http://www.change.org/id/petisi/pres...an-mobil-murah
Berikut rangkuman2 dari hasil diskusi kita beberapa hari ini :
Coba ane rekap sementara pendapat agan2 di sini ; Tapi ane saranin kalo ada waktu boleh untuk baca koment2 agan semua di bawah minimal sampe page 15
Sebelom nya mohon di pahami. Ini bukan menyerang SBY atau Jokowi juga bukan membela SBY or Jokowi
Kita berdoa supaya pak Sby dan pak Jokowi sebagai pemimpin pemerintah pusat dan pemprov DKi bisa sama2 untuk bekerja sinergi. (Ane yakin bisa karena ane yakin mereka berdua sama2 cinta Indonesia)
Kedua masalah transportasi bukan masalah Jakarta doang tapi ke depan nya masalah di seluruh Indonesia. Surabaya, Bandung, Jogya... Dan nanti ke depan yang sekarang masih tertinggal daerahnya akan maju seperti Jakarta juga.
Kita harus memilih untuk mengedepankan transportasi umum atau mobil murah..,??
Quote:Original Posted By wahyu24 âº
Kesimpulan utama :
"Kendaraan Umum (transportasi umum) jauh lebih penting dari Kendaraan pribadi"
1. Masalah pembukaan lapangan kerja
===>>> Ada argumen dengan kenapa mesti pake shortcut gini. Cari jalan pintas? Kalo emang alasan nya pertumbuhan ekonomi bukan nya lebih bijak dengan memberi kepastian hukum pada pengusaha, menghapus pungli? KKN? dsb dsb
====>> Vietnam aja bisa masa kita ga?
Mungkin ada counter lagi dari sini
2. Masalah mobil sebagai hak rakyat kecil juga berhak menikmati
=====>> Di counter dengan penjelasan panjang lebar tentang efisiensi punya mobil (biaya perawatan dsb)
=====>> Ukuran semu tentang kesejahteraan bahwa harus punya mobil
=====>> Kaya tuh harusnya pengeluaran << pemasukan.. Kalau pemasukan kita 3 x lipat dari pengeluaran tuh kita sejahterah
Untuk menjadi kaya kita harus memperbesar pemasukan dan mengecilkan pengeluaran
3. Fungsi mobil pribadi
====>> Apakah yang ga punya mobil selama ini ga bisa hidup?
====>> Gengsi ??
====>> Dunia (internasional) mungkin menertawakan kita kalo kita bilang bahwa Indonesia harus makmur... Ukuran nya : semua orang punya mobil pribadi
4. Masalah Pajak nol persen untuk BUS IMPORT
===>> Terlepas dari Jokowi salah atau ga asal nyerocos (okelah masalah peraturan menteri Jokowi cari muka untuk pemilu)
====>> Semua di sini setuju bahwa walaupun komponen BUS import semua tapi worthed banget untuk nerapin pajak nol persen bahkan subsidi untuk kendaraan yang akan di jadikan transportasi umum
====> secara fungsi nya sangat besar dan bermanfaat
====>> Kebijakan BUS import bukan hanya untuk di Jakarta tapi di seluruh Indonesia
5. Transportasi UMUM yang bagus bukan cuman idaman warga Jakarta
===> Ke depan nya semua pemprov dan pemerintah pusat harus mendukung kebijakan transportasi umum di seluruh Indonesia
===> Kalo bisa malah kaya di Eropa dan negara2 maju lain nya bisa naik kereta api sampe lintas negara
===>> Surabaya, Bandung, dan kota2 besar lain nya juga sudah mulai macet. Perlu langkah signifikan dari semua untuk memperbaiki
6. LGCC ramah lingkungan? Ini udah otomatis gugur yah dengan pernyataan bahwa target market LGCC orang yang belom mampu beli mobil, Keadilan sosial untuk yang tadinya naik motor dsb dsb yah....
Wong mobil tambah banyak nantinya kok
===================================================
Setuju ga gan? Yang fair aja kita bahas dulu masalah nya....
Sedikit tambahan dari gue :
Ke depan dunia makin sempit... Setuju ga?
Mao di Kalimantan kek, di Irian kek
Makin banyak manusia apalagi di Indonesia program KB gagal
tahun 40 an mungkin Indonesia baru 40 jutaan penduduknya sekarang udah 200jt lebih berapa gua ga tau deh 250jt mungkin
Kita mesti bener2 mikirin dengan lahan yang sesempit2nya bisa di manfaatin sebaik2nya
Dari berbagai segi
Hunian misalnya : ke depan mungkin harus di pikirin apartement di mana2
Transportasi : Jelas harus transportasi umum di genjot
Pertanian : harus bener2 di pikirin gimana dengan luas lahan yang sama return nya bisa lebih efisien dan efektif (teknik pertanian setara jepang / thailand
Air Bersih, Udara
Kalo ga cepet2 di atur gimana hidup anak cucu kita nanti?
It's not only about Jokowi vs Pemerintah Pusat
Gua masih belom bisa nerima kalau ada pendapat bahwa mobil pribadi itu harus di bagikan ke seluruh Indonesia sebanyak banyaknya...
Sorry kalo gua salah.. Mungkin juga Jokowi banyak salah tapi setidaknya itu lah kekuatiran gua akan masa depan gue sendiri
==============================================================
Bikin gregetan kayanya masa mobil pribadi pajak nol persen angkutan umum ga?
Cuman di Indonesia yang bisa begini !!!
Comment of the month
Quote:Original Posted By d doctor âº
Jadi inget salah satu alasannya mobil murah karena orang daerah mau beli mobil juga. Bukan orang kota besar aja. Orang papua mau beli mobil, orang kalimantan mau beli mobil. Bikin ane ketawa. Orang papua ama kalimantan mana mau beli city car. Yang ada cuma bisa muter di kota. Keluar kota dikit ya mana kuat ketemu jalan jelek ama naik turun.
Quote:Original Posted By tristan99 âº
Buat ane sbnrny yg jadi inti persoalan bukan perkara pajakny O % tp disini pemerintah tdk pny orientasi yg jelas. Belajar dari Jakarta seharusny daerah2 lain mesti segera dibenahi. Skrg kota2 diluar jakarta jg tambah macet lho. Kalo kondisiny spt ini terus, tdk ada komitmen yg kuat utk meningkatkan angkutan umum akhirny kota2 lain nasibny akan sama kaya Jakarta.
Kecuali ente lebih seneng hidup dlm kemacetan dgn dalih membantu industri otomatif n dealer2 mobil ya silahkan aja. Kalo ane pikiranny beda. Seandainy transportasi umum bagus, ane ngga perlu keluar duit 100 jt buat beli mobil, itu duit bisa ane tabung atau dipake buat keperluan lain.
Ini bagus banget gan idenya... GRP meluncur
Seperti yang gua sampein sebelomnya.. Kita ga anti mobil Green Car
Tapi kenapa mesti murah? Itu loh yang jadi pertanyaan?
Kan masih bisa mobil yang BOROS EMISI di mahalin semahal2 nya pajaknya
Kaya saran agan ini juga
Balik lagi balik lagi :
KALAU MOBIL MURAH ITU BERARTI TAMBAH BANYAK GIMANA MAO DI HUBUNGIN MA PROTOKOL KYOTO????
Quote:Original Posted By robotechmania âº
Kalau menurut saya mestinya :
1. Memang pemerintah harus menghapuskan pajak kendaraan angkut massa, supaya biaya tiket semakin rendah dan ada kemampuan untuk melakukan perawatan kendaraan angkut massa itu.
2. Mestinya kalau memang harus green, ya mobilnya sebaiknya hanya bisa jalan pakai BBG aja, sekalian untuk mengurangi ketergantungan Indonesia akan minyak bumi
3. Untuk mengurangi kendaraan tidak hemat energi, mestinya kita menganut kebijakan kayak di Amerika, pajak ditentukan dari perbandingan antara luas kendaraan dengan tingkat konsumsi bahan bakarnya. Jadi lama kelamaan mobil tidak hemat BBM akan berkurang secara alami, mengurangi ketergantungan Indonesia akan BBM dan menurunkan defisit anggaran untuk minyak bumi.
Quote:Original Posted By miracle.maker âº
subjek pajak PPnBM itu konsumen akhir, meskipun yang dikenakan produsen atau importir, unsur PPnBM masuk ke biaya bagi pembeli pertama, tujuannya mengendalikan sifat konsumtif masyarakat terhadap barang mewah, ketika angkutan umum dikenai PPnBM jadi hilang esensi tujuan awalnya, apa naik angkutan umum termasuk kemewahan?
PPnBM dihapus atau tidak itu ga ada pengaruh ke produsen angkot, karena dibebankan ke pembeli pertama (dalam hal ini pemkot DKI atau kontraktor), kalo kontraktor misal PT MRT atau mungkin operator busway tentu beban PPnBM masuk ke komponen harga tiket
Quote:Original Posted By Snobb âº
Pertanyaan dari ane yg gagal paham :
1. Apa esensi pemerintah menol persenkan mobil murah?
2. Apa hubungan angkutan massal dimiliki perusahaan dg pribadi? Toh biaya investasi dibebankan ke penumpang juga?
3. Apa angkutan massal tidak bisa ramah lingkungan? Bisa pake BBG yg jauh2 lebih ramah.
4. Apa ada jaminan mobil murah tidak pake premium?
Apa ya hubungan antara MRT, pajak dengan presiden?
Gegar otak ane mikirnya gaaannn..... tolongin gannn....
Good Argument bro....
Quote:Original Posted By jevanojave âº
baca sampai halaman 3, ane udh ga sabar utk komen...hehehe
Argumen agan @adoeka ngawur.
1. Satu2nya alasan LCGC ini bisa diterima adalah krn thn 2015 pasar bebas ASEAN dimulai. Adanya kekuatiran negara tetangga membanjiri produk sejenis ke Indonesia. Meskipun hal ini bisa ditangkal dgn mengeluarkan kebijakan yg sifatnya protected. Tp okelah alasan ini ane bisa trima.
2. alasan menambah lapangan kerja, bisa jadi model mobnas, alih teknologi, level menengah bwah jg pengen bermobil, dsb...dsb, tidak dapat diterima atau tdk signifikan. Sdh dijelaskan oleh agan2 dimari. Tambahan dari ane, bangsa ini lebih dari sanggup utk buat mobnas, kebijakannya aja yg tidak mendukung.
3. Kata kuncinya Pemerintahan SBY ingin mendapat nilai positif secara instan tanpa susah payah. Ttg ini udh dijelaskan oleh agan TS dengan sangat baik. Klo mau meninggalkan legacy yg baik, dia seharusnya mendorong kebijakan mewujudkan mobnas dimasa dia memerintah. Tp dia tdk mau krn yg menikmati hasilnya bukan dia tp pemerintahan brikutnya. Beda dengan JB, mrk brani mengambil resiko dicaci-maki ama warga dan tdk terpilih lg dengan mengeksekusi MRT yg slama pembangunannya akan menambah kemacetan yg luar biasa.
Ini salah satu perbedaan cara memimpin antara JB dan SBY. Jelas ane mendukung JB dalam hal ini.
4. Utk pajak angkutan massal di nolkan ane sangat setuju dan mendukung. Argumennya ga jauh bedalah ama agan2 yg jg setuju dimari.
Bus murah maka ongkos murah, pengadaan bisa banyak, peremajaan bisa cepat. Jika angkutan massal nyaman dan ongkos murah maka pemilik mobil pribadi pun akan berpindah ke transportasi massal.
MANTAB
Quote:Original Posted By Wduz_gbaz âº
Jadi solusi untuk mengurangi 25% greenhouse effect dengan cara menumpuk mobil2 beremisi rendah sebanyak2-nya dijalan ??
Terus tahukah ente fakta bahwa pertumbuhan mobil pribadi di Jakarta sudah mencapai 600-650 mobil per hari ??, Terus siapa yg menjamin dengan LGCC, kemudian orang yg sdh punya mobil yg non LGCC bakalan ganti ke mobil LGCC ??
Yang ada malah yg lama masih ada, kemudian malah bertambah jumlah mobilnya dengan mobil2 LGCC. Tidak mengertikah ente dengan sifat konsumtif bangsa ini ?
Jadi disebelah mananya peluncuran LGCC ini yg mengurangi Greenhouse effect ??, dan mengurangi konsumsi bahan bakar ??
Quote:Original Posted By rdsyh âº
Ane berasa aneh bgt dgn statement org2 di pemerintahan yang mendukung mobil murah..inget gan..public transportation bgs,artinya traffic jam bklan berkurang,,ente tau harga camry di singapore berapaan..?nyampe 1 milliar om,,knp bs bgtu-krn gov nya mang concern ke public transportation n mo menekan pemakaian kendaraan pribadi..ga kyk d indonesia-negara msh miskin tp gaya nya selangit-mobil murah perlu tp blm skrg waktunya..
Quote:Original Posted By HappyXie âº
Solusi Kemacetan dan Efisiensi : Angkutan Umum
Solusi Global Warming : Pure Green Car
Trus knapa sih agan kok ngotot harus mobil murah? Udah tau kan infrastruktur ga secepet kendaraan bikinnya?
Mbok ya ngideinnya Angkutan Umum yang didorong jadi Green Car murni kalo emang bener niatnya Go Green.
Kan sekarang Transjakarta uda transisi ke BBG sebagai pionir. Sebentar lagi pasti bisa ke Listrik.
Dan uda ga usa nyalah2in pejabat lah, mau cari solusi kan bukan cuma ngejelek-jelekin orang? Ana heran kalo ada orang niat kerja masih juga dihujat.
Quote:Original Posted By isalsep48 âº
jiah gan mobil itu kebutuhan skunder bukan primer.mobil itu hanya keinginan yg ga harus dimiliki.lagipula jaman sekarang ngapain punya mobil ane aja ga pengen tuh punya mobil.ane lebih seneng motor lah kalo dipilih dikasih ducati ma ferari kalo ga boleh dijual ane pilih motor.tapi inilah kenapa orang banyak korup bayangi yg jadi tujuan utama tu yg skunder.buat biaya pendidikan dll itu no2 kali yah buat ente.hidup itu ga perlu mewah2 pak,punya boleh tp jgn dijadiin keharusan.lah ini yg counterattack rata2 membuat manusia harus punya mobil.knp ga warga indo ga dibikinin jetpack harga murah biar bsa kluar negri pke itu.ane pengen ke jepang muak ma pemimpinya negara ini,kesannya kaya menjajah negara ini apa yg diangap jelek ma masyarakat kayanya itu salah.dan pemerintaj pusat pasti benar.wajar jokowi disukai rata2 kebijakanya mang positif dan kena logika.kalo didebatin jg kuat statmentnya ga kya kbijakan ini yg bela slalu muter2 jawabnya hadeh sedih bgt indo pahlawan kita nangis didalam kubur
Quote:Original Posted By artif âº
astaga gan. mobil murah ini seberapa murah? seluruh yang di indonesia ini bisa beli? ini cuma lebih masuk ke budget kebanyakan orang yang sudah agak mapan.
ini juga bukan masalah pribadi gan.. masalah masyarakat.. gak ada salahnya juga mobil murah.. masalah sosial, umum yang gimana gan? sekali lagi jangan lihat jakartanya aja. kebijakan di jakarta kan bisa diatur jg pake berbagai jurus yang ada..
Quote:Original Posted By headphon3 âº
yg dibold artinya juga ga mampu beli mobil seken ya gan? kl iya, berarti emang kudu tau diri, ga usah maksa beli mobil...
woh bner banget gan... dari hati yang paling dalem, ane juga ngerasa butuh naik mobil. PERTAMA, anak gw udah 2. KEDUA, itu bisa ningkatin PD gw, nunjukkin kalo gw udah sukses sama emak (meski gw masih mikir apa bener itu bener)
TAPI, disini gw ambil sikap gan, gw nilai pemikiran ini adalah pemikiran egois. yg seneng cmn gw ama keluarga gw doang. kalo toh jalanan di kota gw tinggal macet total, dampaknya ga bakal jadi yang kaya gw bayangin.
disini gw nangkep kalo agan jg pengen punya mobil baru yg LCGC, tolong lah gan, dipikirkan dengan bijak, masa iya, demi keinginan agan punya mobil murah mesti ada sesuatu yang kritis yang harus dikorbanin (dlm hal ini kemacetan di jakarta).
SBY juga menyiratkan kalau dirinya malu loh, kalo jakarta macet... catet ini. padahal itu juga cuma 1 kota dr seluruh keindahan Indonesia. tapi herannya kebijakannya itu kok ya berbeda daripada apa yang diomongin... (benerkan asumsi bahwa LCGC nambah volume kendaraan di Jakarta?) di sinilah letak anehnya kebijakan ini.
lebih lagi, LCGC di boomingkan untuk bisa mengurangi penggunaan BBM subsidi, karena pemilik LCGC dianjurkan pake BBM non-subsidi. LHA emangnya mobil yg sebelum LCGC lenyap begitu aja ketika LCGC diluncurkan? yang ada, penggunaan BBM subsidi tetap, ditambah penggunaan BBM non-subsidi.
gini loh gan... pemerintah pusat ini bwt gw masih belum jelas visinya transportasi mau kemana. kalo toh ndukung transportasi umum, kenapa kebijakannya malah encourage, malah ndorong, masyarakat untuk beli mobil pribadi...
menurut gw mereka harus konsisten, kalo mau ngembangin budaya penggunaan transportasi umum, ya jangan dorong masyarakat beli mobil pribadi (walaupun dengan alasan apapun). ga ada kebijakan yang bisa menangin semua pihak, dan disitulah pemerintah harus bisa bikin skala prioritas. dan menurut gw pemerintah lebih memprioritaskan masyarakat harus semakin banyak yang punya mobil, alih-alih membudayakan masyarakat untuk menggunakan angkutan umum.
kalo kita ngomong soal perilaku masyarakat untuk menggunakan angkutan umum, kita perlu bahas motivasi apa yang bisa mendorong itu. nah disini, emang bener kalo angkutan umum di negara ini perlu perbaikan, dan ini belum jadi motivator kuat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum. tapi, kebijakan mobil murah itu jadi motivator yang signifikan juga buat masyarakat (walaupun terbatas di kelompok menengah) untuk memilih mobil probadi.
nah, apa yang diminta si jokowi itu, agar pemerintah pusat ikut berperan bikin kebijakan agar perbaikan angkutan umum itu bisa terealisasi, jadi ada motivator kuat juga untuk masyarakat milih angkutan umum, meski dengan adanya mobil murah, kondisinya jadi ga ada perubahan.
in short, kondisi sekarang (angkutan umum belum baik + mobil jadi murah = masyarakat condong ke mobil pribadi)
kondisi yg seharusnya menurut gw (angkutan umum baik/murah + mobil mahal = masyarakat condong ke angkutan umum)
selow napa gan, ga usa pake caps
ane bingung ama logika ente... sumpah... negara maju kaya jepang, atau negara maju lain dah, atau kota dah, yang menurut ente maju.... liat baik2, apakah lebih banyak yang pake mobil untuk kerja, dibanding ama jakarta?
lagian ente mau nyontek jakarta, ikutan macet juga? hahah.. ga gan.. becanda ini, pasti ente ga mau kaya jakarta kan?
ente bener punya impian majuin daerah lain, cuma salah logika aja, yang ente contek dari jakarta cuma punya mobilnya, dan itu banyakan bikin macetnya daripada bikin majunya...
Quote:Original Posted By brandonmeth âº
Indonesia rakyat nya mudah di bodohi dengan orang yang menandatangi dan menijinkan masuknya mobil" murah..
emang kalau transportasi dikasi 0 persen menguntungkan bagi yang ijinkan masuk? mending yang ada hasil nya aja lah.. itulah yg punya wewenang itu yang NDABLEG ALIAS RAKUS!! Kepikiran ga? setiap orang beli mobil yang ijinin dapet komisi?
Indonesia itu hanyalah lahan memperkaya diri bagi orang yang cerdas licik dan mempunyai wewenang.. THAT'S IT!
Quote:Original Posted By "lll" âº
JAKARTA, KOMPAS.com â" Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengeluhkan tetap tingginya pajak untuk pengadaan angkutan massal. Permohonan keringanan pajak untuk pengadaan ribuan bus transjakarta pun tak kunjung mendapat respons dari otoritas pajak.
"Maunya bus sedang atau transjakarta di Jakarta (dipajaki rendah), tapi sampai sekarang belum ada jawaban. Mestinya diberilah," ujar Jokowi di kediamannya, Jumat (8/11/2013). Dia berpendapat, seharusnya pajak nol persen diberlakukan untuk pengadaan transportasi massal Indonesia.
"Kalau mobil murah (bisa ada) gara-gara diberikan (insentif penghapusan) pajak, (pengadaan) transportasi (massal) harusnya murah juga, diberikan pajak nol (persen). Mestinya gitu," ujar Jokowi. Dia pun berharap permintaan keringanan pajak pengadaan bus tersebut segera mendapat tanggapan.
Keringanan pajak untuk pengadaan angkutan massal, kata Jokowi, akan memungkinkan segera melonjaknya jumlah armada transportasi publik. Bila jumlah angkutan umum sudah bertambah, ujar dia, masyarakat yang dapat diangkut juga akan lebih banyak dan harapannya pengguna mobil pribadi akan berkurang.
Kendala pajak untuk pengadaan angkutan umum bukan baru kali ini dihadapi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pada 2011, misalnya, pernah diajukan keringanan pajak untuk pengadaan ribuan bajaj berbahan bakar gas.
Upaya konversi bahan bakar dan "regenerasi" bajaj tersebut terkendala harga "bajaj biru" yang mencapai Rp 60 juta sebelum ada keringanan pajak. Setelah ada permohonan keringanan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) untuk bajaj berbahan bakar gas, pajak yang dikenakan turun dari 45 persen menjadi 25 persen.
Dinas Perhubungan DKI Jakarta saat itu berpendapat, pajak yang dikenakan untuk pengadaan bajaj itu terlalu tinggi, sekalipun sudah mendapat keringanan. "Bajaj biru" dikenakan pajak "barang mewah" dengan alasan penggunaan gas sebagai bahan bakarnya.
http://megapolitan.kompas.com/read/2...bil.Murah.Itu.
Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/527db71e3dcb17795500000b