Home » » Tokoh-Tokoh 'Ngapak' yang Jadi Legenda Indonesia

Tokoh-Tokoh 'Ngapak' yang Jadi Legenda Indonesia




alhamdulillah HT.,thanks mimin,momod,kaskuser ngapakers n smua yang udah suport trit ane slama ini...
makasih semuanya
HT #1

SELAMAT PAGI,SIANG,SORE and MALEM AGAN/SISTA

disini ane cuma mau share beberapa tokoh legendaris dan terkenang sepanjang masa yang berasal dari daerah ane...
yapz daerah ane yaitu dari daerah ngapakers barlingmascakeb(banjarnegara,purbalingga,banyumas,cilacap,kebumen)


Spoilerfor ngapak itu apa sih gan?: Spoilerfor : berhubung tadi ada agan yang tanya,ngapak itu apa sih gan,makanankah,nama tempatkah,ato malah nama orang...
itu bukan sama sekali,
ngapak itu adalah
Dialek Banyumasan atau sering disebut Bahasa Ngapak adalah kelompok bahasa bahasa Jawa yang dipergunakan di wilayah barat Jawa Tengah, Indonesia.Logat bahasanya agak berbeda dibanding dialek bahasa Jawa lainnya.
Bahasa Banyumasan terkenal dengan cara bicaranya yang khas. Dialek ini disebut Banyumasan karena dipakai oleh masyarakat yang tinggal di wilayah Banyumasan.

kemungkinan besar kaga repost.
Spoilerfor cek:

oke langsung aja ya gan
Spoilerfor Legenda NGAPAKers: Spoilerfor Legend gan:

PERTAMAX
Dari kalangan Pahlawan dan founding fathers Indonesia.



"Jenderal Besar anumerta Soedirman"

ente2 pasti pada tau beliau ini siapa,karena hampir diseluruh pelosok negeri,pasti ada nama beliau di jalan-jalan utama khususnya di perkotaan.
yaps,siapa lagi kalo bukan:



Spoilerfor sekilas tentang jendsud: sekilas tentang jenderal soedirman.

lahir di Bodas Karangjati, Purbalingga, Jawa Tengah, 24 Januari 1916 â€" meninggal di Magelang, Jawa Tengah, 29 Januari 1950 pada umur 34 tahun) adalah seorang perwira tinggi militer Indonesia dan panglima besar pertama Tentara Nasional Indonesia yang berjuang selama masa revolusi kemerdekaan.
Soedirman dilahirkan di Purbalingga, Hindia Belanda oleh pasangan wong cilik, lalu diangkat oleh pamannya, yang merupakan seorang priyayi. Setelah dibawa pindah bersama keluarganya ke Cilacap pada akhir tahun 1916

beliau sangat berjasa kepada negeri kita tercinta,dan banyak sekali pencapaian dan hasil yang sangat luar biasa yang beliau peroleh untuk negeri kita.

beliau jenderal bintang lima yang sangat ditakuti musuh padakala itu dengan teknik perang gerilyanya,dan beliau juga pantang menyerah,terbukti saat beliau sakit yang cukup parah,beliau masih memimpin pasukannya untuk mengusir penjajah,sampe dibela2in pake tandu kemana2.

dan pada saat beliau meninggal Rakyat Indonesia berduka cita setelah kematian Soedirman; bendera dikibarkan setengah tiang di seluruh Nusantara dan ribuan orang mengikuti pemakamannya. Sampai sekarang Soedirman sangat disegani di Indonesia. Perang gerilyanya dianggap sebagai asal usul semangat Tentara Nasional Indonesia, termasuk perjalannya yang sepanjang 100 kilometer harus ditempuh oleh kadet Indonesia sebelum mereka lulus dari Akademi Militer.
Spoilerfor :

ini pic waktu beliau ditandu dan terus memimpin pasukannya.
dan selain nama beliau yang diabadikan sebagai nama jalan,museum,maupun monumen di seluruh pelosok negeri ini.
pemerintah indonesia-pun mengabadikan gambar beliau di uang kertas rupiah keluaran tahun 1968.
Spoilerfor :


KEDUAX


JENDERAL GATOT SOEBROTO

Mungkin ada sebagian dari ente yang ga tau beliau ini siapa.
tapi sama seperti jenderal soedirman.
nama beliau juga banyak yang diabadikan sebagai nama jalan2 protokol atau jalan utama di perkotaan dan monumen,RS pusat dsb.


Spoilerfor sekilas: lahir di Banyumas, Jawa Tengah, 10 Oktober 1907 â€" meninggal di Jakarta, 11 Juni 1962 pada umur 54 tahun) adalah tokoh perjuangan militer Indonesia dalam merebut kemerdekaan dan juga pahlawan nasional Indonesia. Ia dimakamkan di Ungaran, kabupaten Semarang. Pada tahun 1962, Soebroto dinobatkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional menurut SK Presiden RI No.222 tanggal 18 Juni 1962. Ia juga merupakan ayah angkat dari Bob Hasan, seorang pengusaha ternama dan mantan menteri Indonesia pada era Soeharto.

kakek ane dulu waktu jaman kemerdekaan juga sebagai ajudan beliau gan.
kata kakek ane yang skarang udah almarhum,beliau orangnya galak,tegas dan berkharisma,tapi beliau juga seneng becanda gan,selera humornya tinggi.
banyak cerita tentang beliau dari kakek ane gan,kebanyakan cerita lucu tentang kekonyolan beliau saat lagi istirahat ato bermalam di hutan2.

Spoilerfor ini ceritanya gan: pernah suatu waktu(berdasar cerita kakek ane)
beliau lagi pake sarung buat nutupin badannya gan,orang jawa nyebutnya "kerodongan" sarung.terus beliau merintahin kakek ane buat manggilin seluruh anak buahnya untuk ngumpul dan disuruh duduk dihadapan beliau di samping api unggun.
pas udah pd ngumpul,beliau tanya ke anak buahnya "uwis pada nyore durung(udah pada makan sore belum)"
karena mereka emang belum pada makan,mereka serempak jawab "BELUUUMM".
lah ini gan tragedi konyolnya.
trnyata beliau pas nyuruh kakek ane buat manggilin anak buahnya buat ngumpul,beliau lagi *maaf "berak" gan,sambil ditutupin sarung gitu,nongkrong.
pas udah selese beliau tanya kek gitu n semua serempak jawab belum,beliau bangun dari peraduannya dan bilang "kuwe ngonoh dipangani(itu silahkan pada dimakani" sambil nunjuk kearah kotorannya beliau.

ane pas denger cerita kaya gitu dari ayah ane,ane langsung ngakak sengakak2nya.

tp meskipun beliau kaya gitu,jasa2 beliau ga ada yang bisa gantiin ato nyaingin.tetap menjadi satu di bumi pertiwi ini.


LETNAN JENDERAL SOEPRAPTO


mungkin ente terlalu asing mendengar nama beliau yang satu ini,tapi beliau salah satu "PAHLAWAN REVOLUSI" yang katanya beliau diculik sama PKI dan dibunuh terus dimasukkin ke dalam sumur di daerah lubang buaya bersama para jenderal lainnya,7 perwira tinggi angkatan bersenjata kita dulu dimasukkin jadi satu di dalam lobang tersebut,ya salah satunya LETJEN SOEPRAPTO ini.

Spoilerfor sekilas: Letnan Jenderal TNI Anumerta R. Suprapto (lahir di Purwokerto, Jawa Tengah, 20 Juni 1920 â€" meninggal di Lubangbuaya, Jakarta, 1 Oktober 1965 pada umur 45 tahun) adalah seorang pahlawan nasional Indonesia. Ia merupakan salah satu korban dalam G30SPKI dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Suprapto yang lahir di Purwokerto, 20 Juni 1920, ini boleh dibilang hampir seusia dengan Panglima Besar Sudirman. Usianya hanya terpaut empat tahun lebih muda dari sang Panglima Besar. Pendidikan formalnya setelah tamat MULO (setingkat SLTP) adalah AMS (setingkat SMU) Bagian B di Yogyakarta yang diselesaikannya pada tahun 1941.

Spoilerfor foto2nya lagi gan:


KEEMPATX(maksa banget ye)


SOEPARDJO RUSTAM
kayanya ente2 ga pada tau beliau ini siapa,tapi mungkin bagi para penikmat sejarah,pasti tau beliau ini siapa,dan mungkin orang jawa tengah khususnya pasti ada yang mengenal beliau.
yaps,beliau adalah Soepardjo Rustam,Gubernur Jawa Tengah jaman dulu periode 1974-1988

Spoilerfor Sekilas: Sekilas tentang Soepardjo Rustam.

Soepardjo Rustam (lahir di Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah, 12 Agustus 1926 â€" meninggal 11 April 1993 pada umur 66 tahun) adalah Menteri Dalam Negeri Indonesia periode 1983-1988. Posisi lainnya yang pernah dijabat antara lain adalah Duta Besar RI untuk Malaysia (1972-1974) dan Gubernur Jawa Tengah (1974-1982).

Spoilerfor pendidikan: Pendidikan beliau
HIS
MULO
SMP, Purwokerto
Pendidikan Perwira Peta Sekolah Infantri, Fort Benning, Amerika Serikat
Kursus Atase Militer, Jakarta
Seskoad, Bandung

Spoilerfor karier beliau: Karier Cemerlang beliau
Daidancho Peta, Banyumas (1944-1945)
Ajudan Panglima Besar Jenderal Sudirman (1946-1950)
Sekretaris Atase Militer RI di Negeri Belanda (1952)
Perwira Staf MBAD (1953-1955)
Komandan Sekolah Infanteri, Curup, Sumatera Selatan (1956- 1957)
Perwira Staf MBAD (1958)
Atase Militer RI di Kuala Lumpur (1959-1962)
Deputi Asisten VI Menteri Panglima Angkatan Darat (1963-1966)
Direktur Urusan Asia & Pasifik Departemen Luar Negeri (1967)
Duta Besar RI di Yugoslavia (1971)
Duta Besar RI di Malaysia (1972)
Gubernur Jawa Tengah (1974-1982)
Menteri Dalam Negeri

KELIMAX


BANK BRI

kalo ini pasti ente udah apal banget ya gan sama salah satu perusahaan perbankan pemerintah terbesar di indonesia,yaitu BANK BRI.

kemungkinan besar para pegawai maupun direksi Bank BRI pasti tau lah sejarah berdirinya bank ini,karena pasti banget,pas lagi pendidikan bakalan disuguhin cerita dan sejarah tentang berdirinya bank BRI.

yaps,bank BRI pertama kali didirikan di sebuah kota kecil di sebelah selatan provinsi jawa tengah dan berbatasan dengan jawa barat yaitu di purwokerto.

pasti bagi yang belum tau tentang sejarah BRI bakal kaget membaca ini,tapi memang kenyataannya begitu.
dan pendirinya adalah
Raden Bei Aria Wirjaatmadja
Spoilerfor :
putra aseli PURWOKERTO.

Spoilerfor sekilas: sekilas tentang bank BRI
Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden[1] atau "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto", suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Lembaga tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.


Sekilas Tentang Raden Bei Aria Wirjaatmadja


Raden Bei Aria Wirjaatmadja adalah perintis berdirinya Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang merupakan salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Pada awalnya beliau membentuk sebuah lembaga semacam Bank yang diberi nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank Der Inladsche Hoofden dan menjadi awal kegiatan Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia. Seiring bertambahnya modal pada tanggal 16 Desember 1895 didirikanlah secara resmi Bank Perkreditan Rakyat pertama di Indonesia dengan nama Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi yang berkebangsaan Indonesia (pribumi), yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.






DARI KALANGAN HIBURAN DAN ATLET

PERTAMAX


INDRO "WARKOP"

kalian ga bakal asing sama om yang satu ini,karena sampe sekarangpun om ini masih eksis didunia hiburan dan lawak di indonesia.
siapa lagi kalo bukan om INDRO WARKOP.
salah satu pendiri grup warkop yang sangat melegenda di indonesia bersama Dono dan Kasino.

Om indro ini orang Purbalingga asli loh gan.makanya beliau juga sering ngomong ngapak2 gitu waktu tampil di acara hiburan di televisi maupun perfilman.

ga usah disebutin satu2 lah ya film yang udah beliau bintangin,karena banyak banget,susah disebutin satu2,butuh reverensi yang banyak soalnya.
hehehehe
tapi ane kasih deh sekilas tentang om idnro warkop.

Spoilerfor : sekilas tentang om INDRO WARKOP

Drs. H. Indrodjojo Kusumonegoro (lahir di Purbalingga, Jawa Tengah, 8 Mei 1958; umur 55 tahun) yang akrab disapa dengan sebutan Indro, adalah seorang aktor dan anggota grup lawak Warkop yang terkenal di era 1980 sampai 1990-an. Pendidikan terakhirnya adalah sarjana ekonomi di Universitas Pancasila, Jakarta. Hobinya adalah berkendara dan melakukan tur dengan motor Harley Davidson. Ia beragama Islam dan bertinggi badan kira-kira 175 cm.


KEDUAX




DARTO HELM

pada ada yang tau ga siapa orang ini??
karena pada era 70 dan 80an beliau sangat terkenal dan banyak karyanya di dunia perfilman bersama grupnya yaitu BAGYO CS.
yang digawangi oleh S. Bagio, Diran, dan Sol Saleh.
beliau juga putera aseli purwokerto,putera ngapak yang namanya sampai sekarang menjadi legenda.

Spoilerfor sekilas: Spoilerfor sekilas: Sekilas tentang Darto Helm
Sudarto (lahir di Purwokerto, Jawa Tengah, 17 Maret 1943 â€" meninggal di Jakarta, 14 Agustus 2004 pada umur 61 tahun) atau lebih dikenal dengan nama panggung Darto Helm adalah aktor dan pelawak Indonesia. Ia sempat tergabung dalam kelompok Bagyo CS bersama S. Bagio, Diran, dan Sol Saleh. Ia terserang stroke pada 4 September 1996 dan kemudian mengurangi aktivitas panggung sampai akhirnya meninggal pada 14 Agustus 2004 di RS Pelni Petamburan. Ia dimakamkan di Purwokerto.

ini beberapa film yang dibintangi beliau bersama ateng,bagio dkk.

Ateng Sok Tau (1976)
Boss Bagio Dalam Gembong Ibukota (1976)
Hippies Lokal (1976)
Manusia Purba (1976)
Tarsan Pensiunan (1976)
Ateng Pendekar Aneh (1977)
Ateng Sok Aksi (1977)
Donat Pahlawan Pandir (1977)
Koboi Cilik (1977)
Pulau Putri (1977)
Senyum Nona Anna (1977)
Godaan Siluman Perempuan (1978)
Tuyul (1978)
Tuyul Perempuan (1979)
Jeritan Malam (1981)
Sang Guru (1981)
CHIPS Dalam Kejutan (1983)
Sama Gilanya (1983)
Demam Tari (1985)
Suka Sama Suka (1986)


KETIGAX



Christian Hadinata

atlet bulutangkis ngapakers asal Sempor,gombong(Kebumen) ini pada saat masa jayanya sangat membanggakan.
dimata dunia,beliau sanggup berprestasi dan mengharumkan nama indonesia.
banyak prestasi yang beliau persembahkan untuk indonesia,sehingga lagu INDONESIA RAYA bisa berkumandang di penjuru dunia.

Spoilerfor prestasi: berikut ini sederet prestasi opah hadinata untuk indonesia.

1971
Juara nasional ganda putra berpasangan dengan Atik Jauhari
Juara Asia ganda campuran berpasangan dengan Retno Kustiyah
1972
Juara All England ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra
Juara Demonstrasi Olympic Games 1972 ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra
1973
Juara All England ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra
1974
Runner-up All England ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra
Medali Perak Asian Games ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra
Juara Asian Games ganda campuran berpasangan dengan Regina Masli
1975
Runner-up All England ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra
1977
Medali Perak Kejuaraan Dunia ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra
Runner-up All England ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra
1978
Runner-up All England ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra
Juara Asian Games ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra
Medali Perunggu Asian Games ganda campuran berpasangan dengan Imelda Wiguna
1979
Juara Kanada Terbuka ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra
Juara Kanada Terbuka ganda campuran berpasangan dengan Imelda Wiguna
Juara All England ganda campuran berpasangan dengan Imelda Wiguna
1980
Juara Denmark Terbuka ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra
Juara Swedia Terbuka ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra
Juara Dunia ganda putra berpasangan dengan Ade Chandra
Juara Dunia ganda campuran berpasangan dengan Imelda Wiguna
1981
Juara Jepang Terbuka ganda putra berpasangan dengan Lius Pongoh
Runner-up All England ganda campuran berpasangan dengan Imelda Wiguna
1982
Juara Swedia Terbuka ganda putra berpasangan dengan Lius Pongoh
Juara Asian Games ganda putra berpasangan dengan Icuk Sugiato
Juara Asian Games ganda campuran berpasangan dengan Ivana Lie
Runner-up All England ganda campuran berpasangan dengan Imelda Wiguna
1983
Juara Malaysia Terbuka ganda putra berpasangan dengan Boby Ertanto
Medali Perunggu Kejuaraan Dunia ganda putra berpasangan dengan Boby Ertanto
Juara SEA Games ganda campuran berpasangan dengan Ivana Lie
Juara Indonesia Terbuka ganda campuran berpasangan dengan Ivana Lie
1984
Juara Thailand Terbuka ganda putra berpasangan dengan Hadibowo
Juara Indonesia Terbuka ganda putra berpasangan dengan Hadibowo
Juara Indonesia Terbuka ganda campuran berpasangan dengan Ivana Lie
1985


Juara Piala Dunia ganda campuran berpasangan dengan Ivana Lie
Juara SEA Games ganda campuran berpasangan dengan Imelda Wiguna

1972-1986
Memperkuat Tim Piala Thomas selama enam kali dengan berganti-ganti pasangan antara lain dengan Ade Chandra, Hadibowo Susanto dan Liem Swie King

LANJUTANNYA DIBAWAH YA GAN POST #3

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5276cf31118b46071d000001

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger