Home » » 7 Kelebihan dari Cerita One Piece

7 Kelebihan dari Cerita One Piece

Melihat thread mengenal lebih dekat sosok eiichiro Oda dan 7 Kejadian Paling Mengharukan di Anime/Manga One Piece yang sukses jadi HT, ane jadi terinspirasi untuk bikin thread One Piece juga

Dan ternyata beneran HT

Spoilerfor HT:
HT pertama setelah 7 tahun ngaskus

_______________________________________


Ane perhatikan banyak yang bikin thread tentang One Piece di lounge, tapi belum ada satu pun yang bener2 ngebahas kenapa manga ini banyak yang demen. Jadi kali ini ane akan mencoba mengangkat topik tsb.



One Piece(OP) saat ini adalah salah satu manga terpopuler di dunia.

Di negara asalnya Jepang, tingginya popularitas OP terlihat dari sejumlah rekor yang dipecahkannya. Salah satunya adalah Volume 67 OP yang untuk ke-sekian kalinya memecahkan rekor atas namanya sendiri sebagai buku dengan cetakan pertama terbanyak sepanjang masa, yaitu sebanyak 4,05 juta kopi. Jumlah tersebut 1 juta lebih tinggi dari seri ke-5 novel legendaris Harry Potter and The Order of Phoenix yang cetakan pertamanya ‘hanya’ 2,9 juta kopi.

Dari segi penjualan, OP menduduki peringkat 2 sebagai manga besutan Shonen Jump paling laris sepanjang masa, yaitu terjual sebanyak 270 juta kopi. (Sumber --> terima kasih untuk agan urixfriends)

Di luar Jepang pun One Piece tidak kalah populer. Di beberapa negara terutama asia, One Piece masuk ke dalam jajaran best-selling manga , bersaing dengan judul-judul populer lainnya seperti Naruto dan Bleach.

Lalu apa sih yang bikin One Piece segitu populernya? Berikut akan diulas 7 keunggulan manga One Piece versi TS

Quote:Quote:1. World Building

Salah satu keunikan One Piece adalah alam semestanya yang berdiri sendiri.

Dari sini Eiichiro Oda (pengarang) bisa mengembangkan imajinasinya sesuka hati untuk membentuk sebuah dunia yang penuh fantasi. Mulai dari buah iblis, Grand Line, Sea King, Skypiea, pulau bawah air, laut tak berangin, haki, ras unik seperti raksasa, fishmen, & kurcaci, Knock Up Stream, hingga pelangi bundar, semuanya ada. Pembaca begitu dimanjakan oleh kemungkinan2 di dunia OP yang tanpa batas


Buah Iblis, salah satu konsep original yang dimasukkan Oda ke dalam dunia OP.

Selain terinspirasi dari legenda/mitos/cerita fiksi lain, Oda juga menggunakan landmark, literatur, fakta sejarah, dan berbagai informasi dari dunia nyata sebagai referensi. Salah satunya adalah kota air Water Seven yang terinspirasi dari kota air Venice di Italia.


Salah satu landmark terindah di Grand Line : Water Capital, Water Seven.
.

Yang paling hebat lagi, meskipun dunianya sangat luas Oda gak pernah sekalipun lost track atas semua yg udah dia ciptakan. Di sini semua hal saling terhubung satu sama lain, baik itu tokoh, pulau, negara, musim, maupun situasi politiknya. Dunia OP serasa bener2 berputar dan terus berubah seiring waktu, bahkan kita bisa ngerasain ada perubahan zaman seperti layaknya di dunia nyata

Quote:Quote:2. Serious but Fun

Banyak cerita seringkali terlalu terjebak dalam suasana ‘tegang’ saat memasuki keadaan serius. Tidak demikian halnya dengan OP.

Tidak peduli situasi lagi seserius apa pun, Oda selalu bisa menyelipkan sisi humor yg minimal bisa bikin pembaca senyum. elemen humor yang merata ini membuat cerita OP relatif ringan untuk diikuti dalam segala situasi.


Robin lebih memilih mati!? Woles bray… ngupil dulu




Quote:Quote:3. Artwork

One Piece punya artwork yang agak berbeda daripada pakem manga pada umumnya. Ini dikarenakan Oda menggabungkan style asli manga dengan Disney.

Namun menurut TS kelebihan artwork OP bukan di situ, melainkan tingkat kedetilan tinggi yang dihadirkan OP di setiap panelnya. Kualitas ini membuat semua imajinasi ‘liar’ yang dimasukkan pengarang ke dalam cerita terasa lebih hidup.


Benteng markas besar marine, Marineford, digambar dengan sedemikian rapi dan detil. Semakin mengukuhkan keperkasaan World Government dan Marine yang tak tergoyahkan selama 800 tahun.


Kalau ada gambar kerumunan, biasanya ada satu orang mencurigakan di antaranya... siapa lagi kalau bukan the mighty PANDAMAN


Quote:Quote:4.Penokohan
One Piece memiliki penokohan yang kuat, terutama pada protagonis utama, yaitu The Straw Hat Pirates (SHP).

SHP digambarkan sebagai orang-orang yang ceria, setia kawan, dan pantang menyerah. Kalau kata donnie ada band, “Walau badai menghadang, ingatlah ku kan selalu setia menjagamu…”. Ini bener banget buat SHP.

Walau badai menghadang (dalam arti sebenarnya!), walaupun dirundung masa lalu yang kelam, Luffy dkk terus maju untuk melindungi satu sama lain, nggak peduli seberat apa pun konsekuensinya. Ciri khas SHP yg penuh nilai positif ini jadi salah satu elemen terkuat dari cerita OP. :


Dihadapkan pada Pemerintah Dunia tidak sedikit pun menyurutkan tekad Luffy untuk menyelamatkan sahabatnya. You hurt my friend, you f*cking pay for it!

Namun cerita OP tidak melulu fokus pada SHP saja, tokoh2 lain bahkan figuran sekalipun bisa mendapat peran yang sama pentingnya dengan tokoh utama. Contohnya Mr.2 Bon Kurei yg awalnya hanya berperan sebagai villain sampingan, ternyata bakal jadi penyelamat Luffy kelak.




Quote:Quote:5. Narasi

kelebihan OP yang lain adalah jalan ceritanya yg rapi dan terencana dengan baik. Sepertinya Oda telah memikirkan dengan matang gimana ceritanya bakal bermula dan berakhir sehingga ceritanya jarang menemui plothole.

Alur cerita yg begitu penuh misteri dan sulit diprediksi juga menambah greget tersendiri.

Spoilerfor SPOILER ALERT:
SIapa sangka Shirahoshi adalah Senjata Kuno Poseidon??



Ace ternyata adalah anak kandung Gol D. Roger... dijamin nggak ada seorang pun yg nebak ini sebelumnya



Quote:Quote:6. Drama

Nah, Ini bagian favorit TS

Kalau denger kata "drama", mungkin sebagian orang berpikir ini genre yg lebih cocok buat cewek (karena cewek lebih main perasaan ketimbang logika). Buang jauh-jauh pikiran itu gan.

OP adalah tempatnya cowok-cowok tulen mewek berjamaah. Asli nggak lebay ini gan, soalnya TS pernah lihat langsung salah satu 'korban' nya. 3 kali dia nangis gara-gara manga ini, padahal selain itu dia nggak pernah nangis sama sekali. (true story!)

DIbanding kelebihan lainnya, TS berani bilang kalau ini kelebihan One Piece yang paling menonjol.


Spoilerfor Sedih gan:
Kata-kata terakhir Ace untuk adik tersayangnya.... heartbreaking



Pemakaman ala Vking untuk Going Merry.
Percaya atau nggak, adik TS nangis gak karuan kayak yg baru ditinggal mati seseorang setelah baca bagian ini.

Sekedar informasi, adegan ini dinobatkan sebagai adegan paling mengharukan di OP pada polling yg diadakan salah satu surat kabar Jepang.



Quote:Quote:7. Pesan Moral
Banyak pesan moral disampaikan melalui cerita One Piece, terutama tentang pentingnya menjaga kesetiakawanan dan semangat pantang menyerah dalam mengejar impian.

Semangat pantang menyerah tsb tercermin dari kata-kata mutiara Gol D. Roger :



3 unsur yang tersurat dalam kutipan di atas : Inherited Will(hasrat yang diwariskan), A Man’s Dream(impian manusia), dan The Flow of Time(Aliran Waktu) adalah konsep dasar yang selalu menyertai cerita One Piece dari awal hingga sekarang . 3 unsur tersebut menekankan untuk tidak pernah menyerah mengejar mimpi.


"Manusia mati saat ia dilupakan", mungkin ini kutipan paling populer di One Piece.
Hiluluk begitu yakin mimpinya menyembuhkan Drum Kingdom akan tetap terwujud meski dirinya di ambang kematian.



6 tahun kemudian mimpinya benar-benar terwujud. Sakura Hiluluk mekar di puncak gunung Drum oleh Dr Kureha. Negeri yang sakit itu pun terlahir kembali sebagai Sakura Kingdom.





____________________________________________

Ane bisa dibilang salah satu penggemar berat manga ini gan. Gara-gara OP : ane jadi terinspirasi untuk belajar gambar(mampir ke galeri ane di http://Kukriblades.deviantart.com ); rela berjam2 duduk manis di depan kompi untuk ngikutin diskusi dan bikin teori seputar OP; dan ane sekarang punya long-term goal untuk pergi ke Jepang, supaya ane bisa ketemu Oda dan bilang, “Thanks for coloring my life with One Piece!” (doakan gan)

Namun betapa pun hebatnya OP di mata ane, tetaplah sebuah karya mahluk tuhan yang tidak luput dari kekurangan. Jadi supaya lebih objektif ane akan coba jabarkan beberapa kekurangan OP yang paling signifikan. Total ada 3, berikut disimak gan :

Quote:Quote:1. Artwork
Spoilerfor artwork: Lah, bukannya tadi ini masuk kelebihan gan?

Benar gan, tapi begini… kalau kita baru mengenal sesuatu, ada yang namanya ‘kesan pertama’ kan? Nah, bagi sebagian orang awam, kesan pertama OP justru kurang bagus gara2 gambarnya.

Ini karena style pengarang yg beda itu tadi, nuansa disney bikin orang2 menilai gambar OP terlalu kekanak-kanakan buat selera mereka. Kemudian ciri khas Oda dalam menggambar, seperti membuat mulut karakternya lebar2, itu banyak orang gak suka. Akhirnya banyak yang ninggalin OP bahkan sebelum sempet baca chapter 1

Kalaupun ada yg mutusin untuk baca, butuh waktu adaptasi yang gak sebentar untuk benar2 terbiasa dengan gambar OP. Bahkan ada yg sudah susay payah untuk terbiasa dengan art OP, tetep aja nggak bisa... akhirnya didrop deh.


Quote:Quote:2. Slow Pace
Spoilerfor slow pace: Tidak seperti beberapa manga lain yang langsung menggebrak, One Piece mengawali ceritanya dengan biasa-biasa aja, malah cenderung kurang menarik Lagiâ€"lagi ini bikin kesan pertama OP kurang bagus…

Semua sisi keren yang ane sebutkan di atas, itu baru akan pembaca rasakan kalau udah baca minimal 100 chapter. Intinya butuh waktu yang lagi-lagi tidak sebentar supaya bisa dapet bagusnya OP di mana. Pembaca dituntut untuk sabar di sini.


Quote:Quote:3. Never Ending Story
Spoilerfor Never Ending Story: Banyak orang yg mencemooh OP, “kayak sinetron ni nggak habis2 :”. tidak bisa dipungkiri memang ada benarnya gan.

Sampai saat ini One Piece telah berjalan lebih dari 15 tahun, sudah rilis lebih dari 700 chapter dan 70 volume, tapi sedikit pun belum ada tanda-tanda akan tamat. (estimasi masih 3/5 jalan)

Kebalikan dari 2 kekurangan yg ane sebut sebelumnya, kekurangan ini bakal lebih dirasakan oleh pembaca yang udah bertahun2 ngikutin OP. Contoh aja ane udah ngikutin OP lebih dari 11 tahun… walaupun kualitas cerita OP terbilang sangat konsisten dari waktu ke waktu, pasti ada saatnya titik-titik jenuh.


Tingkat selera dan kesabaran bakal sangat menentukan sejauh mana 3 kekurangan tersebut bisa menghalangi agan untuk menikmati 7 keunggulan manga One Piece.

bagaimanapun, saya merekomendasikan One Piece kepada siapapun yang mengaku sebagai penikmat cerita yg bagus. Paling nggak dicoba baca dulu, tak kenal maka tak sayang

____________________________________________________

Demikian

Bukannya nolak cendol, tapi TS lebih menghargai komen yang bermutu. Yang bagus ane tempel di page one

Bagi yang tertarik memulai baca One Piece setelah baca artikel ini, silahkan mulai pinjem komiknya dari temen atau baca online di sini. :

Code:http://www.readmanga.eu/manga/1692/One-Piece#chapters_b

gak ada kata telat baca gan, soalnya OP kelihatannya masih lama tamatnya Kalau ternyata agan tertarik, jangan lupa untuk beli komik aslinya sebagai bentuk apresiasi untuk pengarang. Di gramedia rata2 masih banyak koleksi OP dari volume satu sampai yang terbaru.

Bagi yang ingi mengikuti diskusi Manga One Piece, silahkan mampir ke threadnya langsung

TOP : The Official One Piece Thread

_____________________________

Komentar kaskuser

Quote:Original Posted By daulae10 â–º

Buat pecinta one piece tolong dibantu om oda nya untuk terus melanjutkan manga one piece nya dengan cara:
-beli komiknya ketika rilis (jangan gratisan mulu atau baca gratis diweb)
-bagi yang suka action figure nya, bisa juga dikoleksi dan beli, yg ori ya, karna disana ada lisensi yang artinya kita ada sumbang buat om oda.

Yang terperpenting bukan materi yang akan diterima om oda yg kita harapkan, tapi pesan bahwa kita sangat menghargai karya om oda


Sekian dari ane lebih dan kurang ane mohon maaf,,,
Thx bagi kalian yg slalu buat thread buat one piece.

komentar lainnya

Spoilerfor komen agan2: Quote:Original Posted By Sickestdanâ–º
kelebihan lain,gak ada tokoh yg sia-sia di one piece,dan jalan pikiran oda udah jauh banget,di chapter awal jimbei udah disebutkan,padahal jimbei baru muncul ratusan chapter berikutnya,mantap bener

Quote:Original Posted By lysander81 â–º
ane setuju semua dengan TS

One Piece adalah komik terbaik yg pernah ane baca....dari ribuan komik yg sudah ane baca dr kecil umur 4 thn sampai skrg umur 30-an.
One piece adalah komik 1-1nya yg bikin penasaran untuk tahu kelanjutannya tetapi juga saya gk mau berakhir ceritanya.....hahahha memang kontradiksi. Saya mau terus menerus mengikuti pertualangan luffy strawhat.

Storyline super strong + penggambaran yg super bagus (gk setengah" spt manga lain), setiap karakter yg ditampilkan juga unik, semua berbeda dan gk ada yg membosankan.

Membaca one piece seperti ibaratnya naik roller coster emosi, perasaan kita akan dibuat campur aduk oleh Eichiro Oda Sensei....and for your info : saya jg mewek beberapa kali di bbrp chapter dr one piece hehehehhehe

Quote:Original Posted By virtualdot â–º
ONE PIECE = ANIME PEMAKSA PRIA NANGIS


Quote:Original Posted By itsedierevol â–º
Jujur ane suka OP dari SMP gan, sampe sekarang umur ane udah 20an
Satu2nya manga yg rela bikin ane nabung buat selalu update manganya

Entah kenapa peristiwa gugurnya kapal pertama SHP, Going Merry dan tewasnya Ace bikin ane shock dan sedih banget
Dan menurut ane itu karna Eiichiro Oda bisa bikin plot cerita, wajah karakter, dan sifat karakter yg bener2 mainin feeling
Banyak juga hal kecil yg dibikin dengan detail dan punya arti. Contohnya baju2 penduduk Gyojin, karakter Pandaman, dll

Satu lagi ciri khas one piece. Tiap karakter yg punya nama pasti bakalan jadi karakter penting. Gak cuma beberapa orang, ratusan karakter punya peran penting. Gak akan mati sia-sia.
Contoh: Smoker yg ane kira udah kalah gak akan muncul lagi, ternyata masih ketemu SHP di Punk Hazard. Chahige yg ane kira cuma jadi figuran setelah kematian Shirohige ternyata muncul lagi di Punk Hazard. Sama kakek2 yg masuk ke dalem peti (ane lupa namanya), ternyata pernah dibahas lagi
Dengan ratusan karakter penting, kebayang kan betapa luasnya dunia OP?

Ane juga salut sama Eiichiro Oda, walaupun udah jadi pembuat manga best seller tapi masih deket dengan pembaca. Bisa diliat dari SBS / Pojok Tanya Jawab

Spoilerfor buka:
karakter favorit ane Tony Tony Chopper sama Trafalgar Law

Quote:Original Posted By daeanca â–º
uwoo ini manga emang the best gan...

ane baca smp kelas 1 itu aja udah nomer 23 punya temen ane..
akhire baru beli dari nomer 1..

yang pertama bikin ane tertarik tuh kepolosannya luffy, koplak banget dah...Joke2 di op juga sip banget. Paling ane inget waktu mau masuk arc ennies lobby di kreta laut. Zoro sambil merem sambil ngomong ada beberapa orang aneh di kreta. PAuly malah nyalahin tileston ma lulu, padahal doi sendiri juga nyusup, kwkwwk. Ekspresi zoronya kagak nahan

Kedua style nya yg macem2. Ane dari kecil liat disney, liat karakter di op langsung demen.. badan gede tapi kaki kecil. Keren menurut ane karena jadi tak terbatas karakter di op, dari normal, gede, guede, super guede...

Ketiga cerita, beh klo ini mah dalem banget. Sering terharu ane bacanya. Selain itu pemunculan tokoh2 yang masih lama munculnya tuh bikin gregetan.. Masa di baratie arc dah disebut nama jinbei, baru nongol pas ane udah SMA,
Dulu dari segi cerita manga favorit ane Rave karya mashima sensei, sekarang semakin luasnya OP, beh belum ada yang nandingin..

Gak mbayangin ada mangaka lain yang bisa buat cerita lebih hebat dari OP...

Quote:Original Posted By faustine â–º
IMHO dari gambar bisa dibilang gak sebagus yang lain kalo dibanding naruto, bleach ato yang lainya.tapi dari sisi storyline dan dramatisasi, one piece paling juara.


komen kaskuser lanjut di Post #9

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51e784f53c118e5e09000005

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger