercemar. oleh karena itu mari kita jaga Lingkungan kita yang asri ini agar Kima dan Biota laut di seluruh dunia ini bisa Hidup

Quote:
Tempat Konservasi Kima di Taman Laut Kima Toli Toli

Sebuah lahan konservasi kerang raksasa di Sulawesi Tenggara dikembangkan di desa Toli-toli dalam bentuk taman laut. Kegiatan pembuatan taman laut ini dilakukan atas kepedulian sekelompok aktivis lokal terhadap kelangsungan hidup biota laut, terutama kerang raksasa (Tridacna), yang dimulai pada bulan Oktober 2009. Tim kecil peduli lingkungan yang dipimpin oleh Habib Nadjar ini tanpa banyak pertimbangan segera mewujudkan ide konservasi tersebut.
Spoiler for Konservasi:

Quote:
"Marilah kita jaga kelestarian Laut kita bersama agar tetap lestari dan terjaga... Agar kelak anak cucu kita dapat melihat indahnya Laut dan biota biota didalamnya"

Kurang Lebihnya Mohon Maaf
Bila ada yang kurang harap dimaklumi ya gan
Hanya sekedar berbagi kepada sesama Kaskuser

SOURCE#1 SOURCE #2

Spoiler for NO REPSOL !!:

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53202de2bfcb1716278b46ae

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger