Home » » KRL Wajibkan Bayar Jaminan Kartu Single Trip Rp 5000

KRL Wajibkan Bayar Jaminan Kartu Single Trip Rp 5000

Quote:

20 Agustus, Penumpang KRL Bayar Jaminan Kartu Single Trip
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) memberlakukan kebijakan baru untuk pengguna KRL Commuter Line perjalanan single trip. Kebijakan tersebut adalah penambahan biaya jaminan sebesar Rp 5.000.

Ignatius Jonan, Direktur Utama Kereta Api Indonesia, mengatakan pemberlakuan jaminan untuk kartu single trip digunakan untuk meminimalisasi jumlah kartu single trip yang selama ini hilang. "Untuk jaminan uangnya, setiap kartu akan dikenakan biaya Rp 5.000," kata Jonan di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (3/8/2013).

Jonan mencontohkan, seorang pengguna KRL biasa membayar Rp 2.000 untuk sekali perjalanan, maka dengan kebijakan tersebut harus membayar Rp 7.000. Biaya tersebut telah ditambahkan untuk jaminan satu kartu perjalanan single trip.

Untuk mendapatkan uang jaminan tersebut, penumpang dapat menukarkan di loket tujuan. Atau jika tidak ingin ditukarkan, jaminan tersebut dapat berlaku hingga tujuh hari dari pembayaran uang jaminan tersebut.

"Jika tujuh hari tidak ditukarkan, maka kartu akan hangus. Tidak bisa digunakan dan tidak bisa diuangkan kembali,"
jelasnya.

Jonan menjelaskan, langkah tersebut diambil karena setelah evaluasi penggunaan kartu multi dan single trip selama satu bulan, banyak kartu multi trip yang hilang atau tidak dikembalikan oleh penumpang.

Dalam seminggu pertama masa penerapan e-ticketing dan tarif progresif yang diresmikan 1 Juli 2013 yang lalu, ada 700.000 kartu tiket single trip yang hilang. Akibatnya, PT KAI mengalami kerugian hingga mencapai Rp 3 miliar. Sebelumnya kartu single trip tersebut dicetak sebanyak 1,4 juta.

"Uang penjamin untuk Rp 5.000 tersebut adalah untuk mengganti ongkos biaya kartu single trip," pungkasnya.

http://www.tribunnews.com/metropolit...tu-single-trip

Quote:Tiket Elektronik Banyak Hilang, PT KAI Merugi Rp 2 Miliar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia mencetak tiket elektronik kereta rel listrik komuter Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi berjaminan yang akan berlaku sejak 20 Agustus 2013.

"Penumpang kereta semakin meningkat, sayangnya kartu 'single trip' banyak yang hilang, sehingga sebentar lagi kartu yang digunakan akan dikenakan jaminan sebesar Rp 5.000," ujar Direktur PT KAI Ignasius Jonan di Jakarta, Sabtu (3/8) malam.

Jonan menjelaskan bahwa dengan tiket elektronik berjaminan tersebut, penumpang perlu membayar Rp 5.000 untuk jaminan tiket dan Rp 2.000 untuk harga perjalanan, sehingga untuk tiket "single trip", penumpang perlu membayar Rp 7.000.

Namun, lanjut Jonan, uang jaminan tersebut dapat ditukarkan dengan uang kembali dalam jumlah yang sama (refund) di stasiun tujuan para penumpang.

Refund memiliki masa tenggang selama tujuh hari. Kalau tujuh hari tidak dikembalikan dan tidak digunakan, maka refund tersebut akan hangus,"
kata Jonan.

Menurut Jonan, produksi tiket elektronik berjaminan dilakukan karena para penumpang seringkali menghilangkan tiket elektronik KRL commuter yang mengakibatkan kerugian dialami PT KAI.

"Tiket yang hilang itu ada 800 ribu tiket dari 1,4 juta tiket elektronik yang kami produksi dengan kerugiannya mencapai Rp 2 miliar," kata Jonan.

Dengan adanya tiket elektronik berjaminan, Jonan berharap para penumpang bisa lebih hati-hati dalam menggunakan dan menjaga tiket tersebut, sehingga tiket tersebut dapat digunakan kembali secara berulang-ulang.

Menurut Jonan, PT KAI akan mencetak dua juta tiket elektronik KRL commuter Jabodetabek baru untuk stok satu minggu dan akan berlaku sejak 20 Agustus 2013.

Summary:
  • tiket Rp 2000 jaminan Rp 5000 jadi total Rp 7000 deh,
  • jaminan Rp 5000 akan dikembalikan di stasiun tujuan
  • masa pengembalian adalah 7 hari, lebih dari 7 hari dianggap hangus
  • jika jaminan hangus, silahkan dibawa pulang, karena anda dianggap membeli kartu tiket tersebut


  • komen ane:
    mikir dah tuh orang mau bawa pulang tiket single trip dikira kartu tiket single trip gratis apa ente beli tiket single trip itu bayar biaya jasanya doang, kartunya kaga gratis, cuma dipinjemin doang gitu dibawa pulang


    Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51fd97974f6ea1fc62000005

    Hosting

    Hosting
    Hosting

    TryOut AAMAI

    Hosting Idwebhost

    Hosting Idwebhost
    Hosting Handal Indonesia

    Belajar Matematika SD

    Popular Posts

    Arsip Kaskus HT

     
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger