Home » » Yang Harus Dilakukan Ketika Terjadi Pemadaman Listrik

Yang Harus Dilakukan Ketika Terjadi Pemadaman Listrik

Bismilah

pernahkah Rumah/Perumahan/Daerah agan mati listrik/padam tiba-tiba?

setelah sekian lama ane ga bikin trit, sekarang ane mau ngeshare tentang bagaimana sih atau apa sih yang harus dilakukan ketika listrik tiba-tiba padam alias mati lampu atau istilah kerennya Blackout.

silahkan disimak gan,siapa tau berguna buat kita

Spoilerfor listrik padam:
listrik padam itu emang menyebalkan gan, apalagi pas kita ngerjain TA/Skripsi di komputer dan tiba-tiba mati lampu. pasti segala macem umpatan langsung keluar dan ngatain Si Perusahaan Listrik (Pengalaman Pribadi)

Spoilerfor padam:



Kalo mati lampu biasanya kan kita ngedumel dulu "Kenapa sih nih mati lampu?" atau "Kampret nih PLN pake mati lampu"

Spoilerfor blackout:

atau kita langsung nelpon Contact center PLN 123 or via twitter @PLN123. Namun tahukah agan? sebelum melapor ke Kantor PLN, perhatikan dulu hal-hal sebagai berikut:
Spoilerfor 1:
1. ketika listrik padam, keluar rumah gan dan perhatikan atau tanya ke tetangga agan rumahnya mati listrik juga atau nggak. Kalo tetangga agan ikut padam, berarti gangguan bukan di instalasi rumah agan, atau bukan berhubungan dengan pemakaian listrik di rumah agan.
Spoilerfor tanya tetangga:

Spoilerfor solusi:
untuk mengatasi masalah ini silahkan telepon kantor PLN atau telepon 123 atau twitter @PLN123, mohon disiapkan ID Pelanggan rumah agan untuk memudahkan petugas PLN mencari rumah agan.
Dalam hal ini pihak PLN TIDAK mengetahui ada gangguan di sekitar rumah agan kalo agan tidak melaporkan.



Spoilerfor 2:
2. Kalo tetangga Agan Listriknya padam, dicek lagi apakah banyak yang padam sampai satu kompleks. Kalo cuma beberapa rumah yang padam, berarti ada gangguan di SR (sambungan rumah) atau di JTR (jaringan tegangan rendah) atau di gardu (salah satu pengaman gardu putus) atau trafo di gardu rusak.

Spoilerfor contoh gardu gan:

Spoilerfor contoh trafo:

Spoilerfor solusi:
untuk mengatasi masalah ini silahkan telepon kantor PLN atau telepon 123 atau twitter @PLN123, mohon disiapkan ID Pelanggan rumah agan untuk memudahkan petugas PLN mencari rumah agan.
Dalam hal ini pihak PLN TIDAK mengetahui ada gangguan di sekitar rumah agan kalo agan tidak melaporkan.



Spoilerfor 3:
3. Kalo yang padam satu atau lebih perumahan di sekitar rumah agan atau malah satu kelurahan yang padam, berarti ada gangguan pada penyulang / feeder.

Spoilerfor solusi:
Untuk nomor 3 ini, silahkan tunggu sampai 5 menit, biasanya pihak PLN akan mencoba menghidupkan SEKALI lagi, usaha tersebut ditandai dengan lampu menyala.
Jika langsung padam lagi, maka berarti ada gangguan penyulang. Sebenarnya jika TIDAK PERLU dilaporkan-pun ke pihak PLN, pihak PLN tetap bisa mengetahuinya. Jika tetap tidak menyala, berarti ada dahan pohon, kerangka layang-layang, atau burung / kelelawar yang menempel dan menyebabkan GANGGUAN SESAAT.

Spoilerfor layangan:

Jika tidak ada usaha menghidupkan sekali lagi, berarti daerah Anda sengaja dipadamkan. Biasanya ada pekerjaan / pemadaman terencana seperti yang telah dipublikasikan di surat kabar atau radio lokal. Atau ada pekerjaan emergency / SANGAT MENDESAK seperti kabel yang terbakar, trafo mengeluarkan api, tiang hampir roboh, atau ada kebakaran di suatu daerah dan listrik ke arah tersebut harus segera dipadamkan.

agan bisa memeriksa dahulu di surat kabar, website PLN atau di Twitter, apakah sudah ada jadwal sebelumnya.
Jika memeriksa di Twitter, cari dengan hashtag pemadaman##YY dengan XX sebagai tanggal dan YY sebagai bulan (misalnya #pemadaman0102 artinya pemadaman di tanggal 1 bulan 2).



Spoilerfor 4:
4. Jika rumah tetangga agan tetap menyala dan hanya rumah agan sendiri yang padam, Periksa MCB (Mini Circuit Breaker) didalam rumah agan.
Spoilerfor MCB:
MCB didalam rumah biasanya merupakan pembagi saluran ke kamar-kamar atau ke ruangan-ruangan tertentu, untuk memudahkan pembagian beban dan penanganan gangguan instalasi bangunan. Jika salah satu padam, segera naikkan kembali, jika tidak bisa atau masih padam, maka ada gangguan instalasi di rumah agan, bisa berupa short circuit salah satu peralatan listrik, atau short circuit di instalasi rumah. SHORT CIRCUIT INSTALASI RUMAH BISA MENYEBABKAN KEBAKARAN DI RUMAH . bahaya bgt tuh gan

Jaringan instalasi rumah, bukan menjadi tanggungjawab PLN. Tanggung jawab PLN hanya sampai pembatas (MCB) dan kWhmeter
Spoilerfor KwH meter:
Jika MCB didalam rumah tidak turun, cek MCB milik PLN yang terpasang di dinding luar rumah agan. Jika turun / padam, berarti rumah agan OVERLOAD. agan bisa mengurangi pemakaian dan bisa dengan pengajuan penambahan daya ke PLN.

Jika agan merasa pemakaian listrik agan tidak banyak namun MCB PLN tetap turun, bisa jadi MCB PLN sudah lemah / tua. Anda bisa mengajukan penggantian MCB ini (GRATIS) disertai perhitungan beban di rumah agan.



kurang lebih begitu lah gan apa sih yang harus kita lakukan kalo listrik tiba-tiba padam di rumah. Ada catatan lagi nih gan buat agan dan aganwati sekalian:

Spoilerfor catatan:
a. Biasakan mengingat atau menyimpan nomor ID Pelanggan agan, bisa di dompet, komputer, laptop atau di HP, karena jika padam, agan bisa segera menggunakannya untuk melaporkan gangguan. Disamping itu juga bisa digunakan untuk membayar rekening listrik jika ada ATM atau loket di dekat kita jika kita sedang berpergian.

b. Telepon Call Center 123 (atau [Koder Area] + 123 jika memakai HP), JANGAN menelepon nomor telepon apapun selain nomor 123.
Spoilerfor 123:



c. Melaporkan gangguan dengan cara memaki petugas yang menerima telepon tidak menyelesaikan masalah. PLN tidak pernah sengaja memadamkan listrik tanpa alasan yang jelas, atau PLN merasa senang jika ada gangguan. Walau Anda memaki atau memarahi mereka, tidak serta merta listrik segera menyala.
Spoilerfor memaki:

d. Jika banyak gangguan yang terjadi, petugas PLN MEMPRIORITASKAN DAERAH YANG PALING BANYAK PADAM untuk segera diselesaikan terlebih dahulu, dibandingan dengan menyelesaikan satu atau dua pelanggan yang padam.

e. Jangan memberikan tips kepada petugas PLN.
Spoilerfor no suap:



f. Jika agan ingin bertanya tentang pasang baru, perubahan daya atau pelayanan yang lainnya, jangan tanya ke petugas gangguan atau pencatat meter, silahkan langsung datangi ke kantor PLN atau bisa melalui Call Center 123. Hal ini untuk menghindari kesalahan informasi atau agan diarahkan ke calo.
atau cek ke http://www.pln.co.id/
disini kita bisa cek tagihan listrik, penyambungan baru, penambahan daya atau penyambungan sementara. disini juga ada info lowongan kerja bagi agan yg minat gabung di PLN.


Demikianlah gan, kurang lebihnya ane mohon maaf apalagi klo repost.

sumber:
1. Salah satu pegawai PLN
2. Mbah Google

Spoilerfor beberapa pertanyaan:
Quote:Original Posted By Van Boteng â–º
minggu lalu kwh (meteran listrik) dirumah ane diganti, eh salah satu sambungan listrik di ruangan rumah jadi putus. kalo kasus kayak gitu bisa hubungi 123 juga gan?
klo setahu ane gan, PLN cuma beranggung jawab sampe ke Kwh meter, sedangkan instalasi yg ada di dalam rumah itu tanggung jawab pelanggan


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51dcc22c542acf0170000009

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger